Jumat, 21 Juni 2019

# Alergi # anak alergi

Morinaga Dukung #BekalPrestasi Si Kecil yang Alergi

Beberapa tahun silam ada seorang anak kecil yang kalau tidur tiba-tiba nafasnya bunyi ngik..ngik..ngik... Sampai dibawa berobat ke dokter spesialis paru-paru oleh tantenya. Setelah diperiksa ternyata anak tersebut menderita asma. Pantas saja badannya kurus, nggak tahunya ia mengidap asma yang tidak diketahui orangtuanya. 

Sebuah memori yang mengingatkan saya kembali pada masa itu. Ya, anak yang dimaksud adalah saya sendiri. Nurul kecil sudah terdiagnosa sakit asma sejak usia SD, saya lupa usia berapa saat itu. Pengobatan selama 6 bulan harus saya jalani. Namun gagal di bulan ke 4. Anak kecil mana yang tahan tiap hari harus minum obat puyer. Berobat pun berhenti begitu saja.

Saat saya kuliah, asma itu kembali kambuh. Semakin sering saya rasakan ketika merasakan kelelahan. Kalau sudah bersin berkali-kali tandanya saya akan terkena flu dan asma. Saya pun kembali jalani pengobatan 6 bulan sampai tuntas dan ditambah 3 bulan lagi. Kabut dalam foto Rontgen pun terlihat memudar. Apakah saya sembuh? Tidak 100%.

Dukungan Morinaga bagi Si Kecil yang alergi

Penyesalan memang selalu datang belakangan, perihal penyakit asma yang saya derita baru saya ketahui saat dewasa begini. Ternyata saya memiliki alergi. Alergi yang saya derita adalah debu dan asap rokok. Kalau sudah mencium itu, reaksi alergi saya langsung muncul dan mengakibatkan asma. Masih saya alami sampai sekarang.

Lain alergi lagi yang dialami oleh Audrey Fania, salah satu anak dari teman saya. Kalau dia alergi dengan asupan enak seperti susu, cokelat dan telur. "Langsung garuk-garuk dan merah kulitnya," pengakuan mama Audrey. Makanya Audrey selektif banget makannya, jangan sampai salah makan.

Melihat kondisi di atas membuat kita ingin tahu lebih jauh tentang alergi dan penanganannya. Yuk, simak lebih lanjut.

Apa Itu Alergi?

Saya rasa semua orang punya sifat alergi dalam dirinya. Terutama alergi kemiskinan ya 😁, saya juga alergi itu. Ada yang tahu apa itu alergi?

Menurut Dr.dr. Zakiudin Munasir, SpA (K) dari bukunya berjudul "Mengenal Alergi Pada Anak", alergi merupakan salah satu penyakit yang dapat diturunkan, biasanya dari orangtua.

Dari Wikipedia menyebutkan bahwa alergi 
atau hipersensitivitas tipe I (1 dari 4) adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik.

Nilai persentase alergi yang dialami oleh anak bisa mencapai 70% kalau orangtuanya ada alergi juga. Kalau tidak ada, maka sekitar 30% risikonya.

Baca juga : Pentingnya imunisasi bagi anak

Alergi itu muncul sebagai respon sistem kekebalan tubuh yang tidak normal terhadap benda atau zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh, misalnya susu sapi, sea food, kacang dll. Buat orang normal atau yang tidak punya alergi, itu semua biasa saja dimakan. Namun bagi penderita alergi, big no no


Kalau sudah kena debu dan flu, bikin nggak
enak badan

Ada obat buat penderita alergi? Selama ini belum ditemukan obat yang menyembuhkan, namun ada obat anti-alergi untuk meredakan alergi.

Salah satu ketakutan orangtua kalau si kecil memiliki alergi susu sapi dan produk turunannya seperti keju, yoghurt. Oleh karena itu, orangtua perlu melakukan pencegahan sebelum si kecil terkena alergi sebagai berikut :


  • memberikan ASI eksklusif
  • hindari asap rokok
  • ibu jangan pantang makanan selama hamil dan menyusui, beri MPASI saat anak usia 6 bulan
  • berikan susu formula bagi ibu yang tidak bisa memberikan ASI atas dasar hasil konsultasi dokter spesialis anak.

