Kamis, 19 September 2019

# Bebas # Film indonesia

Film BEBAS, Ajak Reuni Era '90-an di Bioskop

Bebas..Lepas..
Kutinggalkan saja beban di hatiku. Melayangku melayang jauh, melayang dan melayang. 


Bagi yang merasakan muda tahun '90-an pasti tahu lirik lagu itu. Lagu berjudul Bebas dari Iwa K seakan menjadi lagu wajib dunia musik di era pop culture Indonesia. Lagu pertama Iwa K dalam album Topeng tahun 1994. Astaga gue masih TK ini. 😆

Baju flanel, celana cutbray, jaket bomber, pager, sepatu merek  kasogi, permen karet Yosan, jadi sebuah tren di tahun '90-an. Saya memang mengalami masa SMA tahun 2003-2006. Tapi masa kecil di tahun '90-an masih menyisakan ingatan mendalam. Khususnya momen kerusuhan tahun 98.

Film bebas 2019
Bebas...lepas...kan...

By the way, omongin masa SMA era '90-an, Riri Riza kembali menyutradarai film BEBAS yang diangkat dari film Korea berjudul SUNNY tahun 2011. Berpartner dengan Mira Lesmana sebagai penulis skenario dan produser, film ini menjadi satu kesatuan karya yang nggak diragukan lagi.

Plaza Senayan XXI studio 2 menjadi tempat press screening film BEBAS hari ini (Rabu, 19 Agustus 2019). Saya mendapatkan kesempatan nonton bersama teman-teman blogger lainnya. Sayangnya nggak sempet foto bareng setelah film usai.

Saat para pemain dikerubungi oleh media, saya menghampiri Co produser dari CJ Entertainment, Justin Kim. Kapan lagi bisa lebih dekat dengan Oppa Korea. Kabarnya film ini akan dibawa ke festival film di Korea setelah dirilis 3 Oktober nanti.

"Do you think it will success?" tanya Justin

"Of course, everybody knows Riri Riza's movies are have certain quality," 
jawab saya 


Pemain Muda Vs Dewasa


Dalam film ini bertabur pemain film baru dan lama. Bahkan ada yang baru pertama kali bermain film dan langsung dari arahan Riri Riza. Siapa yang tidak kenal dengan film Petualangan Sherina, Kuldesak, Humba Dreams, dan Ku Lari Ke Pantai yang digarap olehnya. Semua film tersebut menyumbang ratusan ribu penonton.

Pemain muda dalam film BEBAS menampilkan Maizura (Vina remaja), Sheryl Sheinafia (Kris remaja), Agatha Pricilla (Jessica remaja), Lutesha (Suci remaja) Zulfa Maharani (Gina remaja), Baskara Mahendra (Jojo remaja).

Pemain film Bebas
Bersama Vina remaja, Maizura

Sedangkan pemain dewasanya ada Marsha Timothy (Vina dewasa), Susan Bachtiar (Kris dewasa), Indy Barends (Jessica dewasa), Widi Mulia (Gina dewasa), dan Baim Wong (Jojo dewasa).

Jadi, kebayang kan ramenya film ini dengan pemain yang namanya nggak asing lagi disebut. Itu baru pemain utama atau tokoh-tokoh sentral dalam film, masih banyak pemain lainnya yang bisa disebut penampilan khusus. Mau tahu siapa saja? Nonton film BEBAS 3 Oktober 2019.

Tidak ada kesulitan dalam menemukan chemistry di antara para pemain. Salah tiganya yaitu Maizura dengan Marsha Timothy dan Baskara Mahendra dan Baim Wong, Sheryl dengan Susan Bachtiar. Proses reading yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan membentuk bounding yang kuat serta natural. 


Kentalnya Era 90-an 


Film baru dimulai saja sudah dikasih lagu Bidadari dari Andre Hehanusa. Automatically, memori saya langsung teringat model cantiknya Cut Mini, mulut dan bahu ini tak terasa mengikuti alunan lagu pop tersebut.

By the way, masa SMA saya memang sekitar tahun 2000an. Jadi, ngerasain serunya masa SMA pas tahun - tahun itu. Cuma era '90-an melekat juga dalam ingatan saya. Terutama tahun 98 yang menyebabkan lengsernya Pak Soeharto dari jabatan presiden.

Press conference film Bebas
Para pemain, sutradara dan produser saat
press conference

Saya ingat betul, toko-toko dijarah, jalanan dikuasai oleh pengendara motor liar, sampai penumpang becak wanita yang disemprotkan knalpot tepat di mukanya. Waktu itu saya masih kelas 4 SD. Belum begitu paham era orde baru berganti reformasi.

"Era 90-an adalah periode yang menarik bagi saya, di mana banyak perubahan terjadi di Indonesia. Musik Indonesia di era '80-an dan '90-an juga sedang di puncaknya. Di saat yang sama, masyarkat Indonesia juga sedang gelisah mencari "kebebasan". Bukan suatu kebetulan kami mengambil era '90-an sebagai latar belakang cerita. Kami merasa era '90-an dapat memberikan cerita dan emosi yang tepat bagi film BEBAS."
jelas Riri Riza


Tentunya banyak lagu-lagu lawas hits yang dibawakan dalam film BEBAS. Siap-siap saja ya mulut dan badanmu jadi susah berhenti. Lagu BEBAS Iwa K yang menjadi lagu wajib dalam film ini begitu merasuk dalam jiwa. Rasanya jiwa ini memang benar-benar butuh kebebasan yang hakiki. Total ada 10 lagu nostalgia dari era '80-an dan '90-an yang mendukung alur cerita.

Kangen mereka (teman  SMA)  saat naik gunung Gede pertama kali

Fashion atau style era '90-an juga ditampilkan melekat sekali. Baju strip warna-warni yang dipakai Jojo, celana jeans cutbray, sepatu merek kasogi, lengan seragam yang dilipat, baju flanel, baju motif bunga-bunga, wah pokoknya kental sekali every little things in this movie

Oh ya, biasanya anak SMA itu punya geng atau kumpulan orang-orang yang senasib. Makanya nama geng Vina dkk ini dinamakan Geng Bebas oleh salah satu stasiun radio dengan alasan mereka yang nggak mau diatur dan punya kebebasan dalam berekspresi. Ada geng lawannya juga lho. Mau tahu? Nonton aja nanti filmnya ya.

Gaya bahasa yang nggak biasa ada di film BEBAS. Tahu bahasa G kan? Anak gaul era ini pasti paham deh kalau ada ngobrol pakai bahasa G. Saat Jessica dan Vina ketemu Jojo di kantornya, lalu ada cewek masuk ke ruangan. Tiba-tiba Jessica bilang begini. Sapaan khas era '90-an itu bawa-bawa nama hewan juga disebut disini. Ibaratnya tuh panggilan akrab seorang sahabat. I like it.

"Iginigi biginigi logo, Jo?"

Artinya 

"Ini bini Lo, Jo?"

Sutradara film Riri Riza
Film garapan Riri Riza selalu berkualitas


Reuni dengan Berbagai Kisah


Kangen kan rasanya terpisah lama dengan para sahabat yang menggila bersama saat SMA? Saya juga merasakan kerinduan itu. Benar juga yang dibilang Dilan kalau rindu itu berat. Lost contact setelah lulus dan cuma mengandalkan buku tahunan seangkatan. Itupun kalau datanya masih valid.

Sebuah reuni terjadi setelah 23 tahun berpisah. Berkat pertemuan Vina dewasa dengan Kris dewasa di rumah sakit. Karena Kris merasa hidupnya tak lama lagi, maka ia meminta Vina untuk mengumpulkan Geng Bebas untuk terakhir kalinya. 

Tebak saya yang mana?

Pencarian memori Vina yang dulu satu per satu dijalani. Sampai ia bertemu kembali dengan Jessica, Jojo dan Gina dan Suci yang masih misterius. Reunian itu juga mengungkap juga kondisi masing-masing saat ini.

Berbagai kisah unik, lucu, dan mengharukan yang menggambarkan dua masa dalam satu film. Melemparkan memori dan emosi penonton dalam nostalgia kisah cinta, patah hati, dan pertemanan yang abadi. It's so sweet.

Baca juga : Film Mantan Manten

Aduh, otomatis deh ingin reuni sama teman-teman SD, SMP, SMA sampai kuliah. Mereka ada dimana ya? Masih inget nggak ya sama gue? Kadang pertanyaan itu terlintas dalam pikiran saya. Makanya saya seneng banget kalau ada teman lama yang ajak ketemuan atau main ke rumahnya. Silaturahmi tak pernah putus.


Poster Konser Bebas
Poster Konser BEBAS
Dok. Foto Tiket.com

Oh ya, menjelang perilisan film BEBAS tanggal 3 Oktober nanti, akan digelar konser berjudul Konser BEBAS - Pesta '90-an pada tanggal 27 September 2019 di LIVESPACE Lot 8 SCBD, Jakarta. Konser yang mengambil latar cerita tahun 2019 dan tahun 1995-1996. Tentunya menampilkan artis lintas generasi dan lintas warna musik. 

Ada Vina Panduwinata, Iwa K, Andra and the Backbone, NTRL, Project Pop, Eva Celia, Vidi Aldiano. Pastinya juga menampilkan pemain dari film BEBAS. So, dapetin tiketnya di tiket.com. So, sebelum nonton filmnya, nonton konsernya aja dulu ya. Sambil menghubungi sahabat-sahabat lama yang lama nggak ketemu dan bisa reuni di satu acara seru. 


***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar