Pencernaan Ibu Hamil Sehat dengan Ngemil Cimory Yogurt Squeeze

9 komentar
Indonesia memiliki tingkat kelebihan berat badan pada ibu hamil dan pasca melahirkan
(Maternal Overweight) tertinggi 
di Asia Tenggara. Berada pada posisi nomor 2
 dari 6 negara. 

Bumil No Worry Ngemil dengan
 Cimory Yogurt Squeeze
 
Tercengang saya mengetahui data di atas dari perkataan seorang dokter spesialis kandungan. Tentu ini bukan prestasi yang membanggakan bagi negara, justru menjadi PR besar untuk memperbaiki status gizi ibu hamil dan pasca melahirkan. Tangan kanan ini otomatis mengelus perut sambil berdoa semoga saya enggak mengalami maternal overweight. Saya ingin menjalani fase kehamilan yang sehat dan aktif dengan mengontrol kenaikan berat badan. 

Sebenarnya berat badan ibu hamil (bumil) naik itu bagus dan wajar, berarti tumbuh kembang bayi juga bagus. Jika kenaikannya masih dalam batas normal. Kenaikan berat badan selama kehamilan dapat dihitung dari Index Massa Tubuh (IMT). Umumnya pada Trimester 1 peningkatan berat badan berkisar 0,5 - 2 kg. Pada ibu kurang gizi (kurus) diharapkan peningkatan berat badan lebih besar dari ibu dengan status gizi baik (normal). Kira-kira penambahan berat badan bumil selama kehamilan  seperti ini. 
  • IMT <18,5 (kurus) : nambah 12,5 - 18 kg. 
  • IMT 18,5 - 24,9 (normal) : nambah 11,5 - 16 kg
  • IMT 25 - 29,9 (overweight) : nambah 7 -11,5 kg
  • IMT > 30 (obesitas) : nambah 5 - 9 kg
Mengapa berat badan ibu hamil bisa melonjak drastis naiknya? Karena masih banyak yang beranggapan bahwa kalau sedang hamil bebas makan apa saja dan porsinya double alias buat 2 orang, ibu dan bayinya. Padahal opini  tersebut salah besar, modus aja itu sih biar enggak dilarang-larang makannya. Mirisnya kalau penambahan berat badannya cuma ke ibunya saja, sedangkan bayinya mengalami berat badan lahir rendah (BBLR).  Oleh karena itu, kebiasaan makannya mesti dikontrol, baik makan utama atau ngemilnya. 

Ubah Citra Buruk Ngemil 

Pada umumnya manusia makan 5 kali dalam sehari, 3 kali makan utama dan 2 kali ngemil. Memenuhi kebutuhan nutrisi yang sehat dan bergizi menjadi perhatian utama. Dalam hal ini, camilan yang sehat sangat penting untuk pemenuhan nutrisi sehari-hari. Namun sayangnya camilan kadang jadi masalah ketika frekuensi dan waktunya enggak dijaga. Maka perlu diperhatikan jenis camilannya agar enggak mengganggu pola makan.

Motivasi paling umum untuk ngemil adalah lapar, budaya makan (kebiasaan jajan), gangguan makan, kebosanan dan kesenangan. Meskipun ngemil telah memiliki "citra buruk", justru camilan menjadi bagian penting dari diet kita. Nah, bumil itu enggak tahan lapar, maunya makan terus. Boleh saja kok, tapi diperhatikan kebutuhan makro dan mikro nutrien dari asupan gizi seimbang dan pilih camilan yang baik dan sehat.


Sayangnya, kita menganggap makan itu sebagai respon terhadap emosi (emotional eating) yang membuat kita merasa lebih baik. Misalnya kalau lagi putus cinta, pelariannya ke makan dengan alasan biar lupa sakit hati habis diputusin. Padahal enggak ada hubungannya. Ketika ngemil menjadi kebiasaan yang enggak sehat, maka makin memperburuk kondisi psikologis dan pencernaan.

Menurut dr.Dion Haryadi, PN1, CHC, menjelaskan penelitian modern telah menemukan bahwa usus kita dapat berkomunikasi 2 arah dengan otak, inilah yang membuat usus sering disebut sebagai otak kedua manusia. Secara bersama-sama dua otak kita memainkan peran kunci dalam penyakit tertentu pada tubuh secara keseluruhan. Otak manusia membuat keputusan logis dan intelektual, sedangkan usus kita berkontribusi pada kesehatan dan emosi.

dr.Dion Haryadi, PN1, CHC, juga melanjutkan bagi yang suka ngemil baiknya perhatikan frekuensinya agar teratur dan terencana. Pilih camilan yang baik dan sehat seperti buah dan sayur, alpukat, yogurt, atau telur rebus. Nah, yogurt salah satu makanan ringan yang baik untuk kesehatan karena sumber protein, serat dan kalsium yang penting bagi otot dan tulang yang kuat. Ini camilan yang cocok buat bumil. 

