Sabtu, 19 Mei 2018

Makan Buah Jadi Mudah Dengan Milna Nature Delight

Buah dan sayuran adalah sumber asupan penting bagi tubuh. Keduanya memiliki kandungan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral untuk pemenuhan gizi. Buah dan sayur masuk ke dalam porsi menu gizi seimbang. Masih ingat kan tumpeng gizi? WHO menganjurkan onsumsi buah sebanyak 2-3 porsi per hari (300-400 gram) sedangkan sayur dikonsumsi 3-5 porsi sehari (400-600 gram). Namun, masyarakat Indonesia masih tergolong kurang makan buah dan sayur. Menurut Data Riset Kesehatan Dasar 2013 menyebutkan bahwa 93,5% penduduk Indonesia berusia 10 tahun tidak konsumsi buah dan sayur sesuai anjuran. Padahal penting untuk memenuhi gizi seimbang si kecil.

manfaat buah dan sayur
Senangnya makan buah dan sayur
dari Milna Nature Delight

Pada umumnya anak-anak tidak menyukai buah dan sayur. Alasannya adalah rasa pahit atau asam pada buah dan sayur yang disebabkan vitamin C dan serat, tentunya indera pengecapnya beda dengan orang dewasa. Rasa pahit rasa yang asing bagi anak-anak. Mereka lebih akrab dengan rasa manis dan asin seperti rasa ASI atau MPASI.


Pentingnya Makan Buah dan Sayur


Bersyukur sekali tanah air ini berlimpah ruah konsumsi pangan seperti buah dan sayur. Bisa beli di pasar tradisional atau supermarket. Kebetulan rumah saya tidak jauh dari pasar. Kalau mau pergi naik kereta api melewati pasar, berjejer pedagang buah apel, jeruk, anggur, salak, semangka, pepaya, dll.  

Konsumsi makan buah dan sayur menjadi penting karena kandungannya sangat dibutuhkan oleh si kecil. Ibu hanya perlu mengenalkan buah dan sayur saat masa MPASI. Saat ditemui di acara blogger gathering 5 Mei 2018 lalu, Dr. dr. Cony Tanjung, Sp.A(K) menjelaskan bahwa beberapa penelitian meta-analisis menunjukkan manfaat positif buah dan sayur yang bisa mencegah dan menurunkan insidens obesitas, penyakit degeneratif kronis seperti jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dll. Kalau tidak dikenalkan sejak usia dini, maka saat beranjak dewasa pasti susah makan buah dan sayur.

makan buah dan sayur sehat
DR.dr Cony Tanjung, Sp.A(K)

Meskipun buah dan sayur penting untuk dikonsumsi, tetapi pada anak dimulai pada saat pemberian MPASI yaitu usia 6 bulan. Saya pernah membaca artikel tentang bayi  usia 10 hari meninggal dunia akibat diberikan pisang oleh neneknya. Tentunya hal tersebut ada kesalahan pola asuh gizi pada anak. Ada batasan dan kecukupan serat dalam pemberian buah dan sayur bagi bayi di bawah 1 tahun karena mengingat ia lebih membutuhkan makanan padat untuk tumbuh kembangnya. Penelitian membuktikan bahwa pemberian buah dan sayur berulang lebih mudah di masa selanjutnya.

Waktu yang Tepat Pemberian MPASI Pada Anak


Menurut rekomendasi WHO, pemberian MPASI yang tepat dimulai saat anak berusia 6 bulan, kandungan nutrisi cukup dan ssimbang, aman dan diberikan secara benar. Jika pemberian dilakukan lebih awal maka tidak baik untuk pencernaanya yang masih belum siap (kecuali ada indikasi kesehtan tertentu) dan jika diberikan telat waktu maka energinya tidak tercukupi.

Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Infant and Baby, Kalbe Nutritional mengatakan pemberian makan pada anak usia 6-8 bulan sebanyak 2x meal dan 2x snack. Sedangkan anak usia 10-12 bulan 3x meal dan 2x snack, cocok buat Sagara nih.Mengetahui jadwal pemberian MPASI sama saja dengan memperkenalkan berbagai rasa baru sejak dini. Pemberian MPASI bukan hanya sekedar APA yang harus dipersiapkan, tapi juga KAPAN karena kebutuhan gizi yang baik terpenuhi pada waktu yang tepat.

makan buah dan sayur tanpa pengawet
Sagara sudah bisa duduk di high chair
Tanda anak siap diberikan makan

Ketahui juga kapan anak siap diberikan MPASI seperti
  1. Si kecil sudah bisa duduk dan kepalanya sudah tegak. 
  2. Perhatikan posisi tubuh saat si kecil makan. Posisinya bisa di taruh di feeding chair atau dipangku dengan menyangga kepala bayi dengan nyaman.
  3. Koordinasi tangan, mata dan mulutnya berkembang dengan baik. Jika di usia anak 4-5 bulan suka memasukkan jarinya ke dalam mulut biarkan saja karena ia sedang memasuki masa itu. Asal kebersihan tangan si kecil harus terjaga. 
  4. Sudah bisa mengunyah makanan yang diberikan dan mengeluarkannya dengan lidah.

Manfaat Makan Buah untuk Si Kecil


Di usia 6 bulan si Kecil sudah boleh diberikan buah-buahan, tapi dalam bentuk Puree Buah yang bertekstur lembut. Berikan puree buah yang sudah melalui proses  Advanced Pasteurization Technology untuk memastikan puree buah aman dan tidak mengandung mikroorganisme. Manfaat buah untuk si kecil diantaranya : 
  • Memiliki kandungan vitamin yang tinggi untuk meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dan kesehatan gusi.
  • Memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah.
  • Memiliki kandungan serat yang tinggi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  • Memiliki kandungan anti oksidan untuk mencegah penyakit degeneratif di masa yang akan datang.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Buah Dengan Milna Nature Delight




Makan buah itu yang baik memang dari buahnya langsung, lebih fresh dan  kandungan gizinya lebih baik. Kalau buat orang dewasa si nggak masalah makan buah langsung, namun bagi anak-anak belum bisa kan. Apalagi kalau diajak bepergian, repot juga harus potong buah kecil-kecil atau dibuat minuman jus. Jadi, ada cara agar anak mau makan buah dari MILNA NATURE DELIGHT. Sudah ada yang tahu produk ini? Kalau saya mengenal produk ini dari isi etalase minimarket di bagian MPASI. 

Sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutritionals, tahun ini meluncurkan Milna Nature Delight sebagai solusi makan buah si Kecil. Selain itu Kalbe Nutritionals terus aktif melakukan pengembangan produk nutrisi sebagai komitmen di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Sejalan dengan mewujudkan misi We Provide wellness to millions dengan menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Setelah memasuki usia 6 bulan, si Kecil memasuki momen makan pertama atau 1st Bite Day. Bersama MILNA NATURE DELIGHT "CARA MUDAH MAKAN BUAH untuk Si Kecil" sebuah kampanye rutin yang dilakukan oleh Milna dalam mengedukasi orangtua dalam pemberian MPASI berupa meal dan snack . Perayaan 1st BITE DAY sempat diselenggarakan bulan September 2017 lalu. Kebetulan saya juga hadir ke acara itu bersama Sagara dan seru sekali.

Varian Rasa Milna Nature Delight


cara agar anak mau makan buah
Varian Milna Nature Delight

Saat sesi pengenalan produk Milna Nature Delight, pak Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna bertanya pada peserta blogger gathering. 

"Ada yang tahu kepanjangan dari Milna?" tanya pak Christofer.

"Nggak tahu pak.." jawaban mayoritas blogger.

"Milna itu singkatan dari Milik Nasional" jelas pak Christofer.

"Ooo...itu kepanjangannya", jawab blogger serentak

Milna Nature Delight memiliki 3 varian rasa yang telah disesuaikan dengan kebutuhan si kecil yaitu varian Carrot Apple, Pumpkin, Banana, Strawberry, Apple dan Apple Peach. 


cara mudah makan buah dan sayur
Panduan cara mudah konsumsi
Milna Nature Delight

Milna Nature Delight memiliki keunggulan yaitu : 
  • Milna Nature Delight mengandung 100% buah asli dan diproduksi di Chile. 
  • Diproses secara higienis dan alami 
  • Tanpa bahan pengawet, pewarna buatan, dan tanpa penambahan gula. 
  • Aman dikonsumsi si kecil karena melalui proses pasteurisasi.
  • Membantu si Kecil untuk belajar makan sendiri.
  • Praktis dibawa kemana saja. 

Sagara sudah coba Milna Nature Delight rasa apple and peach dan carrot, apple and pumpkin. Memang agak asam saat pertama dicicipi, tapi lama-lama dia suka. Karena rasanya disesuaikan dengan rasa pada ASI. Kalau tidak habis, Milna Nature Delight bisa dimasukkan ke dalam kulkas selama maksimal 2x24 jam. Enak juga lho disajikan dalam keadaan dingin (khusus toddler).

Kehadiran Milna Nature Delight menjadi solusi ibu memberikan makan buah dan sayur dengan praktis. Saya merasa tertolong sekali dengan camilan puree buah ini. Sagara tetap mendapatkan asupan yang baik dan bernutrisi tinggi. Keinginan anak-anak untuk makan buah dan sayur kembali lagi. Kehadiran MILNA Ahlinya Makanan Bayi selama 31 tahun ini terus menghadirkan produk-produk terbaiknya. Yuk, jadikan momen makan buah dan sayur si kecil menyenangkan.


Website

Fanpage
MilnaID

Twitter
@BundaMilna

Instagram
@milnaid



***



4 komentar:

  1. Anak saya juga makan milna saat umur 6 bulan keatas..
    Dia sangat menyukainya, apalagi sangat pas buat camilan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu jadi nggak khawatir ya kalau camilan anak sehat dan bernutrisi baik.

      Hapus
  2. Bener banget, milna natire delight ini solusi buat ibu2 biar gk terlalu rempong urusan makan buah dan sayur. Hehe

    BalasHapus