Jenis Formula Alternatif Bagi Penderita Alergi


Dari buku "Mengenal Alergi Pada Anak" yang saya baca, terdapat beberapa jenis formula alternatif yang terbukti cocok bagi yang alergi susu sapi :
  1. Formula susu sapi terhidrolasi ekstensif. Bahan utamanya tetap susu sapi yang sudah dilakukan hidrologis secara ekstensif terhadap molekul proteinnya. Formula ini disebut juga sebagai susu hipoalergenik.
  2. Formula soya atau kedelai. Bahan dasarnya berupa isolat kedelai yang berasal dari protein kedelai yang dihidrolisis. Artinya formula ini tidak mengandung protein susu sapi sama sekali. Jadi bahan kandungannya cocok buat pasien alergi. Sekitar 85-90% anak alergi cocok dengan formula ini. Rasanya juga lebih enak dan harga relatif murah.
  3. Formula asam amino, merupakan formula yang dibuat dari elemen asam amino yang tak mengandung protein susu sapi sama sekali karena tidak meninggalkan residu peptida yang merangsang reaksi peradangan pada saluran cerna. Formula ini sebagai pengganti susu sapi untuk pasien dengan alergi susu sapi berat atau tidak tahan dengan susu sapi terhidrolasi ekstensif, maupun dari soya. Harganya lebih mahal dari yang lain karena proses pembuatannya juga sulit.

Jadi sudah tahu kan mana yang lebih baik buat anak mom yang alergi?

Morinaga Chil Kid Soya
Susu formula bagi Si Kecil yang alergi susu sapi

Morinaga Allergy Week 2019 Dukung Si Kecil yang Alergi Berprestasi


Tidak ada batasan si kecil yang alergi untuk tidak berprestasi. Maka itu, Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals rutin mendukung program World Allergy Week tiap tahunnya. Kali ini  dalam rangla Morinaga Allergy Week 2019, Morinaga berkomitmen dukung si kecil dari segala aspek kehidupannya.


Suasana seminar edukasi

World Allergy Week sendiri diselenggarakan pada tanggal 7-13 April 2019 dengan tema "The Global Problem of Food Allergy".  Program tahunan World Allergy Organization (WAO) ini mengangkat tema tersebut berangkat dari fakta bahwa masalah alergi menjadi masalah global. Tiap orang mempunyai kondisi alergi yang berkaitan dengan makanan berbeda. Maka itu topik ini rutin diberikan kepada orangtua agar tahu bahwa alergi bisa diatasi dan dicegah bakat alerginya.

Morinaga juga mengadakan seminar di rumah sakit untuk mengedukasi mengenai alergi si kecil. Diberikan pemahaman, pencegahan dan solusi pada orangtua agar si kecil yang menderita alergi tumbuh kembangnya optimal dan bisa berprestasi.


Edukasi seminar ke rumah sakit

Dalam rangka mendukung penuh si kecil yang alergi, tahun ini Morinaga Allergy Week mempersembahkan program #BekalPrestasi. Program yang terdiri dari edukasi alergi lewat hospital seminar yang didukung oleh dokter spesialis anak ahli alergi di berbagai kota besar di Indonesia, kesempatan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLIKDOKTER, penyediaan asuransi pendidikan anak, penyediaan asuransi jiwa untuk orangtua, serta inovasi produk berupa varian terbaru dari Chil Kid Soya rasa madu untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan nutrisi si kecil. Dukungan penuh ini diharapkan bisa membantu generasi platinum untuk mencapai cita-cita dan kualitas terbaik darinya, jelas Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals.

Saya senang sekali ada program #BekalPrestasi dari Morinaga Allergy Week ini. Memberikan peluang yang baik bagi orangtua yang mempunyai anak alergi. Setidaknya tidak ada kesenjangan diantara anak lainnya. Meskipun alergi tetap berprestasi dong.

