Bonanza Beef Bakso : Bakso Daging Sapi Asli Indonesia

4 komentar
BAKSO. Siap yang nggak doyan sama makanan bulat ini. Bakso dapat ditemukan di pinggir jalan, ujung gang rumah, mall atau acara kawinan. Bakso sudah menjadi bagian tak terpisahkan dengan budaya kuliner Indonesia. Bahkan sampai ada lagu anak-anak tentang makanan khas ini. Santapan yang membuat orang kangen balik ke Indonesia setelah lama di luar negeri. Bahkan hanya ditemui saat hari - hari besar. Beruntung ya masyarakat Indonesia mudah menikmati makanan bakso. Namun, beberapa waktu lalu sempat geger oleh berita tentang bakso yang dicampur dengan daging tikus atau celeng (babi). Masyarakat jadi enggan mengonsumsi bakso. Itu pun tidak berlangsung lama, tetap saja bakso yang dicari kalau sedang bosan dengan nasi dan lauk pauk. Tetap cermat ya memilih bakso, pastinya bakso yang dibuat dari daging sapi asli. 


Arti Bakso


Ada 2 arti bakso yang bisa saya simpulkan. Pertama, menurut KBBI bakso dengan penggalan kata bak-so artinya makanan terbuat dari daging, udang, ikan yang dicincang dan dilumatkan bersama tepung kanji dan putih telur, biasanya dibentuk bulat-bulat. Sedangkan menurut sejarah orang Tionghoa yaitu "Bak" yang berarti daging babi dan kata "So" berarti giling.  Jadi, bakso adalah daging babi giling. Namun, mayoritas orang Indonesia adalah muslim maka mengganti isi dari makanan tersebut dan terjadi pergeseran makna. Isi dari bakso pun berasal dari daging sapi asli dan mulai dikembangkan sebagi variasi seperti bakso ayam atau bakso ikan.


bakso daging sapi
Bakso
Budaya kuliner Indonesia

Masyarakat menganggap bakso sebagai budaya kuliner Indonesia. Secara tradisional bakso disajikan dalam mangkok dan diberikan kuah juga bumbu yang lezat. Tambahannya bisa dicampurkan bihun, sayuran atau tahu. Bakso mengalami kemajuan yang pesat dalam dunia kuliner. Mulai dari pengembangan, variasi dan penyajian. Bakso bisa dijadikan menu utama atau camilan. Variasi bakso yang unik juga ditawarkan seperti bakso beranak, bakso keju atau bakso torpedo. 

Bakso juga mengalami krisis kepercayaan terhadap penikmatnya. Hal ini menjadi tantangan bagi produsen bakso. Bentik bulat dan karakteristik daging sapi sebagai bahan utamanya tidak dapat dicerna sscara kasat mata. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan penggunaan boraks (pengenyal). Hal ini terjadi karena harga bahan baku daging sapi yang mahal dan daya beli yang rendah memicu produsen bakso melakukan kecurangan dalam penggunaan daging sapi. Agar mendapatkan kekenyalan daging sapinya maka diberikan bahan pengenyal kimia tersebut. Dengan adanya fakta-fakta merugikan tersebut kredibilitas bakso sebagai sebagai salah satu budaya kuliner Indonesia rusak. Meskipun konsumen masih jatuh cinta dengan bakso sapi, tapi konsumsi bakso banyak ditinggalkan dan bukan lagi menjadi makana papan atas, hanya sebagai makanan jajanan saja.

Penggunaan formalin (pengawet) juga banyak digunakan oleh oknum produsen bakso. Penggunaan formalin pada bakso bermaksud agar umur simpan yang cukup panjang tanpa harus menggunakan rantai pendingin atau freezer. Tidak hanya bakso, mie juga didapati menggunakan formalin. Ditambah campuran daging yang tidak halal seperti daging babi atau daging lain yang murah daripada daging sapi. Bakso sapi memperoleh penurunan konsumennya. Merasa tidak aman lagi mengonsumsi bakso. Perhatikan kondisi bakso atau makanan lainnya sebelum dibeli. Biasanya bakso atau makanan yang mengandung boraks dan formalin tidak disukai lalat, teksturnya kenyal, tidak berbau dan jika bakso dipantulkan maka akan seperti bola bekel. Ciri-ciri tersebut yang bisa kita lakukan secara kasat mata. Lalat saja tidak suka, apalagi manusia.

bakso daging sapi asli
Bonanza Beef Bakso

"Bonanza Beef Bakso" Bakso Daging Sapi Asli Indonesia


Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap bakso olahan daging sapi dan budaya kuliner Indonesia, maka Great Giant Food mengenalkan produk barunya yaitu "Bonanza Beef Bakso". Great Giant Foods merupakan group dibawah naungan Gunung Sewu yang bergerak di bidang perkebunan, peternakan, dan pengolahan buah-buahan dan animal protein. Tentunya mendukung aspek visi dari perusahaan yaitu food safety, food traceability, dan reliable source. Pas sekali diluncurkan mejelang bulan Ramadhan sebagai menu alternatif saat sahur, buka puasa atau hari raya Idul Fitri.

bakso daging sapi indonesia
Kemasan Bonanza Beef Bakso

Keunggulan Bonanza Beef Bakso


Beberapa keunggulan yang bisa saya simpulkan seperti ini :
  1. Mengandung 84% daging sapi (100 % daging sapi tanpa ditambah daging yang lain), campuran tepung tapioka dan bumbu lainnya. 
  2. Tidak menggunakan pengawet
  3. Diproses secara halal dan aman. 
  4. Berasal dari peternakan sapi sendiri yang dirawat dengan menerapkan Good Farming Practice, Food Safety, dan Good Manufacturing Practice. 
  5. Dikemas dalam bentuk bungkusan yang  dibekukan agar terjaga kualitas dagingnya.
  6. Bisa bertahan sampai 6 bulan tergantung suhu penyimpanan di freezer. Sebaiknya jangan sering dikeluarmasukkan baksonya. 

