Rabu, 13 Maret 2019

# BloggerDay 2019 # Crowne Plaza

Trans Studio Bandung Berikan Kemeriahan BloggerDay 2019

Notifikasi e-mail dari BloggerCrony Commmunity sore itu (270219) membuat bahagia. Pemberitahuan bahwa saya lolos menjadi peserta BloggerDay 2019. Campur aduk rasanya hati ini. Antara senang karena terpilih, antusias karena akan mengikuti acara selama 2 hari di luar kota, dan ragu meninggalkan anak-anak di rumah. Baru kali ini saya meninggalkan mereka bersama ayahnya. Tapi hati menjadi tenang karena kepergian saya direstui suami. Maksudnya ikut acara BloggerDay ini.

BloggerDay 2019 is awesome

Setelah Bogor dan Jakarta, kali ini BCC menunjuk Bandung, Jawa Barat sebagai kota pilihan merayakan ulang tahun yang ke-4 bersama 100 blogger dari Jabodetabek, Jabar, Jateng, dan Jatim. Saya yakin bahwa blogger dari berbagai daerah di Indonesia pasti ikut mendaftar acara tahunan ini. Karena keterbatasan panitia dan akomodasi, maka yang terpilih dari daerah yang bisa terjangkau saja. Semoga saja BloggerDay berikutnya bisa ke daerah lainnya. Sekarang, mari masuk ke dalam keseruan pengalaman saya selama 2 hari di Bandung.


Hari Pertama, Drama Bis Telat dan Serunya Bermain di Trans Studio Bandung 


Dalam grup whats app berulang kali mbak Yayat mengingatkan peserta agar tidak telat sampai titik penjemputan bis di Mitra Terrace, Jakarta. Saya berangkat dari rumah menggunakan comutterline dan ojek online mengejar waktu supaya nggak telat. Dari kejauhan bis berwarna biru berlambang burung dan kumpulan orang sudah terlihat saat masuk parkiran Mitra Terrace.

Saya pikir, saya paling telat. Ternyata ada beberapa orang yang belum datang juga. Setelah semua peserta isi absen, beberapa orang naik bis pertama. Seperti biasa foto bersama jadi hal wajib dilakukan demi sebuah konten. Saya memilih bis 2 yang belum ada datang. Setelah menunggu lama, makan bubur ayam, dan ketawa-ketawa sampai waktu menunjukkan pukul 8, bis 2 belum datang juga. 

“Hallo pak, lagi dimana? Hah, Gandaria City. Oh ya udah saya tunggu ya pak di parkiran Mitra Terrace”.

Kira-kira begitu percakapan mbak Yayat bersama orang di sebarang telpon sana yang saya pikir itu adalah supir bis. Ok, lumayan juga jarak Gancit ke Gatsu. Nunggu lah kami sekitar setengah jam lagi. Teman-teman lainnya menebak-nebak tiap bis warna biru lewat. Eh, nggak tahunya transjakarta yang lewat. Hingga akhirnya bis yang ditunggu pun tiba. Penantian 2 jam lebih peserta bis 2 terbayarkan. Demi mengejar konten dan keeksisan kami pun berfoto lagi di depan bis dan langsung masuk cari tempat duduk. Nggak ada satu pun yang tertinggal, kami menuju Trans Studio Bandung (TSB). Yihaaa....main sepuasnya!

Peserta bis kloter 2 siap berangkat

Long journey short, sekitar jam 14 bis 2 sampai di Trans Studio Bandung. Rasa antusias ini makin menggebu ketika turun dari bis. Biar selamat dan tenang selama bermain di TSB, saya menyempatkan diri sholat dzuhur dulu. Mesjid nan megah di dalam kompleks Trans Studio, Trans Studio Mall, dan Hotel Trans memberikan kenyamanan beribadah.

Bubur ayam tadi pagi rasanya sudah diolah dengan baik dalam perut, maka itu saya putuskan untuk mencari makanan di Trans Studio Mall sebelum bermain. Perut kenyang mata ngantuk menambah energi buat setengah hari bermain aneka wahana di Trans Studio Bandung. It was my 1st time visited TSB. So, exciting.


Sampeai juga di Trans Studio Bandung

TRANS STUDIO, tulisan besar di atap gedung seakan menyambut kehadiran 100 peserta BloggerDay 2019. Mengabadikan momen kebersamaan ini hukumnya wajib. Semua berkumpul di depan pintu masuk untuk foto. Tiket sudah dibagikan dan semua bebas menikmati wahana destinasi wisata terbaik di kota Bandung.

Saat masuk ke dalam arena, wahana Vertigo seperti magnet yang menarik saya untuk bermain. Sebelum saya dibolak-balik sama permainan itu, saya lihat dulu reaksi teman-teman yang sudah naik duluan. Kalau baik-baik saja, saya mau. Setelah diamati kok mengerikan juga ya. Akhirnya saya nggak berani naik. Mending cari wahana yang aman-aman saja deh.

Tahun 2018 Trans Studio Bandung mendapatkan anugerah “Destinasi Wisata Terbaik Kota Bandung” dan salah satu indoor theme park terbesar di dunia. Dari depan pintu masuk memang tidak terlihat megahnya wahana ini.

100 lebih blogger ngumpul di depan
Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung punya 3 Zona yaitu Zona Studio Central yang bertema gemerlap dunia layar lebar dimana didalamnya terdapat berbagai wahana yang cukup menguji adrenalin seperti Racing Coaster, Pemburu Badai, Vertigo, dan Giant Swing. Di zona ini saya hanya mencoba Racing Coaster, yang lainnya sudah mabuk duluan rasanya.

Lalu ada Zona Lost City yang bertema pedalaman hutan Amazon dengan wahana Jelajah dan Pirate Ship yang bisa dinaiki untuk mengelilingi area Trans Studio Bandung dari atas.

Zona terakhir yaitu Magic Corner dimana terdapat wahana Dunia Lain dan anak-anak bisa merasakan suasana penuh magis serta bisa bermain di area Softplay Captain Black Heart Ship. Di zona ini akan ada drama cerita perjalanan Kapten Blackheart, sang bajak laut yang akan mengajak pengunjung untuk bermain dan menari bersama.

Seperti sebuah tradisi bagi TSB saat pagi hari menyambut pengunjung dengan “Opening Dance” yang dilakukan oleh seluruh karyawannya. Pengunjung disambut oleh Zoo Crew layaknya artis Hollywood berjalan di karpet merah disertai dengan hujan gelembung sabun. Di depan wahana Vertigo “Vintage Band” membawakan lagu medley mashup yang sedang hits. Ini juga sebagai penyambutan pengunjung yang baru datang.

Wahana seru di TSB

Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, Trans Studio Bandung memperkenalkan icon dan Zoo Crew di “Icon Session” yang di dalamnya terdapat theme park dance, baby shark dance,dan zoo Crew dance, Ada 4 show besar yang tentunya harus dilihat di TSB. Pertunjukkan sulap bertema Steam Punk di Trans City Theater berjudul “It’s Magic”, ada pertunjukkan sirkus “BEDROCK Circus” yang mengmabil cerita zaman batu menampilkan akrobat Trampolin Wall, BEDROCK Clown, BEDROCK Dance serta Fire Acrohoop.

Bagi yang suka film action jangan sampai lewatkan pertunjukkan “Special Effect Action” yang menyajikan cerita dibalik pembuatan film action dan dapat merasakan sensasi para Stuntman melompat dari ketinggian 2 lantai, adegan tabrakan kendaraan serta free style motor. Seru sekali ya di arena ini.

Sebagai penutupan, “Magical Parade of Zoo Crew” menampilkan icon dari Trans Studio Bandung dan Zoo Crew yang berjalan ke semua zona TSB sampai ke Amphitheater. Parade lampion ini mengajak para pengunjung untuk melihat ke dalam Zoo Crew yang penuh keajaiban. Ada juga pertunjukkan musical “ Repertoire of Love” perpaduan tarian Aerial dengan latar belakang lagu hits penyanyi Chrisye.

Akhirnya bisa ketemu blogger se-Nusantara

Meskipun sudah lewat seminggu lebih, atmosfer keseruan bermain wahana di TSB masih bisa saya rasakan. Saya sempat masuk ke wahana Ocean World melihat banyak aneka fauna laut pedalaman. Ada replika cumi-cumi terbesar di dunia, kumpulan ikan piranha dan ikan anemon dalam aquarium, sampai penangkaran ikan black tip shark.

Saya bisa memegang ikan hiu berumur 3 tahun lho. Berkat penjelasan kang Andhika, penjaga kolam ikan hiu, saya mendapatkan informasi tentang kehidupan hiu. Saya baru tahu kalau hiu itu buta, dia mencari mangsa dengan kekuatan radar di kepalanya dan indera penciuman. Untuk tipe black tip shark ini, bisa mencium bau darah radius 30 meter. Hiu sensitif banget sama bau darah, pergerakkan agresif dan sentuhan.

Jenis kelaminnya bisa dibedakan dari warnanya, kalau hitam itu jantan sedangkan abu-abu itu betina. Kalau sudah berusia 6 tahun, hiu akan dikawinkan dan dilepas ke laut. Hiu yang ditangkarkan di TSB sudah legal dari Kementrian Kelautan dan ada sertifikatnya. Jadi bukan sembarang menangkap ikan hiu.

Kang Andhika, keeper hiu di TS

Bagaimana sudah terbawa serunya suasana Trans Studio Bandung? Jangan cuma dibayangkan tapi langsung datang ke sana dong. Rasakan sensasi bermain indoor yang berbeda. Trans Studio Bandung buka setiap hari. Harga tiket masuk hari Senin-Kamis dibanderol Rp. 180.000, hari Jumat Rp. 200.000, Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional Rp. 280.000.

Jam operasional Senin-Jumat pukul 10.00-18.00 dan akhir pekandan libur nasional jam 10.00-19.00. Mungkin saja kamu sedang cari harga miring, bisa cek juga di Promo Trans Studio Bandung


Semalam di IDEA's Hotel 


Setelah seharian bermain di Trans Studio Bandung, peserta blogger Jabodetabek dan non Bandung menginap di hotel IDEA's Hotel yang terlalu di Jalan Ibrahim Adjie No.414, Binong, Batununggal, Bandung.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Trans Studio Bandung, sekitar 15 menit waktu tempuh dengan bis. Saya menempati kamar nomor 311 bersama Kurnia Amelia dan Indri Isharyanti. Jodoh kali ya bisa sekamar sama dua wanita ini.

Berfoto di depan hotel sebelum jalan lagi

Perut mulai lapar dan otak mengarahkan saya ke pecel ayam di sebelah hotel. Ternyata teman-teman blogger lainnya juga makan disana. Pengennya sih keliling cari kuliner enak di Bandung, namun gerimis menemani malam Minggu. Katanya, doa orang jomblo terkabul.

Saya pun memesan seporsi nasi uduk, sate ati ampela, dan teh manis hangat. Menu sederhana seharga 15 ribu mengisi perut saya sebagai pengganti energi. Setelah makan, saya kembali ke kamar dan istirahat mengumpulkan tenaga kembali buat esok hari.

Hari Ke Dua, Workshop Seharian Di Crowne Plaza Bandung


Agenda hari ke dua Minggu, 3 Maret 2019 BloggerDay 2019 tidak kalah seru dari hari pertama. Setelah sarapan, peserta  sudah berkumpul, bis pun melaju ke hotel Crowne Plaza Bandung. Yap, BCC tak salah memilih hotel bintang lima di Bandung.

Crowne Plaza Bandung merupakan hotel bintang 5 dan bagian dari salah satu jaringan hotel internasional terbesar, InterContinental Hotel Group (HGI). Menyediakan 270 kamar hotel dan kamar Suite elegan dengan pemandangan luas pusat kota Bandung. Saat masuk ke dalam hotel ini interior berwarna coklat keemasan membawa kesan mewah. Hotel bisnis yang menawarkan standar tertinggi dalam fasilitas dan layanan untuk memanjakan tamu bisnis modern.

Suasana hotel Crowne Plaza Bandung

“We're All Business, Mostly” adalah slogan Crowne Plaza si seluruh dunia yang berarti bahwa brand hotel bisnis tidak hanya fokus pada fasilitas dan pelayanan business traveler tapi juga mendukung fasilitas rekreasi dan lifestyle. 270 kamar yang dimiliki hotel bintang lima di pusat kota Bandung dibagi menjadi 8 jenis tipe kamar yang cocok untuk kebutuhan pengunjung. 8 jenis tipe kamar tersebut adalah Deluxe Room, Club Room, Premier Club, Junior Suite, Executive Suite, Grand Suite, Family Suite dan Pajajaran Suite, dengan harga kisaran mulai Rp 1.400.000. Ayo dipilih kamar jenis apa yang mau dipesan.