Pencernaan Ibu Hamil Sehat dengan Ngemil Cimory Yogurt Squeeze 

Agar ibu hamil seperti saya tetap ideal berat badannya selama masa kehamilan, memilih ngemil yogurt merupakan pilihan tepat. Manfaat yogurt dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain: 
  1. Meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan penyerapan nutrisi.
  2. Membantu menyejukkan tubuh.
  3. Kaya kalsium yang penting dalam pembentukan tulang dan gigi.
  4. Meningkatkan imunitas tubuh.
  5. Membantu mencegah tekanan darah tinggi.
  6. Meredakan stres dan kecemasan.
  7. Mengatasi kulit kering dan pigmentasi. 


Permasalahan pencernaan yang biasa dialami ibu hamil yaitu konstipasi atau sulit buang air besar dan saya sedang mengalaminya. Hal ini terjadi karena hormon kehamilan (progesteron) yang dapat memperlambat gerak usus dan efek dari konsumsi tablet tambah darah. Cara mengatasi konstipasi bisa dengan mengkonsumsi yogurt. 

Saya paling suka konsumsi yogurt dari Cimory Yogurt Squeeze. Pasti tahu dong yogurt enak satu ini yang terbuat dari susu sapi segar dan bahan berkualitas lainnya. Cimory enggak cuma punya yogurt aja, tapi ada susu Cimory juga. Harga Cimory juga masih terjangkau untuk dibeli semua kalangan. Eh, saya baru tahu lho kalau PT Cimory singkatan dari Cisarua Mountain Dairy Tbk yang berkantor pusat di Bogor. 


Cimory Yogurt Squeeze tersedia 12 pilihan rasa yaitu Original, Strawberry dan Blueberry, Peach, Honey, Aloevera, Blacksticky Rice, Mango Sticky Rice, Cavendish Banana, Purple Taro, Brown Sugar dan Thai Tea. Semuanya saya suka, tapi paling favorit rasa lidah buaya. Cara menyimpan yogurt enggak boleh sembarangan, langsung dihabiskan setelah kemasan dibuka, simpan dalam kulkas biar segar terus dan yogurt dapat bertahan maksimal 4 jam dalam suhu ruangan. 

Cimory Yogurt Squeeze punya beberapa keunggulan yaitu : 
  • Hadir dengan inovasi packaging (tidak perlu sendok dan mangkok).
  • Rasanya enak, creamy dan teksturnya lembut seperti soft ice cream. 
  • On the go Healthy Snack
  • Mengenyangkan - kaya serat dengan sari buah
  • Mengandung miliyaran bakteri baik mampu menjaga kesehatan pencernaan
  • Sumber protein dan kalsium

Cimory Yogurt Squeeze Hadirkan Kemasan Baru 40 gram 

Cimory Yogurt Squeeze hadir pada tahun 2020 lalu, memiliki kemasan  minimalis berukuran 120 gram. Terbuat dari susu segar pilihan terbaik yang difermentasi dengan bakteri baik dan diperkaya dengan buah segar, serta memiliki kandungan protein, kalsium dan serat yang menjaga kesehatan pencernaan, baik untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh.

Lidwina Tandy, Head of Marketing Dairy Cimory menjelaskan bahwa Cimory Yogurt Squeeze 120 gram yang mengandung 120Kcal hadir sebagai solusi praktis dan baik untuk pencernaan bagi seluruh keluarga yang doyan dan butuh ngemil. Produknya bisa didapatkan di semua minimarket, supermarket, hypermarket dan Miss Cimory. 


Sekarang Cimory Yogurt Squeeze punya kemasan baru berukuran 40 gram untuk memperluas minat konsumen dalam mengkonsumsi yogurt. hadir dengan 2 varian rasa yaitu Strawberry dan Blueberry. Melalui kampanye "Ngemil No Worry Cuma Cimory", Cimory Yogurt Squeeze hadir dalam kemasan yang lebih kecil dengan porsi yang tepat untuk dikonsumsi anak kecil dan camilan setelah makan. Teksturnya yang creamy dan smooth disukai semua orang sehingga menjadi yogurt pilihan No.1 konsumen. Dengan kemasan 40 gram, Cimory Yogurt Squeeze jadi lebih mudah dikonsumsi di jam kritis buat ngemil. 

Oh ya, sudah tahu belum kalau Cimory memiliki program Miss Cimory? Sejak tahun 2013 program ini sudah ada, memberikan dukungan dan kesempatan bagi ibu-ibu rumah tangga untuk bisa mandiri, produktif dan membantu keuangan keluarga. Miss Cimory adalah program yang dibentuk oleh Cimory sebagai bentuk tanggung jawab sosial Cimory terhadap pemberdayaan perempuan. Sampai saat ini, ibu-ibu Miss Cimory sudah mencapai lebih dari 4000 ibu di seluruh Indonesia dan produk Cimory Yogurt Squeeze 40 gram bisa didapatkan melalui agen Miss Cimory. 


