5 Tipe Monetisasi Blog yang Mendatangkan Cuan dengan Internet Provider Terbaik

Tidak ada komentar
Manusia tidak pernah tahu di mana dia harus menjemput rezekinya, tapi rezeki pasti tahu di mana pemiliknya

Rezeki sudah diatur oleh Tuhan YME. Saya percaya itu. Enggak ada mahluk di muka bumi yang ditelantarkan makan, minum, tempat tinggalnya oleh Sang Pencipta. Semua sudah diatur sedemikian rupa tergantung bagaimana  mencari rezeki tersebut. 

Berstatus ibu rumah tangga sudah saya jalani selama 10 tahun. Setelah menikah dan memiliki anak pertama, saya kuatkan keputusan itu. Suatu hari saya ingin membeli laptop, namun penghasilan  bulanan suami belum tercukupi meskipun dikumpulin uangnya beberapa bulan. Akhirnya saya cari cara supaya dapat uang sendiri.


Iseng-iseng ikutan kuis dan menang hadiahnya. Ada yang berupa pulsa, uang tunai, produk, atau voucher belanja. Karena saya aktif di media sosial, saya bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan hoki. Sampai akhirnya saya nyemplung di komunitas blog pada tahun 2016. Setelah diseriusi, ternyata menulis di blog itu bisa menghasilkan cuan. Saya mendapatkan keuntungan dari memonetisasi blog dengan mengandalkan koneksi internet. Inilah 5 Tipe monetisasi blog yang bisa dipraktikan oleh seorang blogger agar mendapatkan cuan. 

5 Tipe Monetisasi Blog 

1. Sponsored Post
Pasti senang dong kalau blog kita ada yang tertarik, apalagi dilirik oleh sebuah brand besar. Sponsored post merupakan salah satu bentuk monetisasi yang dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan penghasilan. Bisa berupa uang tunai, produk atau voucher. Tergantung kesepakatan bersama. Bayaran yang diterima biasanya tergantung dari penilaian kepopuleran blog, nilai Domain Authority, Alexa ranking, Page Authority dll. 

Di dalam konten tulisan, blogger menyebarkan dan mempromosikan produk atau jasa dari brand tersebut. Walaupun ujung-ujungnya ada unsur jualan, usahakan penyampaian tulisan dibuat secara halus (soft selling) agar pembaca enggak merasa sedang membaca brosur jualan.

2. AdSense
Car monetisasi blog dengan Adsense itu susah susah gampang. Saya saja sudah beberapa kali nyoba belum berhasil juga mendapatkan PIN nya. AdSense merupakan layanan iklan yang dijalankan oleh Google. Jika sudah diaktifkan AdSensenya, maka akan muncul iklan-iklan pada pada bagian atas, tengah atau sisi kanan kiri halaman blog. 

Blog kita akan mendapatkan bayaran jika ada pembaca yang menklik iklan tersebut. Di Indonesia bayaran yang ditawarkan sekitar $0,01 - $5. Lumayan banyak ya. Namun jumlah uangnya bisa dicairkan ketika mencapai berkisar 1 juta rupiah lebih langsung masuk ke rekening yang didaftarkan.

3. Affiliates
Ini salah satu cara monetisasi blog yang cukup mudah. Caranya dengan menyisipkan reffral link pada tulisan blog. Tiap kali ada pembaca yang membeli barang atau jasa dari link tersebut, maka pemilik blog mendapatkan komisi. Sudah banyak blogger yang menggunakan metode ini dan berhasil mendapatkan cuan. Biasanya kerjasama dengan perusahaan e-commerce.

4. Produk 
Monetisasi blog dengan produk hampir mirip dengan sponsor post. Bisa berupa produk fisik atau digital. Produk fisik misalnya baju, sepatu, barang koleksi dll. Seperti Diana Rikarsari yang menjual produk upcyclingnya melalui blog dan sukses besar. Kalau produk digital bisa berupa audiobook, software, tema blog atau ebook.

5.Narasumber
Siapa sangka kalau blogger yang biasa menulis jadi pembicara di depan banyak orang? Salah satunya blogger yang saya kenal yaitu Zata Ligouw yang kini sukses jadi narasumber acara di mana-mana. Dengan keahliannya sebagai praktisi personal branding dan menuliskannya di blog pribadi, ia berhasi mendapatkan banyak kesempatan.


Pekerja digital tidak lepas dari konektivitas internet. Karena ini adalah modal utamanya. Monetisasi blog saya enggak akan berjalan lancar tanpa dukungan internet provider terbaik yaitu IndiHome persembahan Telkom Indonesia. Saya percayakan kepada jaringan internet yang cepat, ngebut dan anti nge-lag. Internet provider IndiHome mengusung teknologi fiber optic. 

IndiHome merupakan layanan digital yang menyediakan internet rumah, telepon rumah dan TV Interaktif dengan beragam pilihan paket. Pada masa pandemi pelanggannya terus meningkat. Bahkan tembus hingga 10,2 juta pelanggan pada tahun 2023. Sebagai anak usaha dari Telkom Indonesia, IndiHome optimis menggaet pelanggan sebanyak itu.

Pilihan paket dari IndiHome juga beragam antara lain: 
  • Paket Promo 
  • Paket 3P (Internet+TV+Phone)
  • Paket 2P (Internet+TV)
  • Paket 2P (Internet+Phone)
  • Paket 1P (Internet)
  • Paket Gamer 

Nah, silakan pilih paketnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya.

Saya sangat beruntung terjun ke dalam dunia blog. Selama beberapa tahun menjalaninya saya sudah menikmati hasilnya dan sedikit banyaknya bisa saya bagikan kepada orang terdekat. Sebenarnya masih banyak kekurangan saya dalam memonetasi blog, saya harus lebih konsisten lagi dalam mengurusnya.  Kira-kira tipe monetisasi apa lagi yang bisa diterapkan  pada blog ya? Coba bagikan pengalaman di kolom komentar ya! 


***

Tidak ada komentar