Minggu, 16 Oktober 2016

# frisian flag # keluarga indonesia

Lebih Dekat Dengan Frisian Flag Susu Kental Manis , Susu Favorit Keluarga Indonesia

"Mah, Arkan boleh minjem hengpongnya ya ga?" tanya anakku
"Buat apa?" tanyaku
"Mau liat pidio yang joget cucu" 

Itulah sedikit percakapanku dengan anak lelakiku, Arkana. Memang beberapa waktu lalu saya dan si kecil ikutan tantangan joget cokelat yang diselenggarakan oleh Frisian Flag Susu Kental Manis. Berulang - ulang kali videonya diputar, bahkan terus ditirukan gayanya. Makanya saya engga hapus video itu dari handphone, buat hiburan dia juga. 

Saya kurang beruntung menangin hadiah utama yaitu Tur Cokelat ke Bali. Tapi ada rezeki dari arah mata angin lain, saya diajak maketu Kumpulan Emak Blogger, Sumarti Saelan (akrab dipanggil mak Icoel) berkunjung ke pabrik Susu Frisian Flag yang di daerah Ciracas. Antusias sekali saya dapet kesempatan bagus ini dan lokasinya cukup dekat juga dari rumah (Depok). Rabu (12/10/16) pagi, saya langsung meluncur ke pabrik Susu Frisian Flag. Saya engga sendiri datang ke sana, banyak teman blogger lainnya juga ikutan kunjungan ini.


Sambil menunggu teman - teman yang lain datang, saya menunggu mereka di lobby. Sambutan yang hangat dari para karyawan dan tempat yang nyaman. Sambil menunggu, saya nyobain susu hangat dari vending machine yang tersedia. Tinggal pilih mau coba rasa cokelat, full cream atau madu. Saya langsung pilih rasa full cream yang enak banget. Setelah menunggu sekian lama teman blogger lainnya  (karena ada drama nyasar sampai Bekasi), semua peserta diajak ke lantai 3 untuk berkumpul di visitor room. Saya kagum dengan ruangan ini karena dekorasinya bagus, lucu dan unik. Ada dairy corner yang memajang semua susu yang diproduksi oleh Frisian Flag.

Vending machine dan pajangan produk Frisian Flag

Visitor room 

Salah satu dairy corner seperti di supermarket

Setelah semua peserta hadir semua dan disambut hangat oleh para karyawan juga MC yang kocak membuka acara kunjungan pabrik ini. Acara diawali dengan sambutan dari mbak Ratri yang memaparkan tentang Safety Health Environment, bahwa masuk ke area pabrik harus streril, memakai pakaian khusus dan segala aksesoris di tanggalkan. Seperti ini lho pakaian khususnya.

Pakaian khusus masuk area pabrik

Sebelum berkeliling pabrik, pak Doni Wibisono (General Affair Frisian Flag) mengenalkan tentang sejarah berdirinya susu Frisian Flag di Indonesia. Berawal dari tahun tahun 1913 perusahaan dan pabrik pengolahan susu di Belanda yang bernama Cooperative Condensfabriek Friesland (CCF) atau Pabrik Susu Kental Manis Friesland. Pada saat yang sama, Friesche Flag terdaftar sebagai merek dagang produk perusahaan dengan unsur visual dan nama yang diambil dari bendera di daerah Friesland, Belanda Utara yang terkenal dengan produk susunya. Maka pada tahun 1922 produl susu kaleng Frisian Flag dan Friesche Vlag pertama kali diekspor ke Hindia Belanda salah satunya Indonesia. Disinilah sejarah Frisian Flag di Indonesia dimulai. 

