Jumat, 15 September 2017

# Balsam penghangat # Kesehatan

Transpulmin, Balsam Penghangat Keluarga Kami

Perubahan cuaca semakin ekstrim. Dari musim hujan ke musim panas yang tidak menentu waktunya. Seharusnya sudah memasuki musim hujan, tapi kemarau masih melanda. Hal ini membuat kondisi fisik menjadi tertantang. Kalau tidak menjaga kondisi fisik dengan baik pastinya mudah terserang penyakit. Menjaga pola makan yang baik dan minum multivitamin sangat perlu diperhatikan. Terutama pada anak-anak yang kadang tidak terkontrol makanannya. Seperti anak saya, Gie, suka banget minum minuman ringan yang ada di lemari freezer warung. Kalau saya tidak mengawasi apa yang dia makan, bisa kebablasan deh. 

Pernah suatu kali tanpa sepengetahuan saya, Gie membeli minuman ringan rasa kopi di warung. Setelah itu dia batuk dan pilek. Alhasil "jajan" ke dokter deh. Untungnya masih bisa berobat ke puskesmas yang terjangkau obatnya. Mulai dari situ saya aware banget dengan jajanannya. Tiap kali dia mau beli sesuatu saya tanya dulu mau beli apa, kalau beli minuman ringan sejenis langsung saya larang. Cuaca yang sedang panas begini memang maunya minum yang dingin-dingin. Malah disitulah sumbernya sakit flu dan batuk.

My emergency kit

Memang susah gampang mengontrol jajanan anak. Dilarang malah ngambek, bisa nangis ber jam- jam, apalagi dituruti nanti malah timbul penyakit. Jadi dilema kan. Kalau saya si punya jurus-jurus ampuh agar Gie enggak ngambek berlebihan kalau minta jajanan.

  • Jurus pertama, saya tidak akan memberi uang kalau dia mau jajan yang bisa bikin batuk dan flu. Misal minuman ringan dingin, chiki atau permen yang berbentuk kaki.
  • Jurus kedua, saya alihkan jajanan yang dia mau dengan membuatkan makanan yang dia suka. Kebetulan Gie suka makan ceplok telor. Gampang buatnya tinggal goreng. 
  • Jurua ketiga, kalau dia jalan sendiri ke warung saya memastikan bahwa yang dia beli makanan ringan seperti biskuit. 
  • Jurus ke empat, saya hanya memberikan jumlah uang kecil. Paling besar itu Rp.2000 buat Gie. Kalau ada kembaliannya dia kasih ke saya lagi. Katanya buat jajan lagi nanti. 

Bukan hanya anak kecil yang tidak terkontrol makanannya. Saya pun begitu. Saya tuh paling suka minum teh dalam kemasan. Apalagi yang dingin, diminum saat cuaca panas langsung nyess ditenggorokan dan seakan lupa dengan sakit asma saya. Yap, saya memang punya sakit asma. Kambuhnya itu kalau kecapean dan kebanyakan minum es. Saya sudah tahu pemicunya itu, tapi kadang bandel masih dituruti juga minum es nya. Awalnya dari flu dan batuk juga, karena lendirnya enggak keluar jadi asmanya muncul. Padahal saya pernah menjalani pengobatan selama 9 bulan. Namun asma itu enggak bisa hilang begitu saja. Kalau pemicunya dihindari, maka asmanya pun tidak muncul. 

Sekarang saya sedang mengalami asma. Belum berobat ke dokter si karena tingkat sesaknya belum sampai parah banget. Kalau sudah parah saya enggak bisa tidur sama sekali, rasanya mau dicabut nyawa, nafas sudah pendek tarikannya. Saya minum obat yang biasa saya minum untuk mengeluarkan lendirnya sehingga ringan tarikan nafas. Alhamdulillah agak lega nafasnya. Di saat yang bersamaan, bayiku juga ikut-ikutan pilek. Pasti ketularan saya. Di hidungnya ada bunyi grok-grok gitu. Rasanya enggak tega kalau anak yang sakit, apalagi masih usia 3 bulan. Saya coba tanya ke beberapa teman di sosmed obat yang cocok untuk bayi. Ada yang menyarankan gunakan Transpulmin BB Balsam. 

Pucuk di cinta ulam pun tiba. Siang itu pak kurir mengantarkan paket untuk saya, setelah dibuka isinya 2 produk Transpulmin dari Kumpulan Emak Blogger. Memang beberapa waktu lalu makminnya membuka formulir mendapatkan Transpulmin untuk dicoba. Nah, waktunya pas banget nih. Bisa dicoba oleh saya, si kecil dan keluarga. Masih ada yang belum tahu Transpulmin itu apa? Kemana aja bu kok bisa belum tahu...😊.

Transpulmin adalah balsam penghangat dalam kemasan tube. Penggunaannya dibagi menjadi 2 jenis yaitu Transpulmin BB Balsam untuk bayi umur 0-2 tahun dan Transpulmin Balsam keluarga untuk anak dan orang dewasa. Yuk, mari kenal lebih dekat dengan Transpulmin.



Transpulmin BB Balsam


Transpulmin BB Balsam merupakan balsam penghangat khusus bayi antara 0-2 tahun. Mengandung bahan alami dengan aroma yang menyegarkan.  Tekstur balsamnya seperti cream, tapi hangat. Berikut detailnya :

  • Bahan   : Eucalyptol Oil dan Ektrak Bunga Chamomile. 
  • Kemasan   :  Dus, tube 10 g & 20 g.
  • Manfaat : Meredakan nyeri punggung, meredakan sakit kepala, meredakan sakit perut, menghangatkan badan.
  • Cara kerja : Penguapan dari minyak atsiri pada kulit memberikan efek menyegarkan. Campurann obatnya juga bekerja sebagai penghangat tubuh.
  • Komposisi : Tiap 1 gr Transpulmin BB Balsam mengandung Eucalyptol 100,00 mg dan Chamomile concentrate 7,44 mg.
  • Indikasi      : Transpulmin BB Balsam digunakan sebagai obat gosok untuk mengatasi nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatkan bayi saat terserang influenza. 
  • Dosis dan cara pemakaian : Bayi dan anak-anak 2-4 kali sehari digosokkan pada punggung, dada dan leher. 
  • Kontra indikasi  : Transpulmin Balsam jangan diberikan pada bayi yang hipersensitif salah satu komponen dari obat ini. 

Menurutku menggunakan Transpulmin BB Balsam mengurangi minum obat terlalu banyak pada bayi. Kasihan kan usianya masih kecil. Selain itu mengurangi risiko alergi obat juga. Jangan lupa ya moms, berikan ASI yang banyak sebagai asupan nutrisinya dan pelukan hangat.

Tiap habis mandi Sagara pakai Transpulmin BB Balsam
Biar hangat tubuhnya




Transpulmin Balsam Keluarga



Transpulmin bukan hanya untuk bayi dan anak-anak. Tersedia juga Transpulmin Balsam Keluarga yang dapat digunakan pada anak usia 2 tahun ke atas dan bisa juga untuk seluruh keluarga. Tekstur balsam berbentuk cream, rasanya lebih panas dibandingkan Transpulmin BB Balsam. Si kuning mungil ini cocok dipakai untuk saya dan keluarga lainnya. Berikut detailnya :

  • Bahan  : Eucalyptol Oil, ekstrak bunga Chamomile, Menthol, Camphor, Sage Oil.
  • Kemasan    : Dus, tube 10 g dan 20 g.
  • Manfaat  : Meredakan nyeri punggung, sakit kepala, sakit perut, meringankan gejala batuk pilek, melegakan pernafasan, menghangatkan badan.
  • Cara kerja  :  Penguapan dari minyak atsiri pada kulit memberikan efek menyegarkan. Campurann obatnya juga bekerja sebagai penghangat tubuh.
  • Komposisi : Tiap 1 g mengandung Eucalyptol 10%, Menthol 5%, Camphor 2,5%, Sage Oil 2,5%, Chamomile concentratr 0,744%.
  • Indikasi       : Transpulmin Balsam keluarga digunakan sebagai obat gosok untuk mengatasi nyeri di punggung, sakit kepala, sakit perut dan menghangatka badan, melegakan pernafasan saat terserang influenza. 
  • Dosis dan cara pemakaian : Sesuaikan dengan umur, anak-anak dan orang dewasa 1-4 cm. 2-4 kali sehari digosokkan pada bagian punggung, dada dan leher. Badan yang telah digosok hendaknya ditutup dengan selimut. 
  • Kontra indikasi  : Transpulmin Balsam jangan diberikan pada anak-anak yang hipersensitif salah satu komponen dari obat ini. 

Cuaca yang sedang kurang baik membuat anak-anak mudah sakit. Selain bayi yang tertular flu dari saya, keponakan saya bernama Khanza, sakit batuk pilek juga. Sekolah dan mengajinya jadi terganggu. Hidungnya mampet, sulit bernafas. Katanya gatel tenggorokannya, jadi batuk terus. Saya coba mengolesi Transpulmin Balsam ke dadanya. "Panas te", katanya. Memang si balsam kuning lebih panas dibandingkan yang satunya lagi. Tapi kelamaan dadanya hangat dan nafasnya jadi lebih lega.


Pakai Transpulmin Balsam Keluarga ke Khanza


Transpulmin Balsam juga saya gunakan untuk hidung yang mampat. Caranya dengan mencampurkan air hangat dengan beberapa centimeter balsam, uap yang muncul bisa dihirup selama beberapa menit. Kalau agak kepanasan lebih baik tutup mata selama menghirup uapnya. Rasanya itu enak banget di hidung dan meresap ke paru-paru. Sesak nafas saya lebih lega.

Hirup uapnya, hidungpun lega

Memang perlu waktu untuk sembuh selama pemakaian balsam penghangat ini. Sejauh ini saya cocok dengan Transpulmin. Transpulmin menjadi emergency kit yang ada di dalam tas dan di rumah saya. Setidaknya sebagai pertolongan pertama saat saya dan si kecil mengalami hidung mampet atau perut kembung. Transpulmin mudah didapatkan di toko obat seperti watsons, guardian, kimia farma, roxy atau toko bayi terdekat rumah kalian. Kebetulan saya beli di apotik roxy dekat rumah. Harganya pun terjangkau sekitar Rp.50.000.

For your information, Transpulmin dan Kumpulan Emak Blogger sedang mengadakan kompetisi blog dengan tema Transpulmin Kehangatan Ibu. Ada banyak hadiah yang akan diberikan. Yang bikin saya ngiler itu hadiah-hadiahnya. Juara 1 hadiahnya Kamera Mirrorles Canon M10, Juara 2 Netbook Asus E202n untuk 1 pemenang, Juara 3 uang tunai Rp 750.000 untuk 3 pemenang. Wow menggiurkan hadiahnya. Saya mau salah satunya.  Info lengkapnya bisa baca poster di bawah ini. 




Info lengkap mengenai produk Transpulmin bisa cek langsung


Website
www.transpulmin.co.id


Facebook 
Transpulmin Kehangatan ibu



Instagram
@transpulmin.kehangatanibu



***


2 komentar:

  1. udah nyobain transpulmin buat mada, awalnya dia kaget apaan gitu diolesin ke punggung + perut, kan biasanya ngolesin minyak kayu putih

    setelah pake transpulmin balsam, efeknya mada buang gas terus, anget kali yak

    BalasHapus
  2. Waktu Boo sama Mika bayi, aku juga pakai Transpulmin, mba. Tau Transpulmin dari dokternya. Selalu siap sedia di rumah.. Nah, yang balsam keluarganya aku baru tau, nih. Pingin nyoba juga jadinya.. :)

    BalasHapus