Sabtu, 29 Juni 2019

# Johnson's # kesehatan anak

Pijat Bayi Dengan Sentuhan Cinta Dari Johnson's

Banyak sekali momen yang bisa diciptakan antara ibu dan bayi. Salah satunya adalah pijat bayi. Momen yang bisa dilakukan kapan dan dimana saja, asal tepat ya. Ternyata tidak hanya orang dewasa saja yang suka dipijat, anak bayi juga butuh lho. Bukan sekedar membuat bayi menjadi nyaman, manfaatnya lebih dari itu.

Dulu, saat anak-anak masih bayi, kalau mau pijat saya bawa ke tukang pijat tradisional.  Biasanya yang memijat itu embah-embah atau nenek-nenek. Di dekat rumah ada tukang pijat tradisional yang ramenya minta ampun, apalagi tiap hari Jumat, ada saja yang datang dari mana-mana.


Belajar pijat bayi


Cara pijatnya juga agak mengerikan ya, si bayi dibolak-balik macam salto gitu. Sampai bayinya ada yang nangis kejer. Saya saja ngeliatnya ngeri, apalagi si bayi digituin pasti nggak nyaman banget. Mungkin bukan nyaman dan rileks yang dirasakan si bayi, malah takut kalau diajak pijat begitu lagi.

Tapi itu kejadian anak-anak saya dulu, sekarang mereka sudah mulai besar. Si sulung sudah usia 6 tahun dan si bungsu usia 2 tahun. Meskipun begitu, saya ingin belajar dan mengetahui bagaimana dan manfaat pijat bagi bayi. Kalau sudah tahu kan bisa dipraktekkan untuk bayi berikutnya (5 tahun lagi ya).

Pijat Bayi dengan Minyak Telon Halal

Selalu ada jalan jika manusia ingin berusaha. Saya mendapatkan kesempatan dari The Urban Mama untuk hadir di #TUMBloggersMeetUp bersama Johnson's Baby, Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat bagi Tumbuh Kembang si Kecil yang sudah dilaksanankan pada Rabu, 26 Juni 2019 di Grand Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. I was happy attended this event.


Spot fotonya cakep-cakep

Saya hadir tidak sendiri, tapi bersama para mama yang sedang hamil ataupun punya bayi. Nuansa biru muda dan putih menjadi warna penghias acara tersebut. Senangnya lagi bisa ketemu bayi-bayi yang lucu dan bikin gemes. Jadi pengen punya bayi lagi. 

Sebelum acara dimulai, setelah registrasi peserta disediakan makan siang sambil ngobrol-ngobrol dengan mama lainnya. Hal yang paling saya sukai saat ada event begini bisa kopdar. Jadi ada interaksi langsung, bukan cuma di media sosial. Seru deh.



Sejarah Tentang Sentuhan (Touch)


Sebelum memasuki venue, dekat meja registrasi ada backdrop wall History of touch atau perjalanan sentuhan cinta dari Johnson' Indonesia.

Tahun 1975
Sebuah fakta pijat bayi, Johnson's mendukung touch modern yang terinspirasi dari Ruth Rice. Beliau melaporkan bahwa bayi-bayi yang dipijat selama 15 menit sebanyak 4 kali sehari selama sebulan memiliki perkembangan fisik dan saraf yang lebih baik dibandingkan yang tidak dipijat.

Tahun 1994
Johnson's Indonesia memperkenalkan kampanye bahasa cinta untuk mendukung touch di seluruh dunia. Mendorong orang tua untuk memperkuat bounding dengan anak.

Tahun 1997
Johnson's Indonesia memperkenalkan touch kepada ahli kesehatan dan konsumen melalui berbagai pelatihan yang intensif. 


Pernah jadi peserta Rekor MURI Pijat Bayi Nasional

Tahun 2000
Peluncuran buku panduan pijat bayi dan buku pijat bayi untuk bayi prematur pertama di Indonesia, serta videonya juga. 

Tahun 2017
Johnson's mencetak rekor Guinness World Records untuk pelatihan Stimulasi Pijat Bayi Terbesar dengan jumlah peserta sebanyak 629 bidan yang berkerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia.

Tahun 2018
Johnson's Indonesia didukung oleh Kementerian Kesehatan RI mengadakan MURI Gerakan Pijat Bayi Nasional dengan jumlah peserta sebanyak 565 ibu.

Tahun 2019
Edukasi dan Pembangunan posyandu untuk mendukung bayi Indonesia mendapatkan awal kehidupan yang sama dengan edukasi pijat bayi di 10 kota dan berdonasi dengan membeli produk Johnson's untuk disumbangkan dalam pembangunan posyandu dan sarana air bersih di Gresik.

Panjang juga sejarah sentuhan dari Johnson's. Begitu berartinya sebuah sentuhan sehingga menimbulkan cinta antara ibu dan bayi.


Kampanye Sentuhan Cinta Dari Johnson's


Acara dimulai oleh sapaan MC cantik mbak Vivit Kahfi. Kata sambutan diberikan oleh ibu Devy Andrie Yheanne, C&PA Leader Johnson's & Johnson's Indonesia. Kemudian ibu Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnson's & Johnson's Indonesia menjelaskan tentang kampanye sentuhan cinta.

Berdasarkan data dari BKKBN angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1000 kelahiran menjadi 15 per 1000 kelahiran hidup tahun 2017. Untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) menargetkan 12 per 1000 kelahiran.

Tahu kan kalau 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan periode penting bagi bayi. Dimana semua pertumbuhan dan perkembangan melaju pesat yang sangat berpengaruh pada dewasanya nanti. Tidak cukup nutrisi saja yang diberikan, tapi sebuah sentuhan dari ibu melalui pijat bayi.


Ibu Wynne Lukman sama kecenya dengan
mba Vivit Kahfi

Oleh karena itu, Johnson's sebagai salah satu perusahaan produk bayi di Indonesia yang berfokus pada holistik anak, kini memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.  Pastinya program ini mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi.

Tujuan utama dari kampanye Sentuhan Cinta ini adalah memperkenalkan Johnson's® Sentuhan Cinta ke para ibu dan meningkatkan kesadaran pentingnya sentuhan cinta ibu melalui ritual pijat bayi bagi kesehatan dan perkembangan bayi pada periode emas.

Kampanye Sentuhan Cinta bekerjasama dengan Habitat For Humanity untuk membangun Posyandu di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur. Sellin itu Johnson's Indonesia melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi di 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional.


3 in 1, kolaborasi kampanye Sentuhan Cinta

Pentingnya Stimulasi Pijat Bayi


Demi kemajuan tumbuh dan kembangnya bayi, maka harus distimulasi atau dirangsang organ dan kemampuannya. Dr.Bernie Endyarnie Medise,  SpA(K), MPH, menjelaskan tentang Pentingnya Stimulasi Harian untuk tumbuh kembang bayi, khususnya pada pijat bayi.

Kalau dipikir-pikir bayi itu nggak butuh baju bagus, susu mahal, diaper versi gender atau mainan bagus. Dalam tahap tumbuh kembangnya, orangtua berfokus saja pada cara terbaik pada perawatan bayi yang berpengaruh pada fisik dan mentalnya.


Suka deh gayanya dr. Bernie

Memijat adalah salah satu perawatan bayi yang bisa mempengaruhi fisik dan mentalnya. Pada fisiknya bayi akan merasa nyaman, rileks, dan segar kembali, kalau pada mental bayi akan memiliki ikatan emosional atau bounding dengan orang tua. Pijat bayi itu bagai skin to skin contact yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembangnya sesuai tahapan usia.


Manfaat Pijat Bayi

Pijat bayi bukan hanya sekedar meremas - remas kulit halusnya. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh bayi, antara lain :


  • Melancarkan saluran pencernaan
  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Meningkatkan imunitas bayi
  • Menjaga kepadatan mineral tulang
  • Membantu otak bayi berkembang dan bekerja lebih cepat karena stimulasi sensorik selama dipijat 
  • Mengurangi kerewelan dan meningkatkan kesejahteraan bayi
  • Mudah bersosialisasi, melakukan kontak mata, senyum dan bicara ramah dengan orang lain
  • Meningkatkan kualitas tidur bayi 

Diajarin pijat bayi sama mba Emillya Eventha

Adapun langkah-langkah pijat bayi yang diperagakan oleh Emillya Eventha, Instruktur Pijat Bayi Johnson's Baby. Karena saya ngga bawa bayi, jadi dipraktekkan sama boneka. Contoh yang diberikan cukup mudah dilakukan. Pijatnya jangan keras-keras ya, kayak dielus - elus dengan sedikit tekanan. 

Manfaat Baby Spa di Rumah

Perhatikan tata cara memijat bayi yaitu lepaskan semua aksesoris yang ada di tangan, pilih waktu yang tepat sesuaikan jam tidur bayi, pastikan bayi sudah makan, gunakan produk dan waktu yang tepat.


Johnson's Baby, Produk Tepat Untuk Pijat Bayi


Dua produk Johnson's Baby buat pijat bayi

Menggunakan produk yang tepat untuk bayi saat memijat, jadi sebuah ritual yang yang menyenangkan. Produk dengan teksturnya lembut dan wanginya yang khas merangsang panca indera bayi. 

Ada 2 produk Johnson' Baby yang digunakan untuk memijat bayi yaitu Baby Oil dan Baby Lotion. Baby oil digunakan saat pijat bayi sebelum mandi dan baby lotion digunakan setelah mandi.

Tiap beli produk Johnson's di Alfamart dan Shopee senilai minimal Rp 25.000 atau pembelian Johnson's Oil 125 ml, Top-to-Toe Bath 400 ml, Baby Lotion 200 ml di Indomaret, Guardian, Giant, Superindo, Carrefour, Alfamidi serta toko lain yang bekerjasama, maka sisihkan Rp 500 dari hasil penjualan.

Harapan saya terhadap program Sentuhan Cinta ini bisa dijalankan dengan baik dan para ibu bisa mempraktekkan dengan mahir sehingga bayi Indonesia sehat, tumbuh kembangnya terus berproses, dan penuh cinta. Aduh, jadi pengen punya bayi lagi nih biar bisa praktek langsung. Happy massage baby mom!



Foto bersama para mama
Dok.foto Honey Josep



***

3 komentar:

  1. Beberapa kali ikutan pelatihan pijat bayi sentuhan cinta Johnson's alhamdulillah sekarang aku lebih pede untuk pijat sendiri di rumah,dan bayi pun senang banget

    BalasHapus
  2. ⁣Informasi yang sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di ⁣https://terapisinergi.com/
    Salam sukses :)

    BalasHapus