Potret sejarah Frisian Flag


Susu Frisian Flag diterima oleh pasar dan masyarakat Indonesia kemudian dikenal dengan nama "soesoe tjap bendera" (susu cap bendera). Sampai sekarang nama tersebut menjadi ikon untuk susu kental manis. Tahun 1969 pabrik Pasar Rebo dibangun dan awal 1971 mulai memproduksi Susu Kental Manis kemudian dipasarkan. Tahun 1977 PT Foremost Indonesia dan pabrik Ciracas diambil alih sehingga PT Friesche Vlag Indonesia memiliki 2 pabrik yaitu Pasar Rebo dan Ciracas. Selain susu kental manis, juga diproduksinya susu bubuk dan susu UHT. Pabrik di Ciracas memproduksi susu kental manis, susu UHT dan susu cair, sedangkan susu bubuk diproduksi di pabrik Pasar Rebo. Tahun 2002 perusahaan berganti nama menjadi PT Frisian Flag Indonesia dan terus memberikan inovasi pada produk - produknya.

Setelah mengetahui sejarah Frisian Flag Susu Kental Manis di Indonesia, ini dia yang ditunggu - tunggu pengunjung untuk berkeliling ke area pabrik Susu Frisian Flag. Didampingi oleh mas Ardy untuk mengenalkan proses pembuatan susu kental manis. Sudah lengkap memakai pakaian khusus (jubah, masker, hairnet, penutup kuping, kaos kaki, sepatu) dan siap berkeliling pabrik.

Narsis dulu sebelum berkeliling pabrik

Setelah semua peserta siap, pemandu menggiring kami turun ke lantai 2 dan keluar dari gedung. Mengikuti zona hijau dalam area pabrik agar tidak keluar dari jalur. Dari luar tampak mobil yang mengangkut susu murni dalam tengki besar yang bisa memuat 300 liter susu. Dalam sehari mobil tersebut menyetor total 6 ton susu murni. Kemudian masuk ke area pembuatan kaleng susu kental manis. Alat - alat canggih tersebut bisa membuat kaleng sebanyak 600 buah/menit. Saya sangat kagum dengan proses pembuatannya dari selembar bahan kaleng bisa dicetak secepat dan sebanyak itu. Saat kaleng terbentuk dan disterilkan, kaleng masuk ke mesin pengisian susu kental manis, kemudian diberi label, dan dimasukkan ke dalam kardus besar yang bisa muat 48 kaleng susu kental manis. Terlihat secepat dan semudah itu. Tapi semua prosesnya dijamin bersih, aman dan halal. Pastinya sebelum dipasarkan produk diuji coba dulu di laboratorium, lalu dipasarkan. Sayangnya, saya tidak bisa mengambil foto area pabrik karena untuk menjaga kerahasiaan pabrik.

Varian produk Susu Kental Manis Frisian Flag

Produk susu kental manis frisian flag memiliki 3 rasa yaitu Frisian Flag Kental Manis Putih, Frisian Flag Kental Manis Cokelat dan Frisian Flag Kental Manis Gold. Kemasannya pun bervariasi, ada yang kaleng, tube, sachet, dan value pack. Jadi, keluarga Indonesia bisa menikmati sesuai kebutuhan. Sebagi apresiasi kepada konsumen, Frisian Flag Susu Kental Manis memiliki kampanye yang mensosialisasikan pentingnya minum susu dan menerapkan gaya hidup sehat yaitu "Bulan Sarapan Sempurna" sepanjang bulan Maret lalu. Membiasakan sarapan dengan jumlah dan kualitas gizi yang lengkap dengan segelas susu tiap hari. Karena Frisian Flag Susu Kental Manis mengandung gizi makro (Karbohidrat, protein dan lemak) dan gizi mikro (9 vitamin dan 5 mineral).

Susu Kental Manis ini bisa disajikan sebagai minuman hangat atau dingin atau sebagai toping dari aneka makanan. Nah, setelah puas berkeliling pabrik, ada demo mixing minuman yang terbuat dari Susu Kental Manis Frisian Flag yang disajikan dalam minuman dingin yang maknyus banget. Ada 3 menu minuman dingin tersebut :

Frisian Gold Chocorock

  • Bahan yang disiapkan yaitu Frisian Flag Kental Manis Gold, Air putih 100ml, Cokelat Chocorock dan es batu.
  • Cara membuat : campurkan semua bahan ke dalam blender, setelah tercampur tuangkan ke dalam cup, beri hiasan kacang (sesuai selera) dan tuangkan Frisian Flag Kental Manis Cokelat diatasnya.



Frisian Flag  Chillhood Crumbs
  • Bahan yang disiapkan yaitu Frisian Flag Kental Manis Putih sebanyak 50 cc, air putih 100 ml, 3 keping biskuit marie dan es batu.
  • Cara membuat : masukkan semua bahan ke dalam blender, aduk rata, tuangkan dalam cup, beri hiasan remahan biskuit atau sesuai selera.



Frisian ChocoMint Mojito
  • Bahan yang disiapkan : Frisian Flag Kental Manis Cokelat, soda, sirup mojito dan es batu.
  • Cara membuat : masukkan semua bahan ke dalam shaker (alat shake), dikocok sampai tercampur rata, tuangkan ke dalam cup dan beri hiasan sesuai selera.


Gimana - gimana bikin ngiler ya minumannya. Saya juga mau nyoba dan disajikan bareng keluarga. Asyik kan. Selain minuman dingin, Susu Kental Manis bisa juga menjadi hiasan puding, kue, martabak, campuran kopi atau teh. 

Seru sekali kunjungan ke pabrik Frisian Flag ini. Bisa melihat puas dari pembuatan susu kental manis, susu cair, susu UHT sampai pengepakannya  dan siap di distribusikan. Lebih seru lagi banyak hadiah yang dibagikan buat para peserta. Jadi pengen lagi dateng ke sini. Ilmunya dapat dan kesenangannya pun dapat. 

Para pemenang doorprize

Kumpulan Emak Blogger



Pendakian Manis
 Dengan Para Sahabat

Frisian Flag sudah 95 tahun di Indonesia. Pasti ada kenangan manis yang saya lewati. Semasa kuliah dulu saya hobby mendaki gunung. Bersama teman - teman satu penggiat alam bebas, saya berpetualang ke berbagai gunung di Indonesia. Kegiatan ini bisa memakan waktu 3-7 hari, tergantung target tujuan yang kita mau. Mendaki gunung itu seperti "pindah rumah", banyak peralatan yang dibawa. Tenda, carrier, sleeping bag, kompor gas kecil, logistik, survival kit, obat-obatan dll. Persiapannya pun jauh - jauh hari disiapkan. Selain persiapan perlengkapan, persiapan fisik dan mental juga dikondisikan. Fisik yang sehat akan mempermudah perjalanan. 

Saat mendaki gunung Slamet tahun 2012

Persiapan logistik juga perlu diperhatikan. Tidak hanya makanan instan saja yang dibeli, tapi makanan olahan juga dipersiapkan. Kecukupan energi tetap harus terjaga dari asupan yang dimakan. Saya tidak pernah lupa membuat list makanan dan #susukentalmanis #frisianflag masuk di dalamnya. Susu kental manis sachet menjadi pilihan praktis untuk dibawa. Ukuran sajiannya pas untuk dinikmati. Biasanya saya mengkonsumsi susu sebelum pergi mendaki atau saat pagi hari. Saya tidak biasa saat pagi makan terlalu banyak, maka cukup selapis roti dan segelas susu menjadi porsi yang pas. Saat menjelang tidur atau pas ngumpul di tenda bersama para sahabat, susu hangat menjadi minuman andalan untuk mengembalikan energi. Frisian Flag Susu Kental Manis menemani perjalanan manisku dengan para sahabat. Menjadi kenangan indah sampai saat ini. Saya pun bangga menjadi salah satu bagian selama kurang lebih 90 tahun Frisian Flag di Indonesia. Terus menjadi susu favorit keluarga Indonesia.





