Kamis, 14 Juni 2018

# minyak baby huki # minyak kayu putih halal

Yuk, Pijat Bayi Dengan Minyak Telon Halal

Memiliki anak yang sehat dan tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya merupakan harapan tiap orang tua. Namun, tiap anak itu berbeda perkembangannya. Seperti Sagara dan Omar. Dua bayi lucu ini lahir hanya beda bulan. Saat Sagara usia 5 bulan, lahirlah Omar. Perkembangan mereka juga berbeda. Contohnya Sagara bisa tengkurap saat usia 4 bulan, sedangkan Omar tengkurap usia 7 bulan. Saya sarankan adik ipar membawa Omar ke tukang pijat bayi langganan. Beberapa kali dipijat Omar pun akhirnya bisa tengkurap sekarang. Hal yang saya tidak suka setelah bayi dipijat dari tukang pijat adalah bau minyaknya. Entah minyak pijat bayi apa yang dipakai. Membuat bau tengik di baju anak. Kayaknya bukan minyak kayu putih atau minyak telon halal karena bikin badan anak lengket banget. Selain itu ada jadwal hari yang dilarang untuk memijat. Aduh, repot kan kalau anak sedang tidak enak badan, kemana lagi pijatnya? 


Senang sekali ilmu pijat bayi bertambah saat menghadiri Baby Huki Mums Blogger Gathering "Lebih Hangat dan Nyaman dengan Yang Halal" 9 Juni 2018 lalu di Ashley Hotel, Jakarta. Venue favorit saya dengan wangi lemongrassnya. Terasa relax di sini. Dalam rangka memperingati hari International Message Sedunia pada 7 Juni 2018 lalu,  serta dalam rangka bulan Ramadan dan lebaran yang diisi dengan kegiatan mudik/liburan bersama keluarga. Tema yang pas menjelang hari raya Lebaran agar mudik nyaman dengan anak.

Eksis bersama Baby Huki

Gathering kali ini saya dan teman blogger lainnya diajarkan teknik memijat bayi dari fisioterapis langsung. Acara pun makin ramai dan seru karena dipandu oleh MC  Yosh Aditya. Menghadirkan ibu Risa Trisanti, Marketing Manager Baby HUKI yang menjelaskan tentang produk. 

Baby Huki sudah ada sejak 23 tahun lalu dengan produk botol susu dan dot bayi. Di produksi oleh PT. IKAPHARMINDO PUTRAMAS sebuah perusahaan terpercaya. Mengingat pijat bayi adalah salah satu budaya yang sudah lama, maka Baby Huki memberikan suatu treatment yaitu pijat bayi sebagai bentuk kepedulian Baby Huki terhadap para ibu di Indonesia. Sebenarnya kehadiran minyak Baby Huki sudah lama, namun pengesahan sertifikasi Huki HALAL nya baru 2 bulan lalu. Oh ya, Huki ini merek lokal lho.

Ki-ka: MC Yosh, Risa Trisanti,dr.Amendi Nasution, Sp.KFR (K) 
 

Baby Huki mengenalkan Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Halal sebagai sarana untuk memijat bayi dan anak. Minyak kayu putih Huki digunakan untuk usia anak 3 tahun ke atas dengan tutup botol berwarna hijau tua. Terbuat dari 100% minyak kayu putih (cajuput oil).  Minyak kayu putih anak yang berguna untuk meredakan sakit perut, sebagai obat kembung anak, rasa mual, obat masuk angin, dan gatal-gatal akibat gigitan nyamuk dan serangga. Wanginya enak khas kayu putih, teksturnya tidak lengket dan hangat. Tersedia dalam ukuran 30 ml ( 60 ml dan 125 ml. Nah, tinggal pilih deh ukuran minyak kayu putih halal ini sesuai kebutuhan. Saya pakaikan minyak kayu putih untuk si abang Gie.

Minyak telon Huki untuk usia 0-3 tahun dengan tutup botolnya berwarna hijau muda. Berarti Sagara pakai minyak telon hangat ini ya. Berguna untuk meredakan perut kembung serta memberikan rasa hangat tubuh bayi. Mengandung minyak kayu putih 35%, Ol Cocos (minyak kelapa) 60% dan Ol Anisi 5%. Minyak telon bayi ini tersedia dalam ukuran 30 ml, 60 ml dan 125 ml. Saya punya ke tiganya lho di rumah.