Baca lagi : Cara sehat bugar dengan vitamin dan olahraga

Morinaga Chil Kid Soya #BekalPrestasi Anak Alergi




Kalau saya sih sudah bisa mencegah sendiri alergen yang saya alami, tapi bagaimana dengan Audrey yang alergi susu, cokelat dan telur? Dia masih butuh asupan sehat & bergizi buat tumbuh kembang optimalnya. Memang ada susu buat anak alergi? Ada dong!

Sebagai bentuk inovasi dari program #BekalPrestasi dalam rangka Morinaga Allergy Week 2019, PT Kalbe Nutritionals menghadirkan Morinaga Chil Kid Soya rasa madu. Rasa yang disukai anak-anak.

Semua pasti sudah tahu susu Morinaga. Sedikit informasi tentang Morinaga nih, tahun 1986 Kalbe Nutritionals & Morinaga Jepang membentuk kerjasama dengan memproduksi dan menjual produk Morinaga di Indonesia. Dengan fokus pada ASI sebagai sumber ideal nutrisi, Morinaga Nutrition Research Center Jepang telah melakukan banyak penelitian.



Inovasi unggulan dari Morinaga yaitu Formula Platinum dengan sinergi nutrisi lengkap yaitu Kecerdasan Multitalenta (Brain Care), Pertahanan Tubuh Ganda (Body Defense), Tumbuh Kembang Optimal (Body Growth), untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia menjadi Generasi Platinum.

Sekarang bagi ibu-ibu yang punya anak alergi tidak perlu khawatir lagi. Karena sudah ada Morinaga Chil Kid Soya rasa madu. Selain rasanya yang enak, madu berkhasiat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan anak-anak karena mengandung banyak nutrisi, antioksidan, membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh anak, melawan penyebab alergi atau histamin yang menyebabkan reaksi alergi.

"Hasil survey terhadap ibu-ibu di Indonesia dengan anak yang alergi susu sapi, menunjukkan bahwa 100% Bunda SETUJU Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges mengurangi gejala alergi dan alergi tidak muncul, berdasarkan hasil survey Home Tester tahun 2018. Artinya Morinaga Chil Kid Soya sesuai untuk dikonsumsi Si Kecil yang alergi dan memiliki nutrisi yang diperkaya, setara dengan kebaikan susu sapi untuk tumbuh kembang Si Kecil. Kini hadirnya varian madu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan Si Kecil terhadap variasi rasa," ungkap Helly Oktaviana, Group Business Unit Head Nutrition for Kids Kalbe Nutritionals.


Pernah ketemu dan foto bareng Astrid Tiar

Tidak hanya para ibu-ibu aja nih yang mengakui Morinaga Chil Kid Soya cocok mengurangi alergi, tapi juga artis cantik Astrid Tiar juga menggunakan Morinaga Chil Kid Soya untuk putri tercinta, Anabel. Ia mengaku cocok dan menyukai susu ini untuk anaknya. Kebetulan varian madu kesukaan anaknya juga. Makanya anaknya senang susu favoritnya punya varian madu.

Kenapa sih anak yang alergi harus minum susu ini? Karena Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges adalah formula pertumbuhan dengan isolat protein kedelai, serta kombinasi antara zat gizi makro (protein) dan mikro (14 vitamin dan 9 mineral) yang dapat membantu kebutuhan gizi anak. Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+ Prodiges dilengkapi dengan Bifidobacterium longum BB536 dan Bifidobacterium breve M-16V. Susu ini untuk anak usia 1-3 tahun.



Kandungannya terdiri dari :

1. Protein : salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Vitamin B12 : berperan sebagai koenzim dalam pembentukan asal nukleat misalnya pembentukan sel darah merah.

3. Zat Besi : komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

4. Zink dan Vitamin A : membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata, saluran pernafasan, kulit, dan saluran pencernaan.