Fasilitas pendukung yang diberikan juga banyak dan disesuaikan dengan acara-acara khusus seperti convention, pameran, gala dinner, serta pernikahan. Ruangan-ruangan komprehensif seperti Braga Ballroom, Dago Meeting Room, Pasteur Meeting Room, Lembong Meeting Room, dan Business Center. Kebetulan ruangan yang dipakai acara BloggerDay adalah Lembong Meeting Room, sesuai alamat hotel. Nama-nama ruangannya persis nama jalan terkenal di Bandung.

Beberapa fasilitas di Crowne Plaza Bandung

Lokasi hotelnya juga strategis banget karena berada di pusat kota Bandung. Menjelajahi kota kembang ini jadi terasa lebih sempurna. Kalau dilihat dari google map, saking dekatnya, jalan 5-10 menit bisa ketemu Jalan Braga, Asia Afrika dan Merdeka, jalan bersejarah di kota ini. Mau apa saja ada di jalan itu, mau kuliner, hiburan, sejarah, atau kehidupan malam ada di situ. Bisa juga mampir ke alun-alun kota sambil menikmati rumput sintetis menunggu kumandang adzan dari Mesjid Bandung Raya.

Kalau malas keluar hotel, bisa juga nikmati fasilitas yang ada seperti kolam renang, health club 24 hours, Spa Uluwatu Bali, Connexions Lobby Lounge, Mountain View Poolside Bar dan Kids Club. Setelah makan di MOSAIC All Day Dining dengan menu nasi liwet, saya sempat berkeliling sekitar hotel. Penasaran sama kolam renangnya dengan pemandangan lua kota Bandung. Indah pisan euy.

Nggak usah takut kehabisan kuota internet di hotel ini karena ada WiFi yang konektivitasnya cepat dan kenceng. Cocok deh buat meeting di hotel bintang 5 di  Bandung. Pokoknya Crowne Plaza Bandung pilihan terbaik buat kamu. Sok silahkeun, biar nggak penasaran langsung datang saja ke Crowne Plaza Bandung di, Jln. Lembong No.19, Bandung, Jawa Barat 40111. Hotel bintang lima di pusat kota Bandung. 

Makan siang bersama di MOSAIC restoran dengan
menu nasi liwet

Agenda hari kedua BloggerDay ini cukup padat. Meskipun cuma 2 workshop yang diikuti tapi temanya menarik. Sesi pertama 100 blogger dipertemukan oleh seorang dokter yang ahli dalam ilmu stress management. Namanya dr. David Budi Wartono. Tahu aja kalau saya dan (mungkin) teman lainnya sedang mengalami hal itu. Blogger kan kalau banyak deadline stress, kurang panggilan stress juga. Jadi memang butuh jalan keluar yang tepat biar membebaskan berbagai tekanan di kepala.

Dr. David tidak memberikan materi secara teori, dia mempraktekkan langsung apa yang menjadi beban kita selama ini. Beberapa pertanyaan yang diberikan bikin saya menjawab dengan kondisi yang ada. Saat ditanya apa sudah merasa mencintai diri sendiri? Sulit menjawab hal itu bagi saya. Karena masih ada beberapa momen yang membuat saya benci sama diri saya sendiri. Kalau waktu bisa diulang, saya nggak mau kejadian pahit itu datang. Cuma dr. David menyarankan terimalah semua kekurangan dan kelebihan diri kita. Karena cinta yang berasal dari dalam diri kita akan menebarkan ke sekeliling kita.

Semula namanya DF Clinic pada tahun 2008, lalu bertransformasi menjadi Lineation Aesthetic & Health Care tahun 2017. Klinik yang dinaungi langsung oleh dr. David memiliki konsep nuansa Korea. Layanan yang diberikan antara lain kesehatan umum, gigi, fisioterapi, akupuntur, layanan kecantikan, layanan salon, medical check up sampai stress management.

