Malaysia Healthcare Expo 2020, Ajak Cek Kesehatan Sambil Wisata

Sabtu, Februari 08, 2020

Kurang piknik tuh, makanya sakit. Sering sekali saya dengar kalimat itu dari orang-orang. Entah memang kenyataannya begitu atau sebagai sindiran saja. Tapi kadang benar juga, orang yang sakit kalau diajak jalan biasanya cepet sembuh.

Seperti ibu saya punya sakit jantung, sudah pakai 3 ring di jantungnya. Tapi kalau ngebahas soal baju-baju muslim di Tanah Abang getol banget. Malah dia langsung ngajak saya pergi ke sana besoknya. Padahal orang sakit jantung kan enggak boleh capek. Tapi ibu, jalan-jalan ke Tanah Abang salah satu obat mujarab buat nyembuhin jantungnya.




Kadang datangnya sakit itu dari pikiran atau stress. Terlalu lama tertekan dengan suatu keadaan hingga lalai dengan kondisi tubuh bisa menimbulkan banyak penyakit kritis. Jadi telat makan, tidur enggak nyenyak atau insomnia atau emosi meningkat. Dari situlah muncul berbagai penyakit.

Sebelum sakit tiba, tidak ada salahnya untuk cek kesehatan diri. Tujuannya supaya tahu bagaimana kondisi kesehatan tubuh kita saat ini. Kalau ada masalah, masih bisa deteksi dini dan mengurangi faktor risikonya. Biar lebih enak nih, cek kesehatan sambil wisata ke Malaysia. Di Malaysia Healthcare Expo 2020 memfasilitasinya. 

Banyak Orang Indonesia Berobat ke Malaysia


Negara Malaysia merupakan negara tetangga paling dekat dengan Indonesia. Sehingga banyak warga +62 yang berkunjung ke sana. Ditambah ongkos pesawat murah juga, tergantung promo sih.

Seringnya orang Indonesia pergi ke Malaysia bukan hanya sekadar berwisata, tapi juga untuk berobat. Menurut data yang dijabarkan saat saya mengikuti temu blogger dan influencer bersama Kementrian Kesehatan beberapa waktu lalu, 50% pasien kanker (Penang Adventis Hospital) di Penang berasal dari Indonesia. 

Hadir di Malaysia Healthcare Expo 2020

Selain itu, warga Indonesia yang berobat ke luar negeri bernilai hampir $1 Miliyar pada tahun 2013 untuk Malaysia. Nilai ini tumbuh sekitar 30% per tahun. Penang, Malaysia menampung sekitar 50% turis kesehatan dari Indonesia yang sebagian besar dari penduduk Sumatera.

Kalau nyinyiran netizen nih, orang Indonesia itu kaya-kaya ya berobat saja ke luar negeri segala. Memangnya pelayanan kesehatan di Indonesia kurang bagus apa sih. Bukan masalah kaya atau miskin soal cek kesehatan, tapi berusaha untuk mendapatkan second opinion demi progress kesehatan.

Malaysia Healthcare Expo 2020 Hadir di Jakarta


Rabu nan mendung saya menuju ke arah Utara Jakarta. Hari itu saya menghadiri Malaysia Healthcare Expo 2020 di Mall Kelapa Gading, Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 6 - 9 Februari 2020. 

Event ini pertama kalinya diadakan di Jakarta yang menghadirkan berbagai penawaran pelayanan kesehatan berkualitas dunia di mana masyarakat dapat tahu lebih lanjut mengenai informasi layanan kesehatan.

Peresmian pembukaan
Malaysia Healthcare Expo 2020

Dihadiri langsung oleh para narasumber dari Malaysia yaitu Nik Yazmin Nik Azman - Chief Commercial Officer Malaysia Travel Council (MHTC),  Azrul Shah bin Mohamad - Pengurus Besar Tourism Selangor, TYT Datuk Zainal Abidin Bakar - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Marischka Prudence - Travel Blogger. 

Dalam kata sambutannya, Nik Yazmin Nik Azman mengatakan, "Di Indonesia banyak rumah sakit yang bagus, namun kadang pasien butuh second opinion untuk ketenangan pikiran masing-masing. Hal yang terpenting bagi kami pasien yang datang ke Malaysia merasakan peace of mind," jelasnya.

Sistem perawatan kesehatan Malaysia diatur ketat oleh Kementrian Kesehatan Malaysia melalui Private Healthcare and Facilities Service Act (1998) yang mengedepankan keselamatan pasien serta biaya perawatan terjangkau. Para wisatawan kesehatan mancanegara juga dapat menikmati berbagai layanan kesehatan dan kebugaran menarik sambil dikelilingi pemandangan alam khas Malaysia. 

Diselenggarakannya Malaysia Healthcare Expo 2020 ini sebagai bukti peningkatan komitmen penyelenggara terhadap pasar Indonesia dan memudahkan masyarakat untuk cari lebih banyak info mengenai layanan kesehatan kelas dunia yang mudah diakses dan terjangkau secara kompetitif.


Narasumber yang hadir, termsauk bapak
 Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia

Sebenarnya Malaysia Healthcare Expo 2020 merupakan bagian dari inisiatif Malaysia Year of Healthcare Travel 2020 atau MyHT2020 yang diluncurkan bersamaan dengan kampanye Visit Malaysia 2020 (VM2020). Kampanye tersebut mengajak masyarakat di Indonesia merayakan pentingnya kesehatan fisik dan mental dengan mendapatkan layanan kesehatan secara holistik bagi para wisatawan kesehatan melalui tempat yang nyaman dengan berbagai atraksi wisata di negeri Upin dan Ipin.

