Memasak Layaknya Chef dengan Polytron Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe

1 komentar
Memasak menjadi rutinitas dalam rumah tangga. Maunya kan masak yang mudah matang dan enggak ribet mengolahnya. Terlebih buat bunda-bunda milenial yang punya kesibukan lain seperti yang tertulis dalam book reviewer ini. Nah, kebetulan saya baru mengetahui ada alat masak yang serba bisa alias all in one. Menggunakan alat masak ini jadi kayak chef. 

Sabtu, 29 Oktober 2022 saya menuju Farmers Market Botani Square Mall, Bogor untuk mengikuti acara live cooking demo yang diadakan pukul 16.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Polytron, Farmers Market, dan Blibli.com. Kali ini chef yang mendemokan masakan dengan produk Polytron yaitu Steby Rafael. Duh, ini fokusnya ke chef atau makanan ya.

Nunggu Chef Steby masak
Chef Steby yang ramah dan telah siap memakai baju warna merahnya segera  mendemokan 2 menu sekaligus. Saya pikir Chef Steby seorang travel blogger, ternyata ia membawakan acara Chef Traveller di Trans TV ini menggunakan 2 produk Polytron yaitu Multi Cooker Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe. Kesan pertama kali melihat produk - produk itu begitu menggoda dan terbersit pertanyaan, masa iya bisa masak cepat dan enak pakai produk itu?

Pertanyaan saya terjawab setelah melihat langsung Chef Steby mengolah 2 jenis makanan pada sore hari itu. Menu pertama yang dimasak oleh Chef Steby yaitu PULLED CHICKEN BURGER dengan bahan-bahan dan cara memasak sebagai berikut :

Bahan-bahan

  • 2 ptg burger bun
  • 2 ptg dada ayam
  • 1 sdt bubuk jinten
  • 2 sdt bubuk paprika
  • 5 sdm puree tomat
  • 1 sdt cuka apel
  • 1 sdt gula merah bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • Garam, gula dan lada hitam secukupnya
  • ½ ptg kol ungu
  • 1 btg wortel
  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm cuka apel
  • 1 sdm yogurt
  • 1 sdm mayonaise
  • 1 siung bawang putih cincang

Cara memasak 
- Belah burger bun menjadi 2 bagian, sisihkan
- Nyalakan Tiarapot pro pada mode presto, masukan chicken breast (dada ayam) beserta bumbu. Tambahkan air secukupnya, presto selama 15 menit.
- Setelah 15 menit matikan Tiarapot dan keluarkan udara yang ada didalam tiara pot dengan memutar katup udara.
- Lalu atur rasa dan suwir dada ayam dengan menggunakan garpu, sisihkan
- Untuk coleslaw, iris halus kol ungu beserta dengan wortel, tambahkan gula, garam, dan cuka apel
- Campur mayonaise, yoghurt dan bawang putih cincang lalu tambahkan coleslaw yang sudah ditiriskan
- Susun suwiran dada ayam di atas burger bun yang sudah dibelah menjadi dua, lalu topping dengan coleslaw. 

Pengen juga kan punya multi cooker seperti in? Mau banget dong.  Beli produknya di website resmi Polytron.co.id atau atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan. 


Polytron Tiarapot Pro memiliki 12 fungsi mode untuk memasak berbagai macam makanan favorit, mulai dari pressure cooker sampai slow cooker. Keunggulan dari Polytron Tiarapot Pro yaitu : 
  • Tiarapot Pro dilengkapi 12 fungsi mode untuk memasak berbagai macam masakan, mulai dari Pressure Cooker hingga Slow cooker bisa dimasak menggunakan Smart Multi Cooker dari Tiarapot Pro
  • Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak.
  • Memasak lebih praktis dan lebih cepat hanya menggunakan 1 alat, sehingga menghemat waktu dan pemakaian watt listrik lebih kecil.
  • Faster Family Meal, pancinya yang multifungsi membuat proses memasak 70% lebih cepat dibanding metode masak tradisional sehingga menghemat waktu dan lebih praktis.
  • Clear and Simple Control, dilengkapi dengan fitur Smart Program sehingga proses memasak menjadi lebih mudah cukup dengan menekan satu tombol dapat mengetahui kapan makanan siap.
  • Design, seperti yang saya bilang di atas begitu menggoda penampilan Polytron Tiarapot Pro karena kokoh, terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Dilengkapi layar display dam lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapat diketahui sesuai dengan tampilan di layarnya. 

Fokus sama makanannya ya

Menu kedua yang dimasak oleh Chef Steby yaitu STEAMED ROLLED CABBAGE dengan menggunakan Polytron Rice Cooker Donabe. Keren sih ini penanak nasi bisa juga buat kukus juga. 

Siapkan 1 buah sawi putih (besar)

Bahan isi:
200 gr daging ayam giling
100 gr udang kupas(cincang)
¼ buah bawang bombay(cincang)
3 siung bawang putih(cincang)
2 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
½ btg daun bawang(iris)
Garam dan lada hitam secukupnya

Bahan saus:
6 sdm gochujang
3 sdm madu
3 sdt minyak wijen
1 sdt biji wijen
350 ml air
garam
lada

Bahan pelengkap:
1 btg daun bawang kecil
½ sdt biji wijen

Cara:
- Campur semua bahan saus dalam donabe lalu panaskan
- Lepaskan lembaran sawi putih dari bonggolnya lalu buang bagian kol yang tebal. Kukus berbarengan dengan saus dengan menggunakan donabe.
- Selagi mengukus sawi putih , campur semua bahan isi pada satu wadah atur rasa.
- Keluarkan sawi putih yang sudah dikukus,ambil 1 lembar kol, letakan bahan isi pada bagian tengah, lalu gulung.
- Masukan gulungan sawi putih dalam donabe lalu kukus besama dengan saus selama 15 menit
- Sajikan rolled cabbage dengan saus yang sudah dimasak dengan menggunakan donabe beserta bahan pelengkap

Steamed Rolled Cabbage

Rice cooker bukan sekadar penanak nasi biasa yang bikin nasi cepat asam atau basi. Saat Chef Steby membuat sausnya itu enggak bikin lengket dan enggak perlu ditutup. Kelebihan lainnya antara lain : 
  1. Rice Cooker Donabe memiliki teknologi terbaik yaitu Donaheat 3D : Teknologi terbaik DONAHEAT 3D, pemanasan lebih merata dari 3 arah. Memasak Nasi sepulen nasi Jepang .
  2. Magic Com Kapasitas Besar : Rice Cooker Donabe memiliki kapasitas 2 liter untuk memasak nasi, sehingga dapat memasak nasi lebih banyak untuk sekeluarga
  3. Ceramic Coating : Donabe memiliki material Inner pot Ceramic Coating Donabe lebih kuat dan lebih tahan lama dari magic com lainnya.
  4. Tahan Hingga 48 Jam : Nasi tetap hangat, tidak berkerak, dan enak dikonsumsi hingga 48 jam
  5. 3-in-1 Cooking, rice cooker Donabe lebih praktis karena dapat memasak, memanaskan, dan mengukus dalam 1 alat. Selain itu memiliki pengaturan suhu yang modern yang dibutuhkan saat ini dengan fitur Defrost System yaitu thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak, dan memanaskan. Nasi jadi dapat matang lebih merata, lembut dan pulen. 

Polytron Tiarapot Pro (kanan & kiri)
Rice cooker Donabe (tengah)
Dok.foto Istiana Sutanti

Setelah melihat Chef Steby masak dengan kedua produk Polytron ini, saya jadi mau juga punya. Secara saya enggak jago masak kan, adanya smart multicooker kayak begini otomatis masakan saya mirip seperti yang chef buat. Enggak usah takut gosong, kelupaan angkat atau mematikan api, karena semua sudah diatur dengan tombol-tombol yang tersedia. 

Keseruan acara live cooking demo bersama Polytron dan Chef Steby makin meriah karena ada kuis seputar produk dan acara. Emak-emak pasti langsung deh gercep kalau soal bagi-bagi hadiah. Sayangnya saya belum beruntung nih guys. It's ok, yang penting dapat foto selfie sama chef kece, hehe..

Rice Cooker Donabe seharga 479.000 rupiah selama masa promo sampai tanggal 6 November 2022 di beberapa Farmers Market di Botani Square Bogor, Grand Wisata Tambun, dan Bintaro Exchange. Masih terjangkau kan harganya. Bisa juga beli produknya di website resmi Polytron.co.id atau atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan. 

Polytron Air Fryer
Dok.foto Polytron

Produk Polytron berikutnya yang memudahkan memasak yaitu Polytron Flexibel Air Fryer. Fitur unggulan dari produk ini antara lain : 
  • Air fryer bisa masuk ke segala wadah tahan panas dengan diameter 22cm dan 24 cm.
  • Mudah digunakan karena dapat mengatur lama memasak dan suhu ketika memasak
  • Tempred glass untuk memudahkan memantau proses memasak tanpa harus membuka tutup atau memberhentikan proses memasak.
  • 100% BPA free, yang aman digunakan untuk memasak.
Harga air fryer ini cukup terjangkau sih menurut saya, sekitar 400 ribuan rupiah.
Bisa dibe beli melalui website resmi polytron.co.id  atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan ya. 



***

1 komentar

  1. Menarik banget multi cooker nya. Kelihatan praktis, multi fungsi, efisien juga efektif. Apalagi buat saya yang "banci dapur" hahaha. Keahliannya cuma bisa masak air doang.

    BTW, makasih untuk backlinknya ya Mbak. Semoga berkah untuk kita semua.

    BalasHapus