Berkah Program CSR JNE Raih Penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022

Tidak ada komentar
Ramadan memang pantas disebut sebagai bulan penuh keberkahan. Ibadah puasa dan ibadah lainnya dilipatgandakan pahala bagi siapa yang menjalani. Saya pribadi sangat merasakan kebaikan-kebaikan yang datang di bulan suci ini. Meskipun ada ujiannya juga, saya anggap ini sebagai momen naik kelas dari-Nya agar lebih bersyukur lagi sehingga keberkahan terus menghampiri. Pas bulan puasa ini, JNE mendapatkan penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022 dari Baznas Indonesia. Ini keberkahan yang didapat JNE dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalani. 

Muzakki Istimewa Award 2022
Penyerahan penghargaan dari
Bpk. Anies Baswedan kepada Bpk.
M. Feriadi

Pada tanggal 7 April 2022 bertempat di Balai Kota DKI Jakarta,  Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Award telah menggelar acara penganugerahan bertema Muzakkir l Istimewa Award 2022 secara hybrid . JNE dianugerahi penghargaan Muzakki Istimewa Award dari Baznas DKI Jakarta sebagai perusahaan terkolaborasi pada tahun 2021. Penghargaan diserahkan langsung secara simbolis oleh Bapak Gubernur Anies Baswedan kepada Bapak M. Feriadi Soeprapto selaku Presiden Direktur JNE. Ini merupakan hasil kerja keras & kolaborasi CSR yang dilakukan selama ini. Memang JNE banyak sekali membuat program CSR sebagai bentuk dukungan bagi yang membutuhkan bantuan. Terutama di masa pandemi. 

Terima kasih sebesar-besarnya kepada BAZNAS DKI Jakarta, atas anugerah Muzakki Istimewa Award 2022 sebagai perusahaan terkolaborasi di tahun 2021 kepada JNE. Penghargaan ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus berbagi, memberi, dan menyantuni di seluruh Indonesia seperti prinsip yang ditanamkan oleh pendiri JNE, Alm. H. Soeprapto Soeparno sejak 31 tahun lalu. Ucapan Bapak M. Feriadi Soeprapto. 

Kenapa BAZNAS memberikan penghargaan ini kepada JNE? Karena BAZNAS tidak hanya mengurusi pendistribusian zakat, tapi juga melihat kontribusi perusahaan yang diwujudkan melalui penyaluran dana CSR menjadi parameter bagi BAZNAS. Nah, berbagai program CSR hasil kolaborasi dengan berbagai institusi bersama BAZNAS, JNE menjadi salah satu perusahaan yang mengambil peran dan selama ini turut aktif berpartisipasi dalam berbagai program BAZNAS karena selalu ingin mewujudkan semangat taglineConnecting Happiness” agar dapat terus berbagi kebahagiaan kepada seluruh masyarakat.

Selain JNE, penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022 memberikan penghargaan bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan para pihak yang berjasa atas perkembangan zakat di tanah air yaitu : 
  1. 8 kategori penghargaan untuk BAZNAS Provinsi dan Kabupaten/Kota.
  2. 6 kategori untuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional; LAZ Provinsi/Kabupaten/Kota
  3. Kepala daerah pendukung kebangkitan zakat.
  4. Serta berbagai penghargaan khusus lainnya.

Program CSR JNE
Dok. Foto diambil dari jnews.online.com

3 Program CSR JNE yang Telah Dilakukan Selama Pandemi

JNE telah melakukan banyak program CSR selama pandemi Covid-19. Tentunya ini suatu kebaikan bagi yang telah menerima manfaatnya. Berikut 3 program CSR yang menurut saya memberikan keberkahan bagi yang menerima .

1. Bedah Gubug Reot Warga Banten
Siapa yang enggak bahagia rumah reotnya dibedah dan diperbaiki? Itulah perasaan keluarga Bapak Burhan dari Desa Kaduagung Tengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, pada hari Selasa 18/1/2022. Kebahagiaannya sampai meneteskan air mata. Ia terpaksa tinggal di gubug dekat kandang kambing sejak akhir Agustus 2021 lalu karena rumah semi permanennya habis dimakan rayap. Bedah rumah ini hasil dari kolaborasi antara Badan Wakaf Al Qur'an (BWA) dan CSR JNE Cilegon. Ini merupakan bukti bahwa JNE tidak hanya memikirkan keuntungan perusahaan, tapi juga meningkatkan zakat perusahaan. 

2. Donasi ke Vihara dan Klenteng 
Berbagi itu enggak mesti lihat apa agama atau RAS nya. Pada perayaan Imlek 1 Februari 2022 lalu, JNE Cabang Tangerang mengadakan program CSR dengan berdonasi ke Klenteng dan Vihara yaitu Klenteng Pay Thian Bio di Teluk Naga dan Vihara Molek Hud di Kampung Cikahuripan, Tangerang. Keduanya mendapatkan donasi masing-masing sebesar Rp5 juta. Pastinya pemberian JNE ini disambut baik oleh pengurus klenteng dan vihara. Donasi digunakan untuk perluasan ruang ibadah dan pemberian makanan bagi warga sekitar. Berkah buat semua. 

3. Berikan Dua Unit Ambulance 
Kali ini menyambut ulang tahun JNE ke-31 tahun dengan memberikan 2 unit ambulance lewat program CSR di bidang kesehatan. JNE Bandung bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Ini bukan kerjasama pertama kalinya, tapi pernah bekerjasama dalam program penanganan bencana alam hingga distribusi daging kurban ke wilayah terpencil Indonesia. 2 ambulance ini digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat dan melayani kebutuhan Rumah Singgah Bunda sebagai binaan ACT Bandung. Dua ambulance langsung diserahkan oleh Bapak M. Feriadi pada tanggal 30 September 2021.

Selama 31 tahun, banyak sekali perubahan yang terjadi pada perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian ini.  Kini, JNE memperluas jaringan hingga lebih dari 8000 titik layanan di seluruh Indonesia untuk mendorong kemajuan UKM dan meningkatkan perekonomian nasional. Urusan bisnis makin bagus dan program CSR juga jalan terus. Ini baru 3 yang saya jelaskan lho, sebenarnya masih banyak program-program CSR JNE yang telah dijalani dan membawa keberkahannya raih penghargaan Muzakki Istimewa Award 2022 dari BAZNAS. Bapak M.Feriadi mengatakan bahwa JNE terus berkembang sehingga dapat terus berzakat dan memberi manfaat lainnya kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan. 



***

Tidak ada komentar