Kemitraan Manulife Indonesia dengan Halodoc dan Wajah Baru Situs MiAccount

17 komentar
Peran digitalisasi sangat besar dalam urusan transaksi. Terutama pada sektor layanan kesehatan yang mengutamakan efisiensi. Berkat kecanggihan teknologi masa kini nasabah asuransi enggak perlu repot hubungi agent lagi untuk bayar premi atau hubungi dokter buat konsultasi. Itu bukan mimpi bagi nasabah Manulife untuk menikmati layanan kesehatan yang terintegrasi dengan sebuah aplikasi. Cukup satu kendali dari ujung jari, semua akses layanan kesehatan terpenuhi. 

Manulife dan Halodoc

Kemitraan Manulife Indonesia dengan Halodoc

Kerjasama itu menghasilkan kemudahan dan keuntungan. Ini didapatkan oleh nasabah Manulife. Manulife Indonesia memahami kebutuhan nasabahnya dengan meningkatkan layanan digital melalui kemitraan Halodoc. Perluasan jangkauan kemitraannya secara resmi diumumkan pada hari Kamis, 9 Juni 2022 secara daring dalam kegiatan Manulife Event Gathering MiAccount x Halodoc . Saya sebagai peserta turut senang kehadiran inovasi yang dibentuk ini. Beberapa pembicara yang hadir antara lain : 
  • Yufitasari- Head of Business Transformation Office Manulife Indonesia
  • Juni Probowati-Head of Claim Services Provider Manulife Indonesia
  • Hotmida Lubis - Ops and Business Strategy Halodoc
  • Sonya Tampubolon - Moderator

Sebenarnya kerjasama antara Manulife dan Halodoc sudah terjalin dari bulan November 2021. Sejak itulah jumlah peserta asuransi kesehatan Manulife meningkat. Per Mei 2022 tercatat sebesar 45% nasabah sudah terdaftar pada aplikasi Halodoc. Angka ini pun sejalan dengan hasil Manulife Asia Care Survey 2022 yang menunjukkan bahwa 94% responden Indonesia menginginkan cara-cara yang lebih mudah untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mentalnya.

Kemudahan klaim asuransi Manulife
Baju merah : Hotmida Lubis
Tengah : Juni Probowati
Bawah : Yufitasari


Perluasan kemitraan ini menyediakan layanan Third Party Administration (TPA) kepada nasabah. Tentunya kehadiran layanan ini memberikan kemudahan administrasi layanan kesehatan (klaim dan penggantian) dan memfasilitasi akses rawat jalan dan rawat inap untuk nasabah Manulife di Indonesia. Nah, Halodoc merupakan pionir penyedia layanan TPA yang mengintegrasikan layanan online dan offline. Selain itu, ada layanan tambahan atau fitur baru yang diberikan oleh Halodoc TPA yaitu : 
  1. E-Card (kartu digital) yang memudahkan registrasi di RS.
  2. Rincian dan manfaat dan sisa limit yang dapat diakses secara mudah di aplikasi.
  3. Rekomendasi RS dengan layanan non tunai.
  4. Case Management yang siap membantu pasien selama 24 jam.
  5. Rekam medis lengkap untuk seluruh transaksi online maupun offline
  6. Adanya artikel sesuai diagnosa untuk membantu masa penyembuhan.
  7. Membuat janji temu rawat jalan secara online pada rumah sakit dan klinik rekanan Halodoc melalui aplikasi Halodoc dan melakukan konsultasi online

Cara mengaktifkan e-card nya mudah banget kok. Tinggal unduh aplikasi Halodoc baik di App Store maupun Google Playstore, lalu registrasi. Setelah itu klik fitur "Asuransiku" pada kolom Lengkapi Kebutuhan Kesehatanmu. Cari asuransi Manulife dan masukkan detail sesuai polis asuransi berupa nomor polis, nama peserta dan tanggal lahir. Kalau butuh bantuan bisa chat dengan Heidy, virtual assistant  Halodoc. 

