INTERLAC Probiotics, Mengatasi Gangguan Saluran Cerna Pada Bayi dan Anak

13 komentar
Tiap tengah malam bayi terbangun itu wajar karena haus atau mengajak bermain. Namun, saya sudah susui dan menimang Arkana, ia terus menangis sampai berjam-jam. Sebagai ibu baru yang belum mahir membaca kondisi anak saat itu, kepanikan merajai pikiran saya. Kenapa bayi ini? Tidak hentinya menangis tanpa mengeluarkan air mata. Bahkan ibu saya bilang ada mahluk lain "mengganggu" anak saya. 

Walah...bukannya saya tidak percaya tentang dunia ghaib, tapi saya mencoba berpikiran positif saja. Selain menangis keras, gerakan kakinya mengulet seperti orang dewasa sedang sakit perut, wajahnya kemerahan, perutnya mengeras, tangannya mengepal. Setelah itu ia mengeluarkan bau gas tak sedap. Oh ternyata ia menangis karena susah membuang gas (kentut) dan mungkin ingin buang air besar. Tapi, kok ini hampir tiap malam Arkana seperti itu? 
cara atasi gangguan saluran cerna
Bersama Abang Arkana yang dulu
kena kolik saat bayi

Rasanya kalau mengingat kejadian beberapa tahun lalu itu saya merasa bodoh sekali. Saya tidak tahu apa yang mesti dilakukan. Rasa lelah seharian mengurus Arkana membuat emosi makin meningkat.  Saat itu saya tidak paham apa yang terjadi dengan bayi saya. Saya hanya bisa menimang-nimang, menghangatkan perutnya dengan minyak telon, memijatnya dan menyusuinya. Tidak jarang ia gumoh setelah menyusu. Istilah orang  dulu "nyiram badan" atau ingin membesarkan badannya sendiri. Sempat saya bawa ke dokter spesialis anak dan katanya Arkana baik-baik saja, bayi biasa gumoh sehabis menyusu. Dokter tidak memberikan obat, ia hanya menyarankan agar badan bayi ditegakkan sambil ditepuk-tepuk pelan punggungnya setelah menyusu sampai ia bersendawa. 


Anakku Mengalami Kolik Infantil


Memori ini kembali saya ingat ketika menghadiri acara talkshow bersama INTERLAC di Mommy n Me Expo 2018, 2 Juni 2018 lalu dengan tema "Tips Mengatasi Gangguan Saluran Cerna Pada Bayi dan Anak", menghadirkan 2 narasumber yaitu dr. Maria Magdalena dan Mohamad Nurhadi, Brand Manager INTERLAC

gangguan saluran cerna
Kolik sering terjadi pada bayi
Gambar dok facebook Interlac

Salah satu gangguan saluran cerna pada bayi dan anak adalah kolik infantil, keadaan dimana bayi terlihat rewel dan menangis berkepanjangan sampai 3 jam lebih sehari, minimal 3 hari seminggu dan berlangsung setidaknya dalam 1 minggu. Biasanya terjadi pada bayi berusia 2 minggu sampai 4 bulan, kadang disebutnya sindrom 4 bulan. Nah, berarti waktu itu Arkana mengalami kolik infantil. 

Gejala klinis utama menampakkan bayi menangis keras berlebihan dan berlangsung terus menerus. Bayi terlihat kesakitan, rewel, menarik kedua tungkainya, muka menjadi merah, mengerutkan dahinya dan bising usus meningkat. Pada umumnya gejala ini terjadi pada sore hingga tengah malam. Seringkali membuat orangtua stress, sedih dan kesal karena sulit dihentikan. Saya pun mengalaminya. Di Indonesia pengertian mengenai kolik infantil masih rendah, padahal angka kejadiannya mencapai 40%.

penyebab gangguan saluran cerna
Gambar dok.facebook Interlac

Penyebab kolik karena paparan asam lambung ke kerongkongan bayi, alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Memang penyebab pastinya memang belum diketahui secara detail. Jika dilihat dari 3 penyebab tersebut anak saya mengalami paparan asam lambung ke kerongkongan bayi karena tidak mengkonsumsi susu sapi.


Mengenal Probiotik


Kalau saya pikir ulang lagi, kenapa dokter anak itu tidak memberitahukan kalau anak saya mengalami kolik? Dokter yang kurang ilmu atau saya yang dibodohi, entahlah. Akhirnya saya pun mengetahui tentang kolik dari dr.Maria Magdalena di acara talkshow itu. Beliau megatakan kolik biasa terjadi pada bayi yang baru lahir. Namun, jika tidak diatasi dengan treatment yang pas bisa menyebabkan kematian. Aduh, untungnya anak saya tidak mengalami hal yang fatal. 

Salah satu treatment mengatasi gangguan saluran cerna pada bayi dan anak seperti kolik dengan memberikan probiotik. Apa itu probiotik? Kata probiotik berasal dari bahasa Yunani yaitu "pro" artinya untuk dan "bios" artinya kehidupan. Jadi, kalau digabung bisa diartikan "untuk kehidupan".

pengertian probiotik
Bakteri baik dalam saluran cerna
Gambar dok.facebook Interlac

Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah yang adekuat dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna (WHO 2002). 

Pernah dengar istilah lainnya yaitu Prebiotik? Ini lain lho dengan probiotik. Prebiotik merupakan makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Pada umumnya prebiotik itu adalah karbohidrat seperti oligosakarida/fructooligosaccharide (FOS).

Ada lagi istilah Sinbiotik (Eubiotik) merupakan kombinasi probiotik dan prebiotik. Jadi, sudah tahu ya perbedaan diantara ketiganya. 

Adapun syarat-syarat probiotik yang baik menurut WHO sebagai berikut : 
  1. Berasal dari manusia
  2. Dapat bertahan hidup di saluran cerna 
  3. Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  4. Menghasilkan zat antimikroba
  5. Mampu melawan bakteri jahat
  6. Terdokumentasi penelitian klinis yang baik

Perlu diketahui bahwa probiotik bukan obat. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan karena memegang peran penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia. 


Atasi Gangguan Saluran Cerna Dengan INTERLAC



logo  probiotik interlac


INTERLAC merupakan probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara yang memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO dan dikenal di kalangan medis sebagai Live and True Probiotic. Andai saja saat itu dokter memberikan probiotik yang tepat untuk Arkana, pasti saya bisa lebih tenang menghadapi bayi yang mengalami kolik. 

Salah satu jenis probiotik yang terkenal sejak awal dekade ke-20 adalah genus Lactobacillus dengan khasiat anti-inflamasi dan imunostimulator (menstimulasi sistem imun) yang sangat baik. Diantara probiotik-probiotik dengan jenis Lactobacillus yang paling menonjol kelebihannya adalah strain Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, sebuah perusahaan bioteknologi berasal dari Stockholm - Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Berdiri pada tahun 1990 dan memproduksi probiotik (Lactobacillus reuteri). 

bakteri baik dalam tubuh manusia
keberadaan bakteri baik dalam tubuh manusia
dok.facebook Interlac Probiotics

Sudah lebih dari 160 uji klinis pada lebih dari 13.000 partisipan yang telah mengkonfirmasi efektifitas dan keamanan Lactobacillus reuteri Protectis pada manusia dari BioGaia yang direkomendasikan dokter lebih dari 90 negara. 

Bapak Mohamad Nurhadi menjelaskan dengan melalui kerjasama BioGaia dengan PT Interbat, INTERLAC bisa dipasarkan di Indonesia sebagai satu-satunya  suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis, suatu solusi aman dan efektif atasi gangguan saluran cerna. 

Manfaat dan Keamanan INTERLAC


Sampai akhir Februari 2018, INTERLAC sudah teruji klinis pada lebih dari 15.500 pasien di 184 uji klinis. Keamanan INTERLAC pun sudah teruji klinis untuk segala usia, mulai dari bayi prematur, newborn, anak-anak, remaja, dewasa, lansia, ibu hamil, pasien dengan gangguan imun (pasien HIV) terbukti aman dan tanpa efek samping.

Bukti keamanannya diperoleh dari FDA Amerika Serikat dengan pemberian predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan.

Berbeda dengan probiotik lainnya, formulasi INTERLAC sama sekali tidak mengandung laktosa (lactose) sehingga aman untuk bayi sejak hari pertama kelahirannya, termasuk bayi yang lactose-intolerant. Bahkan bisa dipakai langsung di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi lahir prematur. 

keamanan interlac probiotik
Bukti keamanan INTERLAC

Tentunya banyak manfaat dari INTERLAC yaitu : 
  • Menjaga kesehatan saluran cerna
  • Terapi dan pencegahan diare, konstipasi, regurgitasi (gumoh) dan distensi abdomen (kembung)
  • Terapi dan pencegahan infeksi candida (jamur)
  • Terapi dan pencegahan kolik infantil 
  • Terapi dan pencegahan NEC (Necrotizing Enterocolitos) penyebab kematian nomor satu pada bayi lahir prematur
  • Meningkatkan sistem imun, mencegah alergi dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mendukung perkembangan neurologi (syaraf) yang optimal pada bayi
  • Terapi functional abdominal pain (sakit perut) pada anak-anak
  • Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik
  • Terapi pendamping antibiotik infeksi Helicobacter pylori

Selain kolik infantil, gangguan saluran cerna yang biasa dialami bayi dan anak yaitu diare. Diare masalah kesehatan besar bagi bayi dan anak. INTERLAC terbukti sebagai terapi kesehatan untuk diare karena penyembuhannya lebih cepat dibandingkan plasebo, mengurangi frekuensi diare (1,9x di grup INTERLAC vs 3,4 x di grup palsebo), mengurangi risiko terkena diare. 


Hubungan INTERLAC dan Imunitas Bayi


Bayi baru lahir kondisi fisiknya masih sangat rentan. Untuk menjaga imunitasnya tetap stabil maka pemberian ASI paling utama. Ternyata pemberian probiotik bisa juga untuk imunitas bayi, namun belum banyak dibicarakan. 

Dr. Maria Magdalena sempat mengatakan bayi yang lahir secara normal memiliki bakteri baik dalam ususnya dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan pada usus bayi yang lahir secara operasi sesar. Hal ini terjadi karena saat bayi melewati vagina ibu (lahir normal) bayi telah terpapar bakteri baik yang tumbuh di area vagina ibu. Ada dua bakteri baik di area vagina yaitu lactobacillus dan corynebacterium. Dua bakteri tersebut juga menjaga keseimbangam pH pada vagina.

probiotik baik bagi saluran cerna
Bapak Moh. Nurhadi dan dr. Maria Magdalena
saat talkshow INTERLAC

Penemuan medis terbaru membuktikan pada bayi yang lahir melalui operasi sesar lebih berisiko terkena alergi dan asma.  Salah satu jenis alergi yang diderita yaitu Dermatitis Atopik atau Eczema pada kulit bayi sebesar 20% dengan ciri-ciri kulit menjadi kering, berwarna kemerahan, pecah-pecah serta gatal. Dengan pemberian probiotik dapat menurunkan risiko tersebut. Tentunya hal ini memperkuat bukti medis bahwa kandungan bakteri baik dalam usus dapat memperkuat imunitas bayi. 

Menurut saya bagaimanapun cara melahirkan buah hati adalah sebuah perjuangan seorang ibu. Mendengar tangisan pertama bayi mungil ke dunia merupakan anugerah terindah. Perihal imunitas bayi bagaimana kita merawatnya sebaik mungkin.


Rangkaian Probiotik INTERLAC 


Varian INTERLAC tersedia dalam sediaan lengkap yaitu Oral Drops, Sachet, dan Tablet Kunyah. Ke tiga varian ini dibedakan menurut penggunaannya. Penggunaan INTERLAC praktis dan ekonomis kerena cukup 1x sehari.

INTERLAC Oral Drop

probiotik jaga kesehatan saluran cerna
INTERLAC probiotik drops

Varian oral drops merupakan satu-satunya probiotik dengan sediaan tetes di Indonesia yang menjamin kemudahan pemakaian untuk bayi baru lahir maupun bayi lahir prematur hingga usia 1 tahun.

Aturan pakainya cukup 5 tetes 1x sehari atau sesuai anjuran dokter. Tiap 5 tetes mengandung Lactobacillus reuteri Protectis 17938 atau 10 pangkat 8 CFU. Sama sekali tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang intoleransi laktosa. 

Perhatikan keterangan pemakaiannya, kocok dengan baik sebelum digunakan, dianjurkan menggunakan sendok, rasanya plain (netral) untuk bayi dan anak usia 0-3 tahun, 1 botol sama dengan 125 tetes untuk penggunaan 25 hari. Setelah digunakan simpang langsung di dalam kulkas atau dibawah suhu 40° C. 

Saya berikan oral drops INTERLAC untuk Sagara, adiknya Arkana. Meskipun tidak mengalami diare atau kolik infantil, saya tetap berikan untuk menjaga kesehatan saluran cernanya. Bisa diberikan langsung ke mulut, menggunakan sendok atau campurkan pada MPASI dan susu formula. Pastikan MPASI dan susu yang dikonsumsi  si kecil habis ya moms. 


