Rabu, 13 Februari 2019

# DBD # Kesehatan

Nggak Usah Baper Sama Demam Berdarah Dengue, Bisa Dicegah Kok

Bulan Februari masih termasuk musim hujan. Walaupun intensitas curah hujan nggak terlalu sering, tapi kita harus tetap waspada dengan penyebaran penyakit. Salah satunya Demam Berdarah Dengue. Beberapa waktu lalu saya lihat berita di televisi kalau Depok termasuk wilayah siaga DBD. Terbukti juga dari berita online yang saya baca.

Terdapat lima kelurahan yang tercatat tinggi penderita DBD yaitu Kelurahan Beji, Cipayung, Pancoran Mas, Harjamukti, dan Ratujaya. Pasiennya mencapai 300 orang lebih terhitung sampai akhir bulan Januari. Wah, wilayah Beji tempat tinggal saya termasuk nih. Semoga tidak sampai menjalar ke sekitar rumah. Demam Berdarah Dengue bikin resah aja nih. Bikin baper ibu-ibu kayak saya yang punya dua anak. Kalau sakit kan eksplorasinya berkurang.

Baca juga ya Iya Boleh' Kata Ajaib Kembangkan 5 Karakter Anak Unggul Indonesia

Omongin Tentang Demam Berdarah Dengue

demam berdarah dengue
Para narasumber yang hadir

Pernah dengar tentang Demam Berdarah Dengue atau malah mengalaminya? Kalau saya hanya sebatas tahu saja, tapi belum pernah mengalami sakitnya. Aduh, jangan sampe deh, amit-amit. Melihat yang menderita saja sudah ngeri sendiri. Pengetahuan itu bertambah saat saya ikut serta dalam Meet Up Healthies! DBD Bikin Baper bertempat di Kantorku CoWorking, Jakarta, sebagai langkah  kementrian kesehatan dalam pengendalian DBD (07-02-2019). Bersama 2 narasumber :
  • dr.Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tular Vektor & Zoonotik
  • dr. Gia Pratama, salah satu dokter IGD di salah satu rumah sakit di Jakarta dan penulis buku #BerhentiDiKamu

Pengertian Demam Berdarah Dengue dan Gejalanya


Demam Berdarah Dengue adalah suatu penyakit menular akibat dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus (nyamuk kebunyang tersebar di wilayah Indonesia (daerah tropis). Nyamuk ini yang menyebarkan virus dengue dalam darah manusia. DBD menyerang pembuluh darah yang menyebabkan indikator trombosit turun drastis.

Ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti antara lain berwarna hitam dan belang-belang putih (loreng), berkembang biak di penampungan air dan barang-barang yang memungkinkan air tergenang bisa  diselokan/got, kolam air yang langsung berhubungan dengan tanah, menggigit darah pada pagi (09-10) dan sore hari (15-16), mampu terbang sejauh 100 meter, 1 jentik nyamuk betina mampu menelurkan sebanyak 100-150 butir telur dan berubah menjadi nyamuk dewasa dalam waktu 12-14 hari, suka aroma keringat manusia. 


siklus hidup nyamuk aedes aegypti
Siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti

Musim hujan salah satu faktor pemicu berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti. Karena kelembaban dan suhu optimum bagi nyamuk sehingga umur rata-rata nyamuk lebih panjang. Kondisi ini pula mengakibatkan meningkatnya jumlah penderita DBD di musim hujan. Benar juga sih kalau musim hujan kok nyamuknya lebih banyak ya.

Selain itu nyamuk juga suka sekali ngumpet di area gelap, misalnya kolong bangku dan meja, tumpukan baju yang digantung, barang-barang bekas, lubang di batang pohon, daun yang bisa menampung air,dsb.

Waspada dengan gejala demam berdarah dengue karena biasanya terlihat seperti sakit biasanya. Penderita akan mengalami  hal-hal sebagai berikut :
  • Demam tinggi mendadak (mencapai 40°)
  • Kelelahan 
  • Adanya pendarahan (mimisan atau gusi berdarah)
  • Sakit kepala parah dan bagian mata belakang
  • Tangan dan kaki menjadi dingin & lemas
  • Mual & muntah ( Gastrointestinal) sehingga nafsu makan menurun
  • Nyeri pada otot dan ulu hati
  • Sakit perut

gambar nyamuk demam berdarah dengue
Nyamuk Aedes Aegypti
Dok.foto Wikipedia

Demam berdarah pada anak biasanya tidak begitu terlihat. Hari-hari pertama hanya demam, lemas, dan nafsu makan berkurang. Namun, jika keadaan anak begitu terus dalam 3 hari segeralah ke dokter untuk cek darah. Kalau hasilnya positif DBD, maka harus segera dirawat.  

Ada 3 fase demam berdarah dengue yaitu fase demam, fase kritis, dan fase penyembuhan.

Fase demam adalah gejala paling awal pada DBD yang disertai muka kemerahan, kulit memerah, nyeri seluruh tubuh dan kepala. Fase kritis biasanya menjadi "pengecoh" karena penderita merasa sembuh dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya, padahal belum total sembuh. Pada fase penyembuhan ini penderita berhasil melewati masa kritisnya, namun akan kembali merasakan demam. Nggak perlu khawatir sih karena sudah termasuk fase penyembuhan.

Pencegahan Demam Berdarah Dengue


Istilah lebih baik mencegah daripada mengobati itu memang benar. Biaya pengobatan sakit di zaman sekarang tidak terhingga. Kalau punya asuransi minimal BPJS, kalau nggak punya berapa rupiah yang harus dikocek dari kantong. Belum lagi pelayanan medis yang kadang meremehkan pasien yang tidak punya jaminan kesehatan. 

Virus dengue itu bisa dicegah dengan vaksin. Menurut ibu Nila Moelek Menteri Kesehatan RI mengatakan bahwa virus DBD yang ada di Indonesia adalah tipe 2, sedangkan vaksinnya tipe 1 & 3. Jadi kalau penderita mengidap DBD tipe 2 belum ada obatnya. Makanya untuk meminimalisir terjadinya DBD harus segera melakukan pencegahan.

tips mencegah demam berdarah dengue
Foto dok.kemenkes

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah 3Men yaitu Menutup, Menguras, dan Mengubur. Untuk mengubur dipilih-pilih dulu ya barangnya, barang plastik jangan sampai dikubur karena akan lama terurai dengan tanah. Pilihan dulu barang yang bisa terurai dengan tanah supaya tetap menyelamatkan bumi.

Fogging atau penyemprotan nyamuk DBD juga termasuk pencegahan demam berdarah dengue. Namun ada syarat yang harus dilalui :
  1. Sasarannya nyamuk dewasa
  2. Dilakukan saat ada kasus di wilayah setempat setelah dilakukan penyelidikan Epidemiologi oleh petugas Puskesmas dalam radius 200 m.
  3. Dilakukan secara massal pada suatu daerah yang dinyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB)
  4. Dilakukan oleh petugas terlatih
  5. Dilakukan bersamaan dengan Larvasida si dan PSN 3M-plus
  6. Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat bagi fogging pihak swasta/mandiri.
  7. Penggunaaan insektisida harus memperhatikan hasil uji resistensi suatu daerah. 

Tanaman bisa juga lho mencegah demam berdarah karena nyamuknya nggak suka sama wanginya, seperti bunga tahi kotok, lavender, kayu putih, kemangi, bunga kenanga, serai, bunga tembelekan, bunga zodia, bunga krisan. Pantas saja lotion antinyamuk mengandung bunga-bunga ini ya. Pencegahan demam berdarah dengue lainnya yaitu adanya gerakan JuManTik (Juru Pemantau Jentik) di tiap rumah, gedung, pasar, desa, kelas, dll.

tanaman pengusir nyamuk dbd
Dok.foto Kemenkes RI
alat pengusir nyamuk larvitrap
Larvitrap

Ada media sederhana yang dicontohkan oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta yaitu Larvitrap, sebagai perangkap larva atau nyamuk yang dapat dibuat dari limbah botol plastik bekas yang ada di sekitar rumah, berguna untuk menekan populasi nyamuk. Letakkan di tempat yang gelap atau nyamuk biasa bersarang, kemudian keluarkan dan taruh di bawah sinar matahari. Nyamuk pun akan mati.

Sebenarnya cara mencegah penyakit apapun dengan menjaga kesehatan dari dalam tubuh. Minimal imun kita kuat melawan rasa sakit. Dr.Gia Pratama membahas tentang kesehatan a la kaum millenials nih. Ada 2 sikap millenials yang merusak kesehatan yaitu meremehkan dan ketakutan. Dua hal tersebut berakar dari ketidaktahuan. Manusia itu bagai negara kesatuan sel, yandg dimana dalam diri manusia terdapat 700.000 Triliun sel. Tiap sel memiliki "kontrak biologis" dan sebanyak 600 juta sel mati tiap harinya. Nggak perlu baper kehilangan sel dalam tubuh. Contohnya rambut termasuk sel mati dari tubuh maka saat potong rambut tidak merasakan sakit. Tubuh akan terus meregenerasi sel.

Coba baca ini juga Orang Dengan HIV AIDS Bisa Diobati

Ada sel yang melanggar kontrak biologis yang disebut sel kanker. Sebenarnya tiap manusia memiliki sel kanker, tapi jika ada satu sel yang melanggar kontrak biologis maka akan menimbulkan kanker tersebut. Misalnya pelanggaran itu terjadi pada rahim maka timbul kanker rahim, terjadi pada payudara timbullah kanker payudara. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tetap menjaga pola makan dan olahraga rutin. You are what you eat, perumpamaan yang menggambarkan apa diri kita sebenarnya. Kalau asupan kita sehat, maka penyakit pun tidak mudah menyerang.

Pengobatan demam berdarah dengue cukup mudah yaitu istirahat yang cukup, minum pereda demam, minum air putih yang banyak atau jus buah, biasanya buah jambu biji yang dipercaya bisa menaikkan trombosit.

pencegahan sakit demam berdarah dengue
Sehat terus healthies!

Sekarang nggak usah baper lagi ya sama demam berdarah dengue. Sudah tahu bagaimana menanganinya kan? Apapun sakitnya kalau tubuh kita tidak punya kekebalan yang cukup akan mudah terserang. Untuk DBD ini memang cukup serius penanganannya. Kalau sampai terlambat, nyawa pun lewat. Bukan kenangan yang ditakuti tapi genangan airnya. Keep healthy, healthies! 




***

4 komentar:

  1. selain baper karena cinta tak terbalaskan, baper kena DBD udah gw alami kok mak. NIce sharing mamakgiee :)

    BalasHapus
  2. Aku dong pernah mengalami DBD dan sumpah gak enak banget itu. Selain persedian pada sakit, mau makan aja gak enak. Karena kapok makanya aku sekarang dirumah sering bebersih biar aman dari jentik nyamuk.

    BalasHapus
  3. Pantesan ya Mba setiap masuk musim hujan pasti penderita DBD meningkat dan hal ini terus berlangsung dari waktu ke waktu, ternyata di musim hujan ini nyamuk betina mampu bertelur 100-150 telur, bisa dibayangkan berapa banyak populasi nyamuk aedes aegypti di musim hujan ini.

    BalasHapus
  4. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus