Sabtu, 19 Mei 2018

Sensasi Baby Spa Di Rumah Dengan Little Bee Refreshing Baby Spa

Kelahiran si buah hati adalah momen yang paling ditunggu. Semua keluarga menyambut dengan bahagia. Sentuhan pertama ibu menjadi suatu ikatan (bonding) bagi bayi. Dengan sentuhan bayi akan merasa terlindungi dan adanya kasih sayang. Oleh karena itu, setiap bayi yang baru lahir melalui proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Tujuannya agar bayi tidak mengalami trauma saat lahir karena keadaan yang berbeda saat di dalam rahim. Pelukan dan sentuhan ibu lah yang menjadi ikatan yang kuat ke bayi.

sensasi spa di rumah

Menurut Nelson (1986) bounding dimulainya interaksi emosi sensorik fisik antara orangtua dan bayi segera setelah lahir, adanya pelekatan (attachment), ikatan yang terjalin antara individu yang meliputi pencurahan perhatian yaitu hubungan emosi dan fisik yang akrab. Tahapan yang dilalui mulai dari perkenalan (dengan kontak mata atau menyentuh), keterikatan, attachment (perasaan sayang yang mengikat dengan individu lain). Salah satu cara membangun bonding yang tepat dengan bayi bisa lakukan baby spa di rumah. 


Menyinggung perihal baby spa di rumah, 8 Mei 2018 lalu saya menghadiri Blogger Gathering di Showroom Tupperware - South Quarter Dome, Jakarta dengan tema talkshow "Perkuat Ikatan Kasih Ibu dan Anak dengan Sensasi Baby Spa di Rumah". Menghadirkan dokter konselor laktasi yang memiliki gelar pijat bayi yaitu dr. Ameetha Drupadi CMII (Certified Infant Massage Instructor). Wah, pasti mau tahu banyak tentang apa itu baby spa, manfaat dan produk yang tepat kan? Apalagi bisa dilakukan di rumah tanpa harus reservasi tempat, menerjang kemacetan, lokasinya jauh dari rumah dan harga yang  cukup mahal. Yuk, ikuti terus artikel ini ya...

Dr. Ameetha Drupadi

Pengertian Spa


Saya belum pernah mengajak Sagara ke tempat spa bayi. Jangankan si bayi, saya saja belum pernah merasakan pijatan lembut para terapis spa kasian banget. Arti dari spa itu sendiri saya belum paham.  dr. Ameetha Drupadi menerangkan SPA adalah istilah dari bahasa Yunani yaitu Solus Per Aqua yang artinya melakukan perawatan tubuh dengan air sebagai medianya. Jadi, baby spa bisa diartikan sebagai perawatan tubuh bayi dengan air. Rangkaian baby spa saat di rumah bisa berupa Baby Swim atau Baby Bath (berendam di air hangat) dan Baby Massage atau Infant Massage.

Pijat bayi (infant massage) merupakan sebuah ungkapan kasih sayang ibu pada buah hati melalui stimulasi sentuhan pada kulit. Sentuhan ibu akan direspon bayi sebagai bentuk perlindungan, perhatian, dan ungkapan cinta. Mempunyai efek positif bagi tumbuh kembang bayi.

Kapan Bayi Boleh Dipijat ?


Dr. Ameetha Drupadi mengatakan beberapa kriteria kapan bayi boleh dipijat diantaranya :
  • Pada bayi cukup bulan, pijat bayi bisa dilakukan sedini mungkin setelah dilahirkan. 
  • Untuk bayi kurang bulan harus diperiksa dahulu oleh tenaga kesehatan apakah sudah boleh diberikan pijatan atau tidak.
  • Pada bayi berusia kurang dari 2 bulan harus dilakukan sangat lembut dan hati-hati. 


Manfaat Pijat Bagi Bayi 


Ternyata bukan hanya sekedar memberikan sentuhan saat pijat bagi bayi, tapi juga banyak manfaat dibalik itu semua seperti : 
  • Membantu mengembangkan bahasa pertamanya yaitu sentuhan.
  • Menciptakan ikatan psikologis antara orangtua dan anak.
  • Membantu memperkuat sistem pencernaan, pernapasan, peredaran darah dan kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan berat badan.
  • Memacu perkembangan otak dan sistem syaraf.
  • Membantu bayi tidur lebih nyenyak. 


Manfaat Pijat Bayi Bagi Orangtua


Selain bermanfaat bagi bayi, pijat bayi ada manfaatnya untuk orangtua : 
  • Mengembangkan suasana yang menyenangkan bagi orangtua dan bayi.
  • Mendukung ikatan kasih sayang antara orangtua dan bayi.
  • Menciptakan suasana yang menyenangkan bagi orangtua dan bayi. 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memijat Bayi


Sebelum melakukan pemijatan, moms harus perhatikan hal-hal apa saja yang harus disiapkan agar selama proses pemijatan lancar : 
  1. Pilihlah tempat yang nyaman bagi ibu dan bayi.
  2. Pilihlah suasana hati tenang bagi bayi dan ibu.
  3. Pilih waktu pada pagi, malam atau sebelum tidur.
  4. Siapkan handuk, popok, baju ganti, baby oil, dan lotion yang sesuai dengan kulit bayi.
  5. Duduklah pada posisi nyaman dan tenang.
  6. Baringkanlah bayi di atas permukaan kain yang rata, lembut, dan bersih.
  7. Saat memijat bisa memutarkan musik yang menyenangkan dan redupkan lampu ruangan.
  8. Pemijatan dimulai dari bagian kaki, perut, dada, tangan, muka dan diakhiri pada bagian punggung.
  9. Untuk mempererat ikatan dengan si kecil jagalah kontak mata dengan bayi dan bicaralah dengan suara yang menyenangkan 
  10. Pijat bayi dengan lembut sambil perhatikan ekspresinya untuk menilai pijatan yang disukai. 

Kapan Waktu yang Tepat Memijat Bayi? 


Nah, ini penting sekali nih moms. Memilih waktu yang tepat memijat bayi untuk menghindari kerewelan pada bayi. Kalau rewel hasilnya juga jadi nggak maksimal kan. Waktu yang tepat itu tidak pada saat bayi lapar, mengantuk, setelah minum ASI atau makan. Bayi yang sakit sebaiknya diperiksakan ke tenaga kesehatan untuk memastikan apakah perlu perawatan khusus atau tidak. 

Saya mau nanya nih, kalau memandikan si kecil apa yang moms lakukan atau persiapkan? Kalau saya sekarang sudah nggak terlalu repot memandikan Sagara. Ia juga nggak betah mandi di dalam bak seperti waktu masih bayi dulu. Maunya berdiri sambil pegangan di pinggiran bak atau disemprot air dingin dari selang.  Kadang Sagara masih mau mandi di bak juga sih. Namun, jika anak moms masih bayi bisa lakukan beberapa tips berikut ini.


Tips Memandikan Bayi 


  • Isi air hangat ke bak mandi dengan suhu sekitar 36-37°C.
  • Bersihkan mata bayi dengan kapas yang telah dibasahi dengan air matang hangat untuk mengusap mata bayi dengan lembut.
  • Basuh kepala, leher, wajah, dada, lengan serta punggungnya, perhatikan daerah lipatannya. 
  • Sabunilah kepala dan badan dengan menggunakan washlap. Gunakan sabun bayi yang aman dan tidak pedih dimata. 
  • Keramasi rambut si bayi kemudian pegang kepalanya di atas bak mandi lalu keringkan. Lepas handuk, lalu letakkan satu tangan di bawah pundaknya dan tangan lainnya diletakkan pada pantat bayi. 
  • Masukkan bayi secara perlahan ke bak mandi, topang leher dan pundak bayi lalu sabuni dan bilas. 
  • Handuki bayi lalu tepuk-tepuk lembut bayi agar badannya kering, tidak disarankan di lap seperti orang dewasa karena kulit bayi yang masih sensitif dan lemah.

Kegiatan memijat bayi beberapa kali saya pernah lakukan pada Sagara. Namun, karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan bagaimana memijat bayi yang benar dan pemilihan produk, saya tidak begitu berani untuk sering melakukannya. Berkat hadir di acara blogger gathering ini, saya jadi tambah wawasan baru tentang itu semua. Khususnya rangkaian produk baby spa untuk di rumah. 

Menjawab kebutuhan antara ibu dan bayi demi menciptakan sensasi baby spa di rumah, maka Tupperware Indonesia meluncurkan LITTLE BEE "Refreshing Baby Spa Sensation" produk Baby Toiletries Premium untuk menemani para ibu menciptakan ikatan kasih sayang yang kuat melalui sensasi baby spa di rumah. Tujuannya ingin mendorong para ibu untuk melakukan baby spa di rumah, memberikan stimulasi sentuhan dan pijatan pada bayi. 