INTERLAC Sachet


Selain dalam bentuk drop untuk bayi dan anak, INTERLAC memiliki varian sachet. Cukup 1 sachet 1x sehari atau sesuai anjuran dokter dengan komposisi yang sama. Larutkan dalam sedikit air (kira-kira 150 ml), dianjurkan menggunakan sendok, rasanya netral (plain) untuk bayi dan anak usia 1-5 tahun. 

probiotik atasi gangguan saluran cerna
INTERLAC serbuk probiotik

INTERLAC Tablet Kunyah Strawberry dan Lemon


Bentuknya seperti permen saja. Saya sering menyebut permen agar Arkana mau memakannya. Nggak apa - apa ya bohong sedikit demi kesehatan anak. Ia lebih menyukai rasa strawberry dibandingkan lemon. 
probiotik aman untuk bayi dan anak
INTERLAC tablet kunyah rasa strawberry


probiotik dari bakteri hidup
INTERLAC tablet kunyah rasa lemon

Cukup 1 tablet 1x sehari atau sesuai anjuran dokter. 1 box berisi 30 tablet kunyah. Rasa strawberry cocok untuk anak-anak usia 2-12 tahun dan rasa lemon untuk orang dewasa. 

interlac tablet kunyah rasa lemon
Arkana suka INTERLAC tablet kunyah rasa lemon 

Sekarang Arkana sudah beranjak besar, tahun 2018 ini akan berulang tahun yang ke 6. Ia pun tumbuh sehat dan aktif. Demi menjaga kesehatan saluran cernanya saya tetap memberikan INTERLAC 1x sehari sebagai suplemen makanannya. Disamping itu saya juga berikan asupan sehat dan bergizi. Jangan sampai anak-anak mengalami gangguan saluran cerna. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan. 

Andai saja dulu saya tahu INTERLAC bisa dibeli di toko obat atau apotek, saya pasti membelinya tanpa resep dokter. Itu sudah berlalu. Sekarang INTERLAC bisa dibeli secara offline di Guardian, Viva Health, Baby shops atau online di mothercare.co.id, JD.ID dan Orami. Tidak ada alasan lagi sulit memperoleh INTERLAC. Jika timbul reaksi yang berlebihan setelah pemakaian, langsung periksa ke dokter. Probiotik INTERLAC, teman baik ususmu. 


Website 
www.interlac-probiotics.com


Facebook
InterlacProbiotics


Instagram
@interlacprobiotics


***

13 komentar

  1. waaah mesti sedia ini dirumah ya....untuk jaga stamina anak-anak dan seluruh keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Desy harus sediain Interlac di rumah. Buat jaga-jaga kondisi anak terkena diare atau kolik.

      Hapus
  2. Anak kholik tuh emang bikin ortu panik banget mba. Temanku ada yang anaknya gitu juga. Nangis melulu tapi nggak tahu kenapa. Eh teryata kholik dan katanya anak kesakitan tuh mba kalau kolik itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya kita yang dewasa nggak paham kalau anak kesakitan tanpa sebab terus-terusan penyebab dari kolik ya.

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. kalau anak susah buang air emang bikin repot, ini kayanya harus stok di rumah

    BalasHapus
  5. Anak2 kalau kolik dulu suka kupijat ILU. Dulu belum kenal Interlac sih hehe. Wah ternyata ada tablet yang bisa dikunyah2 kyk permen ya, jd bisa buat seusia anak2 yg agak gedean :D
    Btw kalau buat mengatasi sembelit apa bisa juga?

    BalasHapus
  6. Aku sedia Interlac ini dari semenjak tau khasiatnya bagus. Dan ternyata iya, Alfath gak pernah lagi ada gangguan pencernaan, Mamanya juga konsumsi. Sempet tanya ke dokternya Alfath apakah bagus konsumsi Interlac ini? Dokternya bilang malah dianjurkan, huhu aman pokoknya.

    BalasHapus
  7. Kolik infantil serem juga ya....iiish anak2 bisa mewek minimal 3 jam per hari.. .3 x seminggu... mesti cepet2 diatasi nih. Untung ada Interlac ya..kebutuhan probiotiknya bisa terpenuhi dengan baik sesuai usia si anak.

    BalasHapus
  8. Bayi memang pencernaannya blm sempurna jadi sering diare kalo salah2 dikit aja. Aku sedia jg semacam Interlac ini karena memang ampuh.

    BalasHapus
  9. Buat jaga-jaga memang perlu menyediakan Interlac di kotak obat buat jaga-jaga buat sepupu kecil dan keponakan

    BalasHapus
  10. Waah aku baru tahu loh soal kolik infatil secara rinci di sini, alhamdulillah anak-anak nggak pernah ngalamin. Penting nih pengetahuan buat ibu-ibu muda terutama..

    BalasHapus
  11. Wah, cocok nih buat stock di rumah biar anak-anak sehat. Makasih ya infonya, karena aku belum pernah coba produk ini

    BalasHapus