Tingkatkan Imun, Iman dan Nyaman Selama Karantina #DiRumahAja

Minggu, Mei 03, 2020

Sudah lebih dari sebulan saya jalani karantina selama masa pandemi Covid-19 sejak pemerintah mengumumkan melakukan kegiatan bekerja, ibadah, dan belajar #DiRumahAja. Rasa jenuh sepertinya menjadi teman setia ketika ruang gerak dibatasi. Otak ini seakan terus bertanya, besok mau ngapain lagi ya? Kayak sudah enggak ada ide lagi. Padahal entah sampai kapan masa karantina berhenti.

masa karantina di rumah aja
#DiRumahAja dulu ya
Desain gambar by Canva

Saya yang kadang ada kegiatan di luar, awal-awal masa karantina di rumah sangat membosankan. Ibarat burung yang terbang bebas, lalu dikurung dalam sangkar. Mau bagaimana lagi? Penyebaran virus Corona seakan-akan membombardir bagi siapa yang ke luar rumah tanpa proteksi diri. Siapapun bisa terkena virus ini. Daripada saya yang terinfeksi atau pembawa virus tersebut, lebih baik saya berdamai dengan kebosanan ini.

Dibalik setiap kejadian baik atau buruk pasti ada hikmahnya. Begitupun dalam kondisi pandemi ini. Saya harus mengubah mindset atau cara berpikir supaya tetap stabil. Selain stabil dalam mengatur keuangan di tengah pandemi, tapi juga stabil dalam meningkatkan keimanan, imun dan kenyamanan diri. Jadi, saya harus tetap waras berpikiran positif. Kegiatan apa saja yang saya lakukan selama masa karantina di rumah? Langsung nih saya kasih tahu.


Tingkatkan Iman


tingkatkan iman selama masa karantina
Sholat dan baca Al-Quran adalah penyejuk hati

Banyak cara untuk meningkatkan keimanan kita sebagai pemeluk suatu agama. Kebetulan agama yang saya anut adalah Islam. Dalam islam, cara meningkatkan keimanan bisa dengan melakukan ketaatan amal soleh seperti sholat, infaq dan berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Bukannya sok relijius nih, cara-cara tersebut membuat saya jadi lebih sabar dan menerima keadaan saat ini. Apalagi saya baru ditinggal wafat oleh ayah tercinta, perasaan saya masih tidak menentu. Rasanya saya diberikan ujian yang bertubi-tubi oleh Allah SWT. Entah apa yang terjadi kalau saya enggak kuat-kuat banget menghadapi itu semua.

Kondisi saya bagai peribahasa sudah jatuh tertimpa tangga pula. Masalah yang satu belum selesai, datang masalah baru lagi. Tapi kematian bukanlah masalah besar bagi orang yang beriman. Saya yakin kalau Allah memberikan ujian ini pada saya agar lebih kuat, sabar dan tawakkal. Dia enggak akan memberikan ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya.

Intinya dengan meningkatkan keimanan, saya tetap optimis bahwa wabah Covid-19 ini segera hilang dan  kembali seperti semula. Bulan Ramadan waktu yang sangat tepat untuk kita semua intropeksi diri dan tingkatkan keimanan. Memandang segala sesuatunya dengan positif.


Tingkatkan Imun


Istilah kaum rebahan seakan jadi primadona ketika masa karantina di rumah saja diberlakukan. Tapi bukan berarti enggak melakukan gerakan sama sekali. Minimal olahraga kayak push up, sit up atau plank. Lumayan nurunin berat dan membentuk badan kalau rutin dilakukan. Selain itu hormon endorfin yang keluar saat olahraga membuat diri kita merasa bahagia.

Saya ngerasain banget sih badan jadi lebih lemes atau enggak semangat. Makanya saya coba melakukan gerakan olahraga yang masih bisa dilakukan di dalam rumah. Cuma modal matras dan kuota saya bisa ikuti gerakan olahraga lewat YouTube. 15-20 menit saja sudah bikin panas badan dan ngucur keringat. Kalau lagi santai sambil nonton drama Korea, saya coba plank yang bermanfaat untuk memperkuat otot perut, paha dan bokong. 

tingkatkan imun selama masa karantina
Olahraga bisa menimbulkan hormon dopamin bagi tubuh

Selain berolahraga, cara meningkatkan imunitas tubuh yaitu makan buah dan sayur. Kebetulan saya suka makan buah apa saja, paling favorit buah pisang, alpukat dan melon. Bulan puasa banyak banget yang jual es buah kan, saya minta pemanis dan es nya dikurangi karena saya sudah manis 😆. 

Kalau merasa badan sedang kurang fit biasanya saya minum vitamin atau suplemen. Saya memang selalu sedia vitamin di rumah, kadang minum madu juga. Kalau lagi sehat biasanya saya minum dua hari sekali buat jaga daya tahan tubuh. Disesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing. Pikiran sehat, badan pun kuat.


Tingkatkan Nyaman


Nyaman bisa diartikan banyak hal. Dari segi kebersihan rumah, lingkungan atau diri sendiri. Alhamdulillah urusan bersih - bersih rumah dibantu sama suami selama dia work from home. Kebetulan Pak RT tempat tinggal dan beberapa warga juga melakukan penyemprotan disenfektan. Jadi, saya merasa nyaman deh.

emeron shampoo complete haircare
Saya pakai Emeron Complete Haircare Black Shine
Urang Aring

Nah, bagaimana dengan diri sendiri? Jujur saja saya termasuk orang yang kurang rajin soal perawatan. Apalagi urusan rambut. Tapi selama masa karantina di rumah, saya jadi lebih ganjen, sampai mandi parfum segala. Pokoknya saya paling enggak sabaran deh ikuti step by step pemakaian produk perawatan apapun.

Saya terlahir dengan rambut keriting. Memang keturunan dari ayah dan ibu juga. Bagian tubuh inilah yang kadang membuat saya enggak percaya diri. Rambut keriting tuh susah banget diaturnya. Pakai sisir juga khusus yang jarang geriginya. Sebenarnya masalah rambut saya enggak banyak. Cuma beberapa waktu lalu ada hal yang membuat saya malu, teman saya bilang ada uban. Saya pikir bercanda, eh ternyata pas dicabut beneran uban. Oh My God, sudah setua itukah diriku?

Kebersihan diri menjadi hal paling utama saat wabah Covid-19 melanda. Pokoknya dari ujung rambut sampai ujung kaki harus sebersih mungkin. Tiap pegang sesuatu dianjurkan tangan langsung dibersihkan dengan sabun atau hand sanitizer. Untuk menjaga kesehatan diri bisa dengan melakukan perawatan rambut. Selain membersihkan kulit kepala dan rambut, keramas merupakan saat yang tepat buat me time. Kalau rambut bersih, wangi, dan segar, pikiran pun jadi santai dan selalu berpikiran positif. Shampoo Emeron memberikan semua privilage itu buat saya.

varian emeron shampoo complete haircare
Varian Emeron Shampoo Complete Haircare

Emeron itu produk shampoo yang sudah lama banget ada. Merek ini sudah ada sejak saya masih kecil. Seingat saya waktu ibu masih buka warung shampoo ini ada dideretan barang dagangan yang digantung. Kemasannya masih sachet. Tapi sekarang Emeron bertransformasi dengan kemasan dan varian yang lebih menarik.

Shampoo Emeron memiliki banyak varian antara lain Emeron Black Shine diperkaya oleh urang aring agar rambut hitam berkilau, Emeron Damage Care diperkaya oleh avocado memperbaiki rambut yang rusak, Emeron Soft & Smooth diperkaya oleh sun flower agar rambut halus & mudah diatur, Emeron Anti Dandruff dengan ZPTO + Lime mencegah rambut ketombe dan merawat kulit kepala, Emeron Volume Control diperkaya oleh pomegranate untuk perawatan rambut lepek. Emeron Hijab Clean & Fresh diperkaya oleh tea tree oil active provit amino  untuk menyegarkan & mengurangi rambut rontok serta MOC perfume membuat rambut enggak bau apek, Emeron Hair Fall Control diperkaya dengan aloe vera (lidah buaya) untuk mencegah rambut rontok. 

