Selasa, 16 Oktober 2018

# Dapur unik # Electrolux service center

Electrolux Taste and Care Center, Sebuah Dapur Unik Bergaya Skandinavia

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki segudang pekerjaan rumah, saya ingin kemudahan dan peralatan rumah tangga yang mumpuni. Salah satu pekerjaan rumah yang paling rumit buat saya adalah memasak. Makanya sampai sekarang cuma bisa masak air dan telor dadar 😆. Bercanda deh, bisa juga kok buat makanan  lain yang mudah dimasak. Kebetulan saya tinggal di rumah kontrakan 3 petak yang di mana dapurnya itu kecil dan sempit, kira-kira luasnya 2 m x 1 m. Kebayang kan sempitnya. Untungnya peralatan dapur saya belum terlalu banyak. Boro-boro punya dapur unik dengan peralatan yang bagus, bersih, interiornya minimalis. Bisa masak nggak sampai hangus saja sudah beruntung.

dapur unik elektrolux
Gaya dulu di depan dapur unik


Kalau semua ibu rumah tangga punya peralatan rumah dan dapur berkualitas pasti betah banget di rumah. Semua yang dibutuhkan untuk membuat makanan serba ada. Mau bikin kue bolu ada mixernya, mau bikin juice ada blendernya, atau mau menghangatkan sayur asem tadi sore buat hidangan makan malam suami, tinggal nyalakan microwave-nya.  Surga dunia buat para ibu rumah tangga deh. Tapi masalahnya, tidak semua rumah mempunyai cukup ruang untuk menampung semua peralatan dapur yang dibutuhkan. Tenang, sepertinya keresahan para IRT ini bisa dihilangkan karena sudah ada dapur unik yang beda banget konsepnya.

Dapur Unik Bergaya Skandinavia


Semua dapur sama saja isinya. Ada panci, penggorengan, kompor, spatula, tabung gas, dll. Kalau konsepnya seperti ini mungkin hanya ada di dapur orang Indonesia saja ya. Bagaimana dengan orang Eropa? Apa dapurnya juga memiliki segambreng peralatan dapur? Coba kita kulik konsep dapur unik bergaya Skandinavia.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu Skandinavia? Skandinavia merujuk pada negara Norwegia, Swedia dan Denmark. Negara-negara tersebut terletak di Tanjung Skandinavia, Eropa bagian Utara. Viking adalah suku bangsa Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan perompak ke seluruh pulau di Eropa dan Konstantinopel. Oleh karena itu, pada masanya Viking dapat digunakan untuk menyebut seluruh populasi Skandinavia beserta perkampungan - perkampungan sebarannya. Sedikit jelas ya tentang Skandinavia.

dapur unik gaya skandinavia
Contoh dapur unik gaya Skandinavia
Dok.foto interiordesign.id

Bicara soal dapur unik, Skandinavia punya konsep yang bisa dibilang berkualitas. Ciri khas desain Skandinavia itu bikin nyaman pemiliknya. Lalu, bagaimana konsep dapur unik bergaya Skandinavia? Keunikannya:
  1. Bentuknya memanjang
  2. Dapur yang simple dan bersih
  3. Dominan warna putih, namun bisa dipadukan dengan warna cokelat atau monokrom.
  4. Desain interior dengan gaya minimalis
  5. Tampil dalam bentuk pantry
  6. Susunan rak yang sederhana
  7. Perabotan yang tak banyak sehingga nuansa yang diberikan terlihat luas, rapi dan cantik.
Kalau konsep dapurnya seperti ciri-ciri yang disebutkan di atas, dijamin deh penggunanya bakal betah berlama-lama. Bukan hanya sekedar buat masak saja, tapi juga buat menenangkan diri. Supaya hidup lebih seimbang. Memang ada yang bisa wujudkan dapur unik kayak begitu? Ada dong...

Baca juga : HIDUP SEIMBANG DAN SEHAT DENGAN PRISTINE 8+

Electrolux Luncurkan ETCC


Jawaban keresahan para ibu rumah tangga saya temukan saat peluncuran Electrolux Taste and Care Center (ETCC) pada hari Kamis, 11 Oktober 2018. Sebuah terobosan baru dari Electrolux Indonesia untuk masyarakat yang ingin hidup lebih baik. Siapa yang tidak mengenal produk Electrolux? Kalau yang tidak tahu, jawabannya antara tidak punya produknya atau belum pernah mendengar merek ini. Kalau yang tahu pasti orang kaya, hahaha...karena rata-rata harga produknya mahal semua. Saya saja belum mampu membelinya.

Electrolux Taste and Care Center merupakan sebuah ruangan  berupa dapur seluas 200 m2 yang dirancang khusus bergaya Skandinavia yang merepresentasikan tiga pilar Electrolux, yaitu citarasa (taste), perawatan (care), dan kenyamanan (wellbeing). Di tempat ini, konsumen berkesempatan menggunakan peralatan memasak kelas dunia. Seru juga nih kalau ada kelas memasak di sini.

Electrolux salah satu pemimpin global peralatan rumah dan dapur berkualitas dan peralatan untuk pengguna profesional yang telah menjual lebih dari 40 juta produk kepada pelanggannya di 150 negara tiap tahunnya. Wow, jumlah yang fantastik. Produknya meliputi kulkas, mesin cuci piring, mesin cuci, penyedot debu, microwave, oven kukus, kompor tanam induksi. Ada juga kompor yang dijual dengan merek terkemuka seperti Electrolux, AEG-Electrolux, Zanussi, Eureka dan Frigidaire. 

Pada peluncuran ETCC malam itu dihadiri oleh Presiden Direktur PT. Electrolux Bapak Iffan Suryanto. Beliau menyambut dengan hangat dan gembira kepada para undangan dan menyebutkan pertama kalinya mengundang. Wah, blogger bakal punya posisi prioritas acara berikutnya nih.

dapur unik electrolux service center
Bapak Iffan Suryanto

Electrolux juga mengkampanyekan 'Taste Stories' yaitu kumpulan cerita yang mengangkat nilai-nilai dalam hal memasak yang dapat mendatangkan kebahagiaan bagi orang-orang tercinta dan untuk menciptakan pengalaman dan kenangan indah yang tak terlupakan dari setiap menu yang dihidangkan, mulai dari masakan lokal sampai dengan masakan internasional.

Kampanye ini bertujuan untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan konsumen yang ditempatkan sebagai fokus utama, kampanye ini juga menawarkan cerita inspirasional di balik kegiatan memasak bagi orang terdekat yang dicintai dengan menggunakan produk peralatan dapur Electrolux.

Sebagai awal dari kampanye Taste Stories dan peluncuran ETCC, maka Electrolux bekerjasama dengan 3 Chef terkenal di Indonesia yang menjadi Icon Chefs Electrolux yaitu Chef Edrian Tjhia, Chef Nina Bertha dan Chef Chandra Yudasswara. Mereka akan membagikan pengalaman dan pengetahuan tentang inovasi produk Electrolux. Beberapa teman blogger diberikan tantangan dalam sebuah games dari para Chef. Ternyata memotong buah mangga dan kentang itu ada teknik dan seninya lho.

dapur unik kelas memasak
Ki-ka : Chef Chandra, Chef Nina dan Chef Eddrian
Demo masak di dapur unik

ETCC, Dapur Unik Bergaya Skandinavia Dari Electrolux


Seluruh undangan yang hadir diajak berkeliling area yang ada di dalam Electrolux Taste and Care Center. Ruangan ETCC seluas 200 m2 ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu washbar (mencuci), coffee shop (kedai kopi) dan kitchen (dapur). Area tersebut sudah dilengkapi dengan produk Electrolux yang canggih dan berkualitas. Saya saja kagum melihat mesin cuci berjejer rapih, perlengkapan dapur yang bagus-bagus, kedai kopi yang minimalis. dan dapur yang lengkap dengam segala perabotannya. Dapur unik dari Electrolux ini sungguh mengesankan bagi yang baru pertama kali berkunjung seperti saya.

Baca juga : KOPI SUGENG JILID 2: KEDAI KOPI INDONESIA DI MALL BASSURA CITY

Electrolux Taste and Care Center cocok disebut dapur unik bergaya Skandinavia. Karena konsepnya kental sekali dengan ciri-ciri yang saya jabarkan di atas. Terlihat simple, bersih, elegan dan mewah. Saya yakin bagi yang datang ke ETCC betah berlama-lama menikmati suasananya. ETCC memberikan value yang sepadan antara kemajuan teknologi dengan kepuasan pelanggan.

Saya sempat berkeliling sendiri melihat area lainnya saat sesi games berlangsung. Ada sebuah meja panjang tertata rapih dengan beberapa makanan yang menggugah selera. Ternyata makanan yang sudah dibuat oleh ketiga Icon Chefs Electrolux tersebut. Ada Sop Babat Mami, Engsang, Mango Pomeli with Pome, Salmon with Cucumber Honey Yoghurt, Rendang Basah, Tempe Orek Balado, Lemon Meringue Tart. OMG, andai bisa nikmati makanan itu tiap hari.

dapur unik kelas memasak
Rendang Basah a la Chef Chandra

Tujuan dibuat 3 area tersebut juga diadaptasi dari kebiasaan orang Eropa yang mencuci pakaiannya di laundry sambil menikmati secangkir kopi sampai cuciannya bersih dan kering. Hanya membeli kopi seharga Rp 30.000 dapat gratis laundry 5 kg di ETCC. Kalau ingin belajar masak dan mengenal produk Electrolux bisa lihat-lihat di area dapur. Semuanya lengkap dan benar-benar dapur unik impian para ibu rumah tangga.

Kabar gembiranya lagi Electrolux Taste and Care Center terbuka untuk masyarakat umum, termasuk mitra bisnis, selebritas, media, komunitas, serta profesional yang ingin membuka kelas memasak, seminar, talk show, arisan, demo memasak, photo shoot, untuk keperluan pribadi, maupun korporat dengan ketentuan berlaku. Salah satu syaratnya adalah dengan mengajukan proposal acara kepada Electrolux. Khusus area dapur saja, kecuali area kedai kopi.

dapur unik gaya skandinavia
Area dapur unik

dapur unik electrolux service center
Area coffee shop

produk electrolux berkualitas
Area washbar

Kesan saya selama beberapa jam ada di ETCC ini sangat senang. Melihat sekeliling ruangan yang nyaman di mata, serasa area dapur, mencuci dan kedai kopi milik sendiri. Sekarang pun saya mengkhayal ada di salah satu electrolux service center yang ada di Jln. Abdul Muis, Jakarta Pusat. Sambil membawa beberapa helai pakaian, masuk ke dalam ETCC dan memesan cappucino pada baristanya. Menunggu kopinya dibuat, saya masukkan pakaian ke dalam mesin cuci lalu menuangkan detergen serta mengalirkan airnya. Menunggu pakaian bersih dan kering, saya bisa belajar bikin kue lapis ijo pandan atau desert dari campuran cendol, avocado dan pome bersama Chef Eddrian Tjhia. Rasanya tidak ada pekerjaan rumah senikmat ini.

Kemeriahan acara peluncuran Electrolux Taste and Care Center malam itu ditutup dengan pengumuman best post IG Competition, door prize dan pemenang games. Saya pun tidak menyangka bakal jadi pemenang best post instagram competition dan membawa pulang satu buah microwave dari Electrolux. Senang tak terkira. Benda seberat 15 kg ini tak sanggup saya bawa pulang sendiri. Saya titipkan ke pos satpam dan suami yang membawanya pulang dengan mengikatnya di jok motor. Selamat juga buat teman-teman blogger lainnya yang menang. Saatnya nikmati produk Electrolux di rumah masing-masing.

hadiah produk electrolux
Pemenang best post Instagram competition bersama
Uwan & Echi

produk electrolux microwave
Hadiah microwave yang saya dapat

Sentuhan dan nuansa desain interior Skandinavia ETCC sangat kental. Dibalik itu semua, ternyata ada filosofi yang dimiliki Electrolux dalam semua desain dan pengembangan produknya yaitu Filosofi Desain Penuh Pemikiran. Suatu pendekatan holistik yang berakar pada tradisi desain Skandinavia dengan tujuan untuk mengembangkan dan menerapkan wawasan konsumen ke semua aspek pengalaman merek.

Electrolux akan mencapai usia ke 100 tahun 2019 nanti. Selama itu pula terus berinovasi dan serius merancang produk yang sudah dipercaya 40% restoran Michelin di seluruh dunia. Dengan konsep sebagus ini, Electrolux Taste and Care Center pantas menyandang dapur unik pertama di Indonesia. Sayangnya ETCC ini belum ada fasilitas setrika pakaian. Kalau boleh saya beri saran, bisa menambahkan area tersebut berdekatan dengan area washbar, supaya langsung bisa dirapikan setelah dicuci.

Ingin merasakan sensasi rasa, kenyamanan dan perawatan yang berbeda dalam mengurusi pekerjaan domestik? Kamu bisa langsung datang ke alamat yang tertera di bawah ini ya. Selain itu, Electrolux juga melayani pembelian aksesori atau suku cadang.

JAKARTA
HEAD OFFICE
JL. Abdul Muis 34, Petojo Selatan, 
Jakarta Pusat 10160
Tel : (021) 5081 7300
Fax : (021) 5081 7399

CUSTOMER CARE CENTRE
PT ELECTROLUX INDONESIA
Tel : (0804) 111 9999
(Tarif flat seluruh Indonesia : Rp 450/menit)
Email : customercare@electrolux.co.id
SMS : 0812 8088 8863

ELECTROLUX SERVICE CENTRE
Tel : (021) 5081 7200 
      0804-111-9999

Website 
www.electroluxgroup.com/en/

Instagram
@electroluxindonesia
@etcc_id


Noted : Referensi tulisan dari Sindonews.com dan Liputan6.com.



***

38 komentar:

  1. Kebayang deh sama setumpuk pekerjaan yang menguras tenaga. Aduh jadi pengen deh kesini. Kapan ya?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebantu banget ya ETCC ini buat IRT yang capek ngerjain cucian. Bisa santai sedikit sambil ngopi nunggu cucian kering.

      Hapus
  2. pengen deh punya dapur unik ala Skandinavia begini hehhee cucmey bikin aku betah nih didapur :)

    BalasHapus
  3. aku pengen banget punya dapur begini. dapur impiannnn

    BalasHapus
  4. Dapurnyaaaa kereeennn

    Ini idaman sejuta emak deh

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Dapur idaman emak-emak banget ini mah, mau ngopi sambil bawa cucian ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyucinya jadi lebih santai ya, karena nyuci di mesin cuci dengan teknologi bagus

      Hapus
  6. Asik bgt nh klo bs pnya dapur Skandinavia bs main di dapur terus dh, btw slmt ya bu dpt microwave keren dh

    BalasHapus
  7. Dapur impian inih. Clean banget pasti ga ada anak kecil klo bs sebersih ini haha

    BalasHapus
  8. Wah asyik bgt mbak bisa bawa pulang microwave..jadi makin rajin masak nih

    BalasHapus
  9. Dapurnya kece dan kekinian banget, idaman para emak, lucu banget bikin betah di dapur.

    Tapi juga bikin gak tega buat masak ya hahaha

    BalasHapus
  10. Ehemm.. lihat dapurnya seperti ga pernah dipake masak.. kinclong abiss... Bener-bener dapur impian. Mesti rajin membersihkan ya kalau desainnya didominasi putih dan warna pastel.

    BalasHapus
  11. Asyik banget sih, bisa nyuci di washbar sambil ngupi2 cantik. Bakal langganan jadi tempat ngumpul kayanya yaa :))

    BalasHapus
  12. Banyak juga ya ternyata produk dari Electrolux. Yang aku tahu cuma produk penyedot debu Electrolux aja. Selamat ya, Mbak. Dapat hadiah microwave.

    BalasHapus
  13. Kalau dapurnya kayak gini, ntar kerjaanku nguplek dapur terus mba hehehe. Dasar makemak mata panci saya mah. �� btw produknya Electrolux emang keren. Suka deh.

    BalasHapus
  14. Berarti rumahku udah mirip konsep skandinavia ya? Mesin cuci dekat dapur, terus ngopi sambil nunggu cucian. Tapi ini lebih ke karena rumahnya sempit sih, jadi apa-apa serba deket, heuheu.

    Keren banget nih konsepnya, nongkrong sambil nyoba produk Electrolux. Semoga buka di sekitaran Surabaya juga.

    BalasHapus
  15. Coba punya peralatan secanggih ini semua bisa nyaman hati hihihi
    Apalagi sudah ada barista yang sewaktu-waktu jika diminta bisa meracik kopi. wah Electrolux dengan dapur gaya Skandinavia memang menggoda

    BalasHapus
  16. mbak nurul beruntung amat sih dapat microwave... aq juga impian banget deh punya dapur gaya skandinavia dirumah, moga bisa segera punya rumah sendiri yah mbak, hihihi dan penasaran deh sama coffee shop yang bisa nyuci sekaligus juga tempat ngopi, keren idenya

    BalasHapus
  17. Aduh, dapur impian banget nih. Betah dah berlama-lama di dapur kalo cantik begitu. Tapi jg rada gak tega ngotorinnya. Haha. Tp kalo ad peralatan canggih dr electrolux sih segalanya ga kotor jadinya.

    BalasHapus
  18. Dapurnya bagus peralatanya keren elektrolux semua jd semangat buat masak meski di bela2in ini mah.. mau juga punya dapur kyk gitu

    BalasHapus
  19. Wah so lucky dirimu mba bisa mendapatkan microwave. Btw itu desain dapurnya kece ya, jadi pengen punya dapur sendiri

    BalasHapus
  20. design dapurnya idaman banget mom. keren semuanya peralatan dari elektrolux. aku juga pake brand ini bagian mesin cuci.

    BalasHapus
  21. Duh dapur impian banget ini kayaknyaaa. Kalau elektolux sih emang dari dulu kece badainya ya mba, dari urusan masak, nyuci sampai bebenah kerumah tanggaan semua ada

    BalasHapus
  22. Ntr kalau dah ada rejeki renov dapur pengen ah pakai elektrolux jg :D
    Katanya ini brand emang kualitas produknya oke dan awet bertahun2 yaaa

    BalasHapus
  23. Kalau perlengkapan dapurnya kayak electrolux mah betah banget di dapur.

    BalasHapus
  24. Di rumah mamaku ada kulkas merk electrolux ini. Memang bagus sih. Sebelumnya juga punya mesin cucinya yang awet banget sampai hampir 10 tahun

    BalasHapus
  25. Udah dipake belom nih microwave nya? Asyik juga kalo punya dapur unik kayak di Electrolux ini..pasti betah deh ngerjain kerjaan rumah tangga.

    BalasHapus
  26. Dapurnya keren yaa, pasti betah masak didapur unik kayak gini. Tp agak agak mihil si y mbak produknya klo beli sndiri, beruntung kmrin mbak dapet microwave nya

    BalasHapus
  27. skandanavia mengusung konsep dapur yang tidak sekedar enak di pandang di mata tapi menjadi dapur unik dan simple

    BalasHapus
  28. Aku juga pengen punya dapur bagus dgn peralatan lengkap.tapi ya gtu masih serba terbatas mengingat msh ikut ortu juga.lumayan bgt ya dapat microwave

    BalasHapus
  29. aku suka konsep rumah, furniture dan segala seisinya ala skandinavian,clean.ah apalagi kalo perabot rumah tangganya dipakein electrolux semuaa haha

    BalasHapus
  30. Punya dapur unik bergaya Skandivania itu kayanya asik ya. Bakal cantik dan bikin betah. Apalagi kalau memang semua perabotan memasaknya lengkap.

    BalasHapus
  31. Betah deh klo punya dapur unik kayak dapur Electrolux ini ya..

    BalasHapus
  32. Baru tau kalo dapur gaya skandinavia tuh kayak gitu yah, jadi sampe ke catnya juga emang dibuat simple yah, buat nambah kenyamanannya.

    BalasHapus