Kamis, 24 Januari 2019

# CSR # peduli lingkungan

"Pohon Penting Buat Semua" Kolaborasi Penghijauan Lingkungan Sejak Dini

Bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia bukan seinstan yang kita kira. Tanah longsor, Tsunami dan banjir bagai fenomena gunung es (Iceberg Phenomenon) yang muncul ke permukaan.  Artinya bagian yang tak terlihat jauh lebih besar daripada bagian yang tak terlihat di atasnya. Padahal bencana alam tersebut sudah berulang kali terjadi dan menampakkan tanda-tandanya. Sayangnya, manusia sering mengabaikan. Sudah habiskah tanah di dataran rendah sehingga membangun rumah di dataran tinggi? Jika jawabannya ya, kita harus terus menggalakkan tentang peduli lingkungan dengan mengadakan program penghijauan kembali. Seperti yang dilakukan Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center pada hari Senin, 21 Januari 2019.

kegiatan penghijauan lingkungan
Serunya menanam pohon bersama adik-adik ini


Penghijauan Lingkungan Program CSR Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center

Ini kali kedua saya datang ke Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center di daerah Kebagusan, Jakarta Selatan. Sebelumnya saya menghadiri acara tema tahun baru. Bagi yang belum baca blogpostnya (aduh kemana aja sis) bisa klik di sini. Tentunya tidak bosan menyambangi hotel bisnis ini. Karena selalu mengadakan acara yang bermanfaat. Tidak hanya bagi tamu yang menginap tapi juga untuk lingkungan sekitar. Nah, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon (10 Januari), Aston Simatupang Priority Hotel & Conference Center mengadakan program menanam pohon bersama SDN Kebagusan 01.  Tujuannya supaya ada kesadaran sejak dini dan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

edukasi penghijauan lingkungan sejak dini
Dua staff hotel menyapa anak-anak
 SDN Kebagusan 01

Saya nggak datang sendirian lho tapi bersama teman-teman BloggerCrony. Setelah berkumpul semua di hotel jam 7.30 WIB, kami diantar ke SDN Kebagusan 01. Sesampainya di sana anak-anak berseragam putih merah itu sudah duduk rapih di tengah lapangan. Terlihat mereka antusias sekali mengikuti acara ini. Bapak dan ibu guru juga turut mendampingi selama acara berlangsung. Sedang asyiknya duo kakak dari pihak hotel menyapa anak-anak SD, tiba-tiba hujan. Tanpa komando lagi anak-anak pun menyebar cari tempat berteduh. Saya jadi tertawa mereka kocar-kacir sambil mencari sepatu masing-masing. Ingat zaman saya SD dulu.

Hujan tidak menyurutkan semangat anak-anak mengikuti acara sampai selesai. Biar tambah semangat lagi mereka ikut permainan yang hadiahnya menginap di hotel. Woooo...rasanya saat itu saya ingin ganti seragam dan maju ke depan menjawab pertanyaan. Saya rasa masih pantas memakai seragam SD. Jadi terlihat lebih muda kan 😁.

simbolis penghijauan lingkungan
Simbolis penyerahan pohon antara Pak Aulia dan Kepala Sekolah SDN Kebagusan 01
Dok.foto BloggerCrony

Bapak S. Aulia Masjhoerdin selaku General Manager Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center memberikan kata sambutan sekaligus menyerahkan secara simbolis satu pot pohon kepada Bapak Sulaiman, Kepala Sekolah SDN 01 Kebagusan. Pengadaan acara ini termasuk program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan pihak hotel sebagai suatu konsep tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingan yang diantaranya konsumen, karyawan, dan lingkungan. Kegiatan ini dilakukan per 3 bulan sekali disesuaikan dengan kalender event. 

Latar belakang munculnya kegiatan CSR ini berawal dari pertemuan General Manager Archipelago Internasional dan sepakat mengangkat tema "Go Green". Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap kondisi lingkungan saat ini, maka itu Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ikut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. "Program penghijauan lingkungan yang dilakukan oleh kami merupakan bagian dari kepedulian dan tanggungjawab sosial perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan", kata Pak Aulia.

program csr penghijauan lingkungan
Ekspresi kesenangan staff hotel

Selain penanaman pohon, pengurangan barang berbahan plastik juga diterapkan oleh hotel. Misalnya sedotan atau gelas plastik. "Andaikan saja 1 hotel mengurangi penggunaan sedotan dan gelas plastik selama setahun, betapa bagusnya lingkungan kita ke depan", jelas Pak Aulia. Benar juga ya. Mulai dari hal-hal kecil yang terbiasa diterapkan maka akan berdampak besar kebaikannya. World Wide Fund for Nature (WWF), sebuah organisasi non-pemerintah internasional juga sering mengajak hotel Aston untuk kontribusi hijau di bumi.