Saya gunakan Emeron Complete Haircare varian Black Shine Urang Aring. Saya pilih varian ini sesuai dengan kondisi rambut. Biar saya enggak malu lagi karena uban, maka varian ini jadi pilihan. Saya pakai rangkaian produknya yaitu shampoo, conditioner dan vitamin. Biar maksimal hasilnya demi mahkota wanita ini.

emeron shampoo black shine
Emeron Nutritive Shampoo Black Shine,
Netto 170 ml, POM  NA 18161001965, Harga Rp 17.000 an

Biasanya saya keramas 2 hari sekali, tergantung kondisi rambut juga. Kalau sedang melakukan kegiatan yang mengeluarkan  banyak keringat maka bisa sesering mungkin. Tapi keseringan keramas enggak baik juga bagi kesehatan rambut. Pilih shampoo yang sesuai kondisi rambut dan gunakan air dingin biasa. Oh ya, Shampoo Emeron Black Shine Urang Aring telah disempurnakan dengan teknologi Jepang, Active Provit Amino.

Testimoni saya keramas dengan menggunakan Emeron Black Shine Urang Aring rambut lebih wangi jadi pengen ciumin terus, busah shampoonya banyak pemakaian lebih irit dan warna hitamnya pekat. Namun saat dituangkan dan dicampur dengan air warna hitamnya sedikit meninggalkan bekas di tangan. Setelah dibilas warnanya hilang dan bekas hitamnya hilang.

Setelah keramas saya gunakan conditioner. Perhatikan penggunaanya saat diaplikasikan ke rambut jangan sampai ke akar rambut karena sudah dilembabkan secara alami oleh minyak alami (sebum) dari kulit kepala. Jangan gunakan conditioner terlalu banyak dan sesuaikan kebutuhan rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

emeron conditioner black and shine
Emeron Nutritive Conditioner Black Shine,
Netto 170 ml, BPOM : NA18151002557, Harga Rp 15.000 an

Sebenarnya saya jarang sekali pakai conditioner, padahal tahu manfaatnya untuk rambut. Tapi setelah dicoba kok rambut lebih halus ya. Tambah wangi lagi rambut ini dan tambah pengen ciumin terus. Saya jadi punya hobi baru nih. Memang conditioner itu membuat rambut jadi lebih lembut dan halus.

Setelah pakai shampoo dan conditioner, rambut dibungkus dengan handuk kecil dan dikeringkan. Kalau saya lebih suka mengeringkan rambut pakai kipas angin atau diangin-anginkan. Kalau pakai hair dryer boros listrik dan rambut cepat rusak (hmm..memang enggak punya juga sih). Boleh saja pakai, asal jangan sering-sering.

Setelah rambut setengah kering baru pakai Emeron Hair Vitamin Black Shine yang berfungsi melindungi rambut dari sinar matahari, menutrisi rambut dari tiap helai agar tetap sehat. Cara pakainya :
  • Buka dan tuangkan hair vitamin ke tangan dan usapkan ke ujung rambut setengah basah secara merata.
  • Tata rambut seperti biasa.
  • Untuk hasil terbaik gunakan Emeron Shampoo dan Conditioner.

