Senin, 27 Agustus 2018

# Film Anak # Film indonesia

Ayo Ikut "Petualangan Menangkap Petir" di Boyolali

Tahun ini film anak sudah beberapa kali diproduksi. Setelah kesuksesan Ku Lari Ke Pantai dengan gaya khas travelingnya dan Koki-Koki Cilik yang membangkitkan passion anak menjadi chef. Kedua film tersebut sama-sama memiliki tujuan untuk menambah koleksi hiburan anak. Demi meramaikan perfilman anak Indonesia, tanggal 30 Agustus 2018 nanti akan tayang film anak yang mengambil lokasi di daerah Boyolali, Jawa Tengah. Sebuah "Petualangan Menangkap Petir" segera tayang di bioskop.


film petualangan menangkap petir
Para cast & crew saat press screening
Foto dok. PMP

Seperti biasanya, saya berkesempatan hadir di media screening film Petualangan Menangkap Petir di CGV Grand Indonesia, Jakarta (240818). Selain ini film anak, satu hal yang membuat tertarik menontonnya sebelum tayang resmi di bioskop, saya bisa ketemu langsung dengan artisnya. Haha...teteup ya narsis. Jadi, film Petualangan Menangkap Petir nyeritain apa sih Rul...

Baca juga : Film Koki-Koki Cilik

Begini, seorang anak laki-laki bernama Sterling yang tinggal di Hongkong bersama orangtuanya. Kemudian mereka datang ke kampung eyang Sterling di daerah Boyolali. Sterling anak yang aktif membuat vlog dan mengunggahnya di youtube. Sesampainya di rumah eyang, Sterling tetap diizinkan ibunya untuk bermain kotor-kotoran, main ke tempat yang jauh atau bikin film. 

Salah satu anak dari supir eyang bernama Gianto atau bekennya dipanggil Giant (Jayen) mencoba terus mengajak Sterling bermain di luar dan sampai ada keinginan membuat film yang fenomenal. Mereka pun mencari cara agar keinginan itu terwujudkan. Sterling dan Giant mengumpulkan Kuncoro, Wawan dan teman lainnya untuk membantu mereka membuat film. Hal ini disembunyikan oleh Sterling dari ibunya karena pasti tidak disetujui. Kalau eyangnya sih, ceesan banget sama Sterling. 

Supaya film fenomenal yang diinginkannya sempurna, maka Sterling dan Giant menemui Om Arifin dan Om Kriwil meminta bantuan untuk membuat film. Nah, segitu aja dulu sinopsis singkatnya. Kalau kebanyakan nanti kalian nggak penasaran dan nggak nonton lagi 😄.

Setelah menonton filmnya, saya memberikan nilai 9/10. Nggak ketinggian tuh Rul? Kalau filmnya bagus sesuai segmennya, why not?  Ada beberapa alasan film ini saya apresiasikan nilai tersebut. Pertama, film Petualangan Menangkap Petir disutradarai oleh Kuntz Agus yang telah menggarap film Surga Yang Tak Dirindukan (2015). Tahu dong film yang dibintangi Laudya Chyntia Bela itu. Selain itu beliau juga menggarap film Republik Twitter (2010). Alasan sang sutradara membuat film Petualangan Menangkap Petir di Boyolali karena ingin mengulang masa kecil bersama teman SMP nya yaitu Abimana Aryasatya. Baru tahu saya ini. Setelah menampung berbagai ide  genre film apa yang ingin dibuat, akhirnya film anak  lah menjadi pilihan. Seperti mesin waktu yang mengembalikan masa kecil dulu.

produser petualangan menangkap petir
Aktor favorit menjelma jadi produser 

Alasan saya yang kedua adalah pertama kalinya Abimana Aryasatya menjadi produser sekaligus pemain dalam film Petualangan Menangkap Petir. Kesuksesan aktingnya dalam film Negeri Van Orange (2015), Sabtu Bersama Bapak (2016), Warkop DKI Reborn 1 & 2 (2016 & 2017) sudah tak diragukan lagi. Abimana pernah berucap terhadap temannya "Kuntz, suatu hari kita akan bikin film bareng", pengakuan Abimana saat press conference. Abimana tergugah ingin membuat film anak karena ia punya anak dan ingin mengajak anak-anaknya dan seluruh anak Indonesia menonton film sesuai masanya. Selain itu mengenalkan budaya Indonesia. Dan gue ngefans juga sama Abimana.

Para pemainnya juga bagus aktingnya. Ya iyalah kalau nggak bagus nggak main film Rul 😄. Maksudnya para pemain memiliki porsi yang pas sesuai perannya. Terutama pemeran Gianto atau Jayen yang diperankan oleh Fatih Unru. Gaya tengilnya suka banget. Kalau Bima Azriel yang berperan sebagai Sterling pas banget  ekspresinya menjadi "anak mama". Pasti teman blogger yang pernah menulis tentang web series Keluarga Surya dari salah satu asuransi tahu yang mana Bima Azriel.

pemeran film petualangan menangkap petir
Zara Leoala berperan sebagai Netty

Film nggak lengkap kalau nggak ada lagunya. Film ini makin sempurna berkat dua lagu anak Indonesia dijadikan soundtrack. Lagu Liburan yang dinyanyikan Zara Leola ini enak banget dari musik dan liriknya. FYI, lagu ini diciptakan personel Endang Soekamti yaitu Erix Soekamti. Anak gadis dari Enda "Ungu" band pertama kali berakting dalam film ini. Lagu berikutnya berjudul "Menjelajah Dunia" dinyanyikan Masha Kanna yang merupakan lagu pemenang pilihan publik karya Nurul Susantono dalam Lomba Cipta Lagu Anak 2018 persembahan Bekraf yang bekerjasama dengan Miles Film. 

