Persiapan Melahirkan Menyambut Hadirnya Si Kecil. Urutan ke 5 Wajib Punya!

39 komentar
Tak lepas pandanganku pada sebuah foto hitam putih yang terselip di dalam buku pink. Cukup lama ku pandangi karena ada rasa tak percaya kalau mahluk mungil yang ada di dalam foto tersebut tumbuh dalam rahimku. Masih ingat saat pertama kali memeluknya sesaat setelah lahir, saat kulit kami saling bersentuhan dalam dekapan dan wajah kami saling berpandangan. Inikah namanya jatuh cinta pada pandangan pertama? Sekarang bayi mungil itu tumbuh sehat dan ceria.

List perlengkapan bayi dan anak

Dari jauh-jauh hari saya sudah nyicil beberapa persiapan menyambut lahirnya si kecil. Sebenarnya tidak terlalu banyak dan ribet persiapan lahiran kali ini, mungkin sudah anak ke 3 ya jadinya lebih santai. Palingan yang benar-benar dipersiapkan yaitu fisik, mental dan finansial. Dari trimester ke 2 sampai jelang lahiran semangat terus ikutan prenatal yoga. Mental tetap dijaga agar bisa menghadapi apa pun proses persalinan. Jangan lupa siapin uang meskipun biayanya ditanggung oleh BPJS.

5 Persiapanku Menyambut Lahirnya Si Kecil

Selagi menunggu hari kelahiran bayi, saya menyibukkan diri merapikan perintilan bayi yang akan dipakai. Kegiatan menyiapkan barang-barang ini biasa disebut nesting atau naluri bersarang ibu hamil. Pengennya si ibu tuh bersih-bersih atau beberes sebagai wujud mempersiapkan lingkungan yang aman demi kedatangan buah hati. Hal ini hampir terjadi pada semua ibu hamil.

Kalau saya nggak perlu repot beli-beli banyak barang lagi. Lungsuran baju dan lain-lainnya dari 2 anak sebelumnya masih layak digunakan. Palingan beli kebutuhan bayi sehari-hari aja. Namun, ada beberapa barang yang memang saya pikirkan matang-matang untuk digunakan lebih lama oleh bayi. Inilah 5 persiapanku menyambut hadirnya si kecil.
  1. Hand Sanitizer. Benda paling penting yang dimiliki saat masa pandemi begini adalah hand sanitizer. Benda mungil ini selalu saya selipkan di sisi dekat si bayi. Siapa pun yang mau pegang-pegang harus bersihkan tangannya dulu. Nggak boleh kendor jaga 3M protokol kesehatan.
  2. Matras. Barang ini mesti deh dimiliki kalau ada bayi. Selain buat alas, matras berguna untuk menaruh bayi di bawah supaya dia bisa bereksplorasi. Apalagi kalau bayi sudah bisa tengkurep dan merangkak, bahaya banget ditaruh di atas tempat tidur. Soalnya sering kejadian bayi jatuh dari tempat tidur. Pilih matras atau playmat yang bergambar lucu dan berwarna agar bisa melatih motorik kasarnya.
  3. Kosmetik Bayi. Pemilihan kosmetik bayi itu penting karena kulit bayi yang masih sensitif. Masalah kulit newborn itu biasanya terjadi akibat ruam popok, biang keringat atau kulit kering. Makanya aku selektif banget memilih kosmetik bayi, benar-benar dilihat kandungan apa saja yang terdapat pada produk.
  4. Lemari pakaian. Nambah orang di rumah berarti nambah barang pula. Barang pertama yang saya pikirkan yaitu lemari pakaian. Diusahakan pilih lemari pakaian yang bisa digunakan sampai anak agak besar. Aku lebih suka lemari yang berbahan plastik karena lebih lama awetnya dan gampang dibongkar pasang kalau pindah tempat.
  5. Popok Bayi Baru Lahir. Nah, ini kebutuhan bayi yang wajib dimiliki. Memilih popok bayi baru lahir yang cocok bukan hal mudah. Ada yang harganya mahal, tapi nggak bagus buat kulit bayi begitu pun sebaliknya. Karena pengalaman dari 2 anak sebelumnya, aku jadi lebih jeli memilih popok sekali pakai (pospak). Inilah wujud sentuhan cinta mamy terhadap buah hati.

Untuk Bayi Baru Lahir, Kelembutan No.1 Dari MamyPoko


Popok bayi baru lahir
Suatu hari tanpa sengaja saya melihat status media sosial teman yang menawarkan beberapa barang perlengkapan bayi. Salah satu isinya adalah MamyPoko Royal Soft Newborn, popok bayi baru lahir tipe perekat. Ia hanya mau digantikan ongkos kirimnya saja. Tanpa pikir panjang saya menerima tawarannya itu. Lumayan dapat popok bayi baru lahir.

Awalnya saya ragu memakaikan popok sekali pakai ini ke bayi karena baru pertama kali mencoba. Aduh, telat banget ya padahal sudah ada dua anak sebelumnya pakai pospak juga. Saya yakin aja kalau popok bayi baru lahir ini bagus untuk kulit sensitif bayi. Akhirnya MamyPoko Royal Soft Newborn tipe perekat masuk ke dalam list tas persalinan. Jadi, setelah si kecil lahir langsung dipakaikan pospak ini.

Ada sedikit kekhawatiran yang saya rasakan dengan pospak ini. Bagaimana kalau tidak cocok dengan kulitnya? Kulit bayi baru lahir setengah kali lebih tipis daripada kulit biasanya. Kasihan kan kalau sampai terkena ruam popok. Nggak tega lihat kulit sensitif bayi yang memerah. Apalagi bayi baru lahir masih sering mengeluarkan kotorannya. Makanya sesampainya di rumah setelah persalinan, pertama kali yang saya cek adalah area bokong bayi. Apa ada ruam atau tidak? Alhamdulillah ternyata kulit area itu masih aman. Saya nggak ragu lagi meneruskan pakai MamyPoko Royal Soft tipe perekat.

Sekarang bayiku sudah berusia 3 bulan dengan berat badan 6,2 kg. Pastinya ukuran popok sekali pakainya juga berubah atau upgrade size menjadi ukuran S tipe perekat isi 28 popok Ukuran ini cocok dipakai buat bayi yang mempunyai berat badan 3-8 kg. Selama pakai MamyPoko Royal Soft sama sekali tidak mengalami masalah kulit bayi di area nappy. Tahu kondisi bayinya begini aja sudah bikin saya senang karena inilah sentuhan cinta mamy yang bisa saya berikan. Lalu, kenapa sih masih setia sama MamyPoko Royal Soft ? Tentunya kelebihan –kelebihan yang diberikan sangat menolong saya dalam mengurus si kecil.

MamyPoko Royal Soft memilki dry speed wave atau lapisan kering bergelombang yang berwarna hijau. Lapisan ini mampu menyerap cepat pipis si kecil sehingga kulitnya tetap kering. Lapisan bergelombang yang lembut dan mengurangi kontak dengan kulit bayi sehingga kulit tetap kering. Bayi sekali pipis kira-kira ukurannya satu gelas 30 ml. Dengan adanya dry speed wave, maka bisa menampung sekitar 5 gelas penyerapan cairan. Wah, bisa dibayangkan dong pipis bayi yang banyak itu kalau nggak pakai popok bayi baru lahir yang bagus, bisa bocor kemana-mana.

Popok sekali pakai

Penyerapan cairan bisa bertahan sampai 12 jam, namun lamanya penyerapan dapat berbeda-beda tergantung jumlah pipis bayi. Biasanya bayi yang minum ASI lebih sering pipis. Maka, bayiku memakai popok sekali pakai bertahan 2-4 jam saja, kalau dia pup langsung ganti nggak perlu nunggu waktu sampai selama itu. Karena MamyPoko Royal Soft bahannya lembut banget selembut kapas, maka membuat kulit sensitif bayi tetap kering.

Banyak atau sedikitnya pipis bayi, bisa dilihat dari wetness sign (indikator pipis). Ini berguna untuk menginformasikan kepada mamy kapan harus mengganti popok. Sebelum popok ada pipis, indikatornya berwarna kuning, kalau sudah dipakai sampai penuh maka berubah warna menjadi hijau. Keunggulan ini sangat membantu saya dalam mengecek kondisi area nappy.

Salah satu penyebab ruam popok pada bayi biasanya popok tidak didesain memiliki sirkulasi udara dengan baik. Hal ini bisa membuat bayi nggak betah, panas atau lembab. MamyPoko Royal Soft didesain mampu melepas udara panas dan lembab. Sehingga bayi tetap nyaman memakai popok.

MamyPoko Royal Soft

Siapa yang nggak senang punya bayi yang aktif? Tentunya saya senang banget, apalagi diusianya saat ini dia suka menendang-nendang. Saya suka kesulitan merekatkan popoknya. Untungnya MamyPoko Royal Soft perekatnya nempel banget meskipun dilepas beberapa kali. Perekatnya bisa disesuaikan dengan ukuran pinggang bayi. Perekatnya yang lembut bisa melindungi kulit sensitif bayi. Pada popok MamyPoko Royal Soft terdapat kerutan lembut dan elastis. Ini untuk mencegah kemerahan dan ketatnya popok di area paha bayi.

