Main Yuk! Ke Planet Mochi Bersama Paddle Pop

4 komentar
"Yaahh, nggak jadi jalan-jalan ke Bosscha deh".

Gagal lagi liburan sekolah tahun ini karena situasi pandemi belum usai. Kasihan Abang Gie mengisi waktu liburan sekolahnya hanya di rumah aja. Ya mau gimana lagi, angka pasien Covid-19 terus melonjak. Saya nggak mau ambil risiko terpapar virus ini dengan mengajak anak liburan ke luar rumah. Saya pun jadi putar otak bagaimana menemukan cara agar liburan sekolahnya tetap menyenangkan dan tambah pengetahuan. Akhirnya, saya mengajak liburannya ke Planet Mochi. 

"Planet Mochi itu di mana mah?, tanya Abang Gie. 

Abang Gie makin bingung. Dia berusaha mencari tahu keberadaan Planet Mochi. Nggak usah bingung anakku, mamah langsung ajak kamu Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop. 

Main ke planet mochi
Abang Gie bersiap pergi ke Planet Mochi

Liburan ke Planet Mochi adalah program liburan menyenangkan dan bermanfaat yang dipersembahkan oleh Paddle Pop sebagai pilihan aktivitas mengisi waktu liburan sekolah anak selama di rumah saja. Paddle Pop bekerja sama dengan komunitas bermain seperti Wonder Fest, Rumah Dandelion, Buumi Playscape dan Mungilmu, serta parent influencer seperti Mona Ratuliu, Enno Lerian, Nana Mirdad, dan Melki Bajaj.

Tiap minggunya program ini diadakan untuk mengajak keluarga Indonesia menjelajahi dunia luar angkasa sambil bermain ke Planet Saturnus, Uranus dan Jupiter. Program ini memberikan manfaat untuk anak-anak dalam mengasah kreativitasnya. Seru banget deh saat berkreasi dengan es krim Mochi. 

๐Ÿš€Minggu pertama (25 Juni 2021) Liburan ke Planet Mochi bareng Mona Ratuliu dan Wonder Fest.

๐Ÿš€Minggu kedua (3 Juli 2021) Main ke Planet Saturnus bareng Enno Lerian dan Rumah Dandelion.

๐Ÿš€ Minggu ketiga (10 Juli 2021) Main ke Planet Uranus bareng Nana Mirdad dan Mungilmu.

๐Ÿš€ Minggu keempat (17 Juli 2021) Main ke Planet Jupiter bareng Melki Bajaj dan Buumi Playscape.

Poster Liburan ke Planet Mochi
Poster Liburan ke Planet Mochi series
Dok. Gambar IG @Paddlepo.Idn

Untuk mengikuti acara ini, tiap peserta diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. 100 pendaftar pertama mendapatkan kotak mainan. Gratis lho!




Main Yuk ke Planet Mochi Secara Virtual  Bareng Nana Mirdad dan Mungilmu

Abang Gie antusias sekali ingin berlibur ke Planet Mochi. Dari pagi ia sudah bersiap diri. Nggak mau ketinggalan juga adik Sagara dan Lingga menunggu acara liburan bareng Paddle Pop ini. Liburan ke Planet Mochi dibagi menjadi 4 sesi, dari tanggal 25 Juni-17 Juli 2021. Kami kedapatan jatah untuk tanggal 10 Juli 2021 bersama keluarga Nana Mirdad dan Mungilmu.

Sayangnya, Abang Gie bukan termasuk 100 pendaftar pertama. Jadi, tidak mendapatkan kotak mainan Paddle Pop yang bisa digunakan saat sesi main bareng. It's ok, nanti bisa cari bahan-bahannya setelah acara selesai. Sementara Abang Gie lihat dulu keseruan liburannya bareng teman-teman lainnya yang dipandu oleh kak Arina dan Bu Guru Azka dari Mungilmu.