Susu Saya Susu Bendera

***

31 komentar:

  1. Seneng ya klo bkunjung ke pabrik. Bs dpt ilmu baru dan tentunya jd tau gmn mengolah bahan2 baku jd produknya.

    BalasHapus
  2. Seru banget ya mak kunjungan pabrik ke Frisian Flag 😍

    BalasHapus
  3. Seru banget ya mak kunjungan pabrik ke Frisian Flag 😍

    BalasHapus
  4. Aku baru tauuu mojito bisa pakai susu coklat juga hihi resepnya menarik untuk dicoba nih😊

    BalasHapus
  5. kawasan pabrik Ciracas sdh menjadi tempat mainku sejak SD sepulang sekolah yg kebetulan dekat situ. SKM frisian flag juga mjd susu kental mania favorit keluargaku dari dulu. Senang sekali mbak bisa langsung masuk ke dlmnya :-)

    BalasHapus
  6. Saya masih keingetan denga pakaian khusus itu tuh, duuuh berat disepatu. Tapi itu bagus sekali jadi ada perlengkapan khusus untuk bisa masuk ke dalam ya. Dan akhirnya bisa melihat langsung proses pembuatan susu kental manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah gitu nomor sepatunya kegedean ya. Tapi puas bisa lihat "dapur" nya SKM Frisian Flag

      Hapus
  7. Susu Frisian Flag memang enak apalagi yang rasa putih beuhhh itu favorit banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gw suka yg gold amel, manisnya ga ketulungan, maknyusss

      Hapus
  8. Frisian Flag susu kental manis emanf punya banyak cerita seru ya mak, sejarah yang panjang juga rasa yang enak serta kenangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga juga jadi bagian sejarah frisian flag ya

      Hapus
  9. Mendaki manis bersma si manis SKM yaa mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jadi punya kenangan manis sama sahabat dan SKM Frisian Flag

      Hapus
  10. Wah, ini susu mah dari jaman saya kecil sudah ada.

    Tapi belum pernah masuk pabriknya. Beruntungnya mba nurul sudah keliling pabrik frisian flag. Jadi tau kualitasnya dari dekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya abang Kornelius seneng bgt dpt kesempatan ke pabrik ini. Jadi makin percaya mengkonsumsi Susu Frisian Flag

      Hapus
  11. Akan menjadi pengalaman menarik seumur hidup untuk mengunjungi Pabrik Frisian Flag...
    Paket Tour Lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya jadi pengalaman tak terlupakan, sampai sekarang masih inget keseruan berkunjung kesana

      Hapus
  12. waahs eru banget ya mba acaranya, banyak bawaannya lagi yaa hehe

    BalasHapus
  13. ini susu aku dari jaman masih kecilllll, enakkkk.. Btw, pabriknya sering aku lewatin tuh Rul ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba Zata, Frisian Flag jadi kenangan manis saya juga. Sering lewatin tapi belum pernah mampir ya...

      Hapus
  14. Jadi pengen juga nih mbak bisa berkunjung ke pabrik frisian flag dan bisa melihat langsung proses pembuatannya, dan kalau kesanan pasti akan banyak mendapat ilmu yang sangat bermanfaat sekali agar hidup bisa lebih sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya si ada kelompoknya gitu kalo berkunjung ke sebuah pabrik, jd bsa seru-seruan bareng. Proses pembuatannya tuh canggih banget deh

      Hapus
  15. Wah, nggak nyangka dirimu hobbi naik gunung juga mak.. kereeen!
    eh,aku juga seneng banget bisa ikut kunjungan ke pabrik. Jadi tau prosesnya dan bikin makin suka susunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik gunung dari jaman SMA sampai kuliah. Pas punya anak,vakum deh. Seneng ya mak meskipun sedikit diajak jalan-jalan ke Bekasi,heheh

      Hapus