Berkegiatan Virtual Seru Tentang Kesehatan Gigi Bersama Anak dan Medikids Kemang

Suatu hari, si sulung pernah bertanya, "Kapan bisa jalan-jalan naik kereta mah?". Sebegitu kangennya dia ingin jalan-jalan naik kereta. Akhirnya saya ajak dia ke suatu acara di sebuah restoran di Bogor. Tentunya kami pergi dengan perlengkapan protokol kesehatan. Datang siang dan sore pun sudah pulang sampai rumah. Memang nggak mau berlama-lama di suatu tempat yang agak ramai. 

Keesokan harinya dia mengeluh enek, habis makan nasi goreng rasanya pengen muntah. Saya berikan obat penolak angin, lumayan hilang eneknya. Tapi nggak lama badannya panas, lalu saya kasih obat Paracetamo sehingga bisa tidur pulas sampai keesokan paginya. Saat dipijit ayahnya, badannya sempat merah kayak orang habis dikerokin. Saya menyimpulkan ohhh... anak ini hanya masuk angin.

Klinik gigi Medikids Kemang
Siap ikutan field trip online bersama Medikids Kemang

Memang kami pergi pulang naik taksi online, karena si sulung nggak suka AC di dalam mobil, makanya jendela mobil dibuka lebar-lebar supaya kena angin dari luar. Hasilnya malah masuk angin deh. Hadehhh, sekalinya diajak jalan malah masuk angin 😄. Dia juga bilang, "Aku mendingan main layangan aja ah, nggak mau ikut mama ke acara lagi". Kapok bocah lanang.

Saat scroll linimasa Facebook, saya nggak sengaja lihat postingan grup Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) yang menawarkan untuk ikutan Field Trip Online Reopening Medikids Kemang buat blogger wilayah Jakarta dan sekitarnya. Saya coba daftar saja meskipun domisili wilayah Depok, barangkali beruntung kan. Tak lama kemudian saya dikirimi inbox oleh mba Alfa Kurnia untuk isi formulir keikutsertaan. Eh, ternyata saya menjadi beruntung bisa ikutan. 

"Bang, mau ikutan jalan-jalan lagi nggak sama mamah?,tanya saya ke si sulung.

"Jalan ke mana lagi mah? Nanti aku masuk angin lagi nih," jawabnya.

"Kali ini jalan-jalannya nggak keluar rumah, cukup di depan handphone aja lewat aplikasi zoom," jelas saya.

"Ooh..yang sering mamah ikutan itu ya," kata si sulung.

"Ya bener. Nanti bisa lihat-lihat suasana klinik gigi Medikids Kemang dan ada kegiatan serunya gitu. Abang belum pernah kan?" jelas saya.

"Iya mah, Abang belum pernah nih. Mau ikutan ya," katanya dengan penuh semangat.

Klinik vaksin di daerah Kemang
Sumber gambar IG @medikidsclinic

Sebelum acara dimulai tanggal 11 November 2020, semua peserta dikirimi satu paket field trip yang berisi masker, krayon, satu set pasta gigi, dan voucher. Paket ini akan digunakan pada saat acara dimulai. Pastinya paketan ini segera saya amankan dari anak-anak karena mereka sudah mengincar.

Field Trip Online Bareng Medikids Kemang 


Kegiatan yang ditunggu sama si sulung akhirnya tiba juga. Kami bersiap di depan handphone untuk mengikuti field trip online bareng Medikids Kemang. Ada beberapa kegiatan yang diadakan mulai dari edukasi tentang kesehatan gigi bersama dokter gigi, DIY Printable & Mewarnai Face Mask Medikids, Dance Bareng Captain Medi dan clinic tour Medikids Kemang. Mama blogger yang terpilih bersama anaknya sangat antusias mengikuti rangkaian acara.

Medikids Kemang
Drg. Saskia Karenina saat menjelaskan menjaga kesehatan gigi & mulut

Sebagai awal acara biar nggak tegang-tegang banget, semuanya diajak joget - joget dulu bersama Captain Medi. Lumayan meregangkan otot selama mengikuti field trip online 1 jam ke depan. Setelah itu berkenalan dengan dokter  gigi cantik yang menjelaskan tentang kebiasaan yang harus dilakukan selama pandemi Covid-19, antara lain rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker saat keluar rumah, istirahat yang cukup, membawa hand sanitizer sendiri dan makan makanan bergizi. Selalu terapkan protokol kesehatan ini ya.

