Mengatasi Masalah Kulit Bayi dengan Produk Mustela

21 komentar
Kulit merupakan anggota tubuh terluar dan terbesar pada manusia. Fungsinya sebagai pelindung utama dari bermacam benda asing yang masuk ke dalam tubuh, namun sering rentan mengalami kesehatan. Terutama pada bayi baru lahir yang sangat sensitif kulitnya sehingga mudah mengalami iritasi dan kemerahan karena kulitnya masih tipis, rapuh, dan belum kuat hadapi situasi luar. Hal ini biasa terjadi pada bayi usia 0 – 2 tahun.

Saya sadar betul ketika memiliki bayi pasti akan menghadapi masalah kulit. Bukan berarti sudah merawat 3 anak sebelumnya, lalu anak ke 4 saya terhindar dari drama masalah kulit. Ternyata salah. Saya harus tetap waspada dan belajar lagi mengatasi drama tersebut. Lagi pula memang sudah lazim bayi mengalami gangguan kulit pada tahun pertama usianya. Oleh karena itu, butuh perawatan dan penanganan khusus.

Cara mengatasi masalah kulit bayi

Masalah Kulit Pada Bayi

Dari sekian banyaknya masalah kulit bayi, dua masalah yang sering dialami adalah ruam popok dan biang keringat. Ruam popok merupakan penyebab iritasi pada kulit yang biasanya terjadi sekitar 50% - 60% dan 35% nya terjadi pada usia di bawah 1 tahun. Artinya bayi rentan sekali mengalami masalah kulit tersebut dan pastinya bikin tidak nyaman juga rewel. Ruam popok terjadi ketika ada kontak yang lama antara kulit dan kotoran bayi, karet popok yang kencang di area pinggang atau kelembapan berlebih karena pemakaian popok yang terlalu lama.

Seperti yang bayi saya alami. Akibat dari kelalaian saya enggak mengganti popok sekali pakai Kala saat tidur malam, keesokan paginya saya temui ruam di sekitar perutnya atau pas di area nappy. Dia pun jadi suka menggaruk di area itu, mungkin gatal kali ya. Kasihan sekali melihat kulit bayiku memerah dan sedikit mengelupas.

Enggak cuma masalah ruam popok, Kala juga alami biang keringat. Ini juga bikin dia menangis terus tidak berhenti-henti, takutnya dia sedang mengalami kolik. Ternyata bukan. Saya lihat ada bintil-bintil merah di area lehernya. Biang keringat lazim terjadi juga sama bayi karena kelenjar keringatnya belum berkembang sempurna dan mudah tersumbat. Kulit bayi juga cenderung kering disebabkan ada penguapan air di kulitnya tinggi atau disebut transpidermal waterloss. Ada tidak sih produk yang pas atasi ruam popok dan biang keringat?

atasi ruam popok
Ruam popok yang sering terjadi pada bayi 

Pakai Mustela Mengatasi Masalah Kulit Si Kecil

Mustela merupakan brand skincare ibu dan bayi yang sudah menemani sejak tahun 1950. Melalui pengalaman dan penelitian pada anak untuk usia 0-2 tahun Mustela menghasilkan EValuation, of the Early Infant Life: the Skin (E.V.E.I.L.S) :
  1. Semua kulit bayi sensitif sehingga mudah mengalami iritasi.
  2. Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi.
  3. Kulit bayi memiliki banyak stem cell (sel punca) yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit Si Kecil. Sayangnya, stem cell ini mudah hilang, oleh karena itu penting sekali melindungi kulit bayi dengan kandungan yang tepat.
Manfaat kandungan asli Mustela

Kandungan yang tepat untuk melindungi stem cell adalah Avocado Perseose yang terbuat dari Organic Avocado yang dibudidayakan di Peru. Kandungan ini sudah dipatenkan oleh Laboratorium Expanscience Mustela sehingga tidak ada di kandungan skincare bayi lainnya. Jadi, cuma ada di produk Mustela. Avocado Perseose memiliki struktur biomimetik yang serupa dengan kulit bayi sehingga dapat menjaga kekayaan stem cell kulit bayi.

Akhirnya saya menemukan produk Mustela yang dapat mengatasi ruam popok dan biang keringat Si Kecil yang nanti akan saya jelaskan di bawah.

Teknik ABCDE, Tips Cegah dan Atasi Ruam Popok

Enggak ada kata berhenti mencari jawaban atas keresahan yang saya alami terhadap masalah kulit Kala. Sampai akhirnya saya datang ke acara MB Fair 2024 di Mall Kota Kasablanka yang digelar dari tanggal 2-4 Februari dan mengikuti talkshow bersama Mustela bertemakan “Tips Cegah dan Atasi Ruam Popok Serta Biang Keringat Si Kecil” dengan narasumber dr. Dia Febrina, Sp.KK.

Dalam acara talkshow tersebut dokter memberikan metode cegah dan atasi ruam popok dengan teknik ABCDE. Wah, gimana tuh? Ini bukan sedang belajar baca ya, melainkan:

A : Air (paparkan area nappy sesering mungkin ke udara dan berikan waktu bebas popok pada Si Kecil)

B : Barrier (oleskan barrier cream untuk mencegah dan mengatasi kemerahan awal di area nappy Si Kecil)

C : Cleansing (membersihkan area nappy Si Kecil. Gunakan air bersih atau air pembersih)

D : Diaper (pilih popok yang ukurannya sesuai dan bahan yang cocok)

E : Education (rajin mengedukasi diri, seperti mencuci tangan setelah tiap kali mengganti popok agar mengurangi risiko terjadinya ruam popok)

Saya baru tahu tips ini dan pastinya berguna sekali buat saya dan para ibu lainnya. Setelah mendengarkan penjelasan dari dr. Dia Febrina, Sp.KK, dokter merekomenadikan produk yang tepat untuk cegah dan atasi ruam popok yaitu Mustela. Tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Mustela ya. Dari sejak saya punya anak kedua hingga keempat Mustela masih jadi pilihan para ibu dalam merawat kulit Si Kecil.

cegah ruam popok dengan Mustela
Talkshow bersama Mustela di MB FAIR 2024


Mustela No Rinse Cleansing Water


Mustela No Rinse Cleansing Water

Berdasarkan teknik ABCDE, maka pertama-tama gunakan Mustela No Rinse Cleansing Water. Awalnya saya pikir semacam sabun mandi, ternyata seperti micellar water yang sering orang dewasa pakai untuk menghapus make up, maka pada bayi Mustela No Rinse Cleansing Water bisa digunakan di wajah, badan serta area nappy tanpa perlu dibilas. Jadi pas jalan-jalan tidak ribet cari air buat bersihin bayi.

Micellar water ini dapat melembutkan dan melindungi kulit bayi. Karena kandungan utamanya Avocado Perseose jadi aman digunakan bayi setiap hari, tidak ada kandungan bahaya kimia lainnya seperti Alcohol, Paraben dan SLS. Wanginya itu lho khas Mustela banget. Jadi, kulit bayi terasa segar aromanya. Untuk tekstur Mustela No Rinse Cleansing Water itu ringan dan cair. Pakai secukupnya saja di area badan, wajah dan nappy karena mampu membersihkan dengan deep cleansing tanpa merusak keseimbangan alami kulit.

Kemasan Mustela No Rinse Cleansing Water berbentuk botol ukuran 300ml dan memiliki pump yang dapat mengeluarkan micellar waternya ketika dipencet. Hati-hati pencetnya ya takut kebanyakan. Cara pakainya juga mudah tinggal pencet pumpnya sampai keluar micellar waternya ke tissue, kapas atau waslap, lalu seka ke area yang ingin dibersihkan dengan lembut. Pastikan sudah terseka semua dan tanpa perlu dibilas.

Mustela Barrier Cream

Setelah membersihkan area nappy pakai Mustela Barrier Cream untuk melindungi kulit bayi dari ruam setiap kali ganti popok. Selain mengandung Avocado Perseose yang menguatkan kulit Si kecil yang rapuh, krim popok ini juga mengandung Oxeoline of Alcacea untuk menenangkan kulit yang kemerahan dan Sunflower Oil Distillate untuk memperbaiki lapisan pelindung kulit yang rusak. Ditambah Zinc Oxide untuk menjaga kelembapan kulit bayi Tekstur Mustela Barrier Cream tebal tapi tidak lengket, sehingga tidak mudah hilang saat terkena urin atau feses. Memang jadi kelihatan putih banget saat dioleskan ke kulit bayi.

Krim ini dapat digunakan sejak bayi baru lahir, aman untuk semua jenis kulit karena fragrance free, bebas dari Alcohol, Paraben, SLS serta bahan kimia berbahaya lainnya serta sudah teruji klinis, dermatologis, dan hipoalergenik. Mustela Barrier Cream tersedia dalam kemasan 50 ml dan 100 ml.

Cara pakainya mudah tinggal oleskan saja di area nappy kulit Si Kecil sampai merata, lalu langsung pakaikan diapersnya. Pakai tiap hari setelah mengganti popok, jangan tunggu sampai terkena ruam.

Mustela Barrier Cream

Mustela Cicastela Moisture Cream

Krim satu ini untuk masalah kulit seperti biang keringat, bekas gigitan serangga dan bekas cacar air. Avocado Perseose tetap kandungan utamanya untuk melindungi dan menguatkan kulit bayi, ditambah Hyaluronic Acid yang membantu memperbaiki kulit dengan memberikan kelembapan, dan Penthanol untuk menenangkan ketidaknyamanan kulit dengan segera. Mustela Cicastela Moisture Cream 91% kombinasi bahan alami dan organic jadi bebas Alcohol, Paraben, SLS, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Teksturnya ringan banget, pas diolesin dan diratakan langsung meresap ke kulit, tidak lengket juga. Mustela Cicastela Moisture Cream sudah teruji secara klinis, dermatologis dan hipoalergenik sehingga 98% setuju membantu memperbaiki ketidaknyamanan kulit secara efektif. Aman digunakan untuk semua jenis kulit dan sejak bayi baru lahir.

Cara pakainya mudah keluarkan secukupnya ke area leher atau bekas cacar dan gigitan serangga yang kemerahan. Bikin nyaman kulit Si Kecil.

Mustela Cicastela Moisture Cream

Ternyata merawat kulit bayi itu tidak main-main ya, butuh penanganan khusus. Berbeda dengan kulit orang dewasa, kulit bayi mudah iritasi dan cepat kering. Jadinya timbul masalah kulit seperti ruam popok dan biang keringat. Sekarang saya tidak khawatir mengatasi masalah kulit bayi tersebut karena memakai produk yang pas yaitu Mustela. Dengan kandungan Avocado Perseose nya melindungi stem cell Si Kecil hingga besar nanti. Mustela No Rinse Cleansing Water, Mustela Barrier Cream dan Mustela Cicastela Moisture Cream dapat dibeli secara offline di reseller resmi Mustela dan online di official store Mustela.

Punya pengalaman masalah kulit bayi? Coba bagikan pengalamanmu bersama Mustela ya!

***

21 komentar

  1. Kasian banget emang ya kalau bayi punya masalah kulit. Kita juga jadi ikutan rungsing gitu. Alhamdulillah ada produk yang bagus banget buat masalah iritasi kulit si kecil. Cicastela yang aku suka karena pas banget si eyza suka biang keringat

    BalasHapus
  2. Urusan kulit bayi ini emang sensitif dan gak bisa coba2, karna kalo dah bayi sakit, orang tua jadi tambah bingung dan sangat khawatir, karena bayi belom bisa ngomong apanya yang sakit.. tapi ketika udah nemu produk yang cocok dan aman utk bayi orang tua lebih lega.

    BalasHapus
  3. biang keringat pada anak bisa bikin anak rewel seharian, karena terasa panas juga perih ya, makanya sebagai orangtua wajib paham cara mengatasi permasalahan kulit bayi menggunakan produk yang tepat seperti mustela

    BalasHapus
  4. yaampun bayi aja ternyata perlu banget yah skincare yang cocok begini buat ngeja kulitnya yang sensitif..
    save banget buat aku calon ibu biar nanti ga salah pilih produk buat anakku, makaci loh kak infonya..

