Blogger Enggak Cuma Jago Nulis, Tapi Juga Mesti Nambah Skills

Tidak ada komentar
Entah jadi apa saya sekarang kalau enggak terjun di dunia blog. Mungkin cuma jadi ibu rumah tangga biasa yang sibuk dengan urusan keluarga. Berkat nge-blog, saya jadi bisa berkenalan dengan banyak orang yang sepeminat dan kumpul dalam satu komunitas. Disitulah saya merasa jadi punya teman dunia maya yang sefrekuensi. Kini, saya sudah 8 tahun sebagai blogger (2016-2024).

Selama itu pula banyak pasang surutnya menekuni dunia blog. Seiring berjalannya waktu dan dunia digital cepat berubah, sebagai blogger mesti menyesuaikan keadaan. Blogger enggak cuma dituntut harus jago menulis, tapi mesti punya keahlian lainnya yang masih serupa cara kerjanya. Misalnya, bagaimana cara memotret yang bagus atau ambil video supaya enggak goyang. Nah, itu butuh belajar lagi, agar enggak jadi blogger sekadarnya. 


BloggerDay 2024, Rayakan Hari Jadi Bloggercrony Community ke-9

Serunya jadi blogger, saya bisa ikut di beberapa komunitas. Salah satunya Bloggercrony Community atau biasa disebut BCC. Tanggal 25 Februari lalu, BCC mengadakan BloggerDay yaitu kegiatan tahunan perayaan HUT Bloggercrony yang tahun ini berusia 9 dan mengambil tema #9rowand9ive. Mengundang 100 blogger terpilih bukan hanya dari Jabodetabek saja, tapi juga dari Bandung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Yang biasa cuma tahu dari blog walking, jadi ketemu deh di acara ini.

BCC merupakan Komunitas Blogger Indonesia yang mewadahi teman-teman blogger untuk mengembangkan kualitas diri, membentuk jejaring, dan berdaya lewat tulisan. Kini, BCC sudah berusia 9 tahun dan beberapa tahun di dalamnya saya pernah jadi bagian dari komunitas yang didirikan oleh Wardah Fajri, Anesa Nisa dan Santo Rachmawan (Satto Raji). Selain mereka, ada admin lainnya yang tergabung dalam BCNX. BCC punya 4 program komunitas yakni BloggerView, BloggerHangout, BloggerPreneur, dan BloggerCare yang turut dihadirkan di BloggerDay.

Setelah kota Bandung, Jakarta Pusat, dan Bogor perhelatan BloggerDay lalu, kini diadakan di basis asal komunitas di Jakarta Selatan. CARRO Square jadi special event venue BloggerDayLetaknya di daerah Pondok Indah, enggak jauh dari Mall Gandaria City. Carro adalah platform jual beli mobil bekas terbaik di Asia Tenggara dengan berbagai merek mobil bekas bersertifikasi seperti Toyota, Nissan, Honda Volkswagen, Audi, Marcedes Benz dan BMW. Kunjungi Carro.id sekarang dan temukan mobil bagus layaknya baru!

BloggerDay 2024
Dok.foto BCC

Pada sesi BloggerView, perwakilan dari CARRO Indonesia yaitu Bryan Tan - Chief Datascientist of CARRO Group, CEO of CARRO Indonesia dan Handy Brainta - Performance Marketing Manager CARRO Indonesia menjelaskan informasi tentang CARRO sebagai tempat terpercaya jual beli mobil bekas. 

Rangkaian acaranya padat selama kurang lebih 7 jam, tapi salut sama kaka MC Febria Silaen yang enggak lelah ngoceh terus di depan peserta yang seringnya nunduk. Maklum pesertanya mesti update postingan. Tiap beberapa tahun sekali BCC ganti kepengurusan, maka pada kesempatan BloggerDay kali ini diperkenalkan pengurus baru 2024-2027 yaitu Efa Masriana Butar-Butar. Horas ya butet!