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) adalah badan pemerintah untuk mengelola wisata kesehatan di Malaysia. Didirikan pada tahun 2009, MHTC berupaya memfasilitasi dan mengembangkan industri wisata kesehatan Malaysia di bawah brand "Malaysia Healthcare" untuk menjadikan Malaysia sebagai tujuan utama wisata kesehatan di dunia. 

Malaysia Healthcare dikenal sebagai "Healthcare Marvel" karena menjadi destinasi perjalanan kesehatan kelas dunia dalam waktu singkat, biaya terjangkau tapi kualitasnya tinggi. Dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang diraih dari tahun 2015-2019, antara lain :
  • Best Country in the World for Healthcare oleh majalah AS Internasional Living 
  • Destination of the Year oleh Internasional Medical Travel Journal yang berbasis di Inggris berdasarkan 3 kategori utama: kualitas, kemudahan akses dan jangkauan harga.

Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia berkeliling booth ditemani dan dijelaskan oleh Nik Yazmin Nik Azman

Penawaran perjalan end-to-end bagi wisatawan kesehatan dimulai sejak dari kedatangan sampai pulang kembali. Malaysia Healthcare Lounge  bertempat di Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA), KLIA 2 dan Penang International Airport menyediakan layanan penjemputan aerobridge, jalur cepat melewati imigrasi dan bea cukai serta pembantuan pengambilan bagasi. Ada juga pembantuan layanan penerjemah.

Bagi Mariscka Prudence, sebagai travel blogger yang sudah menjelajahi wisata di Malaysia. Hal yang paling enak adalah wisata kuliner di sana. Dapat rekomendasi dari teman-temannya untuk medical check up di sana, karena bagus dan harganya terjangkau. Soal Malaysia Healthcare Expo ini pengen dia kelilingi semua booth-nya karena harus MCU secepatnya. 

Jadi, enggak repot nih pasiennya kalau ada fasilitas kesehatan begini. Semua sudah disediakan secara praktis dan efisien. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi 
www.medicaltourismmalaysia.com
IG : @malaysiahealthcare
FB : MalaysiaHealthcare.org
Call centre : +603 27268688


10 Alasan Selangor Jadi Destinasi Wisata di tahun 2020


Selama cek kesehatan di Malaysia, jalan-jalan ke Selangor boleh juga lho. Biar tambah sehat jiwa dan raga. Saya belum pernah ke Selangor, Malaysia nih. Semoga aja ada rezeki akomodasi ke sana ya. Aamiin.

Dalam pidatonya saat press conference, Encik Azrul Shah mengatakan bahwa
menyambut baik  acara ini dengan adanya mengakomodir secara langsung mempromosikan pariwisata kesehatan di Malaysia. Banyak tempat wisata dan hiburan di Selangor. 

Peta Negeri Selangor

Selain itu melalui Malaysia Healthcare Expo 2020 bisa meningkatkan cara pelayanan dan kemudahan perawatan kesehatan yang terdapat di Malaysia untuk memperkuat Medical Tourism di Malaysia dan Negeri Selangor. Tentunya memilih Malaysia dan Negeri Selangor khsususnya untuk menjadi destinasi medical tourism.

Di Malaysia Healthcare Expo 2020 terdapat 6 operator pariwisata yang berkolaborasi dengan tourism Selangor yaitu KPJ Damansara, Subway Medical Centre, Alpha IVF Kota Damansara, Top Vision Shah Alam, Ramsay Sime Darby Group, dan Dorsett Grand Hotel Subang. 

Tahun ini Negeri Selangor  menargetkan peningkatan sebanyak 3-5% dari tahun sebelumnya. Sebanyak 8-10 juta wisatawan, di mana 4 jutanya dari wisatawan Indonesia. 

10 alasan Selangor menjadi destinasi wisata 2020 : 
  1. Adanya Selangor International Indigenous Artis Festival (SIIAF) pada tanggal 8 & 9 Agustus 2020.
  2. Sky Mirror
  3. History and Heritage Appreciation
  4. Conquer and Devour
  5. Stay in Style in 5 -star hotels
  6. Home to International Marathon Events
  7. Malaysia's Biggest Golf Arena
  8. Cruise-stop City/Village Tour
  9. Buzzing Night-life
  10. The Surge of Adrenaline 

Keterangan lebih lanjutnya bisa cek di 
Tourism Selangor Lot P7, Jalan Indah 14/12, Sekaten 14, 40000 Shah Alam, Selangor

www.selangor.travel
IG @discoverselangor 
FB : TourismSelangor 

Hadiah 2 voucher dari acara Malaysia Healthcare Expo 2020

Saat berkeliling booth expo, saya sempat bermain spin wheel dan mendapatkan 2 voucher senilai 585 RM atau senilai 1.989.000 rupiah. Wah, rezeki banget dan tanda-tanda paspor dipakai juga nih. Semoga aja nanti ada rezeki akomodasinya. Aamiin. 

Dalam kesempatan ini juga, Malaysia Healthcare Expo 2020 memperkenalkan maskotnya seekor hombill cum bernama Dr. Enggrang, sebagai representasi keramahtamahan Malaysia yang merupakan elemen penting dalam pengalaman perjalanan kesehatan Malaysia Healthcare yang bebas hambatan.

Berminat untuk cek kesehatan ke Malaysia sambil wisata? Kalau saya mau banget. Bisa tahu progress kesehatan diri dan bisa eksplor Malaysia juga. Barangkali setelah jalan-jalan kesehatan tambah fit dan cepat sembuh. Jom, melancong ke Malaysia.



***

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts