Senin, 28 Mei 2018

# kesehatan gigi dan mulut # tips jaga kesehatan gigi dan mulut

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Berpuasa

Si Kecil rajin sikat gigi

Gigi dan Mulut. Dua organ tubuh yang saling berkaitan. Kalau nggak ada mulut makanan nggak bisa masuk, kalau nggak ada gigi makanan nggak bisa dikunyah. Makanya penting sekali duo sejoli ini dijaga kebersihannya. Tiap waktu gigi dan mulut tidak berhenti fungsinya. Kalau tidak dijaga kebersihannya dengan baik, aduh berabe deh kalau sudah sakit gigi dan mulut.  Apalagi momen puasa ini kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga. Karena selama 12  jam kita tidak makan dan minum, maka aroma khas yang keluar dari mulut bisa dibayangkan dong.

Minggu, 20 Mei 2018 lalu saya menghadiri sharing session mengenai Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Bulan Ramadhan di Kopka Cafe, Depok. Wah, tema yang pas di bulan puasa ini. Menghadirkan pembicara drg. Atikah Sabrina Alyani yang praktek di puskesmas Caringin, Kabupaten Tangerang dan di Jalan Pesantren No.86. Rt 003 Rw 001, Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Tangsel. Oh ya, acara ini diselenggarakan oleh Mothers on Mission sebuah community marketing agency.  

jaga kesehatan gigi dan mulut
Drg. Atikah Sabrina Alyani


Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Mulut memiliki anatomi atau bagian-bagian di dalamnya yaitu langit-langit (palatum), amandel (tonsil), vestibulum oris, uvula, lidah dan gusi. Kita sering mengalami kelainan pada anatomi rongga mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, resesi gusi dan abrasi gigi, sariawan dan karang gigi (kalkulus). Kalau sudah memiliki kelainan begini pastinya sangat mengganggu aktivitas kita kan. Mau ngomong takut orang kebauan cium aroma dari mulut. Makanya penting banget menjaga kesehatan gigi dan mulut.

anatomi gigi dan mulut
Sumber foto disini

Kelainan Pada Rongga Mulut


1.Gigi Berlubang (Karies) 
Kebetulan gigi graham kanan dan kiri saya berlubang. Rasanya saat lagi kambuh sakitnya sampai ke kepala. Nggak bisa tidur dan makan pastinya. Gigi berlubang disebabkan oleh cara penyikatan gigi yang salah karena masih menyisakan sisa makanan pada gigi. Plak yang sudah lama menempel bisa menyebabkan gigi berlubang. 

2. Karang Gigi
Pasti ini masalah kebanyakan orang. Karang gigi ini bisa mengakibatkan radang gusi, gigi goyang dan gigi tanggal. Adanya karang gigi karena kebiasaan yang kurang baik seperti minum kopi terlalu banyak dan merokok. 

3.Resesi Gusi dan Abrasi Gigi
Tidak hanya air laut saja yang bisa abrasi, gigi pun juga bisa. Penyebabnya dari sikat gigi terlalu keras dan cengkraman kawat gigi tiruan.

4. Sariwan (Stomatitis)
Nah, gangguan mulut ini yang paling sering dialami tiap orang. Sariawan disebakan oleh cedera trauma, kurang Fe (zat besi) dan vitamin B12 dan hormonal. Jadi, kalau kamu sariawan bukan kekurangan vitamin C ya. Penyembuhannya bisa mengonsumsi kerang, kepiting, ikan salmon, ikan tuna, daging sapi, susu. Berarti bukan konsumsi jeruk lagi. 

5. Bau Mulut (Halitosis)
Kelainan yang satu ini bikin ganggu lawan bicara kita ya. Langsung ilfil deh. Bau mulut ini penyebabnya karena penyakit GIMUL (gigi berlubang, radang gusi dan lidah kotor), mulut kering, gangguan saluran pencernaan, infeksi saluran pernapasan, sinusitas, diabetes, dll. Kalau bau mulut selama berpuasa, insyallah wangi surga ya selama tidak ads kelainan. 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah drg. Atikah menjelaskan tentang kelainan pada gigi dan mulut, ia  juga memberikan solusinya agar tetap terjaga kesehatannya.

Perhatikan cara menyikat gigi. Siapa yang masih asal-asalan menyikat giginya? Salah menyikat bisa menimbulkan kelainan gigi dan mulut lho. Cara menyikat gigi yang yang benar itu memutar, menarik dan mengungkil. Pemilihan sikat gigi ada kriterianya juga. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus dan rata, gagang sikat gigi yang lurus, ujung kepala sikat mengecil atau mengerucut, ganti sikat gigi maksimal 2 bulan sekali.

Bisa menggunakan obat kumur maksimal 3x seminggu. Pastikan obat kumurnya tidak mengandung alkohol. Menyikat lidah juga bisa bersihkan mulut. Produk sikat lidah juga sudah banyak dijual di pasaran ya. Biasanya sih yang sering saya temukan merek f****la. Menggunakan benang gigi juga bisa membersihkan. Kalau yang belum terbiasa disarankan jangan sih. Kayak saya nih yang belum pernah pakai benang. Benangnya itu digesekkan pada sela-sela gigi. Perbanyak konsumsi buah, sayur dan air putih karena penting nutrisi dari dalam. Satu lagi yang sering terlewati yaitu kontrol ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Warning juga nih buat saya yang jarang banget kontrol gigi. Makanya gigi saya sering sakit.