Bagaimana dengan kebiasaan yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut? Menurut drg. Saskia Karenina: 
  • Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur, minimal 6 bulan sekali.
  • Selalu menggunakan sikat gigi yang tepat. 
  • Waspada makanan mengandung gula.
  • Hindari minuman bersoda.

Bentuk gigi manusia
Dok.slide Medikids Kemang

Gangguan pada gigi itu bermacam-macam, salah satunya adalah giginya berlubang. Memang rasanya nggak enak banget punya gigi berlubang karena pasti ada makanan yang nyempil. Terjadinya gigi berlubang akibat dari penumpukan plak dari makanan manis & lengket yang melekat pada gigi sehingga menghasilkan basa. Gigi yang sehat ditambah basa tersebut maka tercipta gigi berlubang.

Oh ya, soal menggunakan sikat gigi yang tepat itu benar adanya, sesuai pengalaman saya membelikan sikat gigi buat si kecil. Sagara dari usia 1,5 tahun sudah saya biasakan sikat gigi. Saya belikan sikat gigi yang biasa abangnya pakai. Tiap sikat gigi dia nggak mau, nangis. Akhirnya saya coba belikan sikat gigi yang sesuai usianya, bentuknya lebih kecil dari sikat gigi yang sebelumnya. Setelah saya coba pakaikan sikat giginya, dia nggak nangis lagi. Mungkin dia merasa enak dengan ukuran kepala dan bulu sikat giginya. Bertambah usianya, sikat giginya pun berganti ukuran.

kegiatan virtual seru bareng anak dan Medikids Kemang
Mewarnai printable dari Medikids

Dari pengalaman itulah saya menyimpulkan bahwa penggunaan sikat gigi yang tepat itu harus diketahui orang tua. Belikan sikat gigi yang sesuai dengan usianya karena menyangkup area mulut dan bentuk giginya.

Drg. Saskia Karenina berpesan untuk para peserta field trip online agar selalu menjaga kesehatan gigi dengan cara menyikatnya 2x sehari (pagi setelah makan dan malam sebelum tidur), makan makanan yang bergizi seimbang, kurangi makan makanan asam dan manis, serta periksakan gigi ke dokter tiap 6 bulan sekali. 

Saya sempat bertanya pada drg. Saskia, berapa lama sekali sebaiknya mengganti sikat gigi? Dokter menjawab sebaiknya 3 bulan sekali, namun perhatikan kondisi sikat giginya juga. Kalau bulu sikatnya sudah mekar dan ada warna putih di sikatnya, maka segeralah ganti. 

Cara menyikat gigi yang benar


Setelah sesi bersama drg. Siska Karenina selesai, anak-anak diajak untuk mewarnai masker yang sudah diberikan di dalam field trip kit. Sekitar 10 menit untuk mewarnai masker yang bergambar Captain Medi. Ini bagian yang seru buat anak-anak. Mereka bebas berkreasi memberikan warna sesuai kesukaannya. Hasilnya pun lucu-lucu. Kemudian sesi selanjutnya yang ditunggu - tunggu nih, diajak keliling melihat suasana klinik Medikids Kemang lewat video. 

Video dimulai dari depan klinik. Medikids didesain dengan suasana yang playful, unik, colorful, dan nyaman.  Awal masuknya saja sudah terasa keunikannya  mulai dari front office.  Layaknya airport, front office itu boarding gate kalau mau naik pesawat. Karena pengunjung siap diajak menyusuri ke berbagai negara.

Kegiatan mewarnai bareng anak dan Medikids Kemang
Hasil karya masker yang diwarnai si
Abang Gie

Mengusung tema Around the World dan dilengkapi dengan fasilitas London Play Hospital dimana Anak dapat belajar dan merasakan keseruan untuk menjadi dokter gigi serta tenaga medis lainnya. Di ruangan ini ada gambar pesawat terbang, photo booth Captain Medi, & gambar London bridge. Naik ke atas melihat ruangan Africa, ruangan Japan dan ruangan Turkey yang merupakan ruang periksa gigi yang konsepnya disesuaikan negara masing-masing. Ada ruangan Rontgen dan ruangan America sebagai general room. Pokoknya suasana klinik dibangun senyaman mungkin untuk anak dan keluarga. Lihat dari video saja si kecil sudah senang, apalagi berkunjung langsung ke sana. 