Kalau sudah jadi e-card nya, saat datang ke rumah sakit dan ingin menggunakan asuransi Manulifenya, tinggal tunjukkin aja e-card yang ada di aplikasi Halodoc. Nanti petugas RS akan memeriksa terlebih dahulu. Kalau benar nanti akan diproses perawatannya sesuai dengan ketentuan polis. Begitu juga kalau mau konsultasi online sama dokter. Cek aja dokter yang telah di-cover oleh Manulife. Konsultasi dan tebus obatnya gratis, kecuali ada obat yang tidak ditanggung bisa beli di apotik. 

Cara aktifkan e-card Manulife di Halodoc

Memang enggak salah deh Manulife bermitra dengan Halodoc. Karena Halodoc adalah aplikasi kesehatan terintegrasi yang menyediakan solusi kesehatan lengkap dan andal untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dilengkapi dengan tiga fitur utama, yaitu Toko Kesehatan, Chat Dokter dan Buat Janji Rumah Sakit. 

Selain itu, Halodoc telah menerima sejumlah penghargaan berskala internasional. Pada tahun 2019 dan 2020 Halodoc menjadi satu satunya startup healthtech dari Asia Tenggara yang termasuk di daftar Digital Health 150 dari CB Insights. Di tahun 2018, Halodoc menerima penghargaan “The Most Innovative Start Up” dari Galen Growth Asia dan dipilih langsung oleh Forbes Indonesia sebagai “Choice Start Up” di tahun yang sama.

Klaim polis asuransi Manulife

MiAccount, Wajah Baru Situs Layanan Nasabah 

Manulife telah memberikan perlindungan kepada lebih dari 2 juta nasabah di seluruh Indonesia dan memiliki platform digital yaitu MiAccount. Sebelumya ini berupa aplikasi, namun Manulife Indonesia menghadirkan pembaharuan platform digital yaitu berupa situs layanan nasabah. MiAccount adalah portal untuk nasabah untuk melakukan pengelolaan polis yang dapat diakses melalui mi-account.manulife.co.id.

Peluncuran wajah baru platform digital nasabah ini sebagai cerminan preferensi terhadap kanal digital yang terus menguat di Indonesia. Bagi Manulife Indonesia, inovasi dan transformasi senantiasa merupakan prioritas utama yang selaras dengan misi memudahkan dan membuat kehidupan menjadi lebih baik. 

Sesuai tagline-nya Satu Kendali dari Ujung Jari, MiAccount hadir dengan otomasi transaksi yang dapat langsung memproses transaksi nasabah serta melihat riwayat transaksinya. Transaksi langsung diterima oleh sistem Manulife Indonesia. Enggak ribet lagi deh urus bayar premi dan lain-lain. Inilah kemudahan yang ditawarkan oleh MiAccount : 
  • Update data kontak (nomor hp, email, alamat)
  • Perubahan alokasi dana investasi
  • Pembayaran premi lanjutan secara online 
  • Melihat informasi seperti nilai polis, besaran manfaat, penerimaan manfaat, dll.

Satu kendali dari ujung jari
Oh ya, ada yang tahu akronim dari MiAccount?  Mi diambil dari suku kata Manulife Indonesia dan Account berarti Akun. Jadi, bisa diartikan akun Manulife saya. Unik juga ya kasih namanya. Asyik nih nasabah Manulife cuma cukup mengakses MiAccount dari situsnya di mesin pencari. MiAccount juga bisa digunakan oleh nasabah asuransi kumpulan atau dari kantor. 

Kemitraan antara Manulife Indonesia dengan Halodoc kabar baik bagi nasabah. Manulife akan terus berinovasi. Bocoran dari ibu Juni Probowati kedepannya Manulife mau bikin platform chat supaya nasabah lebih mudah mendapatkan pelayanan. Wah, mantul deh fasilitas yang dimanjakan oleh asuransi Manulife. Jadi pengen juga nih jadi nasabahnya 😄.

Semoga kemitraan ini langgeng terus ya karena memang benar-benar memberikan manfaat. Halodoc berperan penting dalam memberikan akses yang lebih luas kepada jaringan rumah sakit mitra, sehingga memudahkan nasabah Manulife untuk menjangkau fasilitas kesehatan terdekat cukup dengan perangkat smartphone, Satu Kendali dari Ujung Jari. Tentunya optimis kemitraan ini akan memberikan layanan kesehatan yang lebih nyaman bagi para pengguna.



***

17 komentar

  1. halodoc emang keren
    mungkin aplikasi ini, saya yang pertama mereviwnya
    dan gambar yang digoogle, awalnya hasi jepretan saya :D

    BalasHapus
  2. Dengan MiAccount lebih praktis ya Mba. Untungnya Manulife udah bermitra dengan Halodoc. Dengan MiAccount jadi nilai plus buat para nasabahnya.

    BalasHapus
  3. Asik makin mudah untuk dapet layanan kesehatan via halodoc, sistemnya udah terintegrasi juga ya kalo mau bayar pake asuransi kesehatan

    BalasHapus
  4. Halo Mba Nurul. Wah, MI Akun ini kolaborasi apik nih. Ngga salah kalau aksesnya disebut kendali di ujung jari. Btw, kalau mau daftar asuransi manulifenya kudu satu keluarga apa bisa sendiri ya?

    BalasHapus
  5. Kerjasama yang bagus. Karena Manulife dan Halodoc memang 2 brand yang udah dikenal kualitasnya, Semoga semakin memberi manfaat bagi para nasabah

    BalasHapus
  6. dengan digitalisasi ini sangat memudahkan nasabah ya Mbak, apalagi saat sakit kita pasti ribet harus urus ini itu, sekarang semua udah ada di platform MiAccount Manulife ya, bisa konsultasi dokter pula ya.

    BalasHapus
  7. Wah, jadi tambah memudahkan penggunanya ya.. Kita bisa mengetahui tentang polis dan informasi lainnya dengan MiAccount ini.. Walaupun dirumah saja bisa lebih mudah mencari informasinya ya..

    BalasHapus
  8. Wah kemitraan yang saling menguntungkan nih untuk nasabahnya Manulife yang semakin mudah untuk mengakses layanan kesehatan

    BalasHapus
  9. Sudah langganan aku nih klo gak bisa ke dokter pasti selalu pakai aplikasi ini

    BalasHapus
  10. Sudah familiar dengan Halodoc dan hafal dengan layanannya eh sekaranh kerjasama dengan Manulife semakin yakin deh dengan layanannya

    BalasHapus
  11. seneng banget nih member manulife karena sekarang sudah bekerja sama dengan halodoc jadi lebih memudahkan untuk konsultasi kesehatan

    BalasHapus
  12. Baru tau istilah TPA. Tambahan fiturnya ternyata banyak ya, memberikan nilai plus banget buat nasabah Manulife.

    BalasHapus
  13. Zaman serba digital begini, penting banget menciptakan inovasi yang memudahkan penggunanya. Seperti apps miAccount yang bekerjasama dengan Halodoc. Pengalaman pribadi ketika anak sakit, Halodoc sangat membantu sekali. Bersama miAccount, bisa lebih memudahkan dalam klaim asuransi terkait kesehatan juga.

    BalasHapus
  14. Inovatif banget, ini dibutuhkan banget asuransi bisa dipake buat konsultasi online. Semoga kerjasama manulife ini bisa langgeng, biar nasabah dan member halodoc terus ngerasain manfaatnya

    BalasHapus
  15. berarti harus punya asuransi manulife dulu ya, mbak kalau mau daftar pakai halodoc ini? senang deh sekarang sistem layanan kesehatan semakin canggih dengan adanya aplikasi seperti halodoc ini yang bisa membantu konsultasi dokter di secara online

    BalasHapus
  16. Baru dengar nih, ada asuransi yang bisa digunakan konsultasi di platform online, keren ya inovasi manulife

    BalasHapus