Senin, 14 Maret 2016

# Anak # masa depan

Think Beyond the School : Alur yang Optimal Memilih Pendididkan Anak Untuk Masa Depan

"Pendidikan yang Tepat Menentukan Masa Depan Regenerasi Bangsa"


Ilmu penting untuk kehidupan karena sebagai modal untuk masa depan. Secara formal ilmu bisa didapatkan dari sekolah. Sekolah adalah tempat legal untuk mencari pengetahuan melalui pelajaran yang diberikan oleh pengajar. Tentunya sebagai orang tua menginginkan pendidikan yang bagus untuk bekal anak di masa depan. Bagaimana caranya memilih pendidikan yang tepat dan optimal untuk anak di masa sekarang? 



Indonesia diprediksi sebagai negara dengan perekonomian terbesar no.7 di dunia pada tahun 2030 dan akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Indonesia ASEAN (MEA). Indonesia harus memiliki sekitar 113 juta tenaga kerja dengan keterampilan & keahlian yang memadai. Oleh karena itu, generasi muda harus memiliki bekal keterampilan dan kemampuan melalui pendidikan yang berkualitas. Namun banyak orang tua  yang belum memahami betapa pentingnya memilih alur pendidikan yang maksimal untuk anak-anaknya di masa depan. Alur pendidikan memiliki peranan penting untuk menyalurkan bakat-bakat anak dalam mencapai karirnya.


Psikolog Ratih Ibrahim ( kanan) 

Menurut psikolog Ratih Ibrahim Mpsi, ada hal yang bisa kita mulai tanamkan kepada anak sejak kecil untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki. Pertama Social skilldimana anak bisa dengan mudah bergaul dengan siapa saja. Anak akan bisa diterima oleh kalangan manapun. Language, karena untuk bergaul kita menggunakan bahasa dan sangat penting untuk anak di era seperti ini mempelajari bahasa asing,terutama bahasa global yaitu bahasa Inggris. Lalu ada Cognitive Skillmembuat anak mampu berpokir kritis, analitis dan masuk akal sesuai dengan konteks sosialnya. Problem Solving, anak mampu memecahkan masalah dengan mudah dalam ruang lingkupnya. Dengan orang tua mengetahui kompetensi-kompetensi anak seperti ini pasti bisa memilih alur pendidikan yang tepat.

Nenny Soemawinata, Chief Executive Officer Putra Sampoerna Foundation (depan)
Dr. Marshall E. Schott Chief Operating Officer Sampoerna Schools System  (belakang)

Sampoerna Academy Foundation melalui Sampoerna Schools System mengadakan talkshow pendidikan bertema "Think Beyond the School" di L'Avenue Building pada tanggal 1 Maret 2016. Talkshow ini bertujuan membekali para orang tua dengan informasi yang komprehensif tentang betapa pentingnya memilih alur pendidikan yang tepat untuk memaksimalkan pencapaian anak di masa mendatang. Tujuan pendidikan adalah mewujudkan impian dan cita-cita anak yang bisa dilihat dari bakatnya.“Kami memahami diperlukan kesungguhan dan kerja sama dari berbagai pihak untuk menjawab tantangan yang tengah dihadapi Indonesia di dunia pendidikan. Karena itu, sejalan dengan misi kami untuk menciptakan pemimpin yang berkualitas, kami memperkenalkan sebuah kampanye edukasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih baik kepada masyarakat, khususnya orang tua mengenai pemilihan alur pendidikan yang tepat guna mendukung masa depan generasi mendatang Indonesia,” ungkap Nenny Soemawinata. Lalu  Dr. Marshall E. Schott juga mengatakan Bekerjasama dengan berbagai institusi Amerika, kami menekankan pada pembelajaran kontekstual melalui pemecahan masalah untuk mengasah pemikiran siswa secara kritis, dimana hal ini dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini. Selain itu, pendekatan pembelajaran yang diterapkan dengan berfokus pada ScienceTechnology, Engineering, Art and Math  (STEAM) menjadikan lulusan Sampoerna Schools System memiliki kompetensi analisa dan cara berpikir secara kreatif." 


Dalam acara talkshow tersebut Nenny Soemawinata, Chief Executive Officer Putera Sampoerna FoundationMarshall E. Schott, Chief Operating Officer Sampoerna Schools SystemPsikolog Ratih Ibrahim, serta Dr. Mustava Guvercin, Superintendent Sampoerna Academy menempelkan potongan puzzle secara simbolis untuk mengukuhkan komitmen Sampoerna Schools System dalam memberikan pendidikan berkualitas dengan memperkenalkan sistem pendidikan Amerika di Indonesia. Potongan puzzle ini berisi 4 kriteria dalam mengevaluasi pendidikan anak, yang terdiri dari Pengakuan Kualifikasi, Pembelajaran Kontekstual, Wawasan Global, dan Penguasaan Materi yang dikedepankan oleh Sampoerna Schools System.


Puzzle Kriteria Mengevaluasi Sistem Pendidikan Anak
(ki-ka) Nenny Soemawinata, Marshall E. SchottPsikolog Ratih Ibrahim,Dr. Mustava Guvercin

Pasti masih banyak yang belum mengenal tentang Putera Sampoerna Foundation dan Sampoerna Schools System Putera Sampoerna Foundation (PSF) adalah institusi bisnis sosial pertama di Indonesia yang memiliki visi untuk mencetak para calon pemimpin Indonesia handal di masa depan, yang diharapkan mampu menghadapi tantangan global, berkontribusi, dan membawa perubahan positif kepada masyarakat di sekitarnya. PSF percaya bahwa visinya dapat dicapai dengan menyediakan pendidikan yang berkualitas bagi siswa IndonesiaPSF juga berperan sebagai penyelenggara program tanggung jawab sosial (CSR operator) yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 perusahaan, organisasi maupun asosiasi untuk menjalankan program CSR mereka. PSF telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2008, yakni sebuah sertifikat yang diberikan kepada organisasi dengan sistem manajemen kualitas yang telah memenuhi standar internasional. 

Sampoerna Schools System merupakan sistem pendidikan terintegrasi pertama di Indonesia yang menerapkan kurikulum internasional berkualitas, berbahasa Inggris dan berfokus pada pendidikan berbasis pada Science, Technology, Engineering, Art and Math (STEAM). Sampoerna Schools System, yang diluncurkan pada Februari 2015, merupakan pioner dalam jalur pendidikan di Indonesia yang diharapkan dapat menciptakan pemimpin masa depan yang berkaliber tinggi di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang sedang berkembang. Sistem ini terdiri dari Sampoerna Academy (untuk pendidikan anak dari taman kanak-kanak hingga pendidikan menengah atas), Sampoerna University dan Sampoerna Professional Development Center.Untuk keterangan lebih lanjut kunjungi disini. dan bisa juga follow sosial media twitter di @psfoundation atau like fanpagenya www.facebook.com/sampoernafoundation.

Jadi, mulai dari sekarang mari kita pilih pendidikan yang tepat untuk anak - anak agar masa depan mereka terjamin, menjadi anak yang berdaya menghadapi tantangan di eranya nanti dan regenerasi yang bisa membangun bangsa lebih baik lagi.

6 komentar:

  1. waahhh, baru tau mak, sampoerna skrg fokus ke dunia pendidikan jg, dulu taunya cm sampoerna suka bagi2 beasiswa aja, tengkiu sharenya yak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu Sampoerna hanya ada universitasnya saja. namun sekarang ada sekolahnya dari preschool sampai SMA. Sistem sekolahnya udah canggih, sistem kurikulum berbasis dari Britania Raya, Eropa, Indonesia & Amerika. Dijamin pendidikan anak maju selangkah ke depan.

      Hapus
  2. Komplit tulisannya mak.. Sampoerna Academy yg di BSD kan ya?

    BalasHapus
  3. Komplit tulisannya mak.. Sampoerna Academy yg di BSD kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain di BSD,yang baru ada di Pasar Minggu. Lengkap dri preschool-high school.

      Hapus
    2. Selain di BSD,yang baru ada di Pasar Minggu. Lengkap dri preschool-high school.

      Hapus