Reopening Medikids Kemang


Ruangan Medikids Kemang
Foto suasana ruangan Medikids Kemang
Dok. Medikids

Medikids Kemang merupakan salah satu cabang Mulia Health & Dental Care (MHDC) yang terletak di Jakarta Selatan berdiri sejak bulan Januari 2017. MHDC memiliki 12 cabang di beberapa wilayah. Cabang MHDC yang pernah saya kunjungi yaitu MHDC Kalibata dan Medikids Bekasi . MHDC didirikan oleh berbagai dokter spesialis gigi, THT, dan kecantikan. 

Medikids Kemang disebut juga one stop cilinic yang menyediakan layanan dental, kesehatan umum, dan vaksin. Didukung oleh tim dokter gigi spesialis anak dan dewasa, dokter umum, dan vaksinasi. Jadi, bisa menikmati fasilitas kesehatan dalam satu tempat. Nggak repot pindah - pindah tempat deh. Nah, tanggal 23 Oktober 2020 Medikids relokasi ke tempat yang mudah dijangkau dan strategis.

Harga vaksin dan perawatan gigi di Medikids Kemang
Daftar harga vaksin anak & dewasa dan perawatan gigi anak 

Mengapa Medikids Kemang pindah tempat? Setelah saya mendengarkan podcast moms  reopening Medikids Kemang yang diunggah di instagram Medikids bersama Dr. drg. Anggraeni, Sp.KG dan drg. Maemunah Ali, Sp.KG selaku co-founder dari MHDC Group, ada dua alasan yang mereka ceritakan. Pertama, lokasi yang di jalan Benda itu rukonya kecil, sedangkan Medikids terkenal dengan suasana bermain buat anak-anak seperti play ground. Selain ada mainannya, di Medikids juga ada edukasi tentang kesehatan gigi. Bahkan konsep Play Hospital disediakan dental chair. Jadi, anak-anak bisa mencoba dan merasakan bagaimana duduk di kursi itu saat diperiksa giginya. 

Alasan yang kedua ruko di Jalan Ampera itu dipilih karena tempatnya strategis, luas, dan bikin mereka jatuh hati. Pokoknya kalau lewat jalan Ampera dan melihat ruko berwarna merah, kuning, putih dan ada baling-balingnya dipastikan itu Medikids Kemang. Ada mainan baru juga di sana yaitu engklek dan ular tangga yang bisa dimainkan di rumah dengan tokoh karakter Captain Medi, Peri Flo dan Monster Beri. Wah, pengen punya mainan ular tangganya. Menurut saya field trip online ini diadakan sekaligus reopening Medikids Kemang. 

Di rumah aja bisa beli kebutuhan dental dari Medikids

Ada yang baru lho di Medikids Klinik Kemang yaitu layanan dokter umum dan klinik vaksin. Medikids menyediakan vaksin untuk anak dan dewasa. Dua pelayanan kesehatan menggunakan system booking jadwal dokter sehingga pasien tidak perlu menghabiskan waktu berlama-lama di klinik. Bagi yang mencari klinik vaksinasi di area Jakarta Selatan, mampir aja ke Medikids Kemang. Soal harga vaksin masih pantaslah. 

Seru banget ikut field trip online ini. Si kecil jadi tahu lebih banyak soal kesehatan gigi dan mulut. Konsep yang diusung sama Medikids sangat bersahabat buat anak-anak. Ada permainannya sambil mengedukasi juga. Kalaupun anak belum berani periksa gigi, boleh mampir sambil lihat-lihat dulu. Apalagi di ruangan Play Hospital London anak bisa mencoba dental chair-nya. Tapi ingat ya moms, jangan sampai membawa anak ke dokter gigi saat sakit gigi. Hal itu bisa membuat anak trauma. Kalau malas ke luar rumah saat pandemi, MHDC menjual kebutuhan produk dental di e-commerce yang tercantum pada gambar  di atas.

Tas belanja serbaguna
Dapat hadiah tambahan dari Medikids

Setelah beberapa hari mengikuti field trip online, Medikids mengirimkan hadiah lagi berupa tas lipat belanja. Berguna banget buat membawa barang belanjaan dari minimarket karena sudah tidak menyediakan kantong plastik lagi. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan minim sampah plastik. Tas belanjanya bisa dilipat karena ada zippernya, warnanya cokelat, berbahan waterproof, ada gambar Captain Medi, logo Medikids, dan tulisan gombal a la Medikids. 

Jadi ingin datang langsung ke Medikids Kemang nih. Semoga saja anak-anak mau diajak untuk diperiksa giginya atau vaksinasi. Terutama buat si Abang Gie yang sudah copot beberapa giginya. Moms juga ingin datang kan ke Medikids Kemang. Langsung saja ke datang ya! 


