Kamis, 07 Februari 2019

# bubur sereal # NESTUM

NESTUM 101 Healthy Bowls : Semangkuk Sarapan Sehat, Lezat, dan Praktis

Dalam tubuh yang sehat, 
terdapat jiwa yang kuat

Pernah dengar kan kalimat itu? Jiwa dan raga harus seimbang kondisinya. Faktor pemicu supaya kondisi kita sehat tiap harinya bisa diawali dengan sarapan. Pernah lho saya hampir pingsan di dalam kereta yang padat banget. Sebelum tumbang, saya turun di stasiun berikutnya. Ini akibat saya terburu-buru berangkat dan belum sarapan. Memang saya akui masih suka konsumsi sarapan "kotor". Maksudnya makan makanan yang kurang sehat. Bahkan nggak memikirkan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal tubuh membutuhkan gizi harian dalam sehari. Tentunya dimulai dari serapan sehat.

Fakta Seputar Sarapan Sehat


Bagi saya sarapan itu waktu yang krusial. Karena bisa mempengaruhi kondisi dalam sehari. Selasa, 29 Januari 2019 bertempat di Glass House, Ritz Carlton Hotel, Jakarta, saya menghadiri blogger gathering NESTUM 101 Healthy Bowls : Awali Hari dengan Semangkuk Sarapan Sehat, Lezat, dan Praktis. Acara ini diluncurkan sebagai gerakan yang mengajak masyarakat Indonesia untuk berkreasi membuat ragam makanan sarapan yang praktis namun tetap lezat dan sehat.

Acara ini dihadiri oleh :

  • Windy Cahyaning Wulan, Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia
  • Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes
  • Eka Herdiana, Corporate Nutritionist Nestle Indonesia
  • Tintin Rayner, Penulis buku resep cake terlaris di Indonesia " Simple & Moist".
  • Emilia Nico, Food Stylist 
  • Steby Rafael, Profesional Chef

Sebuah fakta dari Prof. Hardinsyah (2013) Market Understanding Study on Nutrition, Health & Wellness menjelaskan bahwa sebanyak 51% orang Indonesia menyadari bahwa sarapan adalah waktu makan terpenting dalam sehari. Namun, sayangnya 76% orang mengonsumsi sarapan di pagi hari belum memenuhi menu yang sesuai dengan golden standart breakfast.

Apa arti golden standart breakfast? Sarapan sehat dengan kegiatan makan & minum sebelum jam 9 pagi untuk memenuhi 1/4 bagian kebutuhan gizi harian (15-30%) kebutuhan gizi sebagai salah satu pilar gizi seimbang dalam rangka mewujudkan hidup sehat.

Fakta lainnya dari Riskesdas 2010 menyatakan bahwa sebesar 26% anak hanya mengonsumsi minuman pada waktu sarapan (susu, air putih atau teh) dan 10,6% sarapannya sehat dan seimbang (mencukupi asupan energi 30%).

Para narasumber acara

Manfaat Sarapan Sehat


Sarapan bukan hanya soal rutinitas makan di pagi hari. Melainkan ada banyak manfaatnya dari sisi fisiologis maupun psikologis, dibandingkan hanya mengonsumsi minuman saja. Ahli Gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan bahwa proses pengolahan makanan berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan koordinasi pergerakan motorik kasar di sekitar mulut yang tidak hanya menstimulasi organ pencernaan tapi juga organ lain seperti jantung yang bertugas memompa darah. 

Pergerakan motorik kasar yang dimaksud adalah pada saat mengunyah makanan. Proses mengunyah makanan bisa merangsang fungsi otak dalam meningkatkan kemampuan kognitif yaitu kemampuan mengingat dan berkonsentrasi. Mengunyah sebagai input sensorik periferal penting untuk merangsang Hippocampus (area otak kita yang memiliki fungsi penting dalam proses belajar dan daya ingat) dalam menjaga & mendukung fungsi kognitif.

Lezat dan praktis

Meta-analisis mengungkapkan bahwa mengunyah secara signifikan mengurangi rasa lapar (respon perubahan hormon pencernaan yang berhubungan dengan pengaturan rasa kenyang). Dengan mengunyah makanan lebih lama  akan mempengaruhi selera dan asupan makan.

Mengunyah akan memberi kesempatan pada makanan untuk bercampur dengan enzim ptyalin sehingga terjadi pencernaan enzymatic. 

Dr.Rita juga menambahkan bahwa pada proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon Grealin yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon Cholecytokinin (CCK) yang mampu menurunkan nafsu makan. "Apabila kita mengonsumsi makanan saat sarapan, maka kita bisa mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Maka itu pilihlah menu sarapan dengam bijak misalnya berupa makanan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin, dan mineral", jelas Dr. Rita.

Sarapan sehat mengandung multigrain

Semangkuk Nestle NESTUM, Penuhi Sarapan Sehat, Lezat, dan Praktis


Melihat mobilitas masyarakat Indonesia yang tinggi, maka sarapan tidak cukup hanya sehat dan lezat tapi harus praktis. Ya udah sih bikin sarapan yang diminum aja. Eits jangan salah, sarapan itu dimakan bukan diminum. Ingat kan dengan tagline Nestle NESTUM ini? Jadi, bikin sarapan sehat dengan NESTUM dong.

Sebenarnya dari tahun lalu (2018), Nestle NESTUM sudah mengenalkan produknya sebagai sarapan sehat bagi masyarakat Indonesia. Kebetulan saya juga datang lho. Waktu itu Jennifer Bachdim sebagai bintang tamunya.

Coba baca di sini Pilih NESTUM, Sarapan Seutuhnya Bukan Sebutuhnya

Varian rasa Nestle NESTUM

Nestle NESTUM ini merupakan bubur sereal sarapan dengan GRAINSMARTA pertama di Indonesia yang memiliki kombinasi unik multigrain yaitu perpaduan tiga jenis biji-bijian seperti gandum utuh, beras, dan jagung serta serat pangan, vitamin, dan mineral. 

Tahun 2019 ini, gerakan NESTUM 101 Healthy Bowls ingin menginspirasi keluarga Indonesia untuk membuat menu sarapan bergizi  seimbang, praktis, dan lezat dengan mengkreasikan bubur sereal Nestle NESTUM.  Nah, dari tangan handal Chef Steby Rafael Nestle NESTUM diolah menjadi menu sarapan sehat yang lezat dan praktis. Foto di bawah ini saya sedang disuapin sama Chef Steby lho bikin yang lain iri 😆.

Senangnya disuapin Chef Steby

Ada 2 menu kreasi sarapan yang dibuat Chef Steby yaitu Nestle NESTUM Bubur Kari Ayam dan Nestle NESTUM Lapis (Parfaits). Tapi sayang saya nggak sempat foto menunya. Karena terlalu terkesima dengan Chef-nya. Semua menu yang dibuat oleh Chef bahan-bahannya gampang banget didapat seperti mangga, nangka, jeruk, tempe orek, ayam suwir, alpukat, rempah-rempah, daun jeruk dll. Ibaratnya bumbu yang ada di dapur bisa diolah.

Nestle NESTUM memiliki 2 varian rasa :

  • Nestle NESTUM Porridge (rasa Manis dan Original)
  • Nestle NESTUM 3-in-1 (rasa susu, susu & pisang, dan susu & cokelat)

Satu mangkuk Nestle NESTUM yang disajikan setara dengan protein dari satu gelas yoghurt, kalsium dari segelas susu, dan serat makanan dari satu lembar roti gandum. Benar-benar praktis dan kaya manfaat kandungannya. 

Oh ya, Nestle NESTUM mengadakan kompetisi foto menu sarapan sehat di Instagram @nestumindonesia. Caranya cuma upload foto kreasi menu sarapannya di IG. Ada hadiah menarik buat pemenang yang beruntung. Langsung cusss ke Instagram Nestle NESTUM ya.

Sudah tahu kan menu sarapan sehat itu seperti apa. Mulai sekarang kurangi deh sarapan " kotor " itu. Nggak baik buat kesehatan juga. Ubah pola makan kita dengan awali sarapan sehat. Ada Nestle NESTUM nggak pakai ribet bikinnya. Tuang ke mangkuk, seduh, aduk, jadi deh. Oh ya, bubur sereal ini nggak perlu dimasak ya karena bahan-bahannya sudah langsung bisa dikonsumsi. Happy healthy breakfast all!





***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar