Kangen Juara Lomba Blog

1 komentar

Selama ngeblog, bisa dihitung dengan jari saya menjuarai lomba blog. Sepertinya belum ada 10 kali. Meskipun banyak kalahnya, saya tetap bangga atas karya tulisan yang saya buat sedemikian rupa usahanya. Enggak mudah lho bikin satu tulisan yang bagus dan enak dibaca. Oh ya, belum lama ini saya menang lomba blog tentang Lembaga Sensor Film. Semoga pembaca blog saya bisa enjoy ya.

Mengikuti lomba blog bagi saya sebuah tantangan tersendiri. Dari bikin judul, perma link, kerangka tulisan, panjang kata sampai foto atau video. Sebenarnya sama saja dengan menulis blog pada umumnya, cuma untuk tulisan lomba harus berbeda threatment-nya. Memberikan gagasan serta keunikan konten yang beda dari peserta lain untuk menarik perhatian juri.


Saya masih ingat sampai sekarang, lomba blog yang saya menangi itu menulis tentang launching produk susu UHT anak-anak. Waktu itu diundang oleh satu komunitas blogger emak-emak dan ada bintang tamunya D'Masiv. Domain blog saya juga masih gratisan. Saya menang juara 2 atau 3, agak lupa nih, dapat hadiah voucher belanja di Carefour sebesar 1 juta. Senangnya bukan main buat blogger pemula kayak saya waktu itu.

Kemudian saya pernah menang juara 2 lomba blog makanan bayi dari salah satu acara di Jakarta. Hadiahnya voucher belanja MAP sebesar 2 juta. Ada teman yang membayar 1,3 juta dengan nilai voucer 1,5 juta. Lumayan kan saya dapat uang tunai juga. Sisa vouchernya saya belikan tas yang masih awet saya gunakan hingga kini. Anggap saja tas itu jadi barang kenangan belinya pakai hasil prestasi ngeblog saya. 

Terakhir saya ikutan lomba blog yang diluar dugaan saya ketika ikut Festival Drumblek Kampung Ragam Warna di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Sebenarnya saya cuma mau ikutan acaranya saja, sekaligus penasaran gimana sih keseruan acara festival yang diadakan di sebuah kampung? Apalagi ini kampung beda dari kampung lainnya. Semua rumah di cat warna-warni, begitu juga jalanannya. Memang penyelenggara adakan lomba foto dan menulis bagi jurnalis dan blogger. Saya coba mendaftarkan tulisan itu. Siapa tahu juara, entah ke berapa.

Suatu malam saat mengecek handphone ada yang menyebut nama saya di WAG dengan mengucapkan selamat. Awalnya saya bingung, ucapan selamat kenapa. Setelah dikirim fotonya, ternyata saya juara 2 lomba menulis festival kampung ragam warna. Sempat enggak percaya, beneran enggak nih. Setelah saya cek ke Instagram acara festival itu, ternyata benar saya menang juara 2. Dapat hadiah uang tunai 3 juta rupiah, thropy, sertifikat, dan tas. Senangnya luar biasa.

Thropy lomba blog festival kampung
 ragam warna

Kalau soal juara lomba blog, teman blogger yang saya kenal  langganan menang yaitu mba Dian Restu Agustina. Wah, tulisnya top markotop deh makanya sering menang lomba blog. Makanya kalau ada lomba blog, terus ada mbak Dian ikutan juga, saya sudah jiper duluan. Kayak langsung yakin aja gitu kalau dia bakal menang, walau kenyataannya nggak benar sih. Image pemenang lomba blog tuh kayaknya melekat sama mbak Dian. Tapi nggak bisa dipungkiri kalau tulisan mbak Dian memang bagus banget, detail dan lengkap. Terakhir yang saya tahu dia menang lomba dari Bank Indonesia. Koreksi ya mbak Dian kalau saya salah sebut 🤭.

Sekarang ini saya masih suka ikutan lomba blog, tapi sering juga kalah. Salah satu lomba blog yang sedang saya ikuti yaitu tentang darurat perokok anak ini. Namun hal yang dapat saya pelajari kalau ingin ikut lomba yaitu kenali dewan jurinya. Andai jurinya dari kalangan penulis (blogger atau jurnalis), baca dan pelajari isi tulisannya. Bagaimana tekniknya menulis sehingga enak dibaca. Kebanyakan sih teknik storytelling atau bercerita yang paling disukai juri. Nah, waktu saya menulis festival kampung ragam warna itu, saya juga membaca tulisan blog salah satu jurinya dan saya coba terapkan, eh ternyata mantul! Ya mungkin memang sudah rezeki saya juga menang lomba blog itu. 

Anyway, dalam lomba menang atau kalah hanyalah soal keberuntungan saja. Percaya diri dengan tulisan kita sendiri akan membawa manfaat bagi yang membaca dan sebagai sebuah karya dari coretan tangan sendiri. So, siapa nih yang kangen juara lomba lagi? Saya sih kangen juara blog lagi karena hadiah-hadiahnya yang menggiurkan. Semoga lomba-lomba blog yang sedang saya ikuti, salah satu atau semuanya lah nyangkut jadi juara. Doain ya guys! Kalau pernah menang lomba, entah dari blog atau apa pun boleh dong bagi pengalamannya di kolom komentar ya. 


***

1 komentar

  1. Wah, kembang kempis hidung ini baca artikelnya. Saya banyak kalahnya, Mba..yang menang aja yang diekspos kwkwkw, yang kalah didiemin di pojokan.
    Yuk semangat kita, menang kalah belakangan, semangat ngelombanya yang duluan:)

    BalasHapus