Jl. Ampera Raya No.5A, RW.8, Pejaten Barat, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Info Pelayanan Medikids Kemang
Ph. 021 227 15917 / 0811 – 1895 - 531

Media sosial Medikids 
Instagram : @medikidsclinic dan @mhdcclinic
Facebook : Klinik MHDC Jakarta 
Youtube : MHDC Clinic
Tiktok : @mhdcgroup


***

Komentar

  1. Medikids ini one stop cilinic yang asyik. Baru lihat fotofoto di atas saja berasa kebayang kenyamanannya. BTW, Kakak pinter, deh sikat giginya. Nanti in syaa Allah bisa jadi contoh buat adiknya.

    Mbak Nuruul .. semoga sehat selalu ya bumiil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Mugniar, insya Allah sehat terus. Lewat field trip aja anak-anak sudah seneng lihat suasana Medikids.

      Hapus
  2. Serunya virtual fieldtrip, sayang anak saya gak ikutan nih
    Lihat foto fotonya, duu tempatnya nyaman banget ya mba, bisa bisa abis cabut gigi anaknya gak mau pulang hihi
    Btw ada account mp nya juga ya, ceki ceki akh ke tkp

    BalasHapus
  3. Seruuu banget nih field tripnyaaaaa. Anak2 pasti demen ya mba. Impresif bangetttt
    My doctor is cooler than Yours!
    anak2 kan biasanya takut/parno kalo ke dokgi.
    Tapii kalo kliniknya mantuulll kayak gini, ya bakal demen dan ceria banget yhaaa

    BalasHapus
  4. Virtual Field Trip nya keren mba' Nurul, apa lagi bareng sikecil bisa ikutan. Dulu aku takut kalau diajak ke dokter gigi soalnya dulu di benakku kalau ke dokter gigi itu cabut gigi. hehehe

    Penting banget ngenalin anak ke Dokter Gigi dengan pendekatan permainan ya mba'.

    BalasHapus
  5. Seru banget abang gie ikutan virtual fieldtrip medikids. Aku baru tau lokasi Medikids di kemang ya? Ada lokasi lain nggak sih mak nurul? Semoga buka juga di jakarta utara atau jakarta timur jadi ga jauh dari rumah.. hihi

    BalasHapus
  6. Kegiatan virtual yang mengedukasi nih.
    Bagusnya lagi karena diadakan oleh klinik kesehatan anak, jadinya anak2 gak takut lagi kalo dibawa berobat ke klinik.

    BalasHapus
  7. Kelihatan banget gie happy bukan main ya, belajar merawat gigi pasti seru nih bareng medikids

    BalasHapus
  8. Woooww seru bangeeet. Gie semangat sekali ya ikut mewarnai gambar dan mendengarkan cerita dr Saskia. Kalau jalan jalan virtual begini anakku juga pasti suka deg. Meskipun jalan-jalan tetep aman dong ya, gak takut kena virus di luar rumah hehehe

    BalasHapus
  9. Acaranya keren bangeeet. Sayangnya cuma untuk wilayah Jakarta aja, ya. Medikids ga ada rencana untuk buka cabang kah, Mbak? Pengen deh ngajak anakku field trip ke sana.

    BalasHapus
  10. Hahaha.. abang gie kayak ummi kecil nih, kalau diajak jalan pakai mobil AC pasti mabok, malah sampai ummi kerja. Tapi akhirnya dipaksain dan skrg malah biasa.

    Btw, kreatif yaa cara mengenalkan medikids kemang ke anak2 dengan cara virtual fieldtrip. Jadi anak2 antusias, apalagi ada ilmu tentang gigi. Keren lah.

    BalasHapus
  11. aduhh ini kliniknya kece banget .
    nggak ada klinik se kece ini di surabaya....btw klo klinik seperti ini, anak jadi nggak takut ke dokter gigi ya mbak

    BalasHapus
  12. Kadang anak-anak tak mau sikat gigi karena sikat giginya kurang cocok untuk mereka ya Mbak. Dengan sikat gigi yang memang khusus dirancang untuk anak-anak, pegagan egronomis dengan sikat bulu yang lembut, gak ada alasan lagi mau sakit gigi :)

    BalasHapus
  13. Menyenangkan sekali ini Mama Sagara. Anak juga jadi semangat belajar tentang gigi. Paket yang diterima juga lengkap ya

    BalasHapus
  14. Seru banget ya acaranya virtual tapi dikirimi berbagai permainan seru untuk aktivitas virtual trip, anak-anak jadi semangat menggosok gigi deh..

    BalasHapus
  15. Virtual field tripnya keren mbak. Lihat tempat periksa gigi yang seasyik ini pasti bikin anak-anak nggak takut ke dokter gigi lagi. Modal awal yang bagus untuk memberi pemahaman tentang pentingnya merawat kesehatan gigi.

    BalasHapus
  16. Kegiatan virtuan nya serum banget mba nurul.. anak anak yang ikutan juga happy yaa apalagi materinya menarik dan related banget sama kehidupan sehari hari ya.. menyikat gigi ini memang harus terus menerus dikuatkan ke anak ya.. tapi memang dengan cara yang menyenangkan

    BalasHapus
  17. seru ya mbaa kemarin bisa seseruan sama anak-anak, apalagi kalau mereka antusias ya.. jadi lebih mudah memberi pemahaman tentang bagaimana cara menggosok gigi yang benar ya

    BalasHapus
  18. Medikids ini tempatnya bagus ya mba bikin nyaman aku juga pernah yg di daerah sana aja anak2 ku waktu itu bikin anak gak takut klo k dokter gigi

    BalasHapus
  19. Wah beruntungnya Mbak Nurul ikut kegiatan virtual ini jadinya tahu banyak tentang Medikids ya. Semoga nanti Medikids buka juga di Sulawesi.

    BalasHapus
  20. Seru nih mba acaranya jd banyak dapat ilmu juga cara menyikat gigi yg tepat

    BalasHapus
  21. Happy banget nih pasti anaknya mba bisa ikutan Virtual fieldtrip. Dan banyak pengetahuan yang bisa didapatkan juga ya

    BalasHapus
  22. Sayang cuma di Jkt yaaa, kalau ada di Bogor alangkah senengnya. Soalnya masa kayak sekarang agak khawatir bawa anak ke dokter gigi di RS :D
    Kliniknya cakep banget desainnya jd mengurangi kecemasan anak pas mau periksa gigi ya hehe

    BalasHapus
  23. Wah seru banget ini virtual tripnya. Anak-anak bakalan inget terus nih kalo sistem edukasinya kayak gini

    BalasHapus
  24. Samaa...di keluarga kami juga ada yang gak bisa kena AC.
    Jadi kalau kemana-mana, beliau kebagian duduk di belakang. Hiiks~

    Senang banget bisa virtual tour ke Medikids Kemang.
    Anak-anak jadi bisa belajar bersama dengan aman dan gembira.

    BalasHapus
  25. dulu aku pikir ini khusus gigi aja mak ternyata sekarangada vaksin juga ya. pasti anak2 seneng kalau ke sana ga takut secara ruangan seru dokter ramah. kayaknya sebelumm ke dokter gigi kudu diginiin biar ga pada takutt ya

    BalasHapus
  26. penting banget edukasi kesehatan gigi dari dini, jadi inget waktu aku kecil dulu, dapetnya ilmu kesehatan gigi cuman di sekolah
    dan udah gede begini aku merasa gig aku gampang rapuh, hiks

    BalasHapus
  27. Wah, seru banget ini. Abang pasti happy deh. Pengen juga ngajakin Az ke acara kaya gini. Pasti jadi makin semangat buat rawat gigi ya anak-anak

    BalasHapus
  28. Jempol nih Abang Gie, ikut acara sampai selesai ya.. pasti karena penyampaian materinya juga menarik ya.. Sipp deeh..

    BalasHapus
  29. seruuu juga kegiatan virtualnya ya kak, semakin nambah semangat anak juga untuk rajin sikat gigi ya... itu kegiatannya ada jadwalnya gitu gak kak?

    BalasHapus
  30. Si abang ga perlu kena masuk angin lagi deh, bisa ikutan acafa seru dari rumah, emang seru banget sih liatnya, selain dapat pengetahuan tentang gigi, si abang juga ada kegiatan mewarnai dan lainnya.

    BalasHapus
  31. Udah siap jadi kakak yang baik ini. Sikat giginya pinter, dan bentar lagi bakalan ngajarin adeknya ya Kak. Sehat selalu bumil, sampai lahiran ya.

    BalasHapus
  32. Perlu banget nih belajar tentang gigi dan menjaganya sedari dini, dikenalkan ke dokter gigi biar ga takut ke dokter gigi kayak aku, hahahaha.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Kehamilanmu Dengan Sensitif Digital

Review Produk Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil, Segala Kebaikan Dari Minyak Zaitun

Sudah Siapkah Si Kecil Masuk Sekolah? Kenali Dulu Perilakunya Di Usia Pra Sekolah