Yuk, Tanam Pohon Bersama Anak SDN Kebagusan 01

Untung saja hujan berhenti, kegiatan menanam pohon bisa dilakukan dengan lancar. Namun, sebelum menanam pohon dimulai, ada Kak Maulana ingin mendongeng di depan 900 anak-anak SDN Kebagusan 01. Kebayang kan ramainya kayak apa pagi itu. "Pohon Penting Buat Semua" menjadi tema dongeng Kak Maulana sebagai salah cara jitu yang dimainkan untuk mengedukasi anak-anak mengenai lingkungan hidup dengan pertunjukkan pupet show yang menarik.

dongeng penghijauan lingkungan
Anak-anak antusias dengar dongeng Kak Maulana

Dongeng Kak Maulana berhasil membuat anak-anak tertawa lepas. Jangankan anak-anak, saya, para guru dan staff hotel Aston ikut ketawa juga. Kolaborasi ini saya pikir cukup berhasil menyampaikan pesan serta mengedukasi anak-anak akan pentingnya menanam pohon sejak dini supaya tercipta lingkungan yang nyaman dan sehat. Tentunya meminimalisir bencana alam. 

Yeay....sekarang saatnya menanam pohon. Pembagian kelompok pun dibentuk. Anak-anak didampingi oleh staff hotel. Tiap kelompok menanam satu pot pohon di area taman yang sudah disediakan. Sekitar ada 5 lubang lebih yang ditanami pohon ketapang, tabibuya, bungur, kencana. Sekilas info yang saya dapat sekitar 25 pohon yang ditanam, yang 5 lebih itu sebagai simbolis saja. Wah, seru juga ya kegiatan ini. Aksi kecil bisa berdampak besar di kemudian hari. Cepat tumbuh ya pohon. Selesai sudah acara di SDN Kebagusan 01, kami kembali lagi ke hotel untuk makan siang. Laper banget siang hari di tengah gemericik hujan.


penanaman pohon kembali
Kekompakan saat menanam pohon

kegiatan-tanam-pohon
Anak-anak antusias ikut menanam pohon

Sambil menunggu makan siang di Canary Coffee Shop, mas Paundra (Marketing Communications Manager) mengajak para blogger mengunjungi kamar-kamar yang ada di Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center. Saya sih sudah pernah tapi apa salahnya melihat kembali kamar hotel nan mewah itu. Kamar yang dikunjungi yaitu tipe Deluxe dan Governor Suite yang dilengkapi kecanggihan teknologi terkini seperti TV berbasis internet, sensor gerak yang dapat mengendalikan power AC dan lainnya hanya dengan menggerakkan tubuh saja.

Memiliki total 277 kamar, dilengkapi 15 ruang rapat, satu ballroom, kolam renang, dan mampu menampung 700 orang. Beberapa waktu lalu sempat ada yang mengadakan pernikahan yang tamunya mencapai 1000 lebih. Parkiran sampai over load dan menyewa tempat parkir ke gedung sebelah. Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center memang hotel bisnis, dimana kebanyakan tamunya adalah orang kantoran atau pekerja yang menginap pada hari kerja. Sepi dong kalau weekend? Ya nggak dong, pihak hotel  tetap memberikan layanan fasilitas seperti acara pernikahan dan menerima keluarga yang ingin staycation di sini.

aksi peduli lingkungan
Sampai jumpa di acara berikutnya

Pak S. Aulia Masjhoerdin berharap program ini dapat memberikan sumbangsih bagi kelestarian lingkungan dan menjadi sarana pembelajaran anak-anak untuk mengerti arti pentingnya pohon buat kehidupan kita. Apakah CSR ini akan terus dilakukan oleh Aston Priority Simatupang Hotel Conference & Center? Belum ditentukan agendanya. Pastinya kalau ada nanti saya diundang lagi ya (modus mode on 😆).


ASTON PRIORITY SIMATUPANG 
HOTEL & CONFERENCE CENTER

JL. Let.Jend. Simatupang Kav.9
Kebagusan, Jakarta Selatan
12520 Indonesia

m : +62 8179460145
t : +62 21 7883 8777
f : +62 21 7883 9777


Simatupangmm@AstonHotelsInternational.com
Simatupang.AstonHotelsInternational.com



***

19 komentar:

  1. Keren nih mbak programnya, selain tanam pohon anak-anak juga bisa diajari cara memilah sampah, itu aja udah bagus klo menurutku.

    BalasHapus
  2. Adem ya mom kalau banyak pohon rindang, udara pun jadi segar. Program ini sangat bermanfaat sekali bagi anak2, untuk memperkenalkan kepada generasi penerus bahwa penanaman pohon sangat penting. Penghijauan kembali membawa dampak yang besar bagi lingkungan sekitar.

    Semoga program ini terus berjalan dan sukses.

    BalasHapus
  3. wah acara yang bagus banget ini, mengajarkan anak untuk sadar dan peduli dengan lingkungan dan belajar menanam tanaman. Semoga tahun-tahun kedepan akan semakin banyak lahan hijau :D

    BalasHapus
  4. mom nurul, CSR aston simatupang ini sungguh kece. Dan targetnya anak anak sd yang emang harus diajarkan peduli lingkungan sejak dini.

    BalasHapus
  5. Penting mengajarkan penghijauan kepada anak2 supaya kelak mereka juga bisa mencintai lingkungan sekitarnya. Biar gak jadi perusak lingkungan

    BalasHapus
  6. Seru banget kalau ajak anak2 mencintai pohon dan lingkungan sejak dini

    Masalah penghijauan akan segera teratasi di beberapa tahun mendatang kalau sosialisasi tentang ini digalakan di kalangan anak2 dan sejak dini :)

    BalasHapus
  7. Keren CSR-nya. Selain bermanfaat buat kita, juga buat lingkungan. Semoga pohon-pohonnya dirawat dengan baik ya. Dan semoga banyak pihak yang juga memerhatikan lingkungan di dalam program CSR-nya.
    Btw, follow-followan blog yuk mbak. Aku sudah follow :D

    BalasHapus
  8. Kegiatan bermanfaat seperti ini harusnya diagendakan secara rutin dan berkelanjutan. Efeknya pasti bagus banget untuk masa depan bumi kita.

    BalasHapus
  9. miris rasanya kalau ada berita tentang orang2 yang tak bertanggung jawab menebang pohon di mana-mana. Gen milenial saat ini memang perlu diberikan edukasi tentang pentingnya menanam pohon

    BalasHapus
  10. Harus diperluas gerakan ini mba sadar menyeimbangkn mahluk hidup dengan pepohonan yg tdk lsg mnjadi sumber air tanah juga

    BalasHapus
  11. Anak-anak dilibatkan dalam aktivitas program penghijauan lingkungan ini sangat bermanfaat bangat bagi anak-anak ya mba. Biar lebih menghargai lingkungan dan mencintai mahkluk ciptaan Allah ...
    Aku pikir kamu kakak kelas anak-anak nya, masih kelihatan ABG ahaha

    BalasHapus
  12. Bagus banget ini mba, programnya. Apalagi melibatkan anak-anak dan mengenalkan penghijauan kepada anak-anak sejak dini.

    BalasHapus
  13. Aku iri aku iri aku iri aku iri bangetttt!!!

    Aku suka kegiatan bareng sama anak-anak, sambil nanam-nanam pohon gitu. Pasti jadi keingetam jaman kita SD dulu juga.

    Anyway, program kayak gini mudah2an akan terus dilakukan ya, keren soal ya

    BalasHapus
  14. Keren bangets nih program CSR Aston Simaptupang. Mengajarkan anak emncintai dan peduli lingkungan sejak dini melalui gerkana penghijauan ini:)
    Semoga kalau bikin lagi Mbak Nurul dan saya juga diundang.. kwkwk

    BalasHapus
  15. Salut kalau ada yang bergerak dengan aktivitas positif seperti ini. Banyak memberikan manfaat, usaha pun makin sukses.

    BalasHapus
  16. sejak kecil anak anak sekolah sudah ditanamkan kecintaan akan tanaman. waah keren banget deh programnya semoga nyasar ke sekolah sekolah lain

    BalasHapus
  17. Bagus mom CSR-nya Aston ini. Gak banyak lho perusahaan yang mau bikin gerakan penghijauan, apalagi di Jkt. Juga ngajakin anak2 berkegiatan kyk gini. Selain utk memperbaiki lingkungan jg bisa mengajari anak2 ttg penghijauan ya

    BalasHapus
  18. CSR peduli lingkungan... semoga pohon2 yg ditaman memberikan kebaikan bagi alam dan manusia... ayo lbh bnyk lg tanem pohon... hebaat

    BalasHapus
  19. Keren ini programnya, mengajak anak-anak sedini mungkin untuk peduli akan lingkungan. Keren! Semoga semakin banyak program-program seperti ini.

    BalasHapus