Rabu, 29 November 2017

# Kuliner # makanan khas

Palembang Punya Kuliner Khas Lainnya

Kalau berkunjung ke suatu tempat, apa sih yang kalian cari? Banyak kan ya, tapi kalau saya mencari tempat wisata dan kuliner khas daerah setempat. Dua item ini menjadi kunjugan wajib bagi seorang pelancong. Nah, sebelum berkunjung ke suatu tempat pasti cari-cari rekomendasi dulu kan. Paling mudah ya searching di google. Kali ini saya mau mencoba gugling kuliner khas daerah Palembang. Tahan perutnya ya...

Bicara tentang kuliner khas Palembang, yang pertama kali terbayang sudah pasti pempek yang menggoda. Padahal, ada banyak kuliner lain khas Palembang yang tak kalah lezatnya dari pempek dan wajib banget kamu cicipi kalau sedang liburan di sana. Apa saja? Simak di sini yuk…


Laksan

sumber:vitamerisia.com

Berbeda dengan Laksa, Laksan adalah makanan khas Palembang dengan bahan dasar yang bentuknya mirip dengan pempek lenjer yang panjang. Bedanya, Laksan disajikan dengan kuah santan dengan warna yang sedikit kemerahan, dan bahan yang mirip lenjer tadi diiris tipis, lalu dimakan dengan kuahnya yang sudah ditabur bumbu pelengkap. Rasanya, jangan ditanya! Lezat luar biasa.


Tekwan

 sumber:rockingmama.id

Sekilas melihat tekwan memang mirip dengan pempek, namun dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan bahan yang mirip dengan pempek, rasa tekwan lebih mirip bakso ikan, namun tidak dibentuk bulat. Kuahnya pun berbeda dengan pempek yang dimakan dengan cuko. Tekwan disantap dengan kuah bening yang terbuat dari kaldu udang dan dilengkapi dengan bihun, bengkoang, jamur kuping dan kemudian ditabur bawang dan seledri seperti bakso. Sangat cocok disantap bersama anak dan keluarga lainnya.


Martabak HAR

sumber:discoveryourindonesia.com


Berbeda dengan martabak telur pada umumnya yang dikocok dan dimasukkan dalam adonan, martabak HAR membuatnya menyerupai telur mata sapi lalu membungkusnya dengan kulit. Cara makannya pun unik, yaitu dicampur dengan kuah kari yang lengkap dengan kentang dan daging.



Tempoyak

sumber:wikipedia.org

Makanan ini dibuat dari daging durian yang dimasak dengan cabe dan bawang. Bentuknya jadi seperti sambal, dengan sensasi rasa durian namun pedas dan biasanya disajikan bersama makanan lain.


Model

 sumber:travelnatic.com


Bahan utama makanan ini mirip dengan pempek, namun dengan kuah dan tambahan lain yang berbeda. Kuah model terbuat dari kaldu ikan atau udang, kemudian dipadukan dengan bihun dan irisan mentimun yang membuat rasanya jadi segar.


Mie Celor

sumber:takaitu.com


Bentuk dasar dari mie celor  ini mirip dengan mie dari Aceh yang ukurannya agak besar. Namun disajikan dengan kuah santan, lalu diberi telur rebus, tauge, bawang goreng dan seledri. Yang menjadi ciri khas mie ini adalah rasa ebi pada kuah santannya, membuat cita rasanya jadi berbeda dan menggugah selera.


Kue Maksuba

sumber:bukalapak.com


Jajanan yang satu ini bisa dibilang istimewa karena hanya bisa ditemukan ketika hari raya tiba. Kalau kamu beruntung, kue yang terbuat dari telur bebek dan susu yang bentuknya mirip kue lapis ini juga muncul di acara penghormatan untuk tamu atau upacara adat masyarakat setempat.
Kue ini jarang dibuat karena memerlukan bahan yang cukup banyak dan tenaga ekstra untuk membentuk adonannya. Rasanya pun legit, sehingga banyak orang yang menyukai rasanya.


Pempek

 
sumber:limakaki.com

Tentu saja yang menjadi favorit dari semua makanan khas Palembang di atas adalah pempek. Berbeda dengan pempek yang ada di kota lain, pempek yang kamu beli langsung di Palembang memiliki ragam yang luar biasa banyaknya, dengan cita rasa yang sangat berbeda. Yang membedakan pempek asli di Palembang dengan di kota lain adalah bahan dasarnya. Meski sama-sama ikan tengiri, namun ikan yang ada di Palembang lebih segar dan itu membuat rasa pempeknya jadi berbeda.
Demikian pula dengan rasa cuko yang asli Palembang, tidak akan kamu temukan di kota lain, yang memasang plang asli Palembang sekalipun.

Coba deh terbang ke Palembang dengan Express Air, dan rasakan langsung pempek asli di kota asalnya. Ada banyak promo Express Air ke Palembang, jadi kamu bisa memakai budget terbang untuk membeli pempek dan makanan lain dari Palembang.
Mencari tiket Express Air pun tidak sulit, karena sekarang tiketnya sudah bisa dibeli secara online dengan mudah.



***



1 komentar: