Pokémon Air Adventures Menghadirkan Pikachu Jet Pertama di Indonesia

18 komentar
Pokemon...Pokemon  di mana kamu
Ku mencarimu setiap waktu
Pokemon...Pokemon di mana kamu
Ku mau kamu jadi milikku

Ketika menyebut nama Pokémon saya langsung teringat dengan lagu berjudul "Pokemon Di mana Kamu" yang sering diputar oleh anak-anak lewat youtube. Dalam waktu dekat kita bisa melihat Pikachu, Mewtwo, Charmander, Squirtle, Butterfree, Bulbasaur dan karakter lainnya terbang di langit Indonesia. Yap, Pikachu Jet pertama di Indonesia akan segera hadir. 

Pokemon Air Adventures
Siapa yang nggak kenal Pikachu? Pasti banyak yang tahu dong. Si karakter utama berwarna kuning dari permainan Pokémon Go ini akan menghiasi pesawat tanah air bersama karakter Pokémon lainnya. Oleh karena itu, pada hari Selasa, 30 Mei 2023 telah dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama (Memorandum of Understanding) antara The Pokémon Company dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (KEMENPAREKRAF/BAREKRAF) dan Garuda Indonesia di Grand Ballroom, Hotel Kempinski, Jakarta.

Acara dibuka oleh sambutan dari Susumu Fukunaga - Corporate Officer Asia Business Division The Pokémon Company yang menjelaskan tentang latar belakang proyek Pokémon Air Adventures dibuat. "Pokémon telah membawa para penggemarnya dari seluruh dunia dan kami percaya Pokémon memiliki kekuatan bawaan untuk menghubungkan dunia. Kami ingin membawa kesenangan perjalanan orang-orang ke mana saja". Selain itu untuk mendorong orang untuk bepergian setelah pandemi Covid-19. The Pokémon Company telah menawarkan Pikachu Jet dan mewujudkan proyek ini masing-masing maskapai penerbangan di beberapa negara.

Muhammad Neil El Himam - Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif mengatakan bahwa bentuk kerjasama dengan KEMENPAREKRAF hanya mengkoneksikan dengan Garuda Indonesia di daerah setempat terkait dengan perizinan dll. Harapannya dengan adanya proyek ini bisa meraup 8,5 juta wisatawan mancanegara serta 1,4  kedepannya kerjasama ini jadi pemantik dalam upaya pengembangan IT lokal semacam Pokémon.

Pikachu Jet Pertama di Indonesia

Proyek pertamanya pada tahun 2021 dan sudah berkolaborasi dengan 5 maskapai penerbangan di dunia yakni Skymark Airlines (Jepang), All Nippon Airways (Jepang), Scoot Airlines (Singapura), China Airlines (China) dan T'way Air (Taipei). Dalam waktu dekat kita akan melihat livery design (badan pesawat) penuh tempelan Pikachu dan kawan-kawannya di pesawat Garuda Indonesia. Saya sudah membayangkan pesawat itu melintas di atas rumah dan sambil teriak Pikachu minta duit!

Saya penasaran sama desain yang akan dibuat di badan pesawatnya. Ade R Susardi - Director of Services & Commercial Garuda menyebutkan nanti akan ada 2 pesawat Garuda Indonesia yang didesain. Desainnya masih dalam tahap diskusi antara pihak The Pokémon Company dan Garuda Indonesia. Karena tiap pesawat desainnya berbeda dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pastinya ingin menciptakan desain terbaik untuk Indonesia. "Bagi kami orang travelling itu ada 2 hal yaitu pengalaman dalam perjalanan dan the destination at the event," tambah Pak Ade. 

Menurut Omar Tellez selaku Vice President of Emerging Market Niantic Inc., pemain Pokémon Go paling banyak di ASIA dari Jepang, Korea Selatan dan Taiwan. Atas peluncuran Pokémon Go berbahasa Indonesia sebelumnya, maka itu ia ingin berpartisipasi dalam proyek ini. 


Pada sesi terakhir Sandiaga Salahuddin Uno - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyambut baik juga atas penandatanganan MoU ini, "Tonggak kebangkitan ekonomi kita melalui beberapa inovasi dan adaptasi, salah satunya digital tour yang jadi lompatan besar bagi bidang pariwisata. Saya meyakini dengan kerjasama antara The Pokémon Company, Niantic Inc dan Garuda Indonesia maka MoU ini jadi kebangkitan pariwisata Indonesia," jelas Pak Sandiaga.

Mari kita doakan bersama agar segera terwujud Pikachu Jet pertama di Indonesia agar bisa memeriahkan pariwisata domestik dan menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata turis mancanegara. Targetnya enggak cuma penggemar Pokémon saja, tapi juga seluruh lapisan masyarakat. Siap menjelajah dunia bersama Pikachu Jet.


18 komentar

  1. Nggak sabar dengan kerjasama pikachu dan Garuda Indonesia,nanti pesawatnya rute mana aja ya. Pesawatnya jadi gonjreng warna kuning khas pikachu yak

    BalasHapus
  2. Aq ngabayangin pasti pesawat nya jadi lucu imut dengan berhiaskan pikachu dan teman2nya. Jadi gak sabar pengen liat

    BalasHapus
  3. Pesawat jet dengan tema karakter Pikachu bikin penggemar excited untuk terbang ya, semoga sukses program ini ya

    BalasHapus
  4. Aku ngebayangin, kalau naik si Pikachu Jet ini, baru masuk ke dalam kabin aja disambut sama Pikachu atau sama pokemon lainnya. Huwaaaa aku sih bisa otomatis lompat-lompat senang macam lagi ketemu sama idola, Kak Nurul. Hihihi ... maklumlah, masa kecilku diisi sama animasi Pokemon dan sampai besar susah lepasnya.

    BalasHapus
  5. Yang kebayang di benak saya, kalo pas antri mau naik atau turun pesawat, penumpangnya pada berfoto dulu sama pesawatnya. Termasuk saya! Hahaha... Tapi beda lagi kalau sama GA, penumpangnya pada dilewatin garbarata. Bubar deh nggak bisa take pict! Hehehe...

    BalasHapus
  6. Kenapa aku bisa baca liriknya pakai nada, padahal aku nggak pernah nyetel lagu ini buat anak di rumah. Saking seringnya denger ini lagu di odong2 yang lewat depan rumah wkwk..

    Wah kalo Pikachu Jet ini beneran bisa dikenal masyarakat bahaya nih. Anak2 pasti suka. Kan emang ini karakter lucu banget, aku sendiri aja liatnya gemesss...

    BalasHapus
  7. Ternyata sebelum dengan Garuda juga udah berkolaborasi dengan beberapa maskapai asing milik negara tetangga ya.Wah jadi penasaran gimana nanti desain Pikachu di pesawatnya pastinya akan menambah kesenangan dalam traveling kalau naik pesawat kyk gitu ya.

    BalasHapus
  8. Baru tau kalau bakal ada Pikatchu jet mbak. Ini kalau ngajakin adik buat naik pasti hepi banget yaa. Setuju sih, pengalaman perjalanan juga bikin traveling makin senang.

    BalasHapus
  9. Lucu, udah kebayang di pikiran gimana traveling menggunakan Pikachu Jet. Dan semoga juga bisa menjangkau daerah-daerah yang belum disinggahi penerbangan komersil saat ini ya.

    BalasHapus
  10. Keren banget nih kerja sama Pokemon sama Garuda Indonesia, gasabar liat Pikachu terbang sama Garuda Indonesia.

    BalasHapus
  11. Penasaran mau lihat pesawatnya bakal seperti apa unyunya karena ada pokemon nya ya.

    BalasHapus
  12. Gak bisa bayangin pesawat Pikachu ini bakal gemesin kayak apa :D Siap2 ada kuning2 cerah mengudara di langit nih.

    BalasHapus
  13. Aduuh kebayang pasti gemoy banget nih pesawatnya kalau ada si Pikachu. Semoga cepat dieksekusi ya biar nanti kalau travelling, perjalanan dengan pesawatnya pun bisa jadi kenangan unik tersendiri.

    BalasHapus
  14. Semoga fasilitas dalam Pikachu Jet benar benar dinantikan dan dibutuhkan oleh para penumpang. Enggak sabar pengen cobain juga Pikachu Jet...

    BalasHapus
  15. Pokemon ini sejak kecil sampe sekarang tetap eksis ya, saya peminatnya dlu... semoga pikacu jet dapat terwujud dengan baik.

    BalasHapus
  16. Anak-anak baru aku kenalin sama Pokemon sekitar mudik lebaran kemarin (sebelumnya cuma tahu sekilas banget karena ada aja alat tulis yang dikasih atau mainan bonusan dengan gambar karakter Pokemon). Dan mereka suka sih sama ragam karakternya. Kebayang pasti pada antusias deh kalau Pikachu Jet ini sudah terwujud.

    BalasHapus
  17. Kalau ada Pikachu Jet di Indonesia, auto makin sering jalan2 nih saya.. ehh apa kabar celengan ayam?? Baek2 jebol. 😆😆😆

    BalasHapus
  18. Duh, jadi inget game berburu pokemon waktu itu..tapi kali ini kita menemukannya di badan pesawat Garuda Indonesia ya mba..pasti seru..

    BalasHapus