Itulah persiapanku saat menyambut lahirnya si kecil dan urutan nomor 5 sebagai wujud sentuhan cinta mamy. Tiada sentuhan selembut cinta mamy terhadap anaknya. Memang perlu persiapan matang memilih kebutuhan bayi. Saya nggak mau sampai salah pilih dalam memilih popok sekali pakai. Untuk bayi baru lahir, kelembutan no.1 dari MamyPoko. Ada promo nih dari MamyPoko Royal Soft, cek langsung ke official store Unicharm di Shopee dengan menggunakan kode “UNICROYAL”. Bagi para mamy yang sedang menanti lahirnya buah hati, tetap semangat, selalu berdoa dan persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Fighting!


***

39 komentar

  1. Judulnya dah kayak website online kekinian. Wkwk

    Btw, infonya bermanfaat nih. Biarpun gw lom punya bayi (krn bapaknya jg belum nemu), barusan aja gw punya ponakan baru. Boleh lah gw kirimin popok MamyPoko Royal Soft, pas diskon pula. Daripada bingung ngasih apaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata bayi pada cocok sih pakai MamyPoko Royal Soft. Aku udah buktiin itu. Buat hadiah keponakan mba Rahma dulu ya.😅

      Hapus
  2. Lingga embul banget mimik cucu terus ya

    BalasHapus
  3. Sya rekomendasikan ke saodara ya kak tuk nyetok MamyPoko Royal Soft,
    Kebetulan ada anak bibiku baru lahir,

    Terimakasih infonya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip lah. Kasih yang terbaik buat dede bayi bibinya ya.

      Hapus
  4. emezzzz liatnya, udah 3 bulan aja
    pilih popok juga nggak bisa asal ya mbak, diliat juga kondisi kulit bayinya, iritasi apa enggaknya

    BalasHapus
  5. Pilih pospak itu ibarat pilih pasangan hidup ya mom, harus yang cocok. #eaaa ��

    BalasHapus
  6. Jadi inget anak pertama aku, sekarang umurnya 13 tahun. Dulu waktu bayi dia juga pakai mamypoko. Kulitnya sensitif banget jadi gak bisa ganti merek popok. Manfaatnya pakai popok sekali pakai sangat meringankan ibu dan bayi. Bayinya bisa tidur pules, mamanya juga.
    Tenyata masih bertahan sampai sekarang mamypoko hehehehe

    BalasHapus
  7. Anak pules bobo malem pasti orang tuanya happy, karena si kecil akan menikmati waktu bobo malemnya. Mamypoko andalan bgt ya, ga boleh diragukan lagi, daya serap dan kelembutan saat dipakai anak ga perlu diragukan lagi.

    BalasHapus
  8. Setuju kak hahahaha kudu well prepare banget poin 5 itu deh. Peluk hangat buat baby mu ya

    BalasHapus
  9. Bayi baru lahir kulitnya sensitif ya jadi perlu popok yang super duper lembut.

    BalasHapus
  10. Bayi baru lahir butuh banget popok yang paling bisa bantu jaga kesehatan kukitnya. Jangan sampai iritasi atau lecet. Ruam juga, duh. Sepakat. Poin 5 perlu banget dipertimbangkan pilihan yang terbaik.

    BalasHapus
  11. Kenyamanan untuk bayi terutama saat dia menggunakan popok memang perlu diperhatikan ya kak, #efek melihat pernah ada ruam karena popok di ponakan ku

    BalasHapus
  12. Kok pas banget, sekarang Klangen juga pakai Momypoko ini. Daya serapnya bagus dan ngga bikin kulit ruam. Harganya masih terjangkau lah yaaa

    BalasHapus
  13. Memang kita harus pintar-pintar yadalam memilih popok untuk newborn agar tidak terjadi ruam popok.

    BalasHapus
  14. Memilih popok bautanak yg baru lahir gk boleh sembarangan.
    Anak2 juga waktu lahir pakainya popok MamyPoko.
    Suka krn meresap banget dan permukaannya lembut banget jd gak bikin kulit bayi iritasi.

    BalasHapus
  15. Memilih popok buat anak yg baru lahir gk boleh sembarangan.
    Anak2 juga waktu lahir pakainya popok MamyPoko.
    Suka krn meresap banget dan permukaannya lembut banget jd gak bikin kulit bayi iritasi.

    BalasHapus
  16. aku sih salfok sama foto si kecil mba, montok banget ya ampun. Gak boleh salah pilih popok untuk si kecil supaya nyaman ya mba.

    BalasHapus
  17. Waduuuuh, sikeciiiil debay udah gede aja, udah 3 bulan menggemaskan apalagi BB 6.2 kg, bener nih butuh upgrade ukuran popoknya yaa.
    Btw udah terpercaya brand MAmyPoko Royal Soft, apalagi dengan kelebihannya dry speed wave yang bisa menampung sekitar 5 gelas penyerapan cairan.
    Makin nyaman deh debaaynyaa.

    BalasHapus
  18. Liat bayi lg dipakein popok jd pengen punya cucu bayi lg nih biar bunda kadoin beberapa dus MamyPokoRoyalSoft, hehe.. #menghayal. Wah, gemezz liat dede bayi udah chubby pipinya. Zoences buat de baby ya.

    BalasHapus
  19. Memang ya, dulu tuh masih ragu kasih bayi baru lahir popok sekali pakai ..Tapi kini sudah ada MamyPoko Royal Soft yang didesain mampu melepas udara panas dan lembab. Sehingga bayi tetap nyaman memakai popok. Jadi ga kuatir lagi

    BalasHapus
  20. Mbak nurul bayinya lucuu .. salam kenal ya. Tambahan ilmu nih untuk bumil. Thanks postnya

    BalasHapus
  21. Wah aku baru tahu persiapan menyanbut bayi biasa disebut mating hehe kayak ibu hewani bersikap melahirkan gitu ya istilahnya

    BalasHapus
  22. Mamypoko, sudah sejak lama memang menjadi andalan. Sekarang ada inovasi dengan varian MamyPoko Royal Soft Newborn ya.

    BalasHapus
  23. Memang kalau baby born itu perlakuannya khusus, Mba. Apalagi kulit mereka masih sensitif. Jadi cocoklah ada produknya Mamypoko Royal Soft Newborn

    BalasHapus
  24. Mamypoko royal soft newborn ini cocok untuk bayi berkulit sensitif ya mam? Berarti rekomen ya... Suka kasihan kalau ada bayi yang kena ruam popok.

    BalasHapus
  25. Popok sekali pakai buat newborn membantu banget buat ibu biar tetap waras, hehehe. Apalagi untuk ibu baru. Minimal ibu bisa istirahat lebih banyak karena ga perlu sering-sering bangun gantiin popok. Makanya cari produk popok yg bagus penting banget, biar sama-sama nyaman ibu dan bayinya.

    BalasHapus
  26. memang buat newborn harus selektif dalam memilih diapers yang tepat dan gak bikin anak jadi ruam kulit. apalagi newborn sering banget gonta ganti diapers

    BalasHapus
  27. Mamypoko sudah ada produk baru lagi ya, kebetulan ketika anakku masih bayi dan batita, Mamypoko memang andalan banget dipakai harian atau saat bepergian, pakai Mamypoko juga ngak bikin anakku mengalami ruam popok, apalagi kini ada produk baru yang pasikan makin oke.

    BalasHapus
  28. Sekarang wajib banget bawa perlengkapan bayi yang super lengkap sendiri yaa..
    Tapi pernah ga kak Nurul ganti popok saat sedang di mall?
    Popok ini jadi bagian paling penting kalau punya dede bayi.

    Alhamdulillah.
    Kini ada Mamypoko new born baby yang lembut.

    BalasHapus
  29. Mamy Poko andalan banget lapisannya tahan air, tapi tetap lembut untuk kulit anak bayi dan balita, harganya juga terjangkau

    BalasHapus
  30. Saat punya bayi dulu, belum ada produk pospak untuk new born. Jadi pakai popok biasa. Senang ya ibu muda sekarang, ada produk yang bikin ia bebas dari ompol si new born yang banyaaaak...

    BalasHapus
  31. popok adalah kebutuhan penting bagi bayi ya mbak
    dalam memilih popok bayi juga nggak bisa sembarangan, harus yang jelas kualitasnya
    seperi mamypoko ini ya mbak

    BalasHapus
  32. The best banget memang mamy poko royal ini mbak, sayapun seneng banget makein ke anak-anak dulu. Semoga sehat terus ya dedek bayiii.. ^^

    BalasHapus
  33. Dari dulu tuh mba awal anakku Lahir juga pakai momy poko selain lembut dan gàk bikin iritasi dikulit dah gitu ukurannya juga mengikuti size baby..jadi Aman bergerak pun gk geser

    BalasHapus
  34. Bener banget nomor 5 wajib punya. Kalau ade fungsinya buat menjaga kualitas tidur baby yaa.. jadi baby tidur tenang, emaknya juga. Secara baru melahirkan itu melelahkan

    BalasHapus
  35. Punya bayi itu memang seneng banget, ya. Bayiku juga pakai mamy poko, lo.

    BalasHapus
  36. gemes sama Lingga dan mamanya yg supercute.. setuju kalo untuk popok bayi baru lahir aku juga rekomendasiin Mamy Poko, lembut dan aman buat kulit bayi.. tapi inget, kita sebagai ibu tetep harus rajin gantiin popok bayi tiap 4 jam sekali supaya gak terjadi ruam ataupun iritasi..

    BalasHapus