Terdengar pintu diketuk. Bu Guru Azka bertanya siapa yang datang ya? Ternyata Pak Pos Jeri Jerapah datang dengan menggunakan kostum astronot dan memarkirkan roketnya di depan rumah. Ia membawa surat undangan dari Singa Paddle Pop. Isi surat tersebut mengajak teman-teman untuk mengunjungi Planet Mochi dan bersenang-senang di sana. Wah, seru banget! Untuk mengetahui letak Planet Mochi, anak-anak harus melewati 4 tantangan dulu. Dari membuat susunan tata surya, roket kertas tiup, membuat planet dan roket dari es krim Paddle Pop Mochi.

Planet Mochi
Dipandu oleh kak Arina dan Bu Guru Azka dari Mungilmu

Lalu, bagaimana menemukan Planet Mochi? Tata Surya kita kan banyak sekali planetnya?  Jangan khawatir, Singa Paddle Pop memberikan petunjuk agar sampai ke sana dari isi kotak mainan yang sudah disiapkan. Jadi, anak-anak tinggal mengikuti petunjuknya dengan cara menyusun nama-nama planet di playmat galaksi masing-masing. Setelah selesai, nantinya baru ketahuan planet mana yang belum berada di orbit. Ada yang tahu singkatan dari MEVEBUMAJUSATURNEP? Coba sebutkan. 

Karena Singa Paddle Pop belum ketemu, Planet Mochinya juga masih jadi misteri. Bu Guru Azka, kak Arina dan keluarga kak Nana Mirdad terus mencoba memecahkan misteri keberadaan Planet Mochi. Menurut petunjuk yang ada, Planet Mochi memiliki ciri-ciri planet yang dingin sekali bahkan mendapat julukan raksasa es. 

Butuh roket nih supaya cepat sampai ke Planet Mochi. Santuy Mak, Kak Arina dan Bu Guru Azka yang baik hati mengajarkan cara membuat roket tiup dari kertas yang terbangnya ditiup pakai sedotan. Buatnya mudah banget lho. Cukup siapkan printable roket yang sudah digunting, double tap dan sedotan plastik/kertas. Keluarga kak Nana Mirdad antusias sekali mengikuti petunjuk-petunjuk dari kedua kakak pemandu. 


Planet Mochi Uranus

Dalam susunan Tata Surya tidak terdapat Planet Uranus, maka solusinya adalah membuatnya dari es krim Mochi. Saat ingin kembali ke Bumi, ternyata roketnya rusak. Ya buat lagi roketnya dari es krim Mochi. Seru banget deh bisa berkreasi dengan Paddle Pop Mochi. Bikin ketagihan. Oh ya, kalau tidak sempat ikutan acara virtualnya, bisa nonton ulang di channel YouTube Official Paddle Pop Indonesia.



Bekreasi dengan Paddle Pop Mochi Di Rumah

Liburan sekolah bersamaan dengan PPKM darurat dari pemerintah. Kebetulan juga ayah mendapatkan cuti dari kantornya. Asyik anak-anak ada yang menemani bermain nih. Mamah bisa istirahat sebentar sambil nonton drama Korea ๐Ÿ˜….

Karena waktu ikutan acara virtual liburan ke Planet Mochi Abang Gie belum ada bahan-bahannya, maka sekarang semua bahan sudah siap dan bisa berkreasi membuat 4 tantangan di atas. Yuk, kita coba.



Persiapkan dulu bahan-bahan yang tercantum di atas ya. Cara membuatnya sebagai berikut : 
  1. Siapkan karton dan bentangkan di atas lantai atau matras.
  2. Buat 8 garis orbit dengan menggunakan tipe-x.
  3. Printable yang sudah digunting tempelkan double tap di belakangnya.
  4. Tempel printable sejajar dengan garis orbit. 

Pembuatan tata surya planet Mochi
Proses pembuatan tata surya dari karton

Karton planet Mochi
Taraaaaa, jadi deh karton tata suryanya

Setelah karton Tata Surya sudah jadi, biar cepat sampai ke Planet Mochi, Abang Gie membuat roket yang cuma sekali tiup langsung sampai lho. Kok bisa? Bisa dong! Coba yuk kita bikin. Jangan lupa siapkan bahan-bahannya ya.