Bersama Dr.David

Lineation Center merupakan one stop aesthetic & health care terlengkap di Jawa Barat. Terletak di Jalan Leumah Nendeut no.10, Sarijadi, Bandung, sekitar 5 menit dari gerbang tol Pasteur. Slogan Happy- Healthy- Beauty menjadi dasar untuk terus perubahan. Jika berkunjung ke Lineation, dijamin dikasih kenyamanan pelayanan. Mulai dari welcome drink, entertainment audio visual, bahan bacaan, rumah tindakan dengan alat yang lengkap dan sesuai standar. Saat datang disambut oleh karyawan front office dengan nuansa Korea. Tapi bukan oppa-oppa Korea ya.

Kamu tertarik untuk datang ke klinik dengan fasilitas yang lengkap di Jawa Barat, memenuhi kebutuhan kesehatan, dan kecantikan jiwa raga? Silahkan kunjungi saja www.lineation.id, instagramnya @lineation.id atau hubungi ke nomor 0812 2190 6850.

Oh ya, saat acara berlangsung saya sempat merasakan relaksasi dengan cara ditotok 3 titik. Selama kurang lebih 15 menit pengerjaannya. Tuh, lihat saya pules kan.

Totok teknik Bars

Pulang dari Bandung rasanya kurang enak kalau tidak bawa buah tangan. Kebetulan ada booth Bolu Susu Lembang yang menggoda. Kue bolu terbuat dari susu ini punya 3 rasa yaitu original, susu cokelat dan susu vanilla. Rasa mana yang saya suka? Semuanya suka, yummi banget. Enaknya lagi beli 100 ribu dapat 3 pack.  Itu harga pabrik lho. Lumayan kan borong bolu enak buat keluarga di rumah.

Bolunya lembut, rasa susunya pas, kejunya itu lho bertaburan di atasnya. Siapa sih yang nggak tergoda menghabiskan semuanya. Punya saya saja 1 kotak dibuka habis dalam waktu 5 menit. Terbukti kan kalau Bolu Susu Lembang rasanya enak di semua lidah.

Bolu Susu Lembang bikin kangen makannya

Usai coffee break, 100 peserta BloggerDay diberikan ilmu tentang Storytelling dan Copywriting oleh kak Anwari Natari. Ini sesi workshop yang paling ditunggu oleh saya, karena beberapa kali ikut acara BCC yang pembicaranya beliau, rasanya masih kurang saja materi dan waktunya. Karena bawainnya enak, lucu, tapi ilmunya nyampe.

2 jam membahas dan praktek  menulis cepat (fast writing) bikin deg-degan juga lho. Kita dituntut untuk menulis semua yang ada dipikiran dalam waktu yang singkat. Nggak peduli itu salah ketik atau salah tanda baca, nantinya kan proses editing yang menyortir semua kesalahan itu. Namanya juga menulis cepat ya, hasilnya juga instan.

Hari itu kelimis banget kak Away

Bertabur Hadiah dan Bahagia

Ulang tahun kalau nggak ada hadiah kurang afdol rasanya. Maka itu BCC juga kasih banyak hadiah bagi peserta yang beruntung. Ada yang dapet voucher spa, bingkisan sabun organik, tumbler keren, dll.  Sayangnya saya belum beruntung dapat salah satu hadiahnya.

No worry, saya tetap bahagia di BloggerDay 2019 ini karena dinobatkan sebagai BCN Executive (BCNX) yaitu pengurus harian BloggerCrony Commmunity bersama Clara, Bowo, Uniyani dan mbak Wiwid. Sebuah kesempatan bagus buat saya dalam berkarya sekaligus bekerja bersama orang-orang hebat di BCC. Saya nggak mau melewatkan kesempatan ini. Terima kasih  mba Wardah Fajri  atas "lamaran" nya hari itu. Nanti deh saya cerita di artikel lainnya ya.


We are BCNX

Bandung mah sekarang menyenangkan ya. Ucapan Dilan dalam film Dilan 1991 itu benar adanya. Kota kembang ini memberikan kesan indah selama acara BloggerDay berlangsung. Keceriaan bersama 100 blogger ini tak kan pernah terlupakan.