Menurut Emilia E. Achmadi seorang ahli gizi menyatakan konsumen harus pintar dalam memilih produk yang dikonsumsi. Salah satu penyebab rendahnya konsumsi daging pada masyarakat adalh terkait isu pencampuran daging sapi dan penggunaan pengawet (selain harga yang cukup tinggi ya). Beberapa alasan orang nggak mau makan daging karena takut gemuk dan kolesterol. Mbak Emilia menyatakan bukan karena dagingnya, tapi bahan campurannya. Misal dagingnya dibuat rendang yang menggunakan santan. Nah, santan itulah yang menyebabkan tinggi kolesterol. Cara mengolahnya juga perhatikan. Daging yang dipanggang lebih bail daripada daging digoreng. Daging itu proteinnya banyak lho. Kita butuh sekitar 250 gram daging sekali makan. Tips dari mbak Emilia agar bakso daging sapi asli ini tetap terjaga mutunya. Pisahkan beberapa butir bakso sesuai yang ingin dimakan. Jika isi 30 butir, bisa pisahkan 2-3 kantong plastik. Jadi, sekali keluar dari freezer langsung dikonsumsi. 

bakso daging sapi asli indonesia
Dayu Ariasintawati (baju merah)Emilia E. Achmadi (baju lengan pendek)
dan MC

Ibu Dayu Ariasintawati selaku Managing Director PT Great Giant Livestock (GGL) mengingatkan tentang filosofi bakso. Bakso bisa dinikmati semua kalangan dan didapatkan di mana saja. Dari pinggir jalan sampai hotel bintang lima. Bakso itu makanan yang ngangenin saat orang Indonesia di luar negeri. Salah satu pegawainya bu Dayu pernah menetap 9 tahun di luar negeri. Makanan yang paling dikangeni ya bakso. Beberapa teman bilang kalaj bakso penghilang pusing dan pilek, entah ini benar atau tidak. 


Outlet Bonanza Beef Bakso


Bonanza Beef Bakso belum beredar di pasar tradisional. Berikut outlet - outlet yang menjual bakso bonanza 

Jakarta Selatan

Ranch Market : Pondok Indah, Dharmawangsa, Market Oakwood, Kemang, La Maison Barito, South Quarter.

Farmers Market  : One Bell Park, L'avenue Tebet, Kalibata City, Market Citywalk.

Papaya Market Citywalk, Fresh Galery, Hero Permata Hijau, Hero Pondok Indah Mall.

Jakarta Barat : Farmers Market Citra Garden VI, Hero Taman Anggrek, Hero Mall Ciputra, Hero Puri Indah.

Jakarta Pusat  : Ranch Market Grand Indonesia, Farmers Market Gunung Sahari , Hero Sarinah.

Jakarta Utara : Farmers Market Baywalk Mall, Kelapa Gading, Pluit Junction.

Market City PIK dan Muara Karang, Lulu Mart Cakung.

Bekasi : Farmers Market Grand Wisata, Gran Metropolitan Mall, Jababeka.

Papaya Market Cikarang

Serpong : Ranch Market The Breeze, Farmers Market Serpong, Lulu Mart BSD, Hero Alam Sutera. 

Tangerang : Farmers Market Bintaro Exchange, Farmers Market Eco Plaza, Hero Bintaro, Hero Emerald Bintaro.

Bandung : Papaya Fresh Gallery Bandung, Hero Tarogong.

Bogor : Hero Kota Wisata.

Itulah ritel modern yang menjual Bonanza Beef Bakso. Tapi, sayangnya belum masuk ke supermarket di Depok nih. Don't worry,  masih bisa datangi swalayan diatas. Harga satu kantong ukuran 500 gram berisi kurang lebih 30 butir dengan harga eceran Rp.85.000. Terjangkau ya. Selamat menikmati bakso daging sapi asli Indonesia.


Www.bonanzabeef.co.id


Twitter dan Instagram
@bonanzabeef.id


Facebook
Bonanzabeef.id



***



4 komentar

  1. Kabar baik banget yaa Mom untuk para pecinta bakso. Apalagi bonanza berasa banget dagingnya :)

    BalasHapus
  2. Bonanza aman karena pakai daging sapi dan halal ya

    BalasHapus
  3. wajib masuk list belanja bulanan nih bakso bonanza ❤️

    BalasHapus
  4. Thanks infonya,kak.
    Siap dimasukin daftar belanjaan bakso sapi dari produsen satu ini.

    BalasHapus