Senin, 22 Juli 2019

# klinik gigi # Medikids

Medikids Summarecon Bekasi, Klinik Spesialis Gigi Anak dan Keluarga

Daripada sakit hati, lebih baik sakit gigi ini. Biar tak mengapa. Rela rela rela aku relakan

Sebait lagu dari penyanyi dangdut legendaris, Meggy Z, begitu melekat bagi yang kecewa karena cinta. Pecinta dangdut pasti tahu deh lagu ini. Saya juga tahunya karena sering dengerin lagu dangdut dari ibu saya. Cuma saya nggak rela kalau sakit hati disamain sama sakit gigi. Kalau sakit gigi ada obatnya, bisa periksa ke klinik gigi, sedangkan sakit hati, apa ada klinik penyembuh hati yang lama bersemayam di lubuk hati terdalam? LOL, curcol dikit.

Berada di Medikids Summarecon Bekasi

Bicara sakit gigi, memang penyakit yang paling nggak enakin. Sebenarnya semua penyakit memang nggak enak sih, tapi kalau sudah sakit gigi, mau ngapain juga nggak bebas. Tidur salah, makan salah, ngomong salah, serba salah pokoknya. Saya pernah ngalamin kayak begini. Bawaannya tuh emosi mulu. Bagaimana kalau anak-anak yang sakit gigi ya? Aduh, ribet kali ya, emaknya jadi senewen juga.

Berkunjung ke Medikids Summarecon Bekasi


Tampak luar Medikids Bekasi

MEDIKIDS SUMMARECON BEKASI
Ruko Graha Bulevar Blok GB-B08
Jln. Bulevar Ahmad Yani
Summarecon Bekasi
Jawa Barat 17143

RSVP
0811-8905-531
021-89460131

Jam Operasional
Setiap hari : 09.00-21.00 WIB

Email
mhdcclinic@gmail.com


Mau cerita sedikit sebelum sampai ke Medikids Summarecon Bekasi, ada kejadian mendadak muntah saat mau berangkat. Dari semalamnya, perut saya terasa kembung jadi nggak bisa nyenyak tidur. Pas bangun pagi ternyata saya muntah-muntah. Tadinya nggak mau berangkat, tapi berhubung sudah janji, jadi saya paksakan jalan juga. Untungnya sih badan masih ok dibawa jalan, cuma lemes aja. 

Saya sempat izin datang terlambat sama kak Siwi selaku PIC acara. Beliau mengizinkan saya nggak hadir, cuma saya coba jalan dulu. Kalau nggak kuat, ya pulang aja. Setelah menempuh jalur comutterline lewati 2 provinsi, sampai juga di Medikids Summarecon Bekasi. Satu setengah jam perjalanan yang cukup melelahkan.

Front office
Ruang utama dan playground 

Kesan pertama masuk ke klinik gigi anak ini, LUCU. Kenapa? Karena interiornya bertemakan dari beberapa negara dari beberapa benua yaitu Jepang, Afrika, London, Paris. Warna merah mendominasi interior klinik ini. Di dalam sudah dipenuhi oleh anak-anak dari teman-teman blogger yang hadir. Sayangnya saya tidak membawa Gie dan Sagara. Padahal kalau saya ajak, ini menjadi pengalaman pertamanya ke klinik gigi anak. Next time ya my Boys!

Baca juga dong Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Berpuasa

Sebelum saya datang, ternyata ada sesi clinic tour dan penjelasan tentang Medikids. Ada juga periksa gigi anak-anak dan bermain di ruangan Medikids  London Play Hospital. Penasaran sama ekspresi anak-anak ketika giginya diperiksa. Ketakutan atau malah betah ya? 

Jadi, Medikids termasuk klinik gigi di bawah naungan Mulia Health and Dental Care (MHDC) yang sudah berpengalaman sebagai klinik kesehatan umum, kecantikan dan gigi. Salah satu pelayanan yang diberikan yaitu spesialis kesehatan gigi. Medikids Bekasi didirikan pada tanggal 7 Juli 2019. Masih baru banget kan. Beruntunglah saya berkunjung ke sana. Klinik ini cabang yang ke 10.

Lantai 2, ruangan cek gigi

Mengusung tema "Around The World" Medikids ingin mengenalkan dan memberikan kesan menyenangkan untuk anak-anak melakukan perawatan dan pemeriksaan gigi. Jangankan anak-anak yang suka nih, saya saja suka melihat konsep klinik gigi ini. 