Kalau sudah siap semua bahannya, langsung bisa buat nih. Caranya sebagai berikut :
  1. Gulung kertas sampai berbentuk tabung, lalu tempelkan di belakang roket.
  2. Tutup salah satu ujung tabung dengan double tap. 
  3. Setelah tabungnya sudah jadi, masukkan sedotan ke dalam tabung, lalu tiup kencang. Meluncur deh roketnya.

Roket tiup

Di dalam karton Tata Surya tidak terdapat Planet Uranus kan. Penasaran nggak sih ada di mana? Setelah dicari tahu, ternyata Planet Uranus ada dibalik Singa Paddle Pop yang di-scan dengan aplikasi Assemblr. Baru ketahuan deh. Namun sayangnya belum bisa mendarat di sana karena belum ada di garis orbit. Maka solusinya adalah membuat Planet Uranus dari es krim Paddle Pop Mochi. Begini caranya :
  • Siapkan bahan-bahan yang ada pada gambar di bawah ini.
  • Celupkan Cutton Bud ke pewarna makanan, lalu buat kreasi gambar di atas piring putih/piring kertas. Terserah mau gambar apa saja.
  • Keluarkan es krim Paddle Pop Mochi, lalu taruh di tengah piring dan tancapkan Singa Paddle Pop di atasnya. Jadi deh Planet Uranusnya. 

Aduh, saat mau pulang ke Bumi roket kertasnya rusak. Nggak usah takut, buat roketnya dari es krim Paddle Pop Mochi saja supaya bisa pulang dengan selamat sampai ke Bumi.  Coba kita buat yuk! Siapkan dulu bahan-bahan yang ada pada gambar di bawa ini ya.

Roket Mochi


Pertama-tama, lem pinggiran printable kerucut roket dulu. Lalu, hias pinggiran piring putih dengan pewarna makanan sesuai keinginan. Lalu, susun 3 es krim Mochi dengan menusukkan tusuk gigi supaya es krim nggak jatuh. Setelah itu tempel kerucut di atasnya dan tancapkan juga singa Paddle Pop. Akhirnya roket Mochi sudah jadi dan bisa pulang ke bumi dengan selamat. Oh ya, pastikan es krimnya dalam keadaan beku ya. Karena kalau kelamaan cepet lumer.

Tampilan Tata Surya Augmented Reality (AR) 



Biar tambah seru dan terlihat nyata planet-planetnya, pada kertas printable terdapat QR Code yang bisa di scan dengan aplikasi Assemblr. Nanti akan muncul bentuk dan penjelasan dari planet tersebut. Misal scan planet Bumi, nanti akan muncul gambar sekaligus penjelasannya. Tampilannya dalam bentuk 3 dimensi, jadi gambarnya bisa diperbesar, diperkecil, juga diputar-putar. Cara mainnya kayak gini :
  • Download aplikasi Assemblr di playstore.
  • Setelah berhasil registrasi, klik tulisan "Scan" yang ada di fitur bawah.
  • Tunggu sampai sinkronisasi scanner selesai
  • Arahkan scanner  ke QR Code sampai ada tanda warna kuning.
  • Atau ketik kata kunci @planetmochi di bawah tulisan "whose marker do you want to scan today".
  • Kemudian akan muncul gambar planet dan penjelasannya. Bisa posisi horizontal atau vertikal.
  • Hasilnya bisa difoto langsung 

Hasil foto langsung dari aplikasi

Planet Mars
Scan Planet Mars dari aplikasi Assemblr

Mengenalkan Anak Tentang Tata Surya

Waktu dulu saya belajar tentang tata surya sekitar kelas 4 SD. Dulu ada 9 planet yang mengitari matahari, tapi sekarang hanya ada 8 saja. Belum kesampaian melihat benda-benda langit dari teropong besar di Bosscha, Bandung. Ditambah saat ini sedang pandemi, jadi makin ditunda datang ke sana bersama anak-anak.

Mengenalkan benda-benda langit pada anak banyak sekali manfaatnya, antara lain mengagumi ciptaan Allah SWT, betapa besarnya Ia menciptakan segala benda-benda yang ada di luar angkasa. Ada matahari, planet, bintang, bulan, meteor, satelit, komet, asteroid, dan benda angkasa lainnya.

