Rasakan Booyah Dari Manfaat Internetnya Indonesia Tak Terbatas

1 komentar

“Main game online terus!”

Itulah kalimat yang sering saya teriaki kepada anak sulung saya ketika main game online. Rasanya gemas aja gitu melihat anak kok main handphone terus. Saya, sebagai mamahnya juga main handphone terus sih, cuma kan memang kerja menyelesaikan konten tulisan. Beda penggunaan handphone aja. Kini, manfaat internet bukan hanya buat pekerjaan, tapi juga buat bermain game online

Belum lama ini anak saya baru dikhitan dan minta hadiah handphone. Karena sebelumnya main game online pakai handphone ayahnya. Sekarang tambah anteng deh main game online-nya pakai handphone sendiri. Untungnya sih anaknya nggak begitu candu banget sih ya, masih bisa diingatkan kalau kelamaan main game. Game online yang sering dia mainin itu Free Fire. Dasar bocah ef-ef 😄.

Game online free fire
Game online Free Fire

Saya nanya kenapa suka game online Free Fire? Dia jawab “Seru aja mah, bisa ganti karakter”. Memang sih saya perhatikan dalam game online Free Fire ada nama-nama karakter seperti Jota (Joe Taslim), Dasha, Maxim, Laura, Chrono, Adam, Eve, Ford, Kapella, Miguel, Nikita Skylar, Wukong, dan masih banyak lagi. Kebetulan nama karakter yang sering ia sebut Jota, saya tahu itu nama artis Indonesia yang sering main film laga (action). Ternyata beneran ada nama itu pada karakter game online Free Fire.

Dilansir dari Wikipedia, Garena Free Fire atau biasa disebut Free Fire (FF) adalah permainan battle royale yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diterbitkan oleh Garena untuk Android dan iOS. Garena sendiri merupakan pengembang game online Singapura dan penerbit game gratis. Pada tahun 2017, ia merilis Garena Free Fire, yang memiliki lebih dari 80 juta pengguna aktif harian secara global pada Mei 2020. Bahkan sekarang sudah lebih dari 500 juta pengguna game Free Fire. Berdasarkan jumlah pemainnya yang paling banyak dari negara India, Indonesia, dan Asia Tenggara. Wah, luar biasa banyaknya pemain aktif FF, termasuk anak saya dalam jumlah tersebut.


Manfaat internet buat eSport
Insyallah calon atlet eSport


Taktik Menang Game Free Fire Biar Cepat Booyah

Siapa sih yang nggak mau menang saat bermain game online Free Fire sampai akhir? Ada istilah Booyah dalam permainan FF. Kata ini bisa dijumpai setiap Survivors, dengan catatan berhasil menjadi tim atau pemain yang dapat bertahan hidup hingga pertandingan selesai. Karena kalau nggak menang, istilah ini nggak dapat digunakan. Booyah adalah ekspresi dari sebuah keberhasilan para pemain game online FF dengan bertahan hidup menjadi satu-satunya tim atau individu tersisa. Oleh karena itu, pemain harus punya taktik biar cepat Booyah dalam game online Free Fire.

1. Pilih Perangkat yang Nyaman

Bermain game online FF bisa melalui komputer, laptop atau smartphone. Pastikan semua perangkat tersebut bisa digunakan bermain dengan nyaman tanpa gangguan. Kalau bermain di komputer atau laptop layarnya lebih lebar dan jangkauan visual lebih luas. Bermain FF di komputer atau laptop hanya memerlukan emulator saja. Emulator ini akan membuat komputer kamu seolah-olah seperti perangkat momobil Kalau dengan smartphone memang terbatas ya. Cara pasang game FF di smartphone dengan aplikasi Play Store, kemudian ketik saja “Free Fire” dan nanti akan muncul game Free Fire di hasil pencarian. Jadi, sesuaikan saja pilihan perangkat dengan kenyamanan diri sendiri saat bermain.

2. Pahami Karakter yang Kuat

Jumlah karakter dalam permainan Free Fire ada sekitar 50 karakter sampai Juli 2022. Dari sekian banyak karakter tersebut, pilih yang paling kuat menurut pemain dari segi keahlian dan kemampuan yang dimiliki. Misalnya karakter Jota yang punya keahlian bisa membunuh musuh dengan Shotgun. Cooldown (waktu jeda sebelum sebuah gerakan siap digunakan kembali) dari kemampuan miliknya adalah 5 detik. Kemudian ada karakter Free Fire menarik lainnya yaitu Chrono. Skill miliknya ini sangat kuat karena bisa menjadi salah satu skill terbaik di Free Fire, salah satunya membuat lingkaran pelindung yang memblokir 600 damage dari musuh. Seseorang dapat menembak musuh luar dari dalam lingkaran pelindung. Movement Speed meningkat sebesar 30%. Selama aktif, teman di dalam pelindung mendapat 15% peningkatan movement speed Efe.

3. Perhatikan Peta

Seperti yang kita ketahui game online Free Fire game bertipe battle royale, maka kuasai peta dengan baik karena tiap peta memiliki tempat bersembunyi dan berperang yang berbeda. Ada 3 tipe peta yaitu Kalahari, Portugary, dan Bermuda. Pahami peta dengan cara mengeksplorasi setiap area dalam peta dan tentukan area mana yang aman untuk bersembunyi. Jadi, jangan lupa perhatikan peta dan ketahui keadaan sekitar sebelum bergerak mencari musuh.

Taktik menang main game online free fire
Peta Bermuda

4. Latihan dengan Berbagai Senjata

Pemilihan senjata menjadi elemen penting dalam permainan Free Fire. Mode latihan senjata yang banyak bisa dimanfaatkan oleh pemain. Ketika looting, memilih senjata yang dikuasai dari jarak dekat jauh. Looting artinya kegiatan yang dilakukan pemain FF untuk mempersenjatai diri sebelum melawan musuh. Tepat memilih senjata salah satu cara bagi pemain yang bisa menguasai pertempuran di arena. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain mengetahui dulu jenis dan karakter senjata FF, memilih senjata launcher, senjata SMG, senjata AR, dan senjata SG.

5. Memiliki Jaringan Fast Internet yang Stabil

Booyah nggak akan ada jika jaringan internetnya lemot. Bener kan? Bagi pemain game online Free Fire kestabilan kecepatan jaringan internet sangat penting. Jangan sampai di tengah-tengah mabar (main bareng) karakter kita terbunuh oleh musuh karena nge-lag. Nah, nge-lag itu terjadi akibat dari koneksi internet yang lamban. Makanya biar lancar permainan game online ini dan cepet Booyah dibutuhkan fast internet yang stabil. 

Sekarang sudah tahu kan taktik menang game online Free Fire dan biar cepat Booyah. Tentunya taktik ini harus dipelajari dan dipraktikkan terus ya. Buat anak saya yang berusia 10 tahun, pastinya ada syarat dan ketentuan main game online. Saya sempat bertanya dengan salah satu gamer MOBA yaitu SusuGajah lewat direct message Instagram, ia menyarankan agar saya memberikan dia waktu bermain dan mengekspresikan diri di game dengan proporsi waktu yang tepat, “Sebagai gamers saya juga tidak menyarankan waktu bermain harus setiap hari bu untuk anak umur 10 tahun, monggo mungkin ibu lebih paham mengenai waktu anak bermain dan waktu anak belajar termasuk bersosialisasi.” Senang sekali dapat saran yang bagus dari pro-player seperti ini.


Karakter game online free fire
Karakter Maxim

Saya benar-benar merasakan manfaat internet Indonesia semakin baik. Bisa digunakan di berbagai bidang. Apalagi buat eSport, ini jadi modal utama biar cepat Booyah. IndiHome merupakan digital conectivity dari domain bisnis Telkom Indonesia yang memberikan layanan pada masyarakat sebagai wujud kontribusi membangun bangsa. 

Kalau sudah jago dan mumpuni keahlian bermain game Free Fire, dapat ikut turnamen eSport Nasional melalui gelaran LEAD National Series (LNS) game Free Fire. Turnamen diselenggarakan secara masif meliputi 7 regional wilayah Telkom atau seluruh Indonesia dengan total hadiah Rp. 100 juta. Tentunya turnamen eSport Nasional ini didukung oleh penyedia fast internet rumah yaitu IndiHome. Dalam mengembangkan potensi anak bangsa, IndiHome berupaya memberikan wadah untuk calon atlet eSport tanah air menjadi pemain profesional dan berkompetisi mewakili Indonesia di kejuaraan dunia seperti tim – tim eSport tenar seperti, EVOS, RRQ, AURA, ECHO, tidak ketinggalan turut meramaikan event bergengsi ini.

Seluruh pendaftar akan melalui kualifikasi di masing-masing wilayah Telkom Indonesia sebelum maju ke babak berikutnya. Babak Qualifier akan dipertandingkan online dan Grand Final akan secara offline. Harapannya sih akan banyak calon atlet eSport jempolan yang berasal dari daerah dan memberikan efek domino yang besar terhadap pemeratan kemajuan industri gim di Indonesia. Ini juga harapan President Marketing Management, E. Kurniawan, LEAD National Series menjadi momen emas untuk pengembangan calon atlet eSport di Indonesia yang berasal dari daerah. Kini, eSport sudah diakui dunia, terbukti dengan kemenangan atlet Indonesia di ajang Sea Games di cabang olahraga eSport Free Fire yang digelar di Hanoi, Vietnam 2021. Timnas Free Fire Indonesia 1 meraih medali emas dan Timnas Free Fire Indonesia 2 meraih medali perak. Benar-benar Booyah!


LNS IndiHome
Sumber gambar dari sini

Minat ingin ikutan daftar turnamen LEAD National Series dan jadi calon atlet eSport? Silakan mengikuti event ini dengan mengunjungi website IndiHome https://indihome.co.id/leadnationalseries, serta pantau sosial media instagram: IndiHome @indihome dan LEAD by IndiHome @leadindihome. FYI, pendaftaran ini tidak dipungut biaya. GRATIS. Pendaftaran dari tanggal 28 Juni - 21 Juli 2022. 

IndiHome sebagai rumah internetnya Indonesia sudah memberikan manfaat pada masyarakat yang tak terbatas. Khususnya bagi eSport sangat menguntungkan dan cepat meraih kemenangan. Selain itu, mengetahui taktik game online Free Fire dan menjadi last man standing akan cepat mendapatkan Booyah. Ditambah mengikuti turnamen LEAD by IndiHome. Semoga anak saya bisa ikut turnamen LEAD by IndiHome dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai penyedia layanan internet dari TelkomGroup ingin membantu perkembangan eSport di Indonesia dan melahirkan calon atlet masa depan Indonesia. Hidup Booyah!


***


Sumber refrensi :

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Garena_Free_Fire

https://esportsku.com/amp/karakter-free-fire-terlengkap-dan-update-ff-2020/ 

https://kumparan.com/info-sport/cara-bermain-free-fire-untuk-pemula-1xju4jENBv

1 komentar

  1. Free Fire aku juga mian mbak. Seru sih memang apalagi klo inetnya kenceng macam IndiHome

    BalasHapus