Terima kasih para panitia BloggerDay 2019 di Bandung 2-3 Maret 2019 didukung oleh Blue Bird Group, Bolu Susu Lembang, Raka FM dan Sonora FM, AHRA Reflexology by Nest, Bimas Islam Kemenag RI, BloggerPreneur, BloggerCrony Commmunity, Blogger Bandung, Endeus TV dan tentu saja BCC Squad bersama pengurus komunitas BloggerCrony Network (BCN) dan BCN Executive (pengurus harian BCC). Sampai jumpa di BloggerDay 2020.



***


21 komentar:

  1. Acaranya seru dan padat merayap ya Rul, beruntung banget bisa ikutan dan dapat izin suami. Aku mau banget tuh ikutan yang rileksasi, biar pules juga kaya Nurul hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 hari yang padat merayap dan menyenangkan. Bisa main dan gali ilmu lebih banyak lagi. Soal dipijat sayangnya kudu ke Bandung Mak...

      Hapus
  2. Seru ya acara blogger daynya :), walau abis ini aku tepar, gegara kecapekan sebelum ke bandung ke tangerang bbw itu, lalu acara astra di kemang, lalu acara blogger day di bandung, terus jalan-jalan ke KL, kebanyakan jalan-jalan badan juga capek ternyata heuheu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih...padet ya Bu jalan-jalannya. Sekarang istirahat dulu deh, daripada tepat di rumah sakit.

      Hapus
  3. Nggak cukup sehari nih kalau mau main semua Wahana di TRans Studio Bandung ya. Next balik lagi akh

    BalasHapus
  4. Acara ini tentu meninggalkan kesan bagi para peserta blogger yg hadir. Selama 2d1n benar2 terasa kebersamaannya dan setiap workshopnya juga bermanfaat

    BalasHapus
  5. Wah keren banget. Saya yang jauh ini cuma bisa menelan liur membaca cerita-cerita seru selama Blogger Day bersama pada crony. Wow. Selamat, Mbak Nurul sudah ikutan acara ini.

    BalasHapus
  6. serunyaaa ya... seneng banget bisa jadi bagian Bloggerday di Bandung.. Semoga ada kesempatan Bloggerday Bali 2020 uhuyyy

    BalasHapus
  7. Aahh seru kepinginny lama yak kurang 2 Hari, bljar dpt ilmu, main, makan enak, ktemu blogger bbrp daerah thanks bngt bloggerCrony,, smoga bs ikutan lg y

    BalasHapus
  8. Oh My Goooodddd, ini KEREENNN buangettt sist!
    Aku daftar utk tahun depan yak.
    Cariin seat ya sisttt qiqiqiqiqiqi
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Whuaaa mupeng banget.. beruntung lah wahai kalian yang bisa jadi bagian dari rangkaian bloggerday di Bandung..

    BalasHapus
  10. Acaranya seru yak, sayang terlalu jauh gak bisa ikutan..

    BalasHapus
  11. Beruntung aku ikut terpilih menjadi peserta BloggerDay2019, rasanya belum bisa move on dan blm puas ya...belum nyobain banyak wahana soale hahaha. Kebersamaan, seseruan kumpul baremg 100 blogger memberikan kesan tersendiri ya :)

    BalasHapus
  12. seru ya trans studio bandung..dulu pernah niat banget mau ke sana. tapi gegara ada trans studio mini di solo, aku udah nggak pengen lagi...hahahha

    BalasHapus
  13. Iya workshopnya bagus eui, blm pernah bikin di Jakarta ya kyknya dr. Dave ini?
    Seru banget main2 gtu di Trans Studio Bandung, apalgi bareng2 semua blogger se-Indonesia yaa mam...

    BalasHapus
  14. Huhuu jadi mupeng liat liputan banyak blogger saat keseruan acara blogger day di bandung. Selain bisa jalan-jalan banyak dapat ilmu dan ketemu teman-teman Blogger

    BalasHapus
  15. Aku jadi penasaran ini sama kemeriahan blogger day 2019 jadi pengen ikutan juga

    BalasHapus
  16. senangnya yang jalan-jalan di trans studio
    eh BTW tempatnya memang kece ya mbak, cocok buats eru-seruan

    BalasHapus
  17. Whoaaa... Serunyaaa... Puas dan happy ya mbak, ketika bisa ngumlul dan have fun ama teman-teman

    BalasHapus
  18. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus