Minggu, 29 Desember 2019

# enduro # gaya hidup

Berkat Oli Motor Terbaik "Si Horrus" Melaju Terus

Menyusuri jalanan di Kota Bandung sudah menjadi makanan sehari-hari bagi "Si Horrus". Menjemput dan mengantarkan penumpang sampai tujuan suatu pekerjaan yang mesti diselesaikan olehnya. Kehujanan dan kepanasan sudah  menjadi teman dalam perjalanan. Horrus menjadi andalan mencari rupiah, maka ketangguhannya mesti dijaga. Tentunya berkat oli motor terbaik, "Si Horrus" melaju terus.

Oli motor terbaik
Oli motor terbaik buat motor matic


Tak pernah bosan rasanya  berkali-kali datang ke Bandung. Terlalu banyak pesona tak terlupakan dari Kota Kembang ini. Kedatangan saya kali ini ada suatu kegiatan yang diikuti dalam beberapa hari. Dari jauh-jauh hari saya sudah memesan tiket kereta Parahyangan dan memesan kamar hostel di daerah Jalan Pajajaran. Selama beberapa hari menginap di hostel ini pemandangan pesawat mondar-mandir dari atas sangat dekat sekali. Ternyata lokasi hostel saya tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. 

Saat tiba di stasiun Bandung, saya dijemput oleh salah satu teman. Enaknya punya teman di berbagai daerah begini nih, saat dihubungi siap menjemput tamu dadakannya. Saya katakan dadakan karena saya menghubunginya hari itu juga saat mau berangkat. Kesigapannya patut diacungi jempol deh. Apalagi dijemputnya pakai motor, jadi lebih terasa cepat sampai tujuan. Saya pikir memilih motor sebagai kendaraan di kota ini pilihan yang tepat. Melihat momen liburan yang padat sekali dengan kendaraan dan membuat kemacetan di mana-mana. Selain itu bisa leluasa keliling-keliling, mudah mampir ke tempat yang seru dan efisien waktu juga ongkos. 

Setelah bercengkerama sebentar dengan teman-teman, saya harus kembali ke hostel. Karena ada pembatasan masuk ke kamar sampai pukul 12 malam. Saya diantar oleh salah satu teman yang baru kenal saat itu. Ia seorang mahasiswa dari kampus di daerah Antapani. Oh ya, sebelum kembali ke hostel, saya beserta 3 teman sempat menikmati camilan malam yaitu kue balok Kang Didin di Jalan Pajajaran. Setelah itu saya baru diantarkan ke hostel.


Awalnya saya ingin menggunakan ojek daring sebagai transportasi andalan selama di Bandung. Namun salah satu teman, sebut saja Dedi Kurnia namanya, bersedia mengantarkan saya keliling kota Paris van Java. Wah, kebetulan banget kan. Selain irit ongkos, saya bisa mampir sana-sini. Ke perpustakaan, ke ATM, ke minimarket, ke kafe, sampai antar jemput ke hostel. Berasa tamu istimewa nih. "Si Horrus" lah yang setia mengantarkan saya ke mana saja.

Siapa sih Horrus?

Mau tahu banget atau mau tahu aja? 😁


Oli motor matic terbaik
Si Horrus, motor matic yang tangguh melaju terus

"Horrus itu nama julukan buat motor ini. Namanya terisnpirasi dari nama burung dari panglima perang di film The Mummy Return. Horrus artinya kuat, tangguh dan cepat," jelas Dedi Kurnia.

Ya, si kuda besi inilah yang digunakannya sehari-hari menempuh jalanan di Bandung. Motor ini juga ia gunakan untuk mencari uang buat tambahan jajan kuliah atau kasih ke orang tua. Selain menjadi mahasiswa semester 7, ia juga seorang pengemudi ojek daring. Motor andalannya ini sudah ia miliki selama 6 tahun dan selama 2 tahun terakhir ia berprofesi sebagai pengemudi ojek daring berkelana mencari rupiah atau sekadar pulang pergi kuliah. Saya salut dengan anak muda satu ini, sudah ramah, kasep dan pekerja ulet pula.

Motor yang kuat dan tangguh supaya melaju terus itu membutuhkan perawatan yang baik. Salah satunya penggantian oli secara berkala. Oli merupakan minyak pelumas yang digunakan pada mesin untuk menambah dan mengawetkan usia pakai mesin. Adapun beberapa fungsi dari oli antara lain sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan, sebagai pendingin dan penyekat, mencegah goresan atau keausan, mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen, Jadi, harus pilih oli motor terbaik ya.


Berkat Oli Motor Terbaik "Si Horrus" Melaju Terus


Cuaca di Bandung mendung terus. Rasanya matahari enggan menampakkan sinar wajahnya di kota ini. Sekalipun nampak seperti malu-malu dan ragu, lalu berganti hujan.  Saya tipe orang yang enggak betah diam di tempat, maunya jalan-jalan terus. Enggak perlu tempat yang kekinian atau instgrammable, kelilingan pakai motor saja sudah bahagia rasanya.


Oli motor Enduro Matic SAE 10W-30

Sabtu itu (281219), saya  berencana  pergi ke Bukit Moko. Saya sih hayuk aja diajak pergi mumpung ada motor. Sebelum pergi, si Horrus mampir dulu ke bengkel yang ada di daerah Ledeng, tepat di depan terminal, untuk diganti olinya. Saat menuju bengkel, kemacetan sudah terjadi dari Jalan Sukajadi yang ramai dengan barisan mobil menuju Lembang. Buat saya yang baru pertama kali melihatnya sungguh terkejut. Dominan mobil yang ada ber-plat B, D, A bahkan AD. Kata teman saya, waktu yang ditempuh dari bawah sampai Lembang bisa 4 jam, sama saja dengan waktu tempuh Bandung - Garut menggunakan motor.

"Sudah hampir 2 bulan si Horrus belum ganti oli," jelas Dedi. What!? Tangguh amat ini motor. Untung enggak soak tuh mesin. "Terakhir ganti oli motor bulan September," tambahnya. Gokil ini sih namanya. Saya cuma terheran-heran aja mendengar pernyataan si empunya motor. Jangan diikuti ya guys!

Idealnya penggantian oli motor itu sekitar sebulan sekali. Tapi tergantung penggunaan motornya juga. Kalau dipakai tiap hari dan kelilingan terus kayak Si Horrus jarak waktu penggantiannya bisa lebih singkat lagi. Kebetulan si Horrus ini berjenis motor matic, maka pakai oli motor matic. 

Si Horrus menggunakan oli motor Enduro Matic karena merupakan pelumas yang didesain khusus untuk mesin motor otomatis. Mengandung additive Molybdenum, untuk mengurangi gesekan pada mesin yang bertemperatur tinggi dan berkecepatan tinggi. Enduro Matic memiliki tingkat performance yang tinggi untuk meningkatkan perlindungan terhadap mesin motor. 


Penakar oli pada penutup
Penakar oli pada penutupnya

Saya sempat tanya-tanya sama montir di bengkel tersebut, sebaiknya bagaimana mengganti oli motor? Jawaban kang Wawan, montir tersebut, yang bisa saya simpulkan sebagai berikut :
  1. Pilih oli sesuai jenis motor. 
  2. Saat mengganti oli, jika dirasa belum turun semua maka bisa disemprot dengan kompresor. Tapi harus hati-hati juga semprotnya enggak boleh deket-deket karena mengandung hydrogen yang bisa merusak mesin. Kasih jarak sekitar 45 cm saat menyemprot dan sebentar saja. Wah, saya benar-benar baru tahu lho.
  3. Lihat pengukur oli pada penutupnya. Jika ukurannya berkurang maka mesti diganti, jangan sampai mengering karena bisa merusak ring sehernya.

Indikasi  ganti oli motor
Indikasi lainnya motor harus ganti oli
Dok. Gambar Instagram @sahabatenduroid

Oh ya karena sudah musim hujan, sering dicek juga olinya ya. Motor yang biasa menerjang genangan air atau banjir olinya bisa tercampur dengan air. Warnanya bisa berubah menjadi cokelat, biasa disebut oli cappucino. Coba ambil dipstick dan lihat warna olinya. Kalau kopi cappucino sih enak ya  diminum. 

Tentunya harus pilih oli motor terbaik adalah tanda cinta terhadap kendaraan. Nah, tanda cinta untuk si Horrus adalah oli motor Pertamina Enduro Matic 0,8 liter. Saya iseng cium bau olinya itu wangi lho. Biasanya kan wangi oli itu enggak enak, tapi ini enggak bikin enek. Alasan si Horrus pakai Enduro Matic pastinya karena keunggulannya dong.


Keunggulan oli motor Enduro Matic terbaik

Soal harga oli motor Enduro Matic ini masih terjangkau, sekitar Rp44.000,00. Itu cuma harga olinya saja, tidak ada biaya jasa penggantiannya. Saya rasa harganya masih terjangkau, tidak terlalu menguras isi dompet. Ditambah estimasi waktu penggantiannya juga tidak terlalu dekat. Sebulan sekali ganti oli motor enggak bikin bokek ya.

Pertamina Lubricants tidak hanya memiliki oli motor terbaik, tapi juga oli mobil. Kalau punya kendaraan roda empat pakai oli mobil merek Fastron. Harga oli mobil mulai dari Rp90.000,00 - Rp350.000,00 tergantung kapasitas liter oli yang digunakan. Perhatikan juga jenis mobil yang digunakan supaya cocok olinya.


Harga oli motor Enduro Matic
Si Horrus tetap melaju terus

Setelah urusan ganti oli selesai, si Horrus siap jelajahi jalanan kota Bandung lagi. Saya pergi ke Forest Walk Babakan Siliwangi, Bukit Bintang sampai ke Pondok Surabi Antapani. Sungguh petualangan luar biasa dengan motor matic ini. Ketangguhan Enduro telah terbukti. Enggak salah kan ganti oli motor ini. 

Benar apa yang dikatakan Dilan di dalam film Dilan 1990 kalau kota Bandung itu menyenangkan. Saya bisa mengunjungi tempat-tempat yang indah bersama si Horrus. Perkenalan pertama yang mengesankan memboncengi motor ini. Saya yakin si Horrus tetap melaju terus meskipun saya sudah tak berpetualang lagi dengannya.




www.pertaminalubricants.com
email : pcc@pertamina.com
Telp : 500 000
Facebook : SahabatEnduroID
Instagram : @sahabatenduroid
Twitter : @pertaminalub
YouTube : Pertamina Lubricants

***

41 komentar:

  1. Waaa ... Bandung itu memang nyenengin. Makanya aku pun suka datang lagi dan lagi. Tapi belum pernah nih keliling Bandung naik sepeda motor. Lumayan banget menembus kemacetan, hahahan ...

    Buat pengendara ojek daring sih, memperhatikan jadwal ganti oli itu wajib, ya. Apalagi buat pengendara yang rajin kejar poin antar penumpang. Eh, aku baru tahu lho kalau aroma oli itu wangi. Hahaha, belum pernah nyentuh-nyentuh oli maupun botolnya, sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru lho keliling Bandung pakai motor. Bisa mampir sana sini. Wangi olinya enggak sengaja aku cium itu juga.

      Hapus
  2. Kinerja Enduro pertamina sangat membantu horrus bergerak lincah dan gesit yang siap mengantarkan Kita kemanapun

    BalasHapus
  3. Aku termasuk sering lupa ganti oli. Kalo motor udah ga nyaman dipakai, baru deh inget kalo motornya belum diganti oli selama berbulan-bulan. Hiks jahatnya aku. Padahal kan kalo olinya bener, kinerja motor juga makin oke :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ga boleh dibiasakan itu ya. Kasihan mesin motornya, kalau mogok tiba-tiba repot juga kan.

      Hapus
  4. Aku rutin ganti oli motor dan emang mototku pake oli ini hehehe

    BalasHapus
  5. Tadi kepoe sama Si Horrus, ehcternyata motor tangguh yah.. berkat pakai enduro. Sama dongrl kayak motor aku.. membelah beda planet.. ups maksudku buat berkendaraan beda provinsi tetap nyaman terkendali hehehe. Enduro emang top banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah tahu kan siapa Horrus itu. Rahasia oli motornya juga kan.

      Hapus
  6. Aku nih gak paham yang bamana oli motor paling kalo mah ganti2 oli suami yang ganti ini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah tahu kan oli motor mana yang bagus dan terbaik buat motor kesayangan.

      Hapus
  7. eaaa ke bengkel bareng so sweet kalian.
    Wajib banget make oli ini ya Mba.
    Lebih enak dipake ternyata.Aku juga ngintilin suami liat proses ganti oli kemarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anterin si Horrus ganti oli itu. Kasihan udah 2 bulan enggak dikasih oli.

      Hapus
  8. Nah betul tuh..ganti oli harus rutin jangan sampai turun mesin. Apalagi kalau untuk perjalanan jauh, kondisi kendaraan mesti prima. Biar ga ada drama di perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh dramanya banyak banget deh kalau olinya ga ganti-ganti.

      Hapus
  9. Bandung... Kota penuh cerita dan kenangan. Kauanya main ke kota ini gak pernah bosen deh. Karena hampir tiap taunnya ada hal yang baru disini.

    Dulu jaman pinggang masih bisa diajak kompromi dan kurcil belum tumbuh, aku jg sering kebandung pakai motor. tapi terakhir kali naik motor CBR, itu motor sampai turun mesin karena kepanasan gak kuat sama rutenya yang naik turun.
    Wkwkwkw...