By the way, Cimory Yogurt Squeeze bisa dikreasikan jadi camilan enak dalam bentuk lain lho. Saya mau coba buat One Dollar Ice Cream. Cara buatnya gampang banget dan bahan-bahannya enggak ribet. Cukup siapkan Cimory Yogurt Squeeze dan roti tawar saja. Pertama- tama masukkan Cimory Yogurt Squeeze ke dalam freezer selama 4 jam. Siapkan 2 lembar roti dan Cimory Yogurt Squeeze yang sudah beku, lalu gunting kemasan Cimory Yogurt Squeeze dan letakkan yogurtnya di tengah roti tawar, dan lipat. Jadi deh, One Dollar Ice Cream! Cara buat yogurt yang mengenyangkan. 

Masih khawatir ngemil? Jangan lagi dong ya, karena ada Cimory Yogurt Squeeze yang bikin ngemil tanpa bikin khawatir naik berat badan berlebih, terutama bagi ibu hamil, #NgemilNoWorryCumaCimory. Saya jadi makin sering ngemil nih karena ukuran baru 40 gram Cimory Yogurt Squeeze pas jadi camilan ibu hamil di saat pagi, siang atau sore hari. Berat badan selama kehamilan terjaga dan pencernaan juga lebih sehat. Ngemil No Worry? Cuma Cimory! 


Instagram Cimory : @cimoryindonesia
Tiktok : @cimoryindonesia


Sumber referensi data : 

1. ASEAN Nutrition Surveillance System 2021

2. https://cimory.com/sustainability.php

3. https://www.halodoc.com/artikel/jarang-diketahui-ini-7-manfaat-yoghurt-untuk-ibu-hamil

4. https://www.haibunda.com/kehamilan/20210706121516-49-224273/penyebab-dan-cara-mencegah-konstipasi-pada-ibu-hamil



9 komentar

  1. Ooooooh, ternyata usus kita itu adalah otak kedua? Hmm...urusan ngemil aka jajan memang menyenangkan ya. Apalagi meskipun misalnya kita sudah makan berat, ada cireng, bakso dll eh dilahap juga hahaha :D Nah, bumil yang kepengen ngemil cocoknya minim yugurt CImori Squeeze nih. Ga worry bakal kegendutan, karena bahan2 alami dengan kandungan yang sesuai. Mantap, Laras!

    BalasHapus
  2. Padahal paling enak tuh emang ngemil ya kalo lagi hamil, tapi tetep harus pilih cemilan yang sehat. Di depan komplek perumahan sini juga ada tempat distributor Cimory, tiap hari selalu ramai oleh miss Cimory berseragam biru muda yang mengambil dus-dus Cimory

    BalasHapus
  3. Kandungannya memang bagus buat bumil dan si kecil alias debay, Rul. Rasanya juga enak sekali, gak terlalu asam dan bikin seger di mulut

    BalasHapus
  4. Betul banget, banyak yang salah kaprah kalau lagi hamil terus makan untuk berdua. Padahal konsepnya nggak gitu. Aku pun termasuk yang dulu mikirnya gitu pas hamil anak pertama. Makanya badan jadi kebablasan gini deh. Anyway, Cimory ini salah satu yogurt fave keluarga terus mudah didapatkan juga di minimarket.

    BalasHapus
  5. Banyak cara seru buat ganti cemilan yah. Jdi tahu klo memang yogurt bisa jd snack juga nih.

    BalasHapus
  6. Aku sukaaaa banget Cimory Squeeze.. Sampe anak-anak juga suka. Pernah liat pas lagi belanja Cimory ukuran mungil ini. Praktis banget ya buat nyemil bumil.. Cemilan sehat, nih.. Dan yoghurt juga bisa ngurang2in eneg kalo buat aku.. :) Coba aaah bikin one dollar ice cream buat buka puasa.. :D

    BalasHapus
  7. Anak-anak doyan banget niihh mbak. Emang enak sih ya rasanya. Pilihan cemilan yang sehat tapi tetap enak pokoe

    BalasHapus
  8. Wah iya nih ibu hamil kadang suka sembelit yaa. Kudu ganti camilannya emang dengan camlian sehat kyk Cimory Yogurt Squeeze ini ya. Udah ada kemasan 40 gr-nya juga ya jd lebih gampang disakuin buat camilan bumil misal pas lagi bepergian gtu.

    BalasHapus
  9. Jadi inget pas hamil dulu, aku ngerasain sembelit gini. Sayang dulu belum kenal Cimory Yogurt. Emang beneran bikin lancar pencernaan deh.

    BalasHapus