Postingan

Menampilkan postingan dari September, 2017

Sudah Siapkah Si Kecil Masuk Sekolah? Kenali Dulu Perilakunya Di Usia Pra Sekolah

Gambar
Waktu terasa cepat berlalu. Rasanya baru kemarin aku melihat anak pertamaku, Arkana Gie Pratama belajar jalan atau selalu aku gendong kemanapun pergi. Nyatanya bulan depan ia akan berulang tahun yang ke lima. Ya, Gie sudah lima tahun. Itu artinya Gie bukan bayi di bawah lima tahun lagi atau balita. Anakku akan memasuki pengalaman baru, terutama terhadap lingkungannya. Lingkungan itu termasuk sekolah. Aku sebagai orang tua harus menyiapkan segala kebutuhannya untuk masuk sekolah nanti. Selain biaya yang sudah direncanakan, kesiapan dirinya terhadap tantangan baru aku juga persiapkan. 
Dari usianya 4 tahun, Gie sudah mau sekolah karena tiap hari melihat abang sepupunya berangkat sekolah. Memakai baju seragam dan bawa tas berisi buku-buku impian Gie saat itu. Antusiasnya ingin sekolah tinggi sekali. Tiap pergi dan pulang sekolah, kadang aku mengantar dan menjemput sepupuku. Antara semangat sekolah dan ingin bermain di halaman TK beda tipis sih ya. Karena saat permainannya banyak.

Persiapan…

Negeri Dongeng : Bukan Sekedar Naik Gunung, Tapi Cinta Dengan Indonesia

Gambar
Sudah 5 tahun vakum dari kegiatan alam bebas. Tepatnya setelah menikah dan memiliki anak. Namun naluri untuk kembali berkegiatan di alam tidak bisa dikubur dalam-dalam. Keinginan menjelajahi gunung, sungai, dan hutan itu masih ada dalam benak saya. Apalagi kalau melihat orang-orang membawa tas carrier rasanya seperti memanggil " Yuk, naik gunung bareng". Hmm, bikin gemes aja deh. Pertanyaan dalam hati kapan bisa naik gunung lagi masih terus bergema. Ya, jika situasi dan kondisi mendukung. Sekarang kan enggak bisa pergi sendirian karena ada duo krucils. 
Menepis keinginan naik gunung lagi saya alihkan dengan menonton film Negeri Dongeng. Film ini belum resmi tayang di bioskop. Makanya saya sempatkan diri untuk menonton special screeningnya di XXI Botani Square, Bogor. Jauh banget ke Bogor? Beberapa waktu lalu saya enggak sempet nonton yang di Jakarta, makanya ikutan nobar di Bogor. Sekalian jalan-jalan dan beli kue lapis Bogor (modus). Naik comutterline dari Depok cuaca huja…

Transpulmin, Balsam Penghangat Keluarga Kami

Gambar
Perubahan cuaca semakin ekstrim. Dari musim hujan ke musim panas yang tidak menentu waktunya. Seharusnya sudah memasuki musim hujan, tapi kemarau masih melanda. Hal ini membuat kondisi fisik menjadi tertantang. Kalau tidak menjaga kondisi fisik dengan baik pastinya mudah terserang penyakit. Menjaga pola makan yang baik dan minum multivitamin sangat perlu diperhatikan. Terutama pada anak-anak yang kadang tidak terkontrol makanannya. Seperti anak saya, Gie, suka banget minum minuman ringan yang ada di lemari freezer warung. Kalau saya tidak mengawasi apa yang dia makan, bisa kebablasan deh. 
Pernah suatu kali tanpa sepengetahuan saya, Gie membeli minuman ringan rasa kopi di warung. Setelah itu dia batuk dan pilek. Alhasil "jajan" ke dokter deh. Untungnya masih bisa berobat ke puskesmas yang terjangkau obatnya. Mulai dari situ saya aware banget dengan jajanannya. Tiap kali dia mau beli sesuatu saya tanya dulu mau beli apa, kalau beli minuman ringan sejenis langsung saya larang…