Saya sempat naik ke lantai 2 untuk sholat Dzuhur. Lantai 2 terdapat 3 ruangan yang terbagi atas ruangan Afrika, Jepang dan Amerika. Saya belum paham perbedaan dari ketiga ruangan ini, cuma yang saya tahu ada alat-alat untuk pemeriksaan gigi. Desainnya juga bagus dan berwarna-warni. 

Orangtua Millenial Harus Tahu Kesehatan Gigi Anak


Drg. Laila Novpriati

Setelah ishoma, kami mengikuti mini seminar parenting seputar kesehatan gigi "What Millenial Parents Should Know About Children Teeth" bersama drg. Laila Novpriati. Pembahasan yang menarik nih untuk dibawa pulang. Supaya saya bisa terapkan kepada anak-anak.

Sebagai orangtua Millenial harus serba tahu apa yang berhubungan dengan anak. Termasuk kesehatan gigi. Kesehatan gigi berfungsi untuk membantu pengunyahan, mengoptimalkan perkembangan anak karena penyerapan nutrisinya baik. Kalau gigi sehat mau makan apa saja juga enak.

Gigi anak tumbuh bermacam-macam usia. Ada yang tumbuh gigi saat usia 6 bulan , 9 bulan atau setahun. Bahkan usia 1 atau 2 bulan juga ada  bayi yang tumbuh giginya. Gigi pun dibagi 2 yaitu gigi susu dan gigi tetap. Biasanya gigi susu tumbuh sampai anak usia 6 tahun dan gigi tetap 6-8 tahun ke atas.

Perbedaan bentuk gigi susu dan tetap

Makanya kalau ada gigi susu yang mau tanggal, maka buru-buru ke dicabut supaya nggak ada penumpukkan gigi atau gingsul. Setelah gigi susu copot ,maka akan tumbuh gigi tetep, yang artinya kalau copot atau rusak tidak bisa tumbuh baru lagi. Ompong deh. Tapi tenang bisa pasang gigi palsu di Medikids ya.

Salah satu masalah kesehatan gigi anak itu gigi berlubang. Penyebabnya antara lain :

  1. Minum susu dengan dot hingga tertidur
  2. Menjemur makanan
  3. Sering makan makanan manis dan lengket (permen, cokelat, es krim) setelah itu tidak berkumur / gosok gigi
  4. Tidak rajin menyikat gigi
  5. Rajin menyikat gigi tapi cara dan waktunya salah
Bagaimana solusinya atasi gigi berlubang?
  • Ditambal
  • Perawatan saluran akar
  • Dicabut untuk lubang gigi yang sudah besar 
Ruang pemeriksaan gigi anak di lantai 2

Tips Merawat Gigi Anak

Nggak mau kan si kecil ngalamin sakit gigi yang menyakitkan itu. Drg. Laili Novpriati memberikan tips merawat gigi anak yang disesuaikan kelompok usianya.

Usia 0-6 bulan
Usap lidah dan gusi dengan kain kassa dan air matang hangat 2x sehari, pagi dan malam hari.

Usia 6-12 bulan
Gunakan sikat gigi jari.

Usia 1 tahun
Anak mulai bisa menyikat gigi dengan sikat gigi anak. Makanya orangtua harus membantu sampai usianya 6 tahun. Gunakan pasta gigi ber-fluoride

Perhatikan dosis pastanya ya

Biasanya anak-anak takut ke dokter gigi karena saat dibawa ke klinik dalam keadaan sakit gigi. Rasa ngilu, nyeri dan nyut-nyutan jadi satu. Makanya dokter menyarankan supaya ajak anak ke dokter gigi saat keadaan gigi baik-baik saja. Selain anak berani dan meminimalisir biaya pengobatan juga. Itulah makanya berobat gigi mahal karena diperiksa saat gigi sudah parah sakitnya.

Ada tips nih mengajak anak ke dokter gigi :
  • Menurut saran dari American Academy of Pediatric Dentistry, ajak anak ke dokter gigi mulai usia 1 tahun agar terbiasa.
  • Lakukan briefing dan role playing sebelum dibawa ke dokter gigi.
  • Jadi role model yang baik untuk anak.
  • Tidak menakuti anak, jadikan dokter gigi sahabat anak 
Gigi sehat, senyum jadi pede

Pelayanan yang diberikan Medikids Bekasi seperti Spesialis Gigi Anak, Spesialis Orthodonti (Kawat gigi), Spesialis Bedah Mulut, Spesialis Prostodonti (gigi tiruan, veener, implan gigi), General Practioner, ada psikologinya juga lho.