5. Tinggi Kalsium dan Vitamin D : membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Ikutan yuk,
 hadiah lumayan buat masa depan Si Kecil

Morinaga Allergy Week tidak hanya melakukan seminar edukasi dalam program #BekalPrestasi, tapi juga mendukung prestasi Si Kecil dengan mengadakan semacam kuis dengan periode 25 April - 3 Juli 2019. Pasti pengen semua nih karena hadiahnya banyak banget yaitu dana pendidikan Astra Life senilai total Rp 500 juta untuk 5 pemenang, dan asuransi jiwa senilai total Rp 1 Miliyar untuk 2000 pemenang, dan voucher belanja 200.000 untuk 3 pemenang mingguan.

Berminat kan ikutan program #BekalPreatasi ini. Bisa diakses langsung ke website Morinaga Allergy Week yaitu www.cekalergi.com/BekalPrestasi atau mengunjungi supermarket terdekat. FYI, Chil Kid Soya pernah mendapatkan penghargaan dari Mother & Baby Reader's Choice Award 2018.

Kesimpulannya adalah tiap anak berhak mendapatkan kebutuhan gizinya. Baik anak alergi ataupun tidak alergi tetap harus berprestasi dong. Seperti halnya Audrey Fania. Jangan sampai kendala kesehatan jadi membatasi bakat anak. Maka itu orangtua harus memberikan bekal yang tepat bagi Si Kecil alergi tetap berprestasi.


Kunjungi media sosial Morinaga
Facebook: Morinaga Platinum
Instagram : @Morinagaplatinum
Twitter : @MorinagaID
YouTube : MorinagaPlatinum





****

41 komentar:

  1. Alergi emang tak bisa disembuhkan secara total ya, tapi bisa dicegah fan diantisipasi dengan tau penyebabnya.

    Akupun klo kena debu/terpapar asap rokok sung batuk2 rekasinya.

    Program dan edukasi yg dilakukan oleh Morinaga semoga makin membuka wawasan para Mommy2 tentnag alergi yo ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nona Melinda, saya juga langsung batuk dan meler kalau alergi kumat. Untuk anak-anak enaknya ada asupan susu yang bisa mencegah alergi.

      Hapus
  2. Ngeselin kan kalau kena paparan dari sumber alergen. Buat anak-anak nggak bisa dianggap sepele alergi ini karena bisa terganggu kecerdasan dan prestasinya.

    BalasHapus
  3. Anak pertama saya nih yang lebih sering alerginya bikin sedih, waktu kecilnya bolak balik mulu ke DSA, syukurlah setelah 6 tahun udah mulai lebih kebal, jarang sakit-sakitan sampai parah kayak kecilnya.
    Alergi emang mengganggu dan jadi momok buat ibu-ibu berbayi, jadi serba bingung kalau mau ngasih makanan ke anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anak kena alergi biasanya dari keturunan juga ya. Syukurlah sudah hilang alerginya ya mba, asal dijaga aja dari alergennya.

      Hapus
  4. Sya juga pernah alergi mbak bahkan sampai sekarang, kalau makan yg berprotein tinggi misal, udang kepiting kadang ikan langsung bentol bentol gatel :)

    BalasHapus
  5. Saya waktu kecil dulu alergi makan ikan & ayam. Timbul biduran deh kalo makan itu. Jadi harus bener2 menjaga menu makanan, repot banget

    Untungnya sudah sembuh

    BalasHapus
  6. Tenang buibuk anak alergi bisa tetap berprestasi dengan penanganan yang tepat

    BalasHapus
  7. Sama mbak kita, alergi debu. Tapi daku ada plus nya alergi dingin yang bakal bikin meler. Membayangkan kalau ponakanku yang kena alergi gak enak banget deh, daku aja yang udah gede nggak nyaman dengan alergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan yang dewasa aja nggak nyaman ya, apalagi anak kecil. Bisa rewel kalau alerginya timbul.

      Hapus
  8. Alergi itu memang bikin tak nyaman'
    Harus segera diketahui penyebabnya dan cara mengatasinya agar tak mengahalangi tumbuh kembang anak
    Syukurlah sekarang ada Morinaga ya
    Aman deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi para ibu nggak perlu repot cari asupan yg tepat buat si kecil yang alergi.