"Kok, Tupperware ngeluarin produk perawatan bayi si. Bukannya merek ini khusus wadah makanan ya".

Pasti ada dalam benak ibu pertanyaan  seperti ini. Latar belakang diluncurkan produk ini adalah selama 27 tahun kehadiran Tupperware Indonesia menjadi brand yang terpercaya dan berhasil menjadi Top of Mind sebagai produk houseware solution premium & food conservation terbaik di Indonesia. Beberapa tahun belakangan meluncurkan beragam produk inovasi dalam bentuk kategori baby & kids untuk memenuhi tumbuh kembang anak diantaranya Tiwi Kids (usia 18-36 bulan) dan Tiwi Todz (6-18 bulan) membantu si kecil makan sendiri, dan Tiwi Cutie Twee (> 3 bulan) botol bayi dengan 3 teat flow adjustment. Ada juga Turbo Chopper yang dapat digunakan untuk menyiapkan MPASI di mana saja. 

"Tupperware Indonesia selalu meluncurkan produk-produk berkualitas mulai dari wadah penyajian makanan, peralatan masak, suplemen, kosmetik, sampai produk perawatan bayi. Little Bee diproduksi dengan standar tinggi, aman, dan memiliki formula+ yang bermanfaat merawat kulit dan menjaga kulit bayi. Mengajak ibu dan bayi menciptakan sensasi baby spa di rumah melalui pijatan lembut sehingga terciptakan bonding yang kuat" jelas Nurlaila Hidayati, Marketing Director Tupperware Indonesia.



Nurlaila Hidayati

Sensasi Baby Spa Di Rumah Dengan Little Bee Dari Tupperware


Senang sekali ada produk baby spa dengan standar kualitas yang tinggi dari Tupperware Litte Bee Refreshing Baby Spa yang terdiri dari Baby Lotion, Baby Oil, Baby Powder, Baby Soap, Baby Wash dan Baby Shampoo. Semua produk ini sudah teruji secara klinis meminimalisasi munculnya alergi (Hypoallergenic & Dermatologically Tested) sehingga aman digunakan untuk bayi yang baru lahir. Tupperware Little Bee hadir dengan Formula+ pada masing-masing varian produknya. Ibu Rina Sudiana selaku Marketing Manager Little Bee menjelaskan detail produknya. Beliau mengatakan Little Bee memang baru ada di Indonesia, namun kehadirannya di Filipina sudah lebih dari 2 tahun. Produk Little Bee memang masih diimpor dari Filipina. 

Rangkaian produk Little Bee

Little Bee Baby Soap


Dengan Formula+Minyak Zaitun  & LAMESOFT* (campuran ekstrak alami dari minyak kelapa dan minyak biji bunga matahari) yang membentuk lapisan lemak pelindung alami sehingga kulit tetap lembut dan lembab setelah mandi. Berfungsi untuk mengganti kandungan lemak kulit yang hilang saat mandi sehingga kulit tetap lembut dan lembab. Harganya Rp.55.000.

Little Bee Baby Wash


Diperkaya dengan LAMESOFT yang bekerja aktif menjaga kelembaban dan kelembutan kulit sehabis mandi. Harganya Rp. 90.000.

Little Bee Baby Shampoo


Mengandung CETIOL CONDITIONER membersihkan secara sempurna dan sebagai conditioner menjaga kelembutan rambut bayi sehingga mengembang alami setiap helainya. Harganya Rp.90.000.

produk baby spa di rumah

Little Bee Baby Powder


Diperkaya dengan kandungan ALLANTOIN yang secara alami melindungi area lapisan kulit dari iritasi sekaligus mengurangi efek butiran bedak berhamburan dan menjaga kulit bayi lebih lama. Harganya Rp.55.000.

Little Bee Baby Lotion 

Diperkaya dengan GLYCERYL OLEATE & VITAMIN E (ekstrak minyak kelapa) yang menjaga kelembaban alami kulit selama 24 jam dan Anti Oksidan yanng menjaga kulit dari pengaruh radiasi UV dan polutan radikal bebas. Harganya Rp.55.000.

Little Bee Baby Oil

Diperkaya dengan ALOE VERA dan VITAMIN E yang menjaga kelembaban kulit bayi dan Anti Oksidan yang menjaga kuliy dari pengaruh radiasi UV dan polutan radikal bebas. Harganya Rp.55.000.

Untuk mendapatkan produk Little Bee bisa beli di outlet Tupperware terdekat karena memang tidak dijual secara bebas di toko-toko ritel.

rangkaian produk baby spa


Panduan Baby Spa Di Rumah 


Saya mau kasih panduan baby spa di rumah nih untuk para ibu di rumah. Pastinya menggunakan produk Little Bee dong. Baby spa terbagi atas 3 bagian sebagai berikut. Oh ya, sebelum memijat  pastikan tangan ibu sudah bersih, minta izin dulu sama si kecil kalau ibu ingin memijatnya agar ia merasa rileks dan percaya dengan ibu. 

Pijat Little Bee

Moms sudah tahu kan hal-hal yang diperhatikan saat memijat bayi yaitu mempersiapkan keperluan memijat (poin no.4). Salah satunya sediakan Little Bee Baby Oil. Lakukan pijatan di tiga area penting seputar wajah, badan, serta alat gerak.

manfaat pijat bayi di rumah
Sagara anteng dipijit sama mama

Pijatan area wajah bisa membantu kematangan struktur otak dan sistem saraf yang merupakan kunci sukses tercapainya kecerdasan. Area penting yang dipijat yaitu Smile (area atas bibir), Two Thumbs Up (dahi) dan Clown Mask (samping kepala) seperti gambar di bawah ini.

Cara gerakan pertama

Pijatan area badan mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan pernafasan, serta mengoptimalkan pertumbuhan tulang punggung anak.  Gerakan yang bisa dilakukan yaitu I Love u, Open Book dan Sliding back. Saat memijat hindari area pusarnya.



Pijatan alat gerak menguatkan otot dan tulang anak serta meningkatkan kemampuan motorik anak dalam beraktivitas. Gerakannya bernama Milking, Happy Carousel, Two Thumbs Up dan Happy Fingers.



Mandi Little Bee


Mandi salah satu kegiatan yang disukai si kecil. Bermain air dan busah sabun sangat disukai Sagara. Bahkan kalau tidak digendong dan dipakaikan handuk, pasti dia belum mau beranjak dari baknya. Mandi juga bisa menstimulasi pertumbuhannya. Sambil mandi ibu dan bayi bisa saling berinteraksi dengan mengenalkan wangi sabunnya agar terstimulasi indera penciumannya. Little Bee Baby Wash & Body Soap memiliki aroma Powdery Musk yaitu aroma khas bayi yang menstimulasi rasa bahagia pada ibu yang baru melahirkan. 

Pakaikan juga Little Bee Baby Shampoo yang melapisi dan menjaga kelembutan alami setiap helai rambut. Memiliki wewangian Powdery Musk yang aromanya tahan hingga 4 jam setelah pemakaian. Pengennya ciumin terus rambut si kecil.

Segar mandi pakai shampoo dan sabun Little Bee



Segar Little Bee


Setelah dipijat dan mandi, sekarang waktunya si kecil mendapatkan kesegaran dari Little Bee Baby Lotion di seluruh tubuh bayi untuk menjaga kelembaban dan kesegaran kulitnya sehingga si keci nyamn beraktivitas dan terlindungi dari sinar UV.

Biar lebih segar lagi pakai juga Little Bee Baby Powder yang mudah menyerap dan tidak mudah berhamburan. Hindari pemakaian bedak pada arean mulut, hidung, mata dan kelamin. 

little bee powder dan lotion
Sagara serius coba pakai bedak Little Bee

Yeay...si kecil sudah wangi dan siap mengeksplorasi lagi. Hanya dengan melakukan baby spa di rumah saja bonding  yang erat bisa tercipta antara ibu dan bayi. Saya juga merasakan hal ini. Sagara jadi tambah lengket sama saya. Mau ke kamar mandi saja ia menyusul.  Momen seperti ini tidak akan terulang lagi saat ia besar nanti. Sekarang bisa baby spa di rumah dengan rangkaian produk Little Bee dari Tupperware. Ingat ya ini produk perawatan bayi, bukan wadah penyimpan makanan. Segera cari produknya di outlet atau showroom Tupperware terdekat. Lebih lengkap tentang produk bisa follow @tupperware.littlebee.  Little Bee...yuhuuuu.





***

26 komentar:

  1. Panduan Spanya sepertinya bisa menjadi pelajaran yang sangat berarti bagi calon Ibu maupun yang sekarang sudah memiliki momongan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, ayo praktekin. Manfaatnya banyak pijat bayi di rumah.

      Hapus
  2. Seruuu yaaaa...... pingin lihat intipan goodybagnya....... tp informatif banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isi goodiebagnya sudah aku pajang di Facebook mba. Semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  3. Ternyata spa baby nggak perlu lagi jauh-jauh yah mbak. Di rumah pun pasti nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul, sudah ada produk khusus pijat bayi sekarang.

      Hapus
  4. Semenjak ada campaign spa baby nya su Tuppy, sekarang jadi sempetin pijet pijet dua anak saya, walaupun mereka udah ga bayi lagi, ternyata mereka seneng juga :)

    BalasHapus
  5. bisa banget ya pijet ala spa di rumah. thanx mbk

    BalasHapus
  6. Wah lengkapnya. Ada tutorial cara mijat bayi. Pijat bayi dudah dr Abang Fi nih dilakuin. Waktu itu dapat dr vcd, hadiah beli produk tutorialnya.

    BalasHapus
  7. Ternyata banyak sekali manfaat baby spa untuk bayi maupun untuk ibunya, jadi akan sangat baik jika ibunya langsung yang memijat ya Mbak? karena ponakan-ponakan saya masih banyak yang dipijat ke tukang urut gitu.

    Panduan baby spa nya bermanfaat sekali, bisa langsung dipraktekan

    BalasHapus
  8. Pertama kalinya baby spa, saya ajak Sean, anak pertama saya ke tempat khusus. Sambil memperhatikan mbak mbaknya ngasih pijitan. Terus saya buka buka video di YouTube, diaplikasikan sendiri di rumah ��

    BalasHapus
  9. Berendam di air hangat memang nyaman. Apalagi abis itu spa. Bisa nyenyak tidurnya. Kalau orang dewasa aja senang, apalagi bayi :)

    BalasHapus
  10. Sama mom, saya juga biasanya pijitin anak sendiri di rumah. Produk ini masih baru ya? Juga gak dijual di pasaran, makanya saya awam. Baru tau kali ini loh. .

    BalasHapus
  11. Hallo sagara. Senang nyaaa dipijat mama. Tumbuh sehat sdlalu ya nak. Makan bergizi. Banyak minum susu. Jangan mau dititipkan nenek. Pokok ya harus ikut kemana mama pergi. Biar kamu jsdi berpengalaman menjadi blogger junior. Hehe XoXo salam dari Kakak Faay

    BalasHapus
  12. Seneng banget kita ibu ibu jaman now yang udah ngerasain mijetin anak sendiri. Bounding emang penting terutama di masa emas mereka. Biar ntar kalo dah gede meski kita galak, dia tetep cinta sama kita. Hahaha. Bdw aku suka banget sama produk little bee ini karena wanginya asik buat ndusel ndusel bayi

    BalasHapus
  13. Pas banget aku termasuk ibu yang jarang banget bawa baby aku spa diluar, karena repot ngurus abangnya satu lagi. BAby aku sudah berumur 7 bulan dan kayaknya aku perlu pijetin dia dirumah ya karena seringnya anak aku agak rewel karena badannya yang pegel. Luar biasa tuuperware aku jadi mau coba.

    BalasHapus
  14. Baca ini jadi pengen punya bayi lagi, sekarang sudah semakin mudah ya gak perlu lagi deh ke baby spa karena bisa kita lakukan dirumah. Apalagi sudah ada Little Bee

    BalasHapus
  15. Sagaraaaaa ikut GA-ku donk biar dapat Little Bee lagi #numpangpromo wkwkwkwk
    Iya kalau anak2 tupaling seneng deh kalau dipijat sama ibunya sendiri, soalnya nyaman banget pasti, selain itu keuntungannya banyak kalau dipijat ibunya sendri, baik dr sisis kedekatan ibu anak sampai sisi ekonomi plus efisien jg :D

    BalasHapus
  16. jadi ingat waktu anak baby
    saya juga massage anak sendiri
    saat mau mandi pagi dan sore
    sambil bercengkrama dan ajak ngobrol meski dia cuma senyum dan menggumam
    memang banyak manfaatnya
    boboknya jd nyenyak dan ga mudah rewel

    BalasHapus
  17. Sagara lucuuu sekali kamu naaak. Kayaknya baby manapun pasti suka moment mandi yaa apalagi kalo dibarengi spa yang bikin peredaran darah lancar dan bobonya lebih tenang.

    BalasHapus
  18. Segara keliatan happy bannget mandi pake little bee product ya. Belum pernah coba sih, boleh banget jd alternatif ni.

    BalasHapus