    BalasHapus
  5. Anakku yg udh mau 4 taun aja kulitnya masih sensitif bgt mbak. Thank u banget infonya, jadi bisa aku coba aplikasiin di rumah. Produk mustela komplit bgt ya, udah gitu aman juga buat kulit bayi dan anak2.

    BalasHapus
  6. ada harga ada kualitas ya, meskipun harganya agak pricey tapi emang produk² dari mustela tuh bagusss banget buat anak², top deh

    BalasHapus
  7. Aku masih ingat betul pas kulit anakku ieitasi, mbak. Pas itu di leher. Aku pakein produk dr Mustela juga. Alhamdulillah cocok.

    BalasHapus
  8. Mustela tuh memang brand perawatan kulit untuk anak paling aman dan terpercaya mengatasi permasalahan kulit sikecil. Anakku juga udah pakai mustela sejak bayi.

    BalasHapus
  9. Waktu anak-anak masih batita mbak sering banget kena ruam popok. Nah, biasanya sampai merah dan gatal. Dulu pernah ditawarin SPG Mustella untuk pakai produknya. Beneran cocok dan langsung stok di rumah.

    BalasHapus
  10. Kak bisa buat ruam di pipi nggak sih? Bayiku baru 3 bulan ada bintik-bintik merah-merah di pipinya sama kadang kering di area itu.

    BalasHapus
  11. Mungkin karena aku belum menikah, aku baru pertama kali denger namanya brand Mustela. Tapi dari cerita kakak dan temen-temen lain, kayaknya bakal aku rekomendasiin deh Mustela ke mereka yang udah punya baby

    BalasHapus
  12. Anakku yang bayi kalau sudah kena biang keringat gatal-gatal. Harus pakai produk Mustela, nih. Soalnya pakai produk yang sekarang aku pakai kurang bagus.

    BalasHapus
  13. Huaaa ampuh bgt, aku keep dlu deh nnti klo punya baby bisa dibaca lg sambil praktekin. Makasih bnyk kak sudah ngasi info yg sangattttt baikkk

    BalasHapus
  14. kalau bahas masalah bayi ini ngeri-ngeri sedap. apalagi kulit bayi itu sensitif banget. anak ke 1 & 2 masalahnya ada di lipatan leher saking gemoynya jadi pada merah. rencanya anak ke 3 ini aku mau mustela mudah²an aja bisa ya mom. thanks info nya

    BalasHapus
  15. memberikan solusi efektif untuk mengatasi masalah kulit bayi dengan menggunakan produk dari Mustela, memberikan panduan praktis bagi para orangtua yang ingin merawat kulit sensitif si kecil.

    BalasHapus
  16. Anakku dulu suka ruam popok, lalu berobat dan kebetulan diresepin buat coba pakai mustela juga, untuk anak yang kulitnya super sensi mustela bneran bisa jadi solusi sih.

    BalasHapus
  17. Masalah kulit bayiku dulu adalah ruam pokok dan biang keringat. Sama ya, umum banget masalah ini. Untuk aku kenal mustela juga. Makin ke sini mustela makin bervariasi dengan formula yang makin lengkap

    BalasHapus
  18. bicara tentang kulit bayi ini, kadang suka sensitif yaa, kita yang orang tua benar-benar harus memberikan yang terbaik. Bdw, aku baru tahu ada teknik ABCDE, soon deh bakalan diterapin kalo nanti jadi ibu hihi. Keren ya mustela dengan kandungan avocado perseose dengan perlindungan ekstra

    BalasHapus
  19. Aku paling suka yang cicastela karena beneran seampuh itu untuk mengatasi ruam dan gatal di kulit babyku mba

    BalasHapus
  20. Sudah saya terapkan nih bun tehnik ABCDE nya terimakasih infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  21. Alma jg cocok pakai Mustela dari masih newborn, kemarin pas lg biang keringat pakai Mustela Cicastela alhamdulilah biang keringatnya sembuh

    BalasHapus