Brawijaya Hospital Antasari memiliki pelayanan Baby Massage yang didukung oleh dokter spesialis rehab medik anak dan terapis profesional. Dokter Spesialis Rehab Medik Brawijaya Hospital Antasari, dr.Amendi Nasution, Sp.KFR (K) menjelaskan tujuan memijat bayi untuk meningkatkan kemampuan feeding mulai dari awal kelahiran, mengoptimalkan saat sahur untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan, merangsang pertumbuhan berat dan tinggi anak, dan menstimulus usia perkembangan sesuai dengan usia pertumbuhan. Selain itu manfaat pijat bayi juga banyak. Bayi akan merasa relax, membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas, membantu perkembangan mental, fisik dan sosial, meningkatkan komunikasi orang tua dan anak, meredakan stress orang tua. 

Tidak perlu berlama-lama, praktek pijat bayi diajarkan langsung oleh Arina, Fisioterapis Brawijaya Hospital Antasari. Nama teknik pijatnya "Love Motion". Biar lebih seru lagi mama blogger influencers diajak untuk langsung mempraktekkan pijatan. Mama Yasmin Zata Ligouw dengan Sabil dan mama Kania Safitri dengan si cantik Safa.

Mama blogger influencers mempraktekkan
teknik pijatan

Praktek Teknik Pijat Baby Huki "Love Motion"


Setelah diajarkan langsung oleh mbak Arina teknik memijatnya, saya pun mempraktekkannya ke Sagara. Waktu yang tepat untuk memijat yaitu saat pagi hari sskitar jam 10 atau malam hari menjelang bayi tidur. Saya memilih saat malam hari agar Sagara langsung tertidur pulas. 

Pertama-tama siapkan alas, bersihkan tangan,  lepaskan cincin dan jam tangan, minyak telon halal Baby Huki. Tuangkan 2-3 tetes minyak telon ke telapak tangan sebelum ke badan bayi, lalu digosok-gosokkan hingga rata. 



1. Bagian Dada (Love Motion)
Gerakan tangan membentuk hati dari ulu hati mengarah ke bahu atas dan balik lagi ke ulu hati. Ulangi sampai 3 kali.


2. Bagian Dada (Cross)
Pijat dari bagian bawah ke atas bahu secara bersilangan ke sisi lainnya.Ulangi sampai 3 kali. 

3. Bagian Perut ( Pijat I Love U)
Gerakan pijat membentuk huruf I, L dan U dimulai dari sisi kiri bayi. Lakukan sebanyak 3 kali. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar saat bayi terkena sembelit atau konstipasi 

4. Bagian Perut (Walking Finger)
Lakukan tap dengan tiga jari di bagian  perut searah jarum jam, dari kanan ke kiri dan lakukan sebanyak 3 kali. 

5.Bagian Lengan Tangan ( Milking / Memerah) 
Gerakannya seperti memerah, mulai dari atas ke bawah kemudian ke atas lagi. Lakukan sebanyak 3 kali.


6. Bagian Lengan Tangan (Rolling / Memutar)
Lakukan gerakan memutar dengan dua tangan dari pangakal lengan sampai pergelangan tangan. 

7. Bagian Lengan Tangan (Finger Shake)
Gerakan memijat jari-jari bayi satu per satu. 

8. Bagian Tungkai Kaki (Milking / Memerah)
Dimulai dari pangkal paha sampai pergelangan kaki, kemudian naik lagi ke arah pangkal paha. 

9.Bagian Tungkai Kaki (Squeezing/Memeras)
Gerakan memutar atau serkuler dengan satu tangan memutar dari pangkal paha ke arah pergelangan kaki. 

10. Bagian Tungkai Kaki (Finger Shake)
Gerakan memijat jari-jari kaki bayi satu per satu. 


11. Bagian Punggung (Love Motion)
Gerakan berbentuk hati dari bagian tengah punggung ke arah bahu dan kembali lagi ke tengah punggung.

12. Bagian Punggung (Gerakan Spiral)
Gerakan memutar dengan dua jari dari bawah leher sampai ke bokong. 

13.Bagian Punggung (Gerakan Menggaruk)
Gerakan dari bawah leher turun sepanjang punggung sampai bokong 



Mohon maaf kalau fotonya kurang lengkap ya karena Sagara nggak bisa diam saat dipijat. Lebih lengkapnya bisa lihat tutorial pijat dari video Baby Huki.

