Kamis, 07 April 2016

# Anak # eksplorasi

Stimulasi Tepat Untuk Eksplorasi Anak

 

Dunia anak adalah dunia bermain. Anak-anak belum mengetahui hal-hal yang berbahaya ataupun tidak berbahaya. Semua hal yang ingin dilakukannya seperti permainan saja. Sebagai orang tua harus bisa memberikan arahan permainan yang dibutuhkan oleh si Kecil. Terutama permainan yang bisa merangsang rasa keingintahuannya. Usia 1 tahun adalah masa pembentukan kepercayaan diri si Kecil. Bermain sambil belajar adalah cara paling efektif untuk mendorong rasa keingintahuan anak. Tanpa disadari mereka telah mendapatkan ilmu baru dari cara tersebut.

2 - 3 April 2016, Nestle DANCOW 1+ menghadirkan Nestle DANCOW Exelnutri+ Explore The World di salah satu mall di Jakarta. Dimana acara ini mengajak anak untuk menjelajahi dunia dan mendorong rasa keingintahuannya. Kali ini terinspirasi dari empat negara yaitu Indonesia, Jepang, Brazil dan Belanda. Mengajak si Kecil mengenal keindahan berbagai hal unik. Semakin penasaran anak maka eksplorasinya semakin banyak.

Gie asyik bermain pasir 

Zona eksplorasi dibagi empat sesuai dengan nama negara. Tiap negara memiliki area eksplorasi berbeda. Dalam kegiatan kali ini Nestle DANCOW 1+ menghadirkan berbagai macam flora dan fauna. Indonesia ada area bermain pasir, memancing ikan. Kerajinan origami bisa ditemukan di area negara Jepang, ada bunga-bunga sakura menghiasi area ini. Di area Brazil bisa ditemukan burung unta (burung unta beneran lho, betina). Di zona Belanda ada area taman bunga tulip dan kupu-kupu. Kebetulan saya membawa anak ke acara ini. Dia sangat antusias sekali mencoba semua zona. Favoritnya si pas mancing ikan dan ikannya boleh dibawa pulang. Selain ada zona eksplorasi, orang tua bisa berkonsultasi dengan para nutritionist dan psikolog. Jika si Kecil haus setelah selesai bermain, bisa menikmati susu DANCOW rasa coklat dan madu yang disediakan gratis.

Zona favorit Gie

Menurut psikolog Ratih Ibrahim manfaat dari kegiatan eksplorasi si kecil ini, mengenal dan berinteraksi dengan hal-hal baru dapat mendukung keterampilan sensorik motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas si kecil. Pada usia 1 tahun adalah masa pembentukan kepercayaan diri si kecil, makanya orang tua harus berani memberikan ruang dan kepercayaan kepada anak untuk bereksplorasi agar ia menjadi anak yang tangguh. 

Salah satu eksplorasi si kecil adalah berkomunikasi. Hal ini bisa memperluas Perkembangan Bahasa Anak dalam bersosialisasi. Stimulasi seperti ini bisa dilakukan dengan mengajaknya bicara, menceritakan dongeng sebelum tidur atau menyanyi dengan gerak tubuh sesuai dengan syair lagunya

Nutrisi tepat untuk si Kecil

Butuh fisik yang sehat dan kuat untuk si Kecil agar bisa aktif bereksplorasi. Oleh karena itu, nutrisi yang sesuai tahapan usia dan seimbang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang optimal. Selain itu untuk memastikan gizi dapat diserap dengan baik oleh tubuh, maka kesehatan saluran cerna perlu dijaga. Tahun 2015 Nestle Dancow Exelnutri+ hadir dengan nutrisi penting untuk pertumbuhan si Kecil. Nutrisi yang optimal dan seimbang akan membantu menjaga fungsi saluran cerna.

Nestle DANCOW adalah susu pertumbuhan berkualitas dan bergizi yang sesuai dengan tahapan usia si Kecil. Merek susu yang di gawangi oleh PT Nestle Indonesia, produsen makanan dan minuman terbesar di dunia dan memiliki empat pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan  dan minuman dengan merek - merek terkenal seperti DANCOW, MILO, KITKAT, CERELAC, BEAR BRAND.

Kesimpulannya adalah biarkan anak bereksplorasi apa saja yang disuka, dilihat dan dikerjakan. Jangan membatasi rasa keingintahuan mereka untuk belajar. Orang tua terus mendampingi dengan mengarahkan juga memberikan nutrisi yang baik. Keterangan lebih lanjut bisa klik disini untuk mengetahui info seputar tumbuh kembang si kecil. Bisa juga follow sosial media di facebook DANCOW Parenting Center dan twitter @DancowCenter.


15 komentar:

  1. yup, susu penting buat anak tapi perlu diingat semakin besar janagn terllau banyak susu. Ada yang anaknay susa makan akhirnya susulah jalan keluarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul itu bu. Kalo Gie nyusu palingan 3 gelas,itu juga gelas kecil..

      Hapus
  2. Setuju, biarkan anak bereksplorasi ya Mak. Biar mereka lebih kreatif juga ya kan.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya usia-usia Gie memang perlu banyak eksplorasi mak, kadang diluar pikiran saya..

      Hapus
  3. Anaknya jadi aktif ya Mbak, bebaskan kreasinya dan tetap diawasi orang tua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti diawasi tapi saya lbh membebaskan dia melakukan yg dia suka.

      Hapus
  4. ayo sini kita eksploras?? berendam lg sama Babam.. hahaha

    BalasHapus
  5. Jangan pernah membatasi anak bermain, tapi intinya tetap harus terawasi ya mak

    BalasHapus
  6. Jangan pernah membatasi anak bermain, tapi intinya tetap harus terawasi ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti diawasin terus tp engga terlalu dri jarak yg deket atau jauh

      Hapus
  7. Membiarkan anak beemain sesuka hati.. tapi terkadang riewuh kalo BabyJuna mainan tanah dan mau ke kebun... takut ada ulat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya anak-anak paling suka main tanah,pasir atau batu kerikikil bu

      Hapus
  8. Serunyaa liat Gie main :). Sepertinya nggak mau diganggu ama mamanya. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi pas nyerok-nyerok ikan. Betah bnget dia bu..

      Hapus