Anak juga belajar science atau ilmu pengetahuan. Anak bisa tahu bagaimana bentuk matahari, urutan setiap planet, apa saja kandungan yang terdapat pada matahari, tentang gravitasi, ciri-ciri planet, dll. 

Mengenalkan Tata Surya pada anak bisa menumbuhkan minat anak. Setelah tahu tentang apa saja yang ada di luar angkasa sana, Abang Gie mau jadi astronot lho. Wah, saya sih setuju saja kalau cita-citanya begitu. Itu artinya Abang Gie harus rajin belajarnya supaya bisa terbang ke bulan. 

Es Krim Paddle Pop Cemilan Baik Untukmu 

Siapa sih yang nggak suka es krim? Dari anak-anak sampai orang dewasa pasti suka cemilan dingin ini. Berdasarkan hasil studi, sebanyak 97.7% anak Indonesia mengkonsumsi lebih banyak cemilan & minuman kemasan dibandingkan sayuran & buah-buahan. Persentase yang cukup mengkhawatirkan. Untungnya sekarang pilih cemilan nggak susah, tinggal pilih es krim Paddle Pop aja. Sebagai pionir es krim anak selama 28 tahun di Indonesia, Paddle Pop memberikan asupan terbaik buat anak-anak. 


Memangnya makan es krim terus nggak bikin sakit? Tenang aja, es krim Paddle Pop Mochi aman dikonsumsi setiap hari. Karena Paddle Pop telah berkomitmen melalui kampanye #CemilanBaikUntukmu dengan  menerapkan standar cemilan es krim yang lebih baik dan mengedepankan kandungan yang baik untuk anak. Oleh karena itu, semua es krim Paddle Pop takaran gizinya mengacu pada standar WHO dan Kementrian Kesehatan RI dengan membatasi kalori 110kkal, 12 gram gula dan 3 gram lemak jenuh. Es krim Paddle Pop juga telah mendapatkan nomor ijin edar dari BPOM & halal sertifikat dari MUI.

Varian Paddle Pop Cemilan Baik Untukmu
Sumber gambar : Dari IG Paddle Pop

Kini, orang tua nggak perlu repot lagi cari cemilan buat anak-anak. Pilih saja es krim Paddle Pop dengan logo Cemilan Baik Untukmu. Tiap kandungan dan takaran es krim Paddle Pop sudah sesuai dengan kebutuhan gizi si kecil. Logo Cemilan Baik Untukmu ini bisa membantu orang tua menentukan pilihan cemilan tepat untuk anak. Jangan asal pilih cemilan ya, baca lagi label informasi pada kemasan juga. 

Seru juga ga liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop. Walaupun gagal melihat bintang dan benda langit dari teropong Bosscha di Bandung, liburan sekolah Abang Gie diisi dengan kegiatan bermanfaat sekaligus nambah pengetahuan. Biar nanti kalau ada pelajaran di sekolah, dia sudah tahu nama-nama planet dan benda langit lainnya. Keseruan liburan ditambah dengan membuat kreasi dari es krim Paddle Pop Mochi. Sekarang anak-anak sudah masuk sekolah tahun ajaran baru. Saatnya kembali menuntut ilmu dan selalu semangat belajar ya! Punya ide destinasi liburan nanti? Kasih idemu di kolom komentar ya.



Facebook : Petualangan Paddle Pop
Instagram : @paddlepop.idn
YouTube : Official Paddle Pop Indonesia
Webisite : http://paddlepop.co.id 



***

4 komentar

  1. tata Surya Abang Gie gede banget! Beneran nih belajar sambil bermain yaaa Abang Gie!

    Planet mochi memicu kreativitas dan bikin anak anak seneng belajar jadinya. Besok besok bikin pulau Brownies kali ya

    BalasHapus
  2. Wuaaaa pasti seru banget bertualang ke Planet Mochi. Sekalian belajar tata surya. Pas deh dengan materi pelajaran di sekolah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya buat bekal Abang Gie belajar tentang tata surya kelas 4 SD nanti.

      Hapus