Efek yang saya rasakan setelah pakai vitamin rambut makin suka. Yakin banget kalau rambut saya lebih sehat. Kekhawatiran saya soal kebersihan diri jadi berkurang. Setidaknya saya sudah berusaha untuk melawan virus Corona dengan cara yang tepat.

emeron vitamin black and shine
Emeron Hair Vitamin, Netto 6 kapsul/1 ml,
POM NA 18161000163, Harga Rp 7.000 an

Begitulah cara saya melakukan kegiatan selama masa karantina #DiRumahAja. Dibatasi oleh ruang gerak bukan berarti tidak bisa lakukan kegiatan positif. Tergantung dari mindset masing-masing, kalau bawaannya takut dan mengeluh terus karena pandemi Corona tidak akan menghasilkan apa-apa. Malah kesehatan mental kita yang kena. #DengarkanHatimu dalam memilih sesuatu yang bisa dikonsumsi dengan baik.

Emeron Complete Haircare menenangkan saya dari segi perawatan rambut. Kebersihan diri jadi jaminan untuk melawan virus Corona. Hus...hus..sana...*Syahrini mode on. Tidak perlu ke luar rumah dan pastinya minimalisir pengeluaran. Kondisi pandemi gini harus irit kan. Uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan prioritas lainnya.

Kalau mau beli Emeron Complete Haircare di mana? Mudah kok, bisa beli di minimarket atau supermarket terdekat. Karena belum boleh sering ke luar rumah maka beli secara daring saja (online) di beberapa e-commerce seperti Blibli.com, Tokopedia, JDID, Lazada, dll. Harganya juga cukup terjangkau.

perawatan rambut selama masa karantina di rumah
Jaga kesehatan diri #DengarkanHatimu #DiRumahAja
Bersama Emeron

Harapan saya dan (pasti) semua orang di dunia pandemi Corona cepat musnah. Rutinitas hidup bisa kembali seperti sebelum virus Corona datang. Rasanya sudah kangen banget ingin berkumpul dengan teman, naik comutterline, dan jalan-jalan. Setidaknya untuk saat ini lebih tingkatkan lagi iman, imun dan nyaman buat diri sendiri. Semoga kegiatan positif saya selama masa karantina #DirumahAja bisa bermanfaat ya. Keep healthy.



Produksi PT LION WINGS
Jln. Inspeksi Cakung Drain Timur No.1 Jakarta Timur - Indonesia

Di bawah lisensi :
LION CORPORATION
3-7, 1-Chome Honjo, Shumida-ku
Tokyo - Japan

Layanan Konsumen 
PO BOX PT. LIONWINGS 1008
 JKT 13000 - Indonesia

0-800-18-18-818 (Bebas Pulsa)
031-5325005 ( Pengguna handphone)

Follow
Instagram : @emeronhaircare
Twitter : @emeronhaircare
Facebook : Emeron Hair Care



***

You Might Also Like

57 Comments

  1. Gak keliatan ada ubannya, Mbaak. Masih bisa diitung jari dong, gpp ah malah cantik hehe, dirawat dengan Emeron biar makin sehat sajah rambutnya ^__^.
    Harus senantiasan menjaga imun dan iman selama bulan Ramadhan di saat pandemi ini ya Mbak Nurul, semoga sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untungnya uban yang ditemukan baru sehelai. Makanya gercep perawatan rambut pakai utang aring dari Emeron.

      Hapus
  2. Turut berduka cita ya Mbak atas meninggalnya Ayahanda semoga cepat move on saya aja butuh waktu yang cukup lama meski sudah 1 tahun tetap saja belum bisa move on BTW itu rambut Coba dibuat panjang Mak pasti lebih gemes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih belasungkawanya. Udah pernah gaya rambut panjang, ribet kalau rambut keriting. 😆

      Hapus
    2. Tapi gaya loh sekarang rambutnpanjang keriting. Kalo mau lurus pun kan bisa dong ke salon aja

      Hapus
  3. Biar di rumah saja, yang penting tetap melakukan aktivitas ya. Nah yang paling penting nih selalu jaga kebersihan dan rambut juga perlu perhatiankan ya. Aku baru ngeh ternyata ini Emeron ada vitamin khusus rambutnya juga ya, coba cek ah untuk rambut rontok ada gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau rambutnya kondisi rontok pakai varian yang warna hijau kak Cici.

      Hapus
  4. Sejak pandemi malah jadi care sama urusan badan dan rambut ya.
    Aku juga pakai Emeron hair care nih. Dari shampoo, vitamin dan conditionernya.
    Cocok di rambut aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap deh perawatan rambut mba Oline selama di rumah.

      Hapus
  5. Setuju. Iman dan imun harus ditingkatkan meski dirumah aja. Aku juga pakai emeron mba dirumah. Mantap ulasannya. 😊

    BalasHapus
  6. Kalau buat aku nggak ada kata mati gaya pun dirumah aja hahaha apalagi urusan rawat merawat jabanin deh karena memang senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesempatan bagus ya mba Hit saat di rumah perawatan apapun dilakuin.

      Hapus
  7. Aku pernah pakai Emeron Anti Dandruff nya. Emang tuh ketika kita terpaksa keluar rumah, begitu sampai rumah langsung mandi bersih dari ujung rambut hingga ujung kaki. Pas banget enak deh Emeron bikin rambut sehat, segar, membantu mengurangi gatal2 akibat keringat dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi lebih resik ya sekarang. Bersihin semua badan setelah kegiatan di luar.

      Hapus
  8. EMERON ini amazing banget yaa, cucok untuk perawatan rambut dan kulit kepala. selama #dirumahaja daku juga makin rajin shampooan, sekalian me time :)

    BalasHapus
  9. Sukaaa deh sama penampilan Kak Nurul. Terlihat segar banget loh, Kak. Mungkin efek dari kulit kepala yang adem dan rambut yang jadi halus dan lembut, ya.

    Aku juga suka melakukan perawatan selama di rumah aja. Biarpun nggak dilihat siapa-siapa, tapi di hati lebih nyaman kalau pegang rambut halus, endus aroma badan harum, dan wajah lebih kinclong saat ngaca, hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun enggak dilihat siapa-siapa, yang penting hati senang dan percaya diri ya.

      Hapus
  10. Meningkatkan 3 hal itu di waktu kayak gini emang penting banget sih, apalagi ini bulan puasa. Harus kelihatan bersih dan nyaman. Aku pernah nyoba Emeron yang Pink, wanginya aku suka banget mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga 3 hal positif di atas berlanjut terus ya mba.

      Hapus
  11. Semoga dijaga keistiqomahakeistiqomahanya memgirimkan doa buat ayahnda ya Mbaa.. .Aku suka rambutmu Mbaa, ikal2 gitu tuh paling asik rambut jd kliatan tebel juga

    BalasHapus
  12. Sekali lagi, turut berduka ya Nurul, peluk dari jauh

    Emeron ini membantu penampilan jadi gak "lusuh" lagi yaa

    BalasHapus
  13. Di rumah aja justru kita bisa berkontribusi lebih banyak yaa mba..Tingkatkan iman, imun dan nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah kalau melakukan 3 hal itu tetap bis berpikiran positif ya.

      Hapus
  14. Jaga kebersihan rambut apalagi buat yang ga berhijab saat pandemi gini penting banget karena salah satu perantara droplet yang gak terlalu diperhatikan itu rambut,,, amit2 kalau rambut kotor dan ga sengaja jadi carier kena mata bisa masuk loh virusnya,, tapi ya jangan sampai amit2, untung mba nurul rajin cuci rambut pake emeron ya,,, aku suka yang varian alpukat yang kuning

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan bahaya ya kalau sampai virusnya nempel di rambut, kita enggak pernah tahu. Mesti rajin keramas kalau begitu.

      Hapus
  15. Baru tau ih kalau emeron juga punya hair vitamin.. Pengeeeen. Trus beneran bsia bantu ngurangin uban,mbak? Ubanku juga banyak nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya ubannya enggak terlalu banyak terlihat karena perawatan rambutnya pakai urang aring.

      Hapus
  16. Emerson emang wangi banget, aku juga pakai yang black and shine, emang kerasa banget hasilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik ada temannya deh aku pakai Emeron Black n Shine

      Hapus
  17. Namanya hidup mah ya masalah akan selalu datang. Makanya perlu kekuatan iman dan akal utk menyelesaikannya. Tapi ngademin dengan bermanja ria mandi dan keramas pakai emeron itu sesutu banget y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keramas bisa jadi me time yang dibutuhkan saat masalah datang. Jadi adem kepala kan,

      Hapus
  18. Setuju Mak.
    Dengan tetap di rumah saja justru kita bisa membantu banyak, memutus rantai pandemik.

    YES!
    Iman, imun dan nyaman, kata koentjinya!

    BalasHapus
  19. Emeron ini brand udah lama ya..
    Dulu sempat booming..terus menghilang..

    Kini muncul lagi dengan tampilan berbeda.

    BalasHapus
  20. Lebih mendekatkan diri pada Allah supaya kita juga selalu yakin dan percaya bahwa semua kuasanya ya. Menjaga imun supaya kkita tetap sehat termasuk menjaga kebersihan badan dan rambut

    BalasHapus
  21. Emeron ini shampoo sejak jaman aku masih kecil. Sekarang semakin banyak variannya ya. Nggak perlu ke salon ya pas pandemi gini. Cukup perawatan pakai rangkaian emeron shampoo dari rumah.

    BalasHapus
  22. Wah, Emeron semakin komplit ya produknya. Aku tahunya cuma shampoo aja selama ini. Beruntung banget ya, Mbak. Dengan adanya produk-produk Emeron, meski di tengah wabah masih tetap bisa perawatan di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkat komplit produknya jadi enggak perlu ke salon perawatan rambut selama karantina di rumah.

      Hapus
  23. Emeron ternyata ada yang hijabnya ya mak, aku baru tahu loh. Komplit juga variannya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang komplit varian Emeron, cocok tuh dipakai yang varian hijab buat mak Liswanti.

      Hapus
  24. Turut berbelasungkawa ya Mbak atas berpulangnya ayahanda Mbak.

    Emeron, iya nih, jaman kecil saya juga dah ada tu shampok emeron. Sekarang pasti makin kece ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas perhatiannya mba Ida. Dari kecil dirimu sudah tahu merek Emeron, ketahuan deh usianya, hehe.

      Hapus
  25. Aku juga dah mulai muncul rambut peraknya mbak huhu.... Sepakat mnak, meski dirumah saja kudu tetap melakukan perawatan dr ujung rambut sampe ujung kaki biar tubuh tetap nyaman meski tak ke mana mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar berasa cantik terus ya meskipun enggak ke mana-mana.

      Hapus
  26. Uban itu bisa karena genetik juga mba Nurul, bukan selalu karena tua #menolaktua wkwkwk. Aih mba Nurul masih padat aja kegiatan di rumah, semoga burung yg terkurung di sangkar segera bisa terbang lagi yaa setelah pandemi berlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener salah satunya karena genetik. Atau bisa jadi perawatan rambutku kurang maksimal.

      Hapus
  27. emeron ini merk yg aweeeet bgt ya mbak...kenal ini sejak kecil sementara umurku udaaa....banyak hahaha. pengen coba vitaminnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merek Emeron familiar banget ya di telinga. Coba vitaminnya biar tamabh subur rambutnya.

      Hapus
  28. Aku pakai emeron terakhir waktu SMP lho, udah lama banget.. Dan baru tahu ternyata emeron ada vitamin rambutnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merek Emeron legend banget ya kak, sudah terkenal sejak lama

      Hapus
  29. Hallo kak, ikut lomba blog yukk, cek: http://prakerja.bencoolencoffee.com/blog/ (kategori juara: SEO dan Tulisan Favorit) Jika ada pertanyaan bisa hub: 082111490398 daris pelatihan barista

    BalasHapus

Popular Posts