      Hapus
  9. aku baru tau anak kecil juga bisa alergi susu ya. Untung ada morinaga jadi asupan gizi masih tersalurkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alergi pada anak bisa diturunkan dari kedua ortunya mas. Coba cek alergi anaknya.

      Hapus
  10. wahh anak2ku juga minum morinaga dulu Rul..

    BalasHapus
  11. Iyes, susu soya jadi alternatif banget buat anak-anak yang intoleransi laktosa susu sapi ya. Semoga makin banya ortu yang tanggap anaknya alergi apa jadi bisa langsung cepat ditangani. Aku sendiri alergi debu berlebihan deh, tiap kali beberes atau ada renovasi selalu pilek batuk lama. Nah, anak-anak dulu pas bayi sempat alergi ikan tapi lama-lama hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal bisa cegah alergennya, pasti ga kambuh alerginya.

      Hapus
  12. Jadi penasaran sama Asmanya, dikasih obat apa kak?
    Trus kalau lagi kambuh, enaknya di apaain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku berobat selama 6+3 bulan. Tiap hari minum obat, sampe mual-mual. Kalau kambuh, aku minum obat yg udh disediain di rumah, istirahat dan jauhi alergennya.

      Hapus
  13. Morinaga dg produk unggulan, salah satunya Child Kid Soya, menjadi solusi anak yg alergi susu sapi.
    Soya (kedelai), terbukti sehat krn kedelai saja kaya kandungan gizi.

    BalasHapus
  14. Dulu waktu kecil kakakku yang alergian, aku malah kebal. Tapi dua-duanya dapet nutrisi yang sama akhirnya, soalnya kalo dibeda-bedain malah ribet. Aku ikutan dapet nutrisi ekstra hahahaha.

    BalasHapus
  15. alergi memang bikin anak jadi sering izin karena sakit pilek :D
    bersyukur sekarang ada Morinaga Child Kid Soya yang cocok untuk anak alergi :)

    BalasHapus
  16. Aku jadi ingat waktu anakku usia 7bulan karena sudah mulai makan dan ia sempat alergi ternyata alergi susu sapi karena beberapa menu makanan ada olahan dari susu sapi. Lalu dokter anakku bilang coba tinggalkan olahan yang mengandung susu sapi, alhamdulillah gak alergi lagi dia.

    BalasHapus
  17. Ternyata asma bisa diobati 6 bulan lamanya mbak? Kalau bisa tanpa obat lebih baik tanpa obat ya, dengan morinaga bisa jadi alternatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku dulu iya harus berobat, karena bengeknya cukup parah.

      Hapus
  18. Di keluargaku semuanya turunan alergi, paling parah sekarang ponakanku yang mamanya alergi debu, anaknya malah alergi ASI ibunya sendiri. Dulu susah, minum susunya mesti pesan segala dan harus yang soya. Sekarang enak ya udah ada chilkid, lebih praktis pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beruntung ya ibu-ibu sekarang bisa dengan mudah dapat susu soya buat anak alergi.

      Hapus
  19. Anakku sukurnya aman-aman aja. Jadi emaknya ga repot sama alergi. Tapi aku punya teman baik yang alergi debu dan dingin. Aduh liatnya aja ga tega lhooo.

    BalasHapus
  20. Gagal fokus waktu liat Rachel Maryam sama Astrid Tiar, hehe. Iya nih alergi itu menurun pulak. Aku gak bisa kalau berdebu dan kedinginan bisa kambuh deh asmaku, tapi pas tahu kalau morinaga itu aman buat penderita alergi apapun, jadi gak kuatir nanti kalau anakku kelak (masih dinanti2) mendapatkan turunan alergi dari aku. Makasih ya infonya.

    BalasHapus
  21. Keponakan aku juga dulu pernah alergi susu formula. Tapi setelah ganti susu sudah tidak pernah lagi sih alergi.

    BalasHapus