Jadikan Momen Makan Pertama Si Kecil Menyenangkan di Milna 1st Bite Day

Gambar
Memiliki anak yang sehat adalah idaman para orang tua. Jika anak sehat tumbuh kembangnya pun berjalan dengan normal. Semua fase pertumbuhan dan perkembangannya dilalui pada waktu yang tepat. Hal ini ditentukan bagaimana orang tua memberikan asupan dan stimulasi yang baik untuk anak. Hal ini berlaku bagi saya sebagai ibu yang memiliki anak usia 4 bulan. Sebisa mungkin saya memberikan yang terbaik untuk Sagara. ASI eksklusif menjadi asupan pokoknya saat ini. Karena ASI eksklusif diberikan pada bayi usia 0-6 bulan. Alhamdulillah dari awal menyusui sampai sekarang tidak ada kendala. Lancar-lancar saja. Sebentar lagi Sagara akan memasuki tahap dari ASI ke MP-ASI. Pengalaman baru akan segera dimulai. 

Meskipun saya memiliki dua anak, tapi pengetahuan saya tentang MP-ASI masih minim sekali. Saat anak pertama, saya tidak terlalu memperhatikan makanan pendamping si kecil. Saya juga enggak jago masak. Jadi saya hanya membeli bubur bayi yang dijual di pasar tiap pagi bilang aja enggak mau repot…

Manfaat Berwakaf Lebih Baik Dengan Asuransi Syariah Sun Life Indonesia

Gambar
Banyak asuransi yang menawarkan produknya kepada calon nasabah. Baik asuransi syariah dan non syariah. Tergantung orangnya mau memilih yang mana. Kalau saya pastinya memilih yang bermanfaat bagi saya dan orang lain. Manfaatnya bagi saya bisa menyisihkan penghasilan demi masa depan, saling berbagi dan manfaatnya bagi orang lain bisa terbantu dengan adanya program asuransi tersebut. Saya baru tahu nih ternyata ada lho asuransi yang mengutamakan kedua manfaat tersebut. Awalnya saya pikir bakal sama saja seperti produk asuransi lain. Tapi kali ini berbeda.


Saya menghadiri Blogger Gathering bersama Sun Life Indonesia yang diadakan di The Hook Restaurant and Bar Jakarta, 9 September 2017. Kali ini Sun Life mengenalkan manfaat wakaf produk asuransi jiwa syariah. Loh kok wakaf bisa ada dalam asuransi? Saya baru tahu lho. Saya pikir wakaf hanya berfokus pada pemberian lahan untuk dimanfaatkan masyarakat sekitar atau pembangunan tempat ibadah. Wakaf disini maksudnya nasabah bisa menggunakan ma…

Rawat Kulitnya, Karena Bayi Anda Begitu Berharga

Gambar
Keluarga mana yang tidak bahagia jika memiliki buah hati yang baru lahir. Pasti disambut dengan sukacita dan penuh doa. Bayi baru lahir itu memang menggemaskan. Wajahnya yang mungil, kulitnya yang putih kemerahan dan matanya yang menutup seakan tidur dengan lelap. Rasanya semua orang ingin mencium dan menggendongnya. Bahkan ingin mengajaknya bicara dengan tatapan mata. Namun bayi baru lahir itu tidak semua orang bisa mendekati. Apalagi jika bayi tersebut memiliki riwayat kelahiran prematur. Butuh ekstra penanganan perawatan. Tiap bayi baru lahir memiliki kesensitifan, terutama bagian kulitnya.

Kondisi kulit bayi baru lahir itu berbeda dengan orang dewasa. Saat baru lahir kondisi kulit bayi belum berkembang dan berfungsi secara sempurna. Namun kulit bayi akan mengalami perubahan adaptif alamiah secara perlahan. Kulit bayi baru lahir itu rentan, terutama bagi bayi prematur. Kulit bayi itu memiliki komposisi sebagai berikut : Ukuran sel kulit lebih kecilLapisan kulit epidermis dan dermis…