Manfaat Sensory Play untuk Anak Dari Bunbun Sensory Playdate

Tidak ada komentar
Ayo main! Sebuah ajakan yang paling disukai anak-anak. Rasanya enggak ada anak yang menolak untuk bermain. Tapi, tiba-tiba pandemi datang sehingga anak-anak yang lahir di era ini mengalami keterbatasan interaksi sosial. Ini menimbulkan dampak ke berbagai aspek, khususnya aspek sosial emosional. 

Saya menonton episode 9 drama Korea Extraordinary Attorney Woo yang menceritakan tentang kasus Si Peniup Seruling. Pengacara Woo Young menangani kasus seseorang yang diduga penculikan anak. Sebuah bus sekolah yang harusnya mengantarkan anak-anak ke Akademi Mujin (tempat les) dibajak oleh seorang Panglima Tentara Pembebasan Anak-Anak dan menuju ke suatu hutan.

Dunia BunBun
Bermain di BunBun Sensory Playdate 2022

Di sana anak-anak diajak bermain sepuasnya, tanpa memikirkan pelajaran. Akan tetapi para orang tua menuduh bahwa anak-anaknya telah diculik. Akhirnya Si Panglima Tentara Pembebasan Anak-Anak ditahan polisi. Ada satu anak yang membisikkan ke telinga Woo Young bahwa ia ingin bebas bermain. Anak-anak itu juga ingin Panglima Tentara Pembebasan Anak-Anak tidak dipenjara. 

Dari cerita drakor ini membuktikan bahwa bermain sangat dibutuhkan anak-anak. Pelajaran di sekolah sudah cukup menguras otak dan tenaga. Terlebih saat pandemi yang memaksa anak-anak tetap di rumah saja, tanpa berinteraksi dengan orang baru. Oleh karena itu,  Mama's Choice menyelenggarakan Bunbun Story Playdate 2022 di Kindy Cloud Pejaten Terrace, Jakarta Selatan sebagai kegiatan yang mengasah stimulasi sosial anak dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional. 

Bunbun Sensory Playdate 2022
Para narasumber dari kiri-kanan : MC,
Caca Tengker, Chitra Annisya, Maureen Maria

Serunya Bermain di BunBun Sensory Playdate 2022 

Hari Sabtu yang cerah saya menuju Pejaten Terrace menggunakan sepeda motor diantarkan oleh suami. Sempat salah alamat, karena lokasinya kurang familiar. Setelah bertanya ke orang sekitar, akhirnya menemukan lokasi acara. Warna kuning putih mendominasi acara BunBun Sensory Playdate  dan menjadikan suasananya lebih ceria. 

Peserta yang hadir registrasi terlebih dahulu kemudian bisa foto-foto cantik di  photobooth yang backdropnya menggemaskan banget.  Terasa sedang ada di perayaan ulang tahun saja, banyak balon terpasang di mana-mana. Taman luas yang dijadikan tempat acara, menyediakan mainan ayunan dan panjatan. Bagi peserta yang ikut sensory play duduk di bawah beralas matras. Kayak piknik aja. 

Bunbun Sensory Playdate merupakan acara temu main bertemakan Dunia Bunbun, di mana Mama dan bayi dapat saling berinteraksi. Di sini, setiap anak (usia baby 6-12 bulan dan Pre Tots 12-24 bulan) yang terdaftar mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas sensory dari Kindy Cloud secara gratis. 

Manfaat sensory play
Lingga dan Andara bermain sensory tekstur 

Cara untuk mendapatkan tiket/undangan gratisnya adalah dengan mengikuti aktivitas di media sosial Mama’s Choice. Setiap Mama yang mendapatkan tiket wajib mengkonfirmasi kembali kehadirannya. Senang sekali saya dan Lingga termasuk peserta beruntung mengikuti acara ini. 

Seru banget selama mengikuti acara BunBun Sensory Playdate. Tiap anak mendapatkan sensory play kit untuk dipraktikkan saat sesi kelas berlangsung. Isinya banyak dan berwarna-warni. Kebetulan Lingga ikut kelas sesi 2 sekitar jam setengah 11 siang. Lingga kelihatan suka ikut sensory play ini. Karena dia bisa kreasikan sendiri mainannya. Ada juga memberi makan BunBun, bermain balon sabun, pokoknya seru banget kegiatannya. 