Yang perlu diingat saat memijat bayi, pastikan bayi dalam keadaan segar atau tidak sakit, 1 jam setelah makan, bukan di waktu jam tidur anak, tetap jaga kontak mata ibu dan bayi dan tidak menggunakan handphone. Pijat bayi sebentar saja kok, kurang lebih 15 menit. 

Baby Huki minyak kayu putih dan minyak telon halal ini bisa didapatkan di supermarket, hypermarket, minimarket, apotek atau baby shop. Kalau saya seringnya beli di minimarket dekat rumah, lumayan sering dapat potongan harga juga. Minyak telon murah dan minyak kayu putih murah memang andalan emak-emak deh. Saya biasanya beli yang ukuran 30 ml dan masuk ke dalam kantong baju di diaper bag saat travelling dengan anak, minyak telon sudah tersedia.

Kisaran harga Baby Huki Minyak Kayu Putih : 
- Ukuran 30 ml = Rp.11.000
- Ukuran 60 ml = Rp. 22.000
- Ukuran 125 ml = Rp. 43.000

Kisaran harga Baby Huki Minyal Telon : 
- Ukuran 30 ml =Rp.11.000
- Ukuran 60 ml = Rp.17.500
- Ukuran 125 ml =Rp. 35.000

Kesimpulannya pijat bayi itu bisa dilakukan di rumah dengan memakai minyak telon yang bagus atau minyak kayu putih yang bagus. Tidak ada lagi bau minyak-minyakan seperti ditukang pijat. Pastinya pijat bayi lebih aman dan nyaman dengan yang halal.


Video tutorial pijat bayi baby huki


Info lengkap bisa lihat di 


Facebook : BabyHukiOfficial
Instagram : @BabyHukiOfficial



***


11 komentar:

  1. Hebat sekarang mbak nurul kayaknya sudah telaten nih pijat sagara pakai minyak telon baby huki😊

    BalasHapus
  2. Hebat sekarang mbak nurul kayaknya sudah telaten nih pijat sagara pakai minyak telon baby huki😊

    BalasHapus
  3. Iya, kadang yang ngemalesin kalau bawa anak ke tempat pijat itu karena minyaknya. Kalau pakai Baby Huki plus kita tahu ilmunya kayak gini kan lebih enak ya. Sampai anak saya umur dua tahun lebih sih rajinnya saya pijat ILU. Soalnya dia suka sembelit sih.

    BalasHapus
  4. Lumayan murah ya mbak minyaknya. Praktis juga bisa dibawa kemana2. Baiknya aih anak dipijat ibunya, agar anak lebih merasakan kasih sayang sang ibu. Soalnya saya pernah dipijat ibu, berasa banget kasih sayangnya

    BalasHapus
  5. Aku salah fokus lihat foto babynya Mba, kaya nyaman banget dipijat mungkin karena minyak telon baby Huki enak dan hangat di kulitnya yaa

    BalasHapus
  6. waktu baby saya mijat anak pake lotion
    siap mandi baru kasi minyak telon
    sampe sekarang anak saya pake minyak telon
    katanya nyaman
    tp saya baru tahu ada merek huki ini..tahunya ini cuma merek dot ya

    BalasHapus
  7. Wow lengkap banget teknik pijatnya. Sagara emang masih cocok dipijat kyk gtu hehe. Bisa bikin Sagara lekas naik BB jg kalau sering2 dipijat pastinya, apalagi pijatnya pakai minyak Huki :D

    BalasHapus
  8. Bisa dicontoh banget teknik pijatnya ini kak. Aku udah lama banget gak bawa bayi aku pijet, padahal bisa belajar sendiir dirumah pake minyak telon.

    BalasHapus
  9. aku udah nyobain mijat bayi pake Minyak Telon HUKI.. asik ya Mbak.. teksturnya lembut dan cepet banget ngeresepnya ke kulit.. udah gitu wanginya enak banget lagi, bikin bayi nyaman dan tenang..

    BalasHapus
  10. Minyak telon favorit di rumah aku nih. Aromanya lembut, dan enak di kulit

    BalasHapus
  11. ah sagara pasti nagih deh mau dipijit terus tiap hari....

    BalasHapus