Jumat, 15 Februari 2019

# bekatul # minyak goreng sehat

Minyak Goreng Sehat Dari Bekatul Padi

Beberapa waktu lalu, saya sempat menghadiri acara Meet up Healthies bersama kementrian kesehatan. Salah satu narasumbernya adalah dokter muda bernama dr. Gia Pratama. Saat sesi awal sharing-nya ia pernah memberikan pertanyaan kepada netizen lewat akun Twitter pribadinya. Who you are? Pertanyaan mudah dengan beragam jawaban. Tahu sendiri kan warganegara kalau ngejawab macam-macam, ada yang serius dan bercanda.



Maksud dari pertanyaan dr. Gia adalah kita kenal nggak sih sama diri kita sendiri? Makanan apa saja yang sudah kita konsumsi tiap hari? Makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh sudah bernutrisi atau belum? Jangan-jangan kebanyakan makan "sampah" nih. Bukan sampah yang ada di pembuangan ya, tapi makanan yang nggak sehat. Bisa jadi dari bahan pokoknya, cara mengolahnya atau mengkonsumsinya. Jadi, nggak sembarangan lho ya masukin makanan ke dalam tubuh.


Siapa yang suka makan gorengan? Pasti banyak nih. Karena gorengan salah satu cemilan yang mudah diolah dan dimakan. Entah itu pisang goreng, bakwan, kerupuk, pempek, aduh semua makanan  yang digoreng itu pasti menggoda iman. Hasilnya diet gagal maning. Supaya tetep bisa makan gorengan dan sehat terus. Ada lho minyak goreng sehat yang bahan dasarnya dari bekatul padi, namanya Oryza Grace Rice Bran Oil.


Apa Itu Rice Bran Oil?

Awalnya saya agak aneh dengan bahan dasarnya. Bukannya bekatul itu buat pakan hewan ya? Rice Bran Oil adalah minyak goreng alami hasil ekstrak atau serbuk halus yang melapisi bulir beras (biji padi) atau bekatul padi yang bernutrisi tinggi. Nutrisi yang terkandung pada bekatul :
  • Omega 3 Fatty Acids, Omega 6 Fatty Acids, dan Oleic Acid
  • Vitamin E Complex (Gamma Oryzanol, Tocopherol, dan Tocotrienol), yang merupakan anti-oksidan kuat, anti penuaan dini dan pelawan radikal bebas
  • Vitamin B Complex (B1,B2, B3, B5, B6, B15). Vitamin B15 (Pangamic Acid) berguna untuk menaikkan daya metabolisme tubuh
  • Asam lemak esensial, serat pangan, protein, asam ferulat



Tuh kan nutrisinya banyak banget dalam minyak Oryza Grace Rice Bran Oil. Selain buat kesehatan tubuh, minyak bekatul ini bagus juga buat kecantikan. Tahu nggak rahasia cantiknya Krisdayanti karena konsumsi makanan yang dimasak dari minyak goreng sehat ini. Minyak bekatul ini bisa juga buat melembabkan kulit, menghapus make up, mencerahkan & menutrisi kulit, dan menghilangkan jerawat. Wah, perlu dicoba nih biar cantik kayak mbak KD.

Seorang dokter senior di Bandung yaitu Letkol (Pur) dr. Liem Tiong Tjing menggunakan rice bran oil sejak tahun 1979 sebagai suplemen untuk mengobati banyak penyakit seperti diabetes melitus, tekanan darah tinggi (hipertensi), asthma bronchiale, chirrhosis hati. Jadi, rice bran oil itu nggak cuma buat ngegoreng ya, tapi juga buat hal lainnya yang lebih bermanfaat.  Healthy oil Oryza Grace terbuat dari 100% rice bran oil.


Hampir terlihat sama, tapi rice bran oil lebih bening

Keunggulan Oryza Grace Rice Bran Oil


Ada beberapa keunggulan dari Oryza Grace Rice Bran Oil :

1. Rendah lemak jenuh
Minyak dedak ini memiliki konfigurasi lemak yang paling mendekati rekomendasi American Heart Association (AHA) yang menyebutkan bahwa lemak yang seimbang berkisar antara 37% Lemak Tak Jenuh Tunggal, 33% Lemak Tak Jenuh Ganda dan 30% Lemak Jenuh. Coba cek tabel di bawah ini ya.

sumber gambar dari oryza grace

2. Tinggi titik asap
Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Bila minyak goreng memiliki titik asap rendah (di bawah panasnya suhu wajan), maka pada saat proses penggorengan minyak itu akan terlihat berasap, tandanya terjadi 2 peristiwa :
  • Rusaknya ikatan rangkap pada semua kandungan lemak tak jenuh dalam minyak, berubah total menjadi lemak jenuh yang menimbulkan risiko peningkatan kolesterol LDL dalam darah.
  • Terbentuknya zat akrolein dalam minyak yang menimbulkan beberapa akibat yang merugikan kesehatan, diantaranya batuk.

3. Melezatkan makanan 
Gorengan maupun tumisan akan jadi lezat, renyah dan gurih. Cocok & aman dipergunakan menggoreng (deep fried) menumis, salad dressing, dan berbagai cara penyajian lainnya. 

4. Ekonomis
Tidak begitu berubah warna walaupun sudah 3 kali dipakai menggoreng. Jadi lebih hemat kan.  

Oryza Grace Rice Bran Oil ada dalam 2 jenis ukuran. Untuk ukuran 1 liter dibandrol dengan harga Rp.79.900. Kalau beli kartonan juga bisa, isinya 12 botol. Ukuran 5 liter harganya Rp 377.900 dan satu karton isinya 5 botol. Ingat ya, jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung!


Bikin gorengan bola ubi lebih enak lho

Oryza Grace Rice Bran Oil bisa dibeli di supermarket terdekat kayak Hero, Giant, Carrefour, Lotte Mart, Hari Hari, Rancho Market, Superindo, Hypermart, Food Hall, Tip Top, Naga, dll. Di swalayan-swalayan terkemuka di Indonesia juga banyak kok. Jadi nggak ada alasan nggak bisa beli minyak bekatul ini ya. Kecuali emang nggak ada supermarket di wilayah kalian. Oryza Grace Rice Bran Oil sudah mendapatkan sertifikat HALAL dari MUI dan pastinya aman bagi jantung.

So, jawaban dari pertanyaan who you are?  dr. Gia adalah we are what we eat. Apa yang kita makan akan tercermin dari kesehatan kita juga. Kalau sering makan makanan yang sehat tubuh pun juga kuat dan nggak gampang sakit. Kalau kebanyakan makan yang instan, maka penyakit rentan datang. Mulai sekarang kita ubah pola hidup dan pola makan berawal dari minyak goreng yang sehat.


PT. HERO INTIPUTRA
Kompleks Graha Indah C1-8 
Jln. Raya Jatiwaringin, Bekasi 
17411

Telp. 021 8483573
Fax. 021 8483574
Hp. 081574777737

  IG : @oryzagrace



****

1 komentar:

  1. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus