Selasa, 03 Desember 2019

# Minyak telon bayi # Parenting

Minyak Telon Bayi Bukan Hanya Sekedar Untuk Pijatan, Tapi Bonding Juga Terciptakan

Bonding atau ikatan antara orangtua dan anak bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Misalnya mengajak bicara, mengelus perut atau memberikan asupan nutrisi yang sehat. Perlakuan ini akan dirasakan anak setelah dilahirkan. Ia jadi merasa ingin dekat terus dengan ayah dan ibunya.

Bicara soal bonding, saya mendapatkan penjelasannya dari dr. Diana Chandra,Sp.A dari RS OMNI saat menghadiri talkshow "Manfaat dan Tips Membangun Bonding Ibu & Anak" di pameran IMBEX 2019, JCC, Jakarta (30112019). Selain borong keperluan perlengkapan si kecil, banyak talkshow dengan tema inspiratif di acara ini.

Minyak telon bayi halal
Baru! Minyak telon bayi dari Air Mancur

Arti Dari Bonding 


Bonding adalah suatu ikatan emosional yang kuat antara orangtua dan anak atau pengasuhnya. Atas terjalinnya suatu hubungan yang sangat dekat maka akan menimbulkan ras kesenangan, kehangatan dan cinta. Tentunya menjadi hal yang positif bagi tumbuh kembang anak.

Sejak kapan bonding itu bisa dibentuk? Seperti yang saya bilang di awal, bonding bisa dilakukan sejak dalam kandungan. Ibu dan anak dalam kandungan berada dalam satu nafas, satu aliran darah, satu detakan jantung, satu aliran nutrisi dan menjadi satu hati.

Saat masih dalam kandungan, ibu bisa memberikan stimulasi-stimulasi sebagai wujud dari bonding itu. Misalnya ibu mendengarkan musik yang lembut, membacakan cerita, mengelus-elus perut sambil ajak bicara. Bayi pun akan merespon apa yang dilakukan ibu, biasanya lewat tendangan mungilnya.

Minyak telon bayi Air Mancur
Dr. Diana Chandra, Sp.A dan Astrid Maria

Setelah si kecil lahir ke dunia, maka sudah saatnyalah ia berjuang sendiri mendapatkan apa yang ia butuhkan. Tentunya bonding itu sendiri tak bisa dilepaskan. Meskipun sudah tidak dalam satu badan oleh si ibu, anak tahu apa yang dirasakan oleh ibunya. Misalnya ibu sedang lelah, maka si bayi bisa merasakan lelahnya ibu dengan cara menangis atau dia seperti gelisah.

Bagi ibu pekerja menciptakan bonding moment itu agak susah-susah gampang ya. Karena kebanyakan waktunya tersita oleh rutinitas pekerjaan. Pengennya pas pulang sampai rumah main sama anak, tapi kadang malah tidur duluan. Walaupun saya bukan ibu pekerja, tapi lelahnya sama aja kok, yang penting anak-anak senang dekat dengan orangtuanya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan kedekatan yang erat antara ibu dan anak. Misalnya ibu sebelum berangkat kerja berikan pelukan dan ucapkan kata-kata semangat untuk si kecil, jangan lupa saat pulang kerja peluk juga ya moms. Saat memandikan si kecil atau menyusui juga termasuk bentuk bonding yang kuat.

Minyak telon khas wangi bayi
Sagara sempat dipijat sama bidan Zaskia
di booth Air Mancur

Siapa yang suka memijat bayi? Ternyata memijat salah satu bentuk bonding. Interaksinya hanya ibu dan bayi secara intens. Maksud memijat di sini untuk merelaksasi tubuh bayi dan menstimulasi saraf-sarafnya, bukan pijat karena keseleo atau patah tulang ya. Pastikan momen pijat bayi dikondisikan dengan baik agar bonding-nya dapat.  Pijat dengan sentuhan cinta akan menimbulkan kenyamanan.

Biasanya kalau pijat bayi pakai apa sih moms? Ada yang pakai lotion, minyak telon bayi atau minyak kelapa. Semuanya boleh digunakan, asal aman pada kulit bayi yang masih sensitif. Kalau saya enggak mau repot pilih produk untuk pijat bayi, makanya saya pilih minyak telon bayi yang wanginya khas banget.

Minyak Telon Bayi Air Mancur, Pas Buat Pijat Bayi


Dari talkshow ini juga, Air Mancur memperkenalkan produk terbarunya yaitu Minyak Telon Bayi Air Mancur atau disebut juga Milon Air Mancur. Saya baru tahu kalau Air Mancur ngeluarin produk minyak telon ini. Saya sempat mampir ke booth Air Mancur di pameran IMBEX dan iseng tanya sama salah satu terapis pijatnya. 

"Ini produk baru dari Air Mancur ya?" tanya saya.

"Sebenarnya bukan produk baru Bu, tapi hanya ganti nama saja dari minyak telon bayi Nyonya Meneer," jawab bidan Zaskia. 

"Oh kalau minyak telon bayi Nyonya Meneer sih aku tahu, produk lama banget itu," kata saya.

Jadi, Air Mancur berinovasi pada produk minyak telon ini. Kemasannya jadi lebih menarik dan bermanfaat buat pijat bayi.

Saat talkshow, hadir juga ibu Astrid Maria - Brand Manager Air Mancur. Ia mengatakan Milon Air Mancur ini memiliki keunggulan tersendiri, antara lain :
  • 100% bahan alami, dari minyak kelapa, minyak kayu putih dan minyak adas
  • Formula yang bebas bahan kimia
  • Hangatnya pas, aman digunakan untuk new born sekali pun
  • Aroma lembut dari essensial oil dan tidak menggunakan parfum
  • Teksturnya licin dan lembap, cocok digunakan untuk pijat 
  • Tidak lengket dan tidak menyebabkan kulit kering
  • Licin & lembab – cocok untuk digunakan untuk pijat  tidak lengket & tidak menyebabkan kulit kering
  • Sertifikasi HALAL dari MUI

Minyak telon anti nyamuk
Sagara setelah mandi pakai Milon Air Mancur

Ritual memakai minyak telon itu sudah saya lakukan sejak anak-anak masih bayi, kulitnya masih merah. Aromanya itu enak banget dihirup karena minyak telon khas wangi bayi. Milon Air Mancur ini memnag benar aromanya sedep dihirup. Kadang saya juga pakai sih buat hilangin rasa eneg atau sedikit pusing.

Oh ya, Milon Air Mancur ini ada 2 varian yaitu Natural (aroma khas bayi) dan Lavender (anti nyamuk) Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang sama  yaitu multifungsi seperti mengurangi kembung, menghangatkan, digunakan untuk pijat pada bayi, serta khusus pada lavender dengan kandungan essential oil dapat meredam stress, dan mencegah gigitan serangga. Makanya bisa juga sebagai minyak telon anti nyamuk.

Milon Air Mancur
Milon Air Mancur yang pas buat pijat bayi

Anyway, bonding adalah suatu keterikatan yang sangat melekat antara ibu dan anak.  Jika dibentuk sedini mungkin dan terus berkelanjutan, maka akan mewujudkan cinta tanpa syarat, cinta sepanjang masa. Minyak telon bayi Air Mancur sebagai produk yang mendukung kegiatan paling intim bagi keduanya.


Instagram : @airmancur_
Facebook : Air Mancur


***

5 komentar:

  1. Minyak telon ini baunya khas dan enak banget si, jadi kalo ada bayik make minyak ini bawaanya mau nyiumin mulu hahaha.

    BalasHapus
  2. Biasanya aku pakai essential oil YL dicampur VCO kalau mau pijat Kenzo, tapi berhubung milon AIrmancur ini lebih praktis dan lebih terjangkau jadi lebih suka pakai ini hehehe

    BalasHapus
  3. Saya suka aroma minyak telon yg bikin segar ini. Kadang saya pakai dengan mengolesnya ke hidung saja, sekedar membau aromanya saja

    BalasHapus
  4. Yup bonding tercipta kan karena sentuhan apalagi sambil dielus elus ya makin hangat deh

    BalasHapus
  5. Memang asik sih momen saat memijat bayi dan anak. Bisa sambil cerita, ngobrol, dll. Bonding tercipta di sana. Badan anak juga jadi hangat

    BalasHapus