Foto bersama setelah acara selesai
Foto @ngejamu

Bertepatan dengam bulan Ramadan ini, drg. Atikah juga memberikan tips menjaga kesehatan gigi dan mulut selama berpuasa :

  1. Jaga kebersihan mulut
  2. Minum air putih 8-10 gelas saat sahur dan berbuka
  3. Hindari makanan berbau menyengat  saat sahur seperti durian, jengkol, petai, dll.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  5. Kurangi makan manis dan lengket
  6. Tidak merokok, minum kopi (terlalu banyak) alkohol, minum teh hijau
  7. Konsul ke dokter 
Acara sharing session ini tambah seru karena didukung oleh 2 sponsor yaitu CLARIS Indonesia dan Ngejamu. Tiap peserta yang hadir di acara ini mendapatkan bingkisan menarik dari 2 produk tersebut. 

wadah makanan claris
Foodsaver Claris


CLARIS Indonesia merupakan produk kebutuhan rumah tangga yang terbuat dari plastik. Ada kotak fancy, kabinet, facy box, foodsaver, food container dan masih banyak lagi. Lebih lengkapnya follow akun instagramnya @clarishome. Kebetulan saya dapat 3 food container, 1 dari isi goodiebag dan 2 dari menang best post instagram. Lumayan buat bawa bekal atau tempat kue lebaran. 

aloe vera gel ngejamu
Aloe Vera Gel Ngejamu

Selain itu @Ngejamu memberikan new product Aloe Vera Gel. Produk kesehatan dan kecantikan ini semacam body lotion yang berbahan asli dari Aloe Vera (lidah buaya) yang bermanfaat melembabkan kulit, menghaluskan wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori. Diproses melalui bahan - bahan alami. Selain Aloe Vera Gel, Ngejamu punya produk lainnya seperti jamu, face mask dan coconut oil.

Ngabuburit yang berfaedah ya. Selain dapat ilmu bermanfaat dari narasumbernya langsung, bisa bersilaturahmi dengan teman lainnya. Semoga sharingku kali ini bermanfaat juga untuk kalian. Terima kasih untuk @mothersonmission.id yang sudah menyelenggarakan acara ini dan @kopka.id yang menyediakan tempat, makanan dan minuman yang enak. Ingat, tetap jaga kesehatan gigi dan mulut.


***

25 komentar:

  1. iya ya.. kalau lagi puasa memang mesti ekstra buat jaga kesehatan gigi dan mulut biar gak bikin tengsin kalau lagi ngobrol sama teman

    BalasHapus
  2. Nah itu dia kadang suka ga pedee kalo puasaa, wangii..
    Penting banget jaga kesehatan gigi dan muluut, makasih tipsnya yaa..

    BalasHapus
  3. Bener, penting banget jaga kesehatan mulut supaya temen ngobrolnya ga semaput. :D

    BalasHapus
  4. Pantesan aku sefing merasa halitosis mungkin karena ada lubangnya ya 😄

    BalasHapus
  5. Obat kumur boleh nggak ya pakai tiap hari?

    BalasHapus
  6. Ga kebayang puasa makan duren. Pas lagi ngomong semriwing bau duren... hihi

    Btw bener tuh ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali. Agar terjamin kebersihannya.

    BalasHapus
  7. Saya pernah sakit gigi, dampaknya ke mulut bau, sekarang setelah jaga kebersihan gigi dan mulut, kemudian pilih asupan jd enak mulut

    BalasHapus
  8. ngejamu boleh buat anak gak mak ? dari dokter gigi langganan mada, anak2 balita rentan terkena penyakit yg menyerang gigi

    BalasHapus
  9. betul.. walau napas kita seharum kasturi tapi kita harus menjaga diri dengan gosok gigi

    BalasHapus
  10. gampang-gampang susah ya moms gie nyuruh anak gosok gigi, kadang mereka lupa aja gitu pas gosok gigi

    BalasHapus
  11. Jaga kesehatan gigi sangat penting karena juga berkaitan dengan organ lainnya.

    BalasHapus
  12. kesehatan mulut itu penting karena bisa jadi akar masalah penyakit

    BalasHapus
  13. penting banget menjaga kesehatan gigi dan mulut memang, btw itu sudah bisa sikat gigi sendiri yah si kakak, makasih sharing nya kakak

    BalasHapus
  14. Kalo gigi aku tuh bagian atasnya yg keropos, diakibatkan krn gosok gigi yg salah juga katanya. Itu disebutnya apa ya?

    BalasHapus
  15. Bener banget nih..kebersihan gigi selama ga puasa aja harus kita jaga , apalagi selama puasa ya. Jangan sampe orang lain keganggu dengan bau mulut kita hehehe.

    BalasHapus
  16. Setuju. selama berpuasa memang penting menjaga kesehatan gigi dan mulut ya

    BalasHapus
  17. bener kak, jangan sampai nyesel pas udah gedenya :D jangankan pas puasa, pas lagi puasa aja harus dijaga.. hehe

    BalasHapus
  18. Aku baru banget kelar perawatan akar gigi selama 5x bolak-balik ke dokter gigi nih kak, masih berasa capeknya dan nyesel kenapa gak daridulu aja peduli sama gigi huhuhu

    BalasHapus
  19. Aku kena sariawan :( Lha ternyata disuruh makan ikan salmon atau tuna,ya. Makasih infonya

    BalasHapus
  20. Aku pernah tuuu pas buka makan jengkol. Ya ampuuunnnn udahan nyesel gak mau2 lagi makan jengkol pas bln puasa. Hahaha

    BalasHapus
  21. Bener banget penting jaga kesehatan mulut ni mom

    BalasHapus
  22. Bulan puasa memang penting banget menjaga kesehatan gigi dan mulut. Secara bisa bau mulut yang muncul atau sariawan yang mungkin timbul.

    BalasHapus
  23. Meski berpuasa, napas juga harus tetap segar

    BalasHapus
  24. Aku palis males pakai obat kumur. Padahal ada stok besar dan belum kepakai. Hihii

    BalasHapus