My New Normal, Konsumsi Multivitamin Selama Masa Kehamilan Saat Pandemi Untuk ASI Bernutrisi

Anakmu bukanlah milikmu, mereka adalah putra-putri Sang Hidup, yang rindu akan dirinya sendiri.
Mereka lahir lewat engkau, tetapi bukan dari engkau, mereka ada padamu tetapi bukanlah milikmu

Kahlil Gibran - Tentang Anak

Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh dengan peristiwa mengejutkan bagi saya. Dimulai dari awal tahun seluruh dunia menghadapi pandemi virus Corona (hingga detik ini), bulan April ayah saya meninggal dunia, dan bulan Mei saya dinyatakan hamil setelah menggunakan test pack. Ini semua sungguh diluar dugaan saya. Terutama kehamilan yang saya jalani di tengah pandemi.

Multivitamin kehamilan dan menyusui saat pandemi

Drama Kehamilan yang Tak Biasa

Kehamilan yang ke 3 ini sangat berbeda dari 2 anak sebelumnya. Waktu hamil Gie dan Sagara, saya masih kuat jalan sana sini dan tidak terlalu merasakan mual. Tapi ngidam kali ini rasa mualnya luar biasa. Apalagi setelah melihat hasil positif pada test pack berbagai keluhan muncul semua. Badan lemes banget, enek kalau cium bau nasi, bau mie instan, bakso, mie ayam, dll.

Saya sampai enggak makan nasi beberapa hari, ini yang bikin badan lemes banget dan berat badan turun 3 kg. Cuma pengen makan rujak, makanan hangat atau minum es. Rasanya pas sampai di tenggorokan maknyus banget. Benar-benar deh rasa eneknya itu enggak nahan. Untungnya saya enggak sampai muntah-muntah. Kalau sampai muntah, saya bisa dehidrasi.

Saya jadi lebih sensitif, apalagi saat ada orang yang bilang hamil akibat lockdown. Rasa gondoknya minta ampun. Saya pernah sampai nangis karena opini orang-orang ketika tahu saya sedang hamil. Memang salah kalau saya hamil saat momen lockdown? Toh, saya masih dihamili oleh suami sendiri. Saya berusaha berpikir jernih dari anggapan orang - orang itu. Mungkin rasa sensitif ini efek dari hormonal yang berubah.

Drama kehamilan yang tak biasa itu saya alami di trimester pertama. Kata orang, kalau ngidamnya beda dari sebelumnya jenis kelaminnya beda juga. Harapan saya sih punya anak perempuan kalau drama kehamilannya beda begini. Biar komplit punya 2 anak laki-laki dan 1 perempuan. Tapi saya serahkan semuanya pada yang Maha Kuasa. Apapun jenis kelaminnya bayi ini yang penting sehat dan sempurna. Aamiin.

Sekarang sudah masuk trimester ke 2 dan kondisi badan mulai stabil. Mual dan eneknya hilang, cuma lemesnya aja kadang suka muncul. Makanya sekarang saya fokus menaikkan berat badan dan konsumsi asupan bergizi yang dibutuhkan saya dan bayi.


My New Normal, Jalani Kehamilan Di Tengah Pandemi

Saat pemerintah memberlakukan New Normal Era (Era Normal Baru) dengan mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan kegiatan, khususnya di luar rumah, saya pun menjalani new normal versi ibu hamil.

Jujur saja saya sempat takut menghadapi kehamilan ke tiga ini karena beberapa berita yang saya baca ibu hamil termasuk rentan terinfeksi virus Covid-19.  Karena perubahan dalam tubuh dan dan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dapat terinfeksi beberapa virus, termasuk yang menyerang pernapasan. Namun, WHO belum mendapatkan data konkret untuk membuktikan ibu hamil berisiko terinfeksi virus viral tersebut. Cukup melegakan.

Sebenarnya new normal yang saya terapkan tidak berbeda jauh dengan protokol kesehatan anjuran dari pemerintah, cuma  satu  yang tak pernah lupa adalah mengkonsumsi multivitamin yang harus dipenuhi selama kehamilan hingga menyusui nanti di tengah pandemi saat ini. Bahkan kebiasaan keramas saya berubah dengan menggunakan sampo untuk ibu hamil. Semoga pas saya melahirkan nanti pandeminya sudah berakhir.

kebiasaan new normal ibu hamil


Tentunya multivitamin yang dikonsumsi kandungannya harus memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Memangnya makan makanan gizi seimbang enggak cukup ya nutrisinya? Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil itu jumlahnya berlipat ganda karena terbagi dengan janin. Maka itu, kebutuhan nutrisinya dilengkapi oleh multivitamin.


ASI Bernutrisi Persiapan Menyusui Buah Hati


Salah satu buku yang saya baca berjudul Belahan Jantungku karya Andien Aisyah dan R.Kenyasentana pada bab Perjalanan Mengasihi, di buku itu menyebutkan bahwa ASI booster paling utama adalah kemauan anak untuk menyusu karena prinsipnya supply and demand, makin sering menyusu makin menambah jumlah ASI. Tentunya dibantu juga dengan posisi pelekatan menyusui yang benar dan dukungan dari orang-orang terdekat (khususnya suami).

Setelah melahirkan nanti tentunya saya akan menyusui bayi. Oleh karena itu, pada masa kehamilan ini saya sudah menyiapkan diri dengan mengkonsumsi asupan nutrisi yang baik. Saya ingin lancar menyusui, memiliki ASI berkualitas serta ASI bernutrisi. Setiap tetes ASI itu penting dan merupakan wujud kasih sayang ibu untuk buah hati. 

Salah satu ciri ASI bernutrisi yaitu memiliki warna kekuningan atau putih pucat dan memiliki kandungan lemak yang cukup atau disebut kolostrum yang memiliki manfaat bagi kekebalan tubuh bayi. Oleh karena itu, ASI merupakan satu-satunya nutrisi ideal bagi bayi pada masa enam bulan pertama (ASI Eksklusif) serta dilanjutkan dengan pemberian MPASI hingga 2 tahun seperti yang dinyatakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

multivitamin yang harus dipenuhi ibu hamil

Sang Maha Hidup memang memberikan anugerah yang luar biasa bagi seorang ibu. Bisa melalui masa kehamilan selama 9 bulan dan menyusui sampai 2 tahun. Makanya saya sangat memanfaatkan momen berharga ini. Terbukti dengan pengalaman dua anak lainnya mampu melewati masa menyusui hingga usia 2 tahun. 

Tentunya perjalanan dua tahun menyusui yang penuh tantangan. Mulai dari terbangun tengah malam saat sedang pulas-pulasnya, lecet payudara, payudara membengkak, nangis tiba-tiba, murung, lelah, pusing, post partum depression, dll.

Lalu, apa rahasianya bisa lancar menyusui sampai 2 tahun? Hal-hal berikut yang saya terapkan pada 2 anak sebelumnya :

  1. Cukupi asupan nutrisi dengan makan sayur dan buah lebih banyak
  2. Olahraga, minimal stretching
  3. Pijat laktasi
  4. Minum air putih minimal 3 liter/hari
  5. Tetap konsumsi multivitamin
  6. Sempatkan tidur
  7. Menyusui kapan pun dan di mana pun
  8. Minta bantuan dengan orang terdekat kalau ada keperluan

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold, Multivitamin Ibu Hamil dan Menyusui 


Kalau mengartikan puisi Kahlil Gibran di atas, anak adalah titipan dari Sang Maha Hidup. Sebagai manusia, saya hanya memberikan yang terbaik semampunya. Saya yakin orangtua manapun pasti ingin memberikan yang lebih buat anak, ibaratnya kepala jadi kaki dan sebaliknya. 

Kehidupan manusia di mulai dari alam rahim. Dari fase inilah saya memberikan asupan yang terbaik untuk perkembangan janin hingga menyusui nanti. Karena nutrisi dari makanan dan minuman yang saya makan belum mencukupi, maka itu saya konsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yaitu multivitamin dan mineral untuk masa kehamilan dan menyusui. Apalagi di masa pandemi ini saya butuh asupan multivitamin yang mumpuni.

"Kalbe Blackmores Nutrition melalui produk untuk ibu hamil dan menyusui, Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG), berupaya untuk membantu ibu hamil dan menyusui mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kesehatan ibu dan bayi. Blackmores PBFG mengandung 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan agar ibu dapat secara optimal memberikan ASI bernutrisi, khususnya di masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan si buah hati, ujar Dian, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition".

Multivitamin kehamilan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold
Diminum 2 kapsul setiap hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold memiliki kandungan sebanyak 17 nutrisi esensial yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui antara lain : 
  • Asam folat, yang dapat bantu menjaga ibu dari risiko anemia.
  • Tinggi kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati dan juga mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu.
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu ibu jaga energi supaya tidak mudah sakit.
  • Omega 3/DHA tidak berbau yang baik untuk pertumbuhan otak dan mata buah hati sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi.
  • Vitamin & Mineral lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui.

Inilah alasan saya mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold sebagai multivitamin karena suplemen dengan kandungan lengkap, ada 17 nutrisi esensial, bantu penuhi nutrisi ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk buah hati.

Blackmores memang brand vitamin import dari Australia yang sudah mendunia lebih dari 13 negara. Makanya Kalbe Farma di Indonesia dipercaya memasarkan produknya. Selain multivitamin kehamilan dan menyusui, Blackmores ada multivitamin minyak ikan, vitamin osteoporosis, vitamin E cream, vitamin C, dll.

Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation


Minggu pertama bulan Agustus diperingati sebagai World Breastfeeding Week (Pekan Asi Sedunia) dari tanggal 1-7 Agustus. Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding  Goldt turut mendukung dan sudah bekerjasama dengan Bumi Sehat Foundation. Ini sebagai komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. 

Menurut Dickson Susanto, General Manager Kalbe Blackmores Nutrition, sejak tahun 2017 sudah bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya ke Klinik Bumi Sehat yang tersebar di Denpasar, Aceh, dan Papua. Yayasan Bumi Sehat merupakan organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.


Saya sangat merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold untuk menyusui yang harus dipersiapkan sejak masa kehamilan karena ASI Bernutrisi untuk Ibu dan Bayi yang istimewa. 

Kalau mau beli dimana? Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold bisa didapatkan di official store e-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee. Dalam satu botol isinya ada yang 60, 120 dan 180 kapsul. Harganya sekitar Rp 200.000 - Rp 600.000, tergantung beli ukuran yang mana. Kalau ingin mengetahui produknya lebih lanjut bisa kunjungi website, Instagram @blackmoresid, Fanpage Blackmores Indonesia dan YouTube channel Blackmores Indonesia.

Saya ingin  menjalani kehamilan yang bahagia, nyaman, sehat, aman, damai di tengah pandemi ini. Begitupun dengan para ibu hamil dan menyusui lainnya. Tetap jaga patuhi protokol kesehatan, kurangi asupan berita yang membuat cemas dan fokus pada kesehatan ibu dan janin. Agar tercipta ASI bernutrisi untuk Ibu dan bayi yang istimewa.




***

Komentar

  1. Blackmores ini memang bagus unruk ibu hamil dan menyusui. Nutrisinya lengkap untuk ibu hamil seperti dirimu. Semoga dimudahkan ya proses kehamilannya lancar hingga melahirkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya ini multivitamin andalanku banget Mak. Kandungannya sudah mencukupi nutrisi bumil dan busui.

      Hapus
  2. Ini dia booster ASI andalan, yang bikin ASIku banyak dan berkualitas

    Duuh jadi keinget waktu hamil dan menyusui Gendish yang kadang drama banget

    BalasHapus
  3. Jujur, surprise banget pas tau kabar kamu hamil lagi. Barakallah ya. Gimanapun juga itu rezeki, harus dijaga. Biarin lah orang mau bilang apa, wong kamu yang ngejalanin kok.

    Banyak makan makanan bernutrisi juga ya rul, biar si baby sehatt sempurna. Semoga dapat baby girl, biar lengkap. Persiapan mengASIhinya juga udah lengkap nih. Jadi ngga ada alasan buat ngga menyusui yaa. Semangattts

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun lebih surprise lagi ngalamin hamil yang ke 3 dan bakal nyusuin ke 3 kalinya pula. Makanya persiapan menyusuinya lebih tahu dari sebelumnya.

      Hapus
  4. Blackmores lumayan mahal tapi memang khasiatnya ya, jelas ga abal abal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bumil dan busui. Kualitas bagus.

      Hapus
  5. Barakallah, semoga proses kehamilan dan lahirannya lancar. Sehat sehat buat Gie dan dekbay, apalagi udah siapin nutrisi sedari dini. Dan ada Blackmores yang suport bumil, semoga kelak ASI nya juga lancar

    BalasHapus
  6. Menyusui emang drama banget. Apalagi kalau ASI sedikit eh baby belum kenyang. Rasanya pengen nangis deh. Untung sekarang ada booster ASI Blackmores yah. Aman deh. Sehat2 yah mba kehamilan nya. Semoga lancar Semua nya aamiin 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya sejak masa kehamilan sudah aku persiapkan ASI nya. Jadi pas bayinya lahir langsung ngucur deh.

      Hapus
  7. Hamil di mas pandemi bikin deg-deg ser yah kak, selain mental yg harus dikuatkan, badan juga harus ditopang dengan multivitamin yang pas.. untungnya ada ini.. mantapss deh.. salam inspirasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin stress juga waktu tahu hamil, tapi kalau dijalani sesuai protokol kesehatan semoga baik-baik saja.

      Hapus
  8. Hi, Mbak ... Jadi ingat ucapan salah satu teman. Waktu pandemik begini, usahakan jangan hamil. Woh ya gimana? Hamil itu kan bukan hanya melibatkan suami istri tapi juga Tuhan, yaaa. Malah nakut-nakutin.

    Sehat-sehat ya, Mbak. Semoga sudah bisa menikmati makan dengan enak. Biar badan lebih kuat, begitu dengan calon debay di dalam perut.

    Aku belum pernah nih konsumsi produknya Blackmores. Tapi kalau ingat betapa dulu banyak teman sesama ibu yang sedih karena ASI nggak keluar, wah ini sih kabar baik banget. Siapa coba ibu yang nggak ingin bisa mengASIhi buah hatinya? Semua pasti maunya begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal trimester bapernya minta ampun, bumil butuh dukungan malah diledek 😆.

      Hapus
  9. Sehat2 yah rul produk blackmores emang bagus buat perkembangan janin si bayi juga

    BalasHapus
  10. Selamaat Mak atas kehamilannya, semoga dilancarkan sampe persalinannya, tetep semangat juga di tengah pandemic begini yaa.
    Booster buat bumil dan busui nih Blackmores, semoga sehat bumil dan ASI melimpah plus berkualitas untuk debay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Nchie Hanie. Insyaallah vitaminnya bagus ini.

      Hapus
  11. Jadi mau ngakak baca kalimat emang kenapa kan dihamilin laki sendiri hahaha...iya sensi aja itu bu. Sehat selalu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensi orang hamil banget-banget deh, kali ini baru ngalamin.

      Hapus
  12. Bagus multivitamin blackmoore utk ibu yg sdg hamil.

    BalasHapus
  13. Sehat-sehat ya bumil cantik dan alhamdulillah terbantu sama Blackmores ya. Ini memang produk berkualitas. Saya pakai yang minyak ikannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga minum minyak ikannya, selang seling konsumsinya.

      Hapus
  14. jaga kesehatan dengan konsumsi supleman selama masa kehamilan dan tetap jaga hati dan pikiran meski pandemi belum berakhir. semangat mb e

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Joko, bumil kudu sehat terus selama pandmei ini.

      Hapus
  15. Mbak Nurul, semoga kehamilan dan persalinannya lancar selalu. Blackmores ini bagus karena mencakup seluruh dosis asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Seandainya saya hamil lagi, saya mau kok minum Blackmores setipa hari supaya otak anak saya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blackmores PBFG memang sudah disesuaikan nutrisinya buat bumil dan bususi, pasti tercukupi.

      Hapus
  16. Ternyata Blackmores banyak nutrisi nya yah mba, ini bisa aku rekomendasiin ke teemen2 ku yang lagi hamil ditengah pandemi juga nih. Anw sehat2 yah mba, semoga diberi kelancaran sampai proses lahirannya. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget kasih tahu teman-temannya yang sedang hamil dan menyusui kak Adhe.

      Hapus
  17. Sehat selalu ya Mbak. Terus berusaha yang terbaik menjaga titipan Tuhan pada kita. Bahagia kita ada pada senyum dan keceriaan anak-anak. Bersama Blackmores, kita cukupi nutrisi buah hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyAllah aku bisa jalani kehamilan di tengah pandemi dengan asupan nutrisi dari Blackmores.

      Hapus
  18. Alhamdulillah. Turut bahagia dengan kehamilannya ya, Teh. Semoga ibu dan dede bayi sehat selalu :)

    BalasHapus
  19. Waktu hamil dan menyusui aku selalu konsumsi blackmores ini juga. Bahkan kado ke yang lahiran suka kasih ini juga.

    BalasHapus
  20. Saya waktu hamil anak kedua ini juga konsumsi blackmores ini. Senangnya setelah lahiran ASI juga langsung lancar keluarnya. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Kehamilanmu Dengan Sensitif Digital

Review Produk Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil, Segala Kebaikan Dari Minyak Zaitun

Sudah Siapkah Si Kecil Masuk Sekolah? Kenali Dulu Perilakunya Di Usia Pra Sekolah