#Hidup100Persen Slogan Baru BNN

Narkoba masih menjadi musuh bebuyutan manusia. Rasanya obat terlarang ini tidak ada habisnya. Tiap waktu pasti ada saja korban, pemakai atau pengedar narkoba. Bahkan pelakunya orang yang sama. Aduh, apa nggak ada kapoknya? Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai lembaga resmi negara yang bertugas memberantas narkoba serta obat terlarang lainnya tidak merasa lelah untuk memberantasnya. Terus menggalakkan kampanye anti narkoba untuk masyarakat.

Slogan baru BNN

Tahun ini BNN membuat slogan atau tagline baru yaitu #Hidup100Persen sebagai kampanye Nasional baru dan sebagai garda utama pencegahan dan pemberantasan narkoba. Hari Rabu, 22 Oktober 2020 telah diadakan Forum Diskusi  Trending Topik Di Kalangan Media bertemakan "Menggelorakan Kampanye Nasional #Hidup100Persen - Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia" di Ruang Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta. Saya turut hadir dalam forum diskusi bersama para blogger, kalangan media dan staff BNN lainnya. Sebelum acara dimulai, semua peserta diminta untuk melakukan rapid test Covid-19, memakai masker serta face shield sebagai kepatuhan protokol kesehatan. Alhamdulillah semua peserta yang hadir dinyatakan non-reaktif.

Bagaimana kasus narkoba selama pandemi? Hal ini cukup mencengangkan karena angkanya terus meningkat. Ratusan kilogram narkoba dari berbagai jenis ditemukan oleh pihak BNN. Drs. Anjan Pramuka Putra, S.H., M.Hum (Deputi Pencegahan BNN) dalam kata sambutannya menerangkan bahwa masyarakat sejak lama diberikan informasi tentang bahaya, akibat serta larangan penggunaan narkoba. Dengan adanya re-branding ini perubahan citra BNN sebagai garda utama Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba dengan mengubah pola Otoritatif menjadi Aspiratif dan yang terkesan kaku menjadi fleksibel. 

Forum diskusi slogan baru BNN
Para narasumber yang hadir 

Slogan baru BNN #Hidup100Persen ini pertama kali digaungkan saat Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 26 Juni 2020 dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI. Sebelumnya BNN menggunakan slogan STOP Narkoba, masih inget kan? Perubahan slogan baru ini dilatarbelakangi oleh adanya pembangunan SDM yang unggul yang termasuk dalam program 5 tahun ke depan serta adanya bonus demografi yang mendominasi generasi millenial atau generasi Z. Tentunya ini menjadi target sasaran BNN untuk mencapai #Hidup100Persen tanpa narkoba. 

Ada 4 komponen dalam kampanye ini yakni Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia. Sadar berarti menikmati hidup dengan sadar akan internal diri maupun apa yang terjadi di situasi sekitar. Sehat berarti menikmati hidup dengan pola hidup yang sehat baik fisik maupun mental. Produktif berarti menikmati hidup dengan menghasilkan karya dalam bidang yang ditekuni. Bahagia berarti hidup tanpa bebas dan bebas dari narkoba. Tentunya semua komponen itu menjadi capaian yang diharapkan.

Dalam forum diskusi ini hadir Suci Arum Sari - Pendiri ALODOKTER. Ternyata slogan baru BNN #Hidup100Persen sangat mengena dalam kehidupannya, terutama pada kesehatan. Di usia mudanya ia didiagnosa mengalami kesulitan berjalan atau lumpuh selama 20 hari. Fisik boleh lumpuh, tapi pikiran dan tekad tidak boleh "lumpuh", sehingga ia mendirikan ALODOKTER sebagai sumber informasi aplikasi kesehatan terpercaya. ALODOKTER sudah bekerjasama dengan 30.000 dokter. Aplikasi ini membantu masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan medis yang lebih baik.

Pentingnya #Hidup100Persen sebagai aktualisasi antara lain memaknai dan menghargai hidup diri sendiri, menjauhkan diri dari hal yang kurang bermanfaat seperti narkoba, turut berkontribusi untuk menciptakan suasana kondusif di lingkungan sosial, membantu untuk mencapai tujuan hidup serta hidup yang sepenuhnya bahagia. 

Amanda Valani - Head Content of Narasi menjelaskan bagaimana strategi menarasikan kampanye menjadi konten yang inspiratif dan relevan. Perhatikan hal-hal berikut ini : 
  1. Ketahui target sasaran kampanye
  2. Sesuaikan platform yang digunakan
  3. Buat konten yang sedang ramai dibicarakan di dunia maya
  4. Cari tahu tentang topiknya
  5. Kampanye disesuaikan dengan aktivitas seseorang sebenarnya sebagai penyemangat untuk orang lain
  6. UGC Strategy 

Ikuti 5 cara ini biar bahagia terus
Gambar Dok. IG BNN

Kalau mengikuti strategi-strategi di atas, maka slogan baru BNN #Hidup100Persen dapat langsung kena sasaran target. Umumnya generasi zaman now tidak bisa dikekang atau dilarang, harus ada call to action lewat berbagai platform yang ada. Maka gunakanlah gadget dan dunia digital  yang sedang digandrungi.

Pilihan hidup dengan #Hidup100Persen diharapkan menjadi sebuah gerakan massal yang menjadi solusi aspiratif dan hidup bahagia sehat tanpa narkoba. Generasi milenial dan generasi berikutnya keren kalau nggak menggunakan narkoba. Jangan sekali-sekali nyoba ya, sayangi diri, keluarga dan lingkungan.



***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Kehamilanmu Dengan Sensitif Digital

Review Produk Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil, Segala Kebaikan Dari Minyak Zaitun

Sudah Siapkah Si Kecil Masuk Sekolah? Kenali Dulu Perilakunya Di Usia Pra Sekolah