Senin, 23 Januari 2017

# Anak # drama

Film IQRO Ajarkan Membaca Alam dan Hati

Membaca adalah salah satu syarat seorang anak masuk sekolah dasar dan teknik dasar memperoleh ilmu. Mengerti apa yang dilihat dan diucapkan membuat seseorang bisa mengetahui segala tujuan. Begitupun dengan Nabi Besar Muhammad SAW, ketika ia mendapatkan wahyu pertama dari Allah SWT untuk membaca (iqra'). Begitu gemetarnya Rasulullah membacakan 5 ayat pertama dari surat Al-'alaq. Mulai dari situlah ayat-ayat suci Allah SWT mulai turun ke bumi atas nama Al-quran. Eits..ini bukan membahas tentang sejarah islam ya. Tapi tentang sebuah film yang saya hadiri di gala premiere IQRO - Petualangan Meraih Bintang di XXI Senayan City (22/01/2017). Jadi ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan melalaui media film.

Suasana press conference bersama para cast and crew

Seperti yang pernah saya tulis disini tentang sinopsis, poster dan trailer. Akhirnya saya bisa menonton langsung film IQRO di bioskop. Memang tidak dari awal saya mengikuti cerita karena terlambat datang. Namun saya bisa mengambil makna dan pesan dari ceritanya. Film bergenre drama religi ini memiliki cerita yang ringan dan mudah dipahami. Walaupun ada unsur religinya, tapi tidak mengarah kepada kefanatikan agama. Saya juga jadi enjoy nontonnya.


IQRO - Petualangan Meraih Bintang menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Aqila yang sangat suka dengan dunia astronomy. Ia ingin melihat planet Pluto. Oleh karena itu, ia meminta kepada Opanya yang kebetulan bekerja di observatorium Bosscha di Lembang Bandung. Opanya mengijinkan untuk melihat planet Pluto dengan syarat Aqila harus bisa membaca Al-quran. Aqila pun belajar mengaji di sebuah pengajian yang diajarkan oleh ka Raudah. Ternyata suatu hal tidak mengenakkan akan terjadi di sekitar Bosscha. Opa Wibowo jadi ragu dengan janjinya kepada Aqila untuk melihat planet Pluto dari teropong raksasa Bosscha.

Bersama pemeran Aqila (Aisha Nurra Datau)

Sekilas dilihat dari lokasinya seperti di film Petualangan Sherina ya. Memang film garapan Iqbal Alfajri ini terinspirasi dari Petualangan Sherina. Sang sutradara sempat berkonsultasi dengan Riri Riza dalam menggarap film yang diproduksi dari 2 tahun lalu. Secara keseluruhan memang jauh dari Petualangan Sherina, hanya beberapa bagian yang mengingatkan saya dari film tersebut. IQRO memang bukan film pertama yang mengambil lokasi di Bosscha, tapi film pertama yang mendapatkan izin untuk menggunakan teropong raksasa dan membuka atap Bosscha untuk mendapatkan visual luar biasa dengan kamera drone. Canggih kan...

Pemeran Aqila yaitu Aisha Nurra Datau adalah anak dari aktris ternama Inne Febriyanti. Pasti tahu dong nama itu. Aktingnya di film ini lumayan bagus untuk debut film pertamanya. Wajar saja begitu karena sang ibu juga mendalami seni peran dengan segudang prestasi. Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya kan..☺.

Menurut saya film IQRO bukan sekedar film drama religi anak, tapi mengingatkan kita agar tetap membaca alam dan hati kita sebagai manusia biasa yang telah diamanatkan olehNya. Membaca alam dari segala bentuk. Bisa mengetahui ketika akan turun hujan, kemarau, polusi udara atau bahkan tanda-tanda kiamat. Tuhan Yang Maha Esa memberikan ilmu pengetahuan kepada manusa agar bisa membaca situasi alam yang sedang terjadi dengan akal pikiran dan ketulusan hati manusia bisa tetap menjaga alam dengan baik. Alam dan manusia memiliki hubungan simbiosis mutualisme bagi kehidupan.


Film IQRO adalah film pertama yang diproduksi dari sebuah mesjid di Indonesia yaitu mesjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai pelopor mesjid kampus pertama berdakwah berupa film layar lebar. Bagi saya cukup berani langkah yang diambil yang bukan dari rumah produksi film. Sampai saat ini jumlah penonton sudah mencapai 15 ribu penonton, padahal belum rilis resmi di bioskop. Mau tahu kapan tayang? Lowongkan waktu kalian di tanggal 26 Januari 2017 untuk menonton film IQRO di seluruh bioskop kesayangan kalian. Sebelum lihat full movienya, simak trailernya aja dulu 😊


Official Trailer
IQRO




Judul Film
IQRO - Petualangan Meraih Bintang


Produksi 
Masjid Salman ITB & Salman Film Academy


Produser
Budiyati Abiyoga


Sutradara
Iqbal Alfajri


Penulis Skenario
Aisyah Amirah Nasution Tati


Pemain
Cok Simbara
Neno Warisman
Aisha Nurra Datau
Raihan Khan 
Merriam Bellina 
Mike Lucock
Adhitya Putri
Elizz Christine
Tasa Rudman



***





8 komentar:

  1. Pas banget temanya untuk anak-anak saya, nice info mba..

    BalasHapus
  2. wah bagus ya buat anak-anak, wajib ditonton dengan keluarga tentunya

    BalasHapus
  3. Kayaknya wajib nonton nih bareng anak-anak.

    BalasHapus
  4. catet ah, 26 januari,
    tengkiu sharenya maakk

    BalasHapus
  5. Wah keren ya yg produksi masjid Salman ITB. Cocok ni ya buat anak2.

    BalasHapus
  6. Aku pun langsung keingetan film Petualangan Sherina pas liat ini meski alur ceritanya beda. Aku belum pernah liat langit pake teropongnya euy. Pasti exciting banget ya kalau bisa dapat kesempatan itu.

    BalasHapus
  7. Pantesan masku ngajak nonton ini :')

    Salam,
    Oca

    BalasHapus