Dalam acara ini juga, diadakan talkshow bertema “Pentingnya Playdate & Bonding untuk Kemampuan Bersosialisasi Anak” dengan narasumber Psikolog Anak-Chitra Annisa, Mama Influencer - Caca Tengker dan Maureen Maria - Perwakilan Mama's Choice. Jadi, dapat bermainnya juga dapat ilmu dari para narasumber. 

Selama pandemi memang adaptasi anak jadi berubah. Kalau bertemu orang lain langsung ngumpet di belakang mama, mudah menangis, dan ada kebingungan anak didekati orang. Menurut beberapa penelitian hal ini terdampak pada kemapuan bersosialisasi anak, terutama pada usia 3-5 tahun. Nah, playdate salah satu kegiatan yang bisa mengasah stimulasi sosial anak lewat sensory play.

Sensory play kit
Sensory play kit

Manfaat Sensory Play untuk Anak 

"Sensory play bukan hanya bermain tekstur pada indera peraba saja, tapi lebih dari itu. Sensory yang artinya indera, di mana 5 panca indera (peraba, perasa, pengecap, penglihatan, pendengaran) perlu distimulasi dengan diperkenalkan variasi," jelas mba Chitra Annisa. Anak-anak usia dini memang masanya bergerak aktif. Dengan sensory play seperti bergerak di taman, manjat-manjat, main ayunan, anak-anak memenuhi stimulasi panca inderanya. Manfaat yang didapat dari sensory play, untuk anak antara lain : 
  1. Fokus jadi lebih baik
  2. Control posture
  3. Mengikuti instruksi
  4. Mudah menyerap berbagai pelajaran di sekitarnya 
  5. Melatih motorik halusnya

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari orang tua sudah melakukan sensory play pada anak, kayak menggendong, mencium, bernyanyi, main makanannya, atau mencium bau. Pokoknya apapun yang menstimulasi panca indera itulah sensory play. 

Kegiatan anak usia dini
Lingga coba mewarnai BunBun di canvas

Bagi Mama Caca Tengker manfaat pertama dari sensory play yang ia dapat yaitu meningkatkan kelekatannya pada anak. "Aku jadi makin belajar apa yang dia suka atau nggak suka,"jelasnya. Kedua, semakin anak belajar banyak, Caca semakin senang melihat perkembangan yang masif. Si Kecil Aruni bisa membedakan benda yang lembut atau keras. Sebenarnya sensory play itu nggak ribet, bisa dari kegiatan sehari-hari bersama orang tua dan anak. Wah, berarti saya sudah melakukan sensory play sama Lingga dong. 

Mbak Maureen Maria menginfokan produk Mama's Choice mendukung kegiatan bermain anak baik di dalam atau luar rumah dengan menggunakan Mama's Choice Mozzbye Skin Protection Lotion, Moisturizing Hand Gel yang non-alcohol. Jangan lupa bawa tisssue basah dan disenfektan juga. "Untuk di rumah, Dunia BunBun hadir dengan merchandise yang bisa didapat di official store Mama's Choice atau website," kata Maureen Maria. Langsung klik aja di sini https://bit.ly/3oBghgp ya ma. Ada buku cerita, boneka BunBun, video edukasi BunBun, flashcard edukasi gratis. 

Merchandise Dunia Bunbun
Merchandise Dunia BunBun dan Produk Mama's Choice 

Ada yang sudah kenal BunBun? Bunbun adalah maskot milik Mama’s Choice yang dihadirkan sejak 2020. Melalui Bunbun, Mama’s Choice ingin membuat konten edukasi yang menyenangkan dan menarik, serta menjadi sarana bonding antara Mama dan Si Kecil. Karakter Dunia Bunbun yaitu Bunbun, Mamabun, Papabun, Sunny, Ellie, Miu, Princess Sky. 

Kesimpulan yang saya dapat dari acara Bunbun Sensory Playdate adalah sensory play penting untuk perkembangan anak. Untuk anak-anak usia di bawah 3 tahun memang butuh kegiatan yang konkret seperti dipegang, dilihat, disentuh dan banyak bergerak.  Dengan adanya kegiatan macam playdate begini, kemampuan sosial anak juga terasah. Berinteraksi dengan sesama usia anak. Wah, pengalaman playdate yang mengesankan sekali bagi saya dan Lingga. Semoga Mama's Choice sering-sering mengadakan acara seperti ini ya. 


***

Tidak ada komentar