    Enakan naik matic sih kalau untuk Medan berat dan berliku. Tapi memang harus diperhatikan jg pengeremannya, diturunan yg curam juga sering terjadi rem blong, mesti bener bener safety dan jaga performa kendaraan sebelum pergi jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, waktu ke bukit Moko rem motor matic temanku ini sempat ngebul karena terlalu sering direm. Akhirnya melipir cari air ke musollah terus disiram. Mesinnya sih ok kan abis ganti oli.

      Hapus
  10. Menggunakan Pertamina Enduro untuk oli kendaraan pilihan yang tepat.
    Tentu akan berdampak baik saat digunakan.
    Saya biasanya rutin mengganti oli kendaraan, karena selain untuk kenyamanan dan performa yang dihasilkan juga oke

    BalasHapus
  11. selama di Bandung 5 tahun, kota yg bikin aku selalu pengen setiap bulan kesana mak hehe. Dan kebetulan aku mau ganti oli nih, bisa jadi referensi aku pas ganti oli karena ciri-ciri salah satu susah d ajak ngebut nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lama juga kamu di sana. Andai masih di Bandung bisa nebeng bobo aku Dys. Heheh

      Hapus
  12. Punya kendaraan memang harus dirawat. Termasuk oli pun harus pilih yang terbaik. Dulu, saya termasuk yang rutin ganti oli waktu masih mengendari mobil sendiri ke mana-mana. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya motor matic ini pake oli motor terbaik juga dari Enduro.

      Hapus
  13. Suamiku telaten bangeeet samaa motor, jadi udha bs dipastiin kalo pake oli mesti oli yang berkualitas seperti oli² dari Pertamina.

    Yaa walopun motornyaa butut, tapi "vitamin" Motornya tetap yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi panjang kan usia mesin motor bututnya berkat oli motor terbaik.

      Hapus
  14. Unik banget nama motornya, Horrus. Semoga Jang Kasep yang punya si Horrus rejekinya lancar terus bareng si motor kesayangannya yang rajin ganti oli pakai Enduro Matic.

    BalasHapus
  15. Jadi ingat waktu masih tinggal di Bandung. Mengeliling kota Bandung pake motor matic untuk menjemput rezeki. Kalau suamiku lagi pelatihan di Bandung suka bilang, ada salam dari aspal kota Bandung.

    Tapi, emang bener Mbak, aku tuh rajin banget ganti oli pake Enduro matic, jadi dibawa muter-muter Bandung dari Senin sampe Minggu, nggak pernah rewel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sudah dibuktikan ya pake oli motor terbaik ini mesin motor jadi awet. Eh, aku lagi di Bandung nih, salam juga ga sama aspalnya?

      Hapus
  16. Aah...sama doonk...
    Kendaraanku juga aku beri nama. Hehhe...dan hanya aku dan dia yang tau.
    Horrus bener-bener tangguh yaa...apalagi setelah dilakukan penggantian dengan oli motor terbaik, Enduro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, apa nih nama panggilan si kuda besinya mba? Pasti tangguh juga nih kayak Horrus.

      Hapus
  17. Jujur aku awam banget soal oli2an. Mungkin bisa aku rekomen ke suami buat pakai oli ini biar motor bisa laju terus, btw lucu banget motornya di namain ya mba 😂

    BalasHapus
  18. Kalau udah urusan oli, biasanya aku percayakan sepenuhnya sama yang pro. Mereka jelasin pun, aku paling hooh hooh aja. Tapi emang sih, tiap kali ganti oli, aku selalu pake Enduro.

    BalasHapus
  19. Wiwin | pratiwanggini.netSenin, 13 Januari 2020 23.24.00 WIB

    Saya gak bisa mengendarai motor sendiri, jadi biasanya ngandalin suami atau anak. Meskipun demikian saya bukan lantas enggak peduli dengan perawatan motor. Saya ini salah satu ibu / istri yang cerewet urusan perawatan motor :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma nebeng aja ya mba bisanya, tapi perhatian sama kendaraan kesayangan.

      Hapus
  20. Aku juga pakai Enduro ini. Kalau kata suami bunyi motor jadi lebih halus pas pakai oli enduro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terbukti ya oli motor Enduro memang terbaik buat kendaraan tersayang.

      Hapus
  21. Wah saya juga pakai Enduro ini mbak buat oli motor dan bagus banget untuk mesin agar cepat awet dan berikan yang terbaik untuk motor kesayangan.

    BalasHapus