Soal pembayaran nggak usah khawatir. Medikids Summarecon  Bekasi menyediakan pembayaran tunai, reimburse, debit atau kredit. Bagi yang punya asuransi juga bisa pakai seperti :

- Admedika.                 - Equity
- Mandiri Health.        - Tokio Marine
- Lippo Insurance.      - AIA
- Astra Life.                  - Avrist
- Great Eastern.           - Sinarmas MSIG
- Generali.                     - BNI
- Reliance.                     - MNC Life

Dokter yang praktek di klinik ini pastinya dari lulusan universitas terbaik. Seperti drg. Laila Novpriati punya histori pendidikan yang bagus, antara lain lulusan FKG UI, Juara 2 Mahasiswa Berprestasi FKG UI, founder dari @denspiration dan @inspiringmamas, menjadi narasumber kesehatan gigi di radio atau acara komunitas, dll.

Foto bareng dulu yuk sebelum pulang

Seru dan bermanfaat banget kunjunganku ke Medikids Summarecon Bekasi kali ini. Jadi tahu tentang kesehatan gigi yang bisa diterapkan oleh anak-anak. Lain waktu saya mau ajak Gie dan Sagara ke sini. Eh tapi cabang Medikids aja di Depok juga lho, tepatnya di mall Pesona Square lantai 3, serta di beberapa wilayah lainnya. Keterangan lebih lanjut bisa kunjungi website www.mhdc.co.id dan follow Instagram @mhdcclinic atau @medikidsclinic. Tetap jaga kesehatan gigimu ya.



***

11 komentar:

  1. Sudah cabang ke-10, apakah waralaba kliniknya?

    Kliniknya nyaman sekali, pasti anak-anak tidak akan takut kalau ke sini

    BalasHapus
  2. Wah lucu. Noted! kalau anak2 mau ke dokter gigi, cari ini ah!

    BalasHapus
  3. Warna ruangannya lucu, ya. Kesan pertama udah terkesan ramah anak. Saya pun lebih suka mengajak anak-anak periksa gigi ke dokter gigi spesialis anak. Pernah coba ke dokter umum, beda banget lah.

    BalasHapus
  4. Wahh tempatnya nyaman banget ya.. ini mah anak-anak gak akan berasa kayak ke klinik gigi tapi kayak ke playground

    BalasHapus
  5. Kalo semua klinik gigi terlihat menyenangkan seperti itu, pasti anak2 nggak bakalan takut berkunjung ya. Trims utk sharingnya

    BalasHapus
  6. Tempatnya lucuuu, kalau bawa anak periksa ke sini niscaya anak bisa seneng nih dan gak takut sama dokternya.

    BalasHapus
  7. Kalau ke Bekasi, aku sering banget lewat nih Medikids, ternyata tempatnya seru dan lucu ya. Anak-anak pasti betah yaaa

    BalasHapus
  8. Awwww, kliniknya menyenangkan betul!
    Anak-anak pasti betah di sini. :)

    BalasHapus
  9. mbak nurul aq jadi inget tahun ini belum ajak anakku untuk ke dokter gigi, tempatnya gemes banget yah bikin anak-anak nggak takut kalau ke klinik gigi seperti ini apalagi kalo dokternya juga menyenangkan jadi anak-anak akan mudah di ajak untuk periksa gigi

    BalasHapus
  10. Tempat periksa giginya enak nih, anakku kalau diajak kesini pasti senang deh. Bisa main dulu agar dia lebih rileks ya, lumayan dekat dari rumah mamahku kalau kesini.

    BalasHapus
  11. Klinik gigi yang ramah anak sekarang makin banyak ya, jadi mudah bawa anak untuk rutin periksa gigi. Jaman Audi kecil dulu jarang ada klinik gigi yang begini jadi tiap mau bawa dia ke dokter gigi mesti pakai drama dulu, secara dia takut dengan dokter gigi dan alat-alatnya. Keren ini Medikids, sukses deh untuk cabang ke-10 nya

    BalasHapus