Sebagai tanda penghargaan buat blogger yang selalu update tulisan, terutama tulisan organik (bukan sponsor) dan membagikan di grup Meta BCC mendapatkan Most Wanted Blog Award. Blogger yang beruntung mendapatkan gelar tersebut yaitu Fanny Firsthika Nila. Ia kerap membagikan cerita perjalanan ke beberapa negara dan kulinernya di blog dcatqueen.com. Saya juga mengikuti perjalanannya ke Uzbekistan, Azerbaizan, Belarus dan Georgia lewat media sosialnya belum lama ini. Selamat mba Fanny! 🤟

Senangnya bisa ketemu mba Mun dan Fiona
dari Jatim

Bloggercrony juga mengumumkan akan merilis buku pertamanya yang ditulis oleh 17 blogger. Buku refrensi blogging ini diberi nama SKENA Blogger (Sua, Cengkerama dan Kelana). Penasaran kayak apa isi bukunya nih, kita tunggu tanggal mainnya ya. Baru kali ini saya nobar di showroom mobil. Film pendek Jagaditta yang diperankan oleh (yang mengaku) pangeran dari Situbundo yaitu Uwan Urwan ditayangkan. Ia aktor tunggal lho dalam film pendek ini. 

Setelah makan siang, acara berikutnya yaitu BloggerHangout #78 bersama Kak Fawwaz Ibrahim dan Diana Aleitheia - Graphologist. Ini sesi yang fresh buat saya karena pertama kalinya mengetahui metode ilmu pengetahuan tentang memahami kepribadian seseorang melalui tulisan tangan. Sayangnya saya belum berkesempatan dapat sesi konsultasi.

BloggerDay 2024 berjalan lancar berkat didukung oleh Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MCF-MAF serta Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies dan Kayis Craft.

Teman-teman blogger yang datang dari luar kota difasilitasi transportasi dari Bigbird lho. Jadi tinggal duduk manis selama perjalanan pulang pergi. Bigbird (layanan bus Bluebird) memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan. 

Kopi enak Ngafe in teras

Blogger Mesti Nambah Skills

Blogger zaman now dituntut untuk lebih mahir dalam segala bidang. Tujuannya agar bisa meningkatkan kualitas dan potensi diri. Siapa tahu dengan keahlian lainnya bisa mendatangkan keuntungan juga. Atau kalau masih bingung sama potensi diri bisa konsultasi dulu sama kak Diana Aleitheia biar diterawang lewat tulisan tangan. Lalu, skills apa aja sih yang mesti ditambah? 

Foto dan Video
Memang tugas utamanya menulis, namun sebuah tulisan akan menjadi lebih bermakna dan memengaruhi pembaca jika ada unsur visual. Oleh karena itu, blogger mesti menambah skill lain supaya menopang karya tulisan dengan belajar memotret dan video. Enggak perlu pakai kamera profesional, memberdayakan smartphone yang dimiliki bisa menghasilkan foto yang ciamik.

Digital Marketing
Bukan berarti jadi sales yang ngejar target nominal, tapi belajar digital marketing "menjual" tulisan sendiri untuk menarik pembaca. Apalagi kalau tulisannya termasuk paid sponsor, otomatis membutuhkan pembaca yang banyak. Apalagi sekarang ada sistem affiliate yang menguntungkan juga. Jadi blogger dapat komisi dari link yang ditautkan dalam tulisan.

Komunitas Blogger Indonesia
Dok.foto BCC

Keahlian yang saya sebutkan di atas cuma segelintir saja, masih banyak yang mesti dicoba sesuai dengan minat masing-masing. Jadi, jangan cuma jago menulis saja, tapi gali terus potensi yang ada. Berjejaring di komunitas dapat menambah skills kita. Pasti ada teman yang mau bantu untuk memberikan ilmunya. Selama gabung di BCC, banyak sekali ilmu yang saya dapat dari pertemanan itu. Yuk, terus tambah keahlian biar maki  jadi blogger yang berdaya. Sekali lagi selamat ulang tahun buat Bloggercrony Community yang ke 9. Semoga makin bertumbuh dan memberikan kebahagiaan. See u next year! 

***

Tidak ada komentar