Jumat, 19 Juli 2019

# EVOO # minyak zaitun

Review Produk Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil, Segala Kebaikan Dari Minyak Zaitun

 Demi buah tin, buah zaitun, bukit Sinai dan negeri yang aman ini.” 
(QS at-Tin [95]: 1-3)

Tidak asing bagi saya dan kalian yang beragama Islam dengan salah satu ayat suci Alquran di atas. Zaitun merupakan salah satu dari buah-buah yang disebutkan dalam Alquran.  Sebenarnya buah zaitun disebutkan beberapa kali dalam Alquran diantaranya dalam surah An-Nur ayat 35, surah Al-Mu'minun ayat 20, dan surah An-Nahl ayat 10-11. Oleh karena itu, buah zaitun dijadikan pohon paling diberkahi dalam Alquran. 


Minyak zaitun dengan perasan pertama

Buah ini terkenal dengan minyaknya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, memasak, pengobatan atau kecantikan. Dari proses pembuatannya bisa diketahui banyak kandungan baik yang terdapat dalam buah zaitun. Minyak zaitun dijadikan "minyak dewa" untuk segala penggunaannya. 

Mendengar minyak zaitun (olive oil) tidak asing bagi saya. Terutama sebagai bahan menu masakan. Sedikit saja berikan minyak zaitun, makanan jadi terasa lebih enak. Bisa juga sebagai bahan campuran MPASI. Itupun kata teman-teman yang pernah mencoba. Jujur saja, selama memberikan makanan ke Si Kecil, saya belum pernah mencampur makanannya dengan minyak zaitun. Nah, nanti saya coba buat makanan dengan minyak zaitun ya.


Sejarah Minyak Zaitun

Minyak Zaitun berasal dari buah zaitun (Olea europae) yang merupakan tumbuhan tradisional Mediterania, salah satu spesies tanaman tertua di dunia. Pohon zaitun yang ditemukan telah ada di Mediterania Timur sekitar 6000-8000 tahun yang lalu. Bagi orang Yunani kuno pohon zaitun merupakan simbol peradaban karena bermanfaat bagi kehidupan.

Tim peneliti dari Hebrew University of Jerusalem Institute of Earth Sciences menemukan bahwa minyak zaitun telah ada sejak zaman perunggu kuno ribuan tahun silam. Dari hasil penelitian minyak zaitun bisa melindungi tembikar selama 8000 tahun. Para ilmuwan mengira minyak zaitun hadir pada masa itu. 


Minyak zaitun dengan segala manfaatnya
Dok. Pixabay

Minyak zaitun memang sudah terkenal banyak manfaat bagi kehidupan dari zaman dulu. Digunakan sebagai bahan makanan, pengobatan, kecantikan bahkan simbol perdamaian, kesucian dan persatuan.

Kenapa pohon zaitun tumbuh di Mediterania? Karena Mediterania sebuah tempat di bukit Thursina, tempat dimana perpaduan iklim yang bagus. Manusia dan tumbuh-tumbuhan suka tinggal disini. Aduh, jadi mau kesana.


Jenis-Jenis Minyak Zaitun 

Saya pikir minyak zaitun hanya punya satu jenis saja, ternyata banyak juga lho. Keragaman jenis minyak zaitun ini berdasarkan hasil proses pembuatannya. Dilansir dari salah satu artikel kumparan, minyak zaitun itu dibedakan menjadi 5 jenis minyak zaitun : 
  • Extra Virgin Olive Oil (EVOO), berasal dari perasan pertama buah zaitun dengan rasa pahit dan pedas seperti merica. Tidak terlalu banyak melalui proses pengolahan.
  • Virgin Olive Oil, proses pembuatannya sama dengan EVOO tidak melalui bayak penyaringan. Rasanya lebih ringan dan memiliki tingkat keasaman tinggi sebesar 2%. Cocok untuk menggoreng makanan berlemak rendah.
  • Refined Olive Oil, minyak zaitun ini melewati proses penyaringan, namun mengurangi kandungan oksidan di dalamnya. Minyak ini memang buat memasak makanan sehingga rasa zaitunnya tidak terasa. Biasanya dicampurkan dengan vitamin E dan berdaya tahan lama.

Extra Virgin Olive Oil
paling banyak kandungan manfaatnya
Dok.gambar Pixabay

  • Pure Olive Oil, minyak zaitun ini merupakan campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil. Bukan dari perasan pertama buah zaitun ya karena kata "pure" itu. Namun merujuk pada minyak zaitun yang dicampur dengan "saudaranya" bukan dari jenis minyak lain. Antioksidannya tergantung dari kandungan jenis minyak virgin.
  • Lite / Light Olive Oil, jenis minyak zaitun ini telah melalui banyak tahap penyaringan sehingga menghilangkan warna, aroma dan rasa. Kata "light" menjelaskan bahwa minyak zaitun ini memiliki ketajaman rasa, bukan jumlah kalori yang dimiliki. Cocok untuk menggoreng atau memanggang.

Nah, itulah jenis - jenis minyak zaitun. Pastikan saat memasak disesuaikan dengan jenis minyak zaitunnya.


Peluncuran Produk Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil

Siang itu saya menggunakan comutterline lalu turun di stasiun Tebet dan melanjutkan naik ojek online untuk menghadiri acara Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil product launching pada hari Kamis, 11 Juli 2019 di Kembang Goela Restaurant, Jln. Jendral Soedirman, kav 47-48, Jakarta. Pasti pada tahu dong merek Yummy Bites. Para ibu pasti sudah nggak asing dengan merek camilan anak ini.


Hadir di peluncuran
 Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil

Baju dengan nuansa putih memenuhi ruangan restoran Kembang Goela Restaurant. Saat saya datang peserta lainnya sedang menikmati santap siang dengan menu menggiurkan selera. Posisi duduk sudah diatur sesuai nama. Sambil menunggu acara dimulai, saya pun menghabiskan makan siang. 

Acara dimulai dengan panduan MC cantik, mba Nia Elvira. Suara emasnya  sudah tak asing lagi didengar bagi pendengar setia Cosmopolitan FM. Kemudian sambutan dari Editor in Chief Mother&Baby Indonesia, Novita Angie dan Mbak Lidya perwakilan dari Yummy Bites. Saya baru tahu lho kalau dia jadi EChief. Daebak!

Acara makin bergizi karena dapat pengetahuan dari Dr. Sylvia Irawati, M.Gizi (Nutritionist) membahas tentang pemberian nutrisi yang baik untuk anak. Kali ini ada kaitannya dengan bahan makanan yang dijadikan asupan ke anak.

Setelah melewati masa ASI eksklusif, anak memasuki masa makan, namun tetap dilanjutkan menyusui. Maka itu dinamakan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Proses MPASI inilah mengajarkan anak makan. Bukan sekedar makannya saja, tapi ada proses belajar mengenal rasa, aroma, bunyi dan tekstur.


Kiri-kanan : MC, Sandra Dewi, Devina dan dr.Sylvia

Anak yang sedang bertumbuh dan berkembang membutuhkan banyak nutrisi penting makro (karbohidrat, protein, lemak, dan serat) dan mikro (lemak, vitamin dan mineral). Salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak yaitu lemak sebagai sumber energi.

Lemak pun dibagi menjadi 2 yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh terdiri dari trigliserida (penyusun utama minyak nabati dan lemak hewan), sedangkan lemak tak jenuh termasuk lemak yang baik bagi kesehatan terutama dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Lemak tak jenuh bisa diperoleh dari Extra Virgin Olive Oil (EVOO) karena punya banyak manfaat sebagai sumber energi, antioksidan, mendukung perkembangan kognitif dan neurologi si kecil, menstimulasi pertumbuhan rambut dan kulit yang sehat, mengatasi konstipasi atau sembelit pada anak.


Ini dia Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil



YUMMY BITES KIDDY 
EXTRA VIRGIN OLIVE OIL


Komposisi : 
Minyak zaitun  Extra Virgin 100%

Saran penyajian : 
1-2 sdm (@15 ml) perhari, dicampurkan kedalam makanan

Minyak Zaitun Extra Virgin diimpor oleh : 
PT Leon Boga Sentosa 
Jakarta 14470, Indonesia

BPOM RI ML 107909016717

Isi : 250 ml

Botol : 
Beling

HALAL


Segala kebaikan kandungan nutrisi dari EVOO terdapat pada Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil. Devina Hantoyo, sebagai Product Development Manager Yummy Bites menjelaskan mengapa harus memilih Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil:  

  1. Sudah tersertifikasi dari British Retail Consortium (BRC) yang juga mencakup implementasi HACCP dan GMP.
  2. Menggunakan zaitun Arbequina karena varietas zaitun yang netral & mild, aromanya segar dan tidak berbau tajam, berasal dari Catalonia, Spanyol.
  3. Adanya penerapan teknik Cold Pressed yaitu proses ekstraksi tanpa pemanasan, suhu dibawah 27° C, pengawasan selama produksi untuk menghindari terjadinya overheated.
  4. Mengandung vitamin E, Omega 3, Omega 6 dan Omega 9.
  5. Tingkat keasaman yang sangat rendah = 0,2% (Premium Quality).
  6. Tidak menimbulkan sensasi perih yang berlebihan di tenggorokan
  7. Rasa dan aroma yang netral sehingga tidak mengubah cita rasa makanan ketika ditambahkan.

Sandra Dewi yang menjadi brand Ambassador Yummy Bites juga memberikan Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil kepada Rafa (1,8 tahun). Rafa suka sekali sama MPASI yang dicampurkan dengan EVOO. By the way, Sandra Dewi sedang hamil tua lho, sebentar lagi melahirkan. Tapi kok perut melendungnya nggak kelihatan ya. Bikin iri para ibu-ibu nih 😆.

Chef Nina Bertha juga mengadakan demo masak MPASI menggunakan Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil. Bahan-bahannya juga gampang didapat dan terasa enak dicampur dengan EVOO. Chef cantik ini memang juara kalau masak memasak. 


Chef Nina siap-siap demo masak nih

Kalau sudah dipakai, sebaiknya EVOO ditempatkan di suhu ruangan saja agar menjaga kualitas kandungan minyak zaitunnya. Boleh nggak disimpan di kulkas? Sebenarnya boleh saja, namun terjadi stressfull olive oil atau pemindahan olive oil dari suhu kulkas ke suhu ruangan, maka bisa menyusutkan kandungan baiknya. Hindari juga peletakkannya pada benda-benda yang menghantarkan panas, misal di dekat kompor.


Buat Camilan Anak Dengan Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil

Saat pulang dari acara peluncuran itu, semua peserta diberikan satu goodiebag berisi produk Yummy Bites. Isinya banyak banget lho, yaitu :
  • 1 tas kecil Keluarga Yummy Bites
  • Handuk
  • T-shirt
  • 1 box Yummy Bites Cereal rasa strawberry
  • 3 box Yummy Bites Beberoll rasa keju, blueberry, dan strawberry 
  • 2 box Yummy Bites Organic  rice crackers rasa original dan sweet potato & carrot
  • 5 Yummy Bites Yoghurt Melt rasa strawberry, gold kiwi, banana, mixed berry

Penampakkan isi goodiebag

Nah, sekarang saya mau coba buat camilan si kecil dengan menggunakan bahan-bahan dari Yummy Bites dicampur dengan Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil. Oh ya, takaran yang saya buat untuk anak usia Sagara ( 2 tahun). 

Bahan - bahan
  • 3 sendok makan Yummy Bites cereal strawbery
  • 1 keping Yummy Bites Organic rice crackers sweet potato & carrot
  • Yummy Bites Yoghurt Melts
  • 1 sendok makan Yummy Bites Kiddy EVOO
  • Segelas air hangat matang (250 ml)

Cara buatnya
  • Tuangkan 3 sendok cereal ke dalam mangkuk, lalu masukkan air pelan-pelan dan aduk rata. Diamkan 3 menit.
  • Masukkan Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil sebanyak 1 sendok makan dan aduk rata.
  • Potek kecil-kecil Yummy Bites Organic rice crackers (cukup 1 keping saja).
  • Taburkan Yummy Bites Yoghurt Melts secukupnya
  • Siap disantap sama si kecil

Siap disantap

Mudah kan buatnya. Setelah jadi makanannya, lebih baik langsung dihabiskan ya. Testimoni langsung dari si kecil dia doyan dan habis 1 mangkok. Wah, demen deh kalau anak lahap makan begini. 

Beli Yummy Bites Kiddy Virgin Olive Oil dimana ya? Bisa beli di supermarket terdekat atau di e-commerce favorit (Shopee, Blibli, Babyzania, JD.ID, Tokopedia, Bukalapak). Harganya variatif dari Rp 50.000 - Rp 90.000. 


Minum Langsung Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil


Jujur saja saya baru pertama kali minum langsung minyak zaitun. Padahal di rumah ada minta zaitun lainnya yang disediakan sama ibu. Cuma saya nggak tertarik. Entah kenapa, saya penasaran sama Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil ini. Saya jadi merasa tertantang nih 😃. 

Saya juga ingat pesan dr. Rita Ramayulis dari hasil konsultasi beliau di acara workshop blogger kesehatan. Berat badan saya nggak pernah naik melesat, meskipun saat hamil dulu. Sekarang berat badan saya di angka 40 Kg jangan iri ya . Dokter Rita menyarankan untuk makan alpukat yang banyak dan minyak zaitun supaya berat badannya minimal 45 kg.



Langsung glek, nggak enek

Awalnya saya masih ragu untuk mencoba, namun kelamaan saya tertarik juga. Maka itu, pertama kalinya meminum Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil. Gimana rasanya? Bisa lihat ekspresi dan testimoni di video saya di bawah ini ya. 

Setelah menelan sesendok EVOO ini, rasa pertama yang saya rasakan yaitu nggak enek. Ngalir aja gitu ke dalam tenggorokan dan masuk ke perut. Meninggalkan rasa khas minyak, namun minim lengket dan nggak berbau. Saya pun nggak langsung minum air putih. Benar-benar enak buat diminum langsung. Coba deh.

Asupan makanan yang baik akan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kalau asupannya baik, maka kondisi anakpun jadi baik. Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil memberikan segala manfaatnya demi kesehatan. Semoga saya rutin mengkonsumsi EVOO ini sebagai lemak baik penambah berat badan. Selamat mencoba guys!





Bisa cek lengkapnya di 

Instagram: @myyummybites

Facebook : myyummybites

Twitter : @myyummybites

YouTube channel : Yummy Bites



****

28 komentar:

  1. Wah aku baru tahu kalau produk Yummmy Bites bisa diolah kayak gini. Dicampur jadi satu kasih zaitun baru dimakan sama anak. Jadi ide mpasi nih anak ketiga nanti. Thanks ya mbak. Zaitun memang oke

    BalasHapus
  2. Saya pernah nyobain minum minyak zaitun, dan rasanya yaaa gitu deh. Minum minyak blm biasa ��. Tapi minyak Yummy Bites ini blm pernah nyobain. Kl rasanya gak bikin eneg, ya maulah saya nyobain

    BalasHapus
  3. Pantesan minyak zaitun bagus untuk kesehatan kulit :) Soalnya banyak mengandung vitamin E dll ya? Wah kudu dicoba ah masak pakai yummy bites kiddy extra virgin olive oil ini. Lebih higienis dan mamah bisa tenang dengan kualitas menu sehari2. Diminum langsung biasa glek gitu juga bikin badan lebih vit ya.

    BalasHapus
  4. Yap bener banget kalau asupan makanan yang baik maka akan mempengaruhu tumbuh kembang anak mba. Mau ah nyobain yummy bites ini :)

    BalasHapus
  5. Camilan gaya baru yang menyehatkan buat anak ya mbak

    BalasHapus
  6. Suamiku yang suka minum minyak zaitun. Bisa juga dioles ke wajah biar wajah jd lembut. Ini produk barunya Yummy Bites kah? Kemasannya lucu sekali. Dulu zaman anak masih mpasi suka beliin evoo jg :D

    BalasHapus
  7. Aku lagi mau cari produk evoo ini buat Mpasi Binar, Rul. Kayaknya baca reviewnya bagus ya, bikin pengen coba

    BalasHapus
  8. Aku termasuk emak yang dulu selalu cekokin EVOO ke dua bocah untuk boost berat badan mereka. Hehehe. Selain itu emaknya sekaligus pake EVOO-nya untuk bikin DIY makeup remover, body scrub dan lain-lain. Kemarin pas mampir di Total Buah ngeliat produk ini cuma kupikir hanya untuk anak baby aja karena merek Yummy Bites, tahunya bisa juga untuk orang dewasa ya.

    BalasHapus
  9. aku rutin minum evoo stiap pagi bangun tidur, 2 sendok, tapi kdg 1 sendok jg gpp. udh sekitar 3 thnan kali. Gara2nya pas baca artikel ttg wanita2 brazil yg banyak sekali awet muda, gara2 mereka rutin konsumsi evoo. dicampur di salad, minum gt aja..

    dan akukan segala yg berbau bisa awet muda lgs seneng hahahahaha.. makanya rutin minum itu. selain utk kesehatan kulit, bgs jg utk pencernaan soalnya :)

    BalasHapus
  10. minyak zaitun memang bagus buat kesehatan kulit ya..
    saya paling suka kalau diminum langsung sesendok atau dua sendok gitu macam kalau minum madu. apalagi khasiat yang extra virgin olive oil bagus buat pembuluh darah euy.

    dan dengan adanya produk yummy bittes kiddy extra virgin olive oil ini juga bikin si kecil jadi merasakan manfaatnya dengan cara aman dan praktis.
    suka deh.

    BalasHapus
  11. Setuju banget kalo minyak zaitun punya manfaat besar. Soal perminyakan, aku bener-bener pilih yang nyunnah juga sih mbak hehe. Selain sehat, dapet pahala pulak. Apalagi sekarang varian zaitun banyak banget, inovasinya juga makin oke jadi aman dipake semua usia, khususnya anak-anak.

    BalasHapus
  12. Hahahaha jadi Kepo sama brand Ambassadornya. Teuteup ya hamil tua pun mau langsing aja kita maunya. Eaaaa

    BalasHapus
  13. wah baru tahu kalau yummy bites punya produk minyak zaitun gini
    Selama ini aku pakai minyak zaitun buat oles-oles kulit. Wanginya enaaaak
    Kapan-kapan mau nyoba punya yummy bites juga ah

    BalasHapus
  14. Saya pengguna minyak zaitun sejak kapan tau haha. Penggunannya pun macam-macam, tapi untuk diminum belum pernah sih. Barangkali setelah ini beli EEVO kali ya 🤔

    BalasHapus
  15. Saya suka minyak zaitun yg digunakan oleh tukang pijat langganan. Aromanya soft dan nyaman di kulit

    BalasHapus
  16. zaitun emang banyak khasiatnya. Buahnya (yang udah difermentasi) juga enyaaaaak tapi banyak org indonesia ga demen jarena rasanya yang asin asem ga jelas. Tapi kalo saya bisa ngemil sepiring hahah

    BalasHapus
  17. Yummy bites ada minyak zaitunnya? Wah! Aku baru tau dan aku jadi penasaran kira kira gimana ya rasanya?

    BalasHapus
  18. Minya zaitung memang banyak manfaatnya. Kalau alm papah saya, selalu mengkonsumsi minyak zaitun 1 sdm per hari. Mamah saya pakai minyak zaitun untuk perawatan wajah. Kalau saya pakai minyak zaitun untuk campuran makanan :D

    BalasHapus
  19. Khasiat minyak zaitun tak diragukan, terutama utk perawatan wajah.
    Kalau saya, suka yg dibuat campuran menu tertentu, aromanya haruuum

    BalasHapus
  20. Wah kalau minyak zaitunnya buat si anak jadi makin nambah manfaatnya, oh ya, emang bener enak tuh Mbak langsung nelen minyak zaitun? Wkwk.

    BalasHapus
  21. Bbrp tahun lalu sy suka minum olive oil karena dikasih temen. Olive nya habis sy berhenti. Kepikiran mau mulai lagi... Dannnnn untung aja saya baca artikel ini.. ternyata ada 5 macam.. alhamdulilah bakal gak salah beli...

    BalasHapus
  22. Lagi asik baca terus nemu kata potek :D .. udh lama gak perbah denger tuh kata.. naksir sama olive oilnya

    BalasHapus
  23. Lagi asik baca terus nemu kata potek :D .. udh lama gak perbah denger tuh kata.. naksir sama olive oilnya

    BalasHapus
  24. Selama ini konsumsi zaitun kalo kebetulan makan salad aja. Sisanya masih pake minyak konvensional dong. Belum siap untuk benar-benar beralih. :)

    BalasHapus
  25. selama hamil aq sering minum langsung minyak zaitun, sebenernya sih gak yang suka banget sama rasanya, tapi karena manfaatnya bagus jadi ketelen juga deh, hihihi
    seneng yummy bites sekarang punya vco juga, krn selama ini tahunya hanya cemilan buat anak-anak saja, sudah bisa di beli di supermarket yah mbak ?

    BalasHapus
  26. Rullll, beneran jadi pengen beli si virgin olive oil ini deh ...

    BalasHapus
  27. ku cukup konsisten menggunakan minyak zaitun buat perawatan kulit wajah dan tubuh, kalo makanan gak terlalu hahaha masih doyan makan jorok

    BalasHapus
  28. Aaah di acara ini ternyata ya yang ketemu Sandra Dewi lagi hamil tua tapi nggak keliatan kayak hamil.. hihi.. Bikin iriii.. :D Aku sampe sekarang suka pake olive oil buat numis2, dikit2 sih pakenya juga jadi bisa awet.. Buat lemak tambahan MPASI evoo emang bagus ya..

    BalasHapus