Film yang mengangkat kearifan lokal dan budaya Indonesia jarang sekali terlihat. Slamet Rahardjo saja sampai menunda tawaran film lainnya demi syuting film Petualangan Menangkap Petir. Minimnya hiburan produksi untuk anak membuat Bekraf mendukung film yang mengangkat kekayaan Indonesia serta dipadupadankan dengan musik anak. Begitu juga dengan Kementrian Kominfo jika bicara soal literasi digital dimana using internet way, tetap bercita ria dengan berteman dan bertualang.

poser petualangan menangkap petir
Official poster

Itulah kesanku terhadap film produksi Fourcolours. Selama proses pembuatan film yang menghabiskan waktu selama setahun memberikan pengalaman baru buat Zara Leola dan Fatih Unru. Mereka jadi tahu tentang daerah Boyolali yang diapit oleh Gunung Merapi dan Merbabu. Pastinya bisa berinteraksi langsung dengan penduduk setempat juga bisa bersepeda. You know what, Zara Leola ternyata baru bisa naik sepeda di film ini.

Tertarik dong dengan fim Petualangan Menangkap Petir. Kayaknya saya bakal ajak Gie dan Sagara nonton nih karena filmnya bisa ditonton segala usia. Kira-kira film apa ya yang ingin dibuat oleh Sterling and the gank? Oh ya, Darius Sinathrya dan Putri Ayudia juga main dalam film ini lho. Nonton ya di bioskop kesayangan mulai tanggal 30 Agustus 2018.


Official trailer




***

28 komentar:

  1. Wah aku baru tahu kalo ada pelatihan menangkap petir, sepertinya menarik sekali ya

    BalasHapus
  2. Filmnya menarik nih kak. Cocok buat jadi hiburan akhir pekan bareng adek-adek sepupu. Mau nontooonn jugak xD

    BalasHapus
  3. Wah ekstrem banget mak nangkap petir.. btw Abimana keren juga ya

    BalasHapus
  4. Wah ada Abimana ya itu, kayaknya harus ditonton ini filmnya ya. Judulnya pun tadi bikin aku berfikir sejenak "Petualangan Menangkap Petir"

    BalasHapus
  5. wew ada ya ilmunya menangkap petir, jadi pengin nonton

    BalasHapus
  6. apa? ada abimana? duh duh duh, penasaran jadi pengen nonton. trus judulnya juga menarik :)

    BalasHapus
  7. Ahh curiga ini mah ngasih rating tinggi gegara ketemu ertongnya dan bisa foto. Wkwkw nanti dicek ah trailernya. Yg koki cilik sih saya emang puas.apakah ini bisa memuaskan penonton juga? Lets see...

    BalasHapus
  8. Pak suami kemarin sudah ngasih tau untuk bookmark film ini, can't wait deh mau nonton bareng2

    BalasHapus
  9. Nggak nonton akh kalau ada doi. Atut hatiku terpetir petir hahaha

    BalasHapus
  10. Lihat trailernya memang bagus. Aku belum menonton belum bisa ngasih komen. Film anak-anak makin bagus dan beragam topiknya. Terakhir nonton Kulari ke Pantai dan filmnya menarik.

    BalasHapus
  11. Aku jadi pengen nonton film ini bareng anak seru pastinya

    BalasHapus
  12. film anak2 jadi makin beragam ceritanya, seru juga ini ^^

    BalasHapus
  13. Konon kabarnya Depok adalah kawasan yang banyak petirnya. Kira2 apa yang diajarin ya kalau blogger Depok pada ikut? hahaha

    BalasHapus
  14. enggak sabar mau ngajak si sulung nonton film anak ini :)

    BalasHapus
  15. Wah petir bisa di tangkap. Dari Judulnya saja sudah bisa di tebak ,
    Pastinya menarik dan seru.demi sebuah pengambilan angle kamera yang bagus, sampai belajar naik sepeda. Wah ada manfaat juga dan total demi sebuah acting

    BalasHapus
  16. Yeah ulasannya yang rapih ini bikin daku penasaran buat nonton besok weekend ah..

    BalasHapus
  17. Makin banyak ya film anak2 yang bagus sekarang.. sayang Al belum bisa diajak nonton bareng

    BalasHapus
  18. Sebenarnya saat ada pemutaran film bertema anak, pengen banget ngajak anak-anak nonton tapi belum kesampaian lagi. masalahnya, anak saya yang sulung kalau nonton di bioskop gak bisa diem hiks
    filmnya ini menarik nih, secara anak saya suka petualangan.

    BalasHapus
  19. Wahhh skeg film anak2 makin beragam, ya. Nggak melulu nunggu liburan yang jatohnya lama beut. Kalau dr judul, lucu bgt. Gimana cara coba menangkap petir. Msh ada gaknya bioskop? Ku mau ajak keponakan nonton aaahh..

    BalasHapus
  20. Wah judulnya mengingatkan pada film Gundala Putera Petir

    BalasHapus
  21. ish makin penasaran deh kalo Nurul ngasih nilai 9.. wajib nonton berarti yah..

    BalasHapus
  22. baca judul filmnya aja jadi penasaran banget mbak, harus nonton nih sama anakku

    BalasHapus
  23. Dari judulnya saja nih film "Petualangan Menangkap Petir" bikin penasaran

    BalasHapus
  24. Seru nih untuk menghabiskan weekend sama krucils.

    BalasHapus
  25. Belom sempet nih nonton filmnya, semoga masih ada ya di bioskop.

    BalasHapus
  26. Eh filmnya masih ada nggak ya? Pengen nonton. Soalnya kmrn blm sempet

    BalasHapus
  27. jadi... ini film tentang membuat film? Bima Arya yang main nih, idolaque!

    BalasHapus