Rabu, 30 Oktober 2019

# 99NamaCinta # Dzawin Nur

"99NamaCinta" Film Pertama Dzawin Nur

Menonton film memang jadi hal favorit saya di kala sedang suntuk dengan rutinitas. Biasanya saya pilih film yang bisa buat pikiran fresh atau ada hal baru yang bisa diambil setelah keluar dari studio bioskop. Entah dari pesan film tersebut atau akting para pemainnya. Selain jalan cerita yang membuat saya tertarik untuk menonton, akting para pemainnya yang menjadi sebuah penilaian film ini layak ditonton atau tidak.

Tahun ini MNC Pictures telah meluncurkan beberapa film seperti Preman Pensiun The Movie dan Koki-koki Cilik 2. Keduanya sudah saya tonton dan menunjukkan antusias penonton cukup baik. Nah, sebelum mengakhiri tahun 2019, MNC Pictures menghadirkan produk film terbar yang akan hadir 14 November 2019 di bioskop berjudul "99NamaCinta".  Film bergenre drama romantis komedi yang dibalut dengan sentuhan religi.




Hari Rabu, 23 Oktober 2019 di Senayan City XXI saya hadir di press screening film 99NamaCinta. Film karya sutradara Danial Rifky dan skenarionya ditulis oleh Garin Nugroho. Wah, sebuah kolaborasi karya seni yang tak biasa. Film garapan Danial Rifky terakhir yang saya tonton itu Meet Me After Sunset tahun 2018. Jelang akhir tahun ini dia menelurkan karya terbaiknya lagi.

Film 99NamaCinta mengisahkan seorang presenter ternama dari sebuah acara gosip bernama Talia. Ia sangat handal mengolah berita sehingga acaranya mendapatkan rating tertinggi. Suatu hari datang seorang pria berpenampilan bak ustad yang menawarkan belajar mengaji, diketahui pria itu bernama Kiblat. Berkat bantuan ingatan ibu Talia ternyata Kiblat adalah teman kecilnya dulu. Ia hadir karena suatu wasiat dari almarhum ayah Talia.

Kejadian demi kejadian buruk terjadi pada Talia di pekerjaannya. Sampai ia harus melibatkan Kiblat di proyek kerjaannya. Tidak mudah juga Talia mengajak Kiblat sehingga terus terjadi salah paham. Tapi Talia rela lho bolak balik ke Kediri untuk menemui Kiblat.  Banyak sekali kejadian-kejadian tak terduga di film ini yang membuat mereka membangun chemistry.

Official poster 

Film 99NamaCinta dibintangi oleh beberapa artis seperti Acha Septriasa, Deva Mahenra, Adinda Thomas, Ira Wibowo, Susan Sameh, Chiki Fawzi, Donny Damara, Robby Purba, Dzawin Nur, sampai artis Korea Ayana Jihye Moon. Dari sekian nama yang tertera, saya tertarik dengan komedian Dzawin Nur. Ngapain dia film ini? Mau berakting lah. Tapi aktingnya kayak apa, nonton aja filmnya nanti ya.

Cuma yang bikin unik Dzawin di film ini adalah pertama kalinya dia bermain film. Padahal dia terjun di dunia hiburan enggak baru-baru banget sih. Jebolan stand up comedy Indonesia tahun 2014 dan menyabet juara 3. Aktingnya di film ini bisa dibilang masih mentah, jadi maklum saja ya kalau ada kurangnya. Meskipun begitu kehadirannya di film perdananya ini sangat menghibur.

Pria kelahiran Bogor dan bernama lengkap Dzawin Nur Ikram memberikan warna baru pemain komedi di sebuah film. Biasanya kan film-film Indonesia menampilkan komedian yang itu lagi itu lagi. Kadang membosankan juga sih. Saya rasa Danial Rifky tepat memilih Dzawin memerankan sebagai Ustad Bambu.

Bersama Dzawin saat press screening

Saat press conference Dzawin mengaku sangat senang bisa bermain film ini. Kebanyakan scene yang ia mainkan di Kediri. "Yang lain pada punya manager, gue doang apa-apa sendiri", jawabnya saat ditanya kesannya pertama kali syuting. Selama kurang lebih 13 hari Dzawin syuting di Kediri. Menurut Danial Rifky, secara akting dan membaca skenario tidak ada kesulitan, mungkin sering membuat script stand up secara mandiri.

99NamaCinta bagi saya mengingatkan kembali diri kita pada Maha Kuasa. Sebenarnya apa yang kita terima dalam kehidupan tak luput dari nama-nama baikNys atau bisa dibilang Asmaul Husna. Perjalanan hidup sekaligus cinta antara Talia dan Kiblat menggambarkan bahwa manusia pernah lupa, salah, persaingan, cinta yang penuh misteri. Selepas nonton film ini saya makin merasa bahwa Dia Maha Baik dalam segalanya. 99NamaCinta tayang 14 November 2019 di bioskop kesayangan kalian.





***


1 komentar:

  1. Duh ceritanya dekat banget nih sama kehidupanku dulu sebagai reporter Infotainment... penasaran sih sama aktingnya Acha Septriasa yang selalu bikin rindu. Mau nonton ah nanti... eh barengan yuk di Pesona Square :)

    BalasHapus