Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, Multivitamin Ibu Hamil dan Menyusui untuk Pertumbuhan Si Kecil

1 komentar
Momen melahirkan adalah momen paling ditunggu oleh para ibu. Penantian selama kurang lebih 9 bulan telah terbayar. Di lingkungan rumah saya, ada 2 tetangga yang baru mendapatkan anggota keluarga baru, keduanya bayi perempuan. Namun sayangnya bayi-bayi itu lahir dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Sangat disayangkan sekali saya mengetahui hal ini. Meskipun begitu, 2 bayi mungil itu bisa pulang ke rumah degan selamat.

Bicara soal kehamilan, saya jadi kangen momen itu. Cuma kangen aja lho, kalau diminta hamil lagi nanti dulu deh. Apalagi menjalani masa kehamilan di masa pandemi, masih waspada sama kondisi ini.  Karena kehamilan itu perlu direncanakan secara matang. Mulai dari waktu, nutrisi, usia ibu, biaya dan kondisi kesehatan ibu. Karena tumbuh kembang si Kecil berawal dari Bunda yang sehat. Jadi, kalau ada yang komentar hamil lagi karena belum punya anak cewek, big no. Saya masih fokus terhadap 3 anak laki-laki di rumah. Si sulung usia 9 tahun, si anak tengah 5 tahun dan si bungsu 1,5 tahun yang masih menyusu ASI. Kapan saya mendaki gunung Rinjani kalau urus bayi terus? 😆

Pentingnya DHA Bagi Pertumbuhan Janin

Alhamdulillah saya telah mengalami 3 kali masa kehamilan. Dari kehamilan pertama sampai yang terakhir berbeda-beda pengalamannya. Waktu kehamilan pertama belum paham sama sekali soal kebutuhan nutrisi untuk ibu dan janin. Setelah kehamilan kedua dan ketiga semakin banyak informasi penting yang saya dapatkan dari berbagai sumber terpercaya. Apalagi setelah tahu betapa pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi seorang manusia. Selama itulah kualitas hidup manusia ditentukan. Sejak  rahim ibu dinyatakan ada janin yang sedang bertumbuh. Sayangnya, banyak ibu yang sedikit mengetahui bahwa dirinya sedang mengandung.

Pada fase kehamilan ibu harus menjaga asupan makanannya. Karena apa yang ibu makan, nutrisinya akan diserap oleh janin melalui plasenta demi menjaga keoptimalan pertumbuhan dan perkembangannya. Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak atau karbohidrat, ibu hamil juga wajib memenuhi asupan multi mikronutrien seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan juga minyak ikan yang merupakan sumber DHA. Salah satu manfaat dari asupan DHA yaitu mampu mendukung perkembangan mata janin. 

DHA memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu mampu mendukung perkembangan mata dan otak janin untuk merangsang kecerdasan sampai setelah lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkan resiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga perkembangan jangka panjang anak. Bayi dikatakan BBLR jika berat badan kurang dari 2,5 kg. 

Docosahexanoic acid atau DHA adalah salah satu jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata. Secara alami, DHA banyak terkandung dalam ikan, seperti tuna, salmon, makarel, atau sarden. Selain itu, DHA juga bisa ditemukan dalam produk suplemen. (Sumber : Alodokter.com)

Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225– 350 gram ikan per minggu atau 300mg DHA setiap harinya. Kenyataannya, berdasarkan survei terakhir, 21% ibu hamil tidak mengkonsumsi ikan selama kehamilan dan 75% hanya mengkonsumsi kurang dari 115 gram selama seminggu. Masih jauh sekali jumlah DHA yang dikonsumsi. Pantas saja kalau banyak ibu hamil yang melahirkan dalam kondisi BBLR. 

dr. Boy Abidin, Sp.OG selaku Dokter Spesialis Kandungan mengatakan bahwa asupan mikronutrien yang lengkap untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan Ibu di masa kehamilan. DHA merupakan salah satu mikronutrien yang penting karena defisiensi DHA selama kehamilan dapat menimbulkan beberapa risiko seperti  kelahiran prematur, risiko preeklampsia, dan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Ternyata  masih banyak ibu hamil yang belum teredukasi untuk memenuhi asupan nutrisi mikronutriennya termasuk DHA. Padahal cara mudah untuk mendapatkan asupan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utama. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 17,59% kasus bayi lahir BBLR di Kota Solo. Ini artinya masih banyak ibu hamil yang belum mendapatkan pengetahuan tentang asupan mikronutrien. Dibandingkan dengan kota lain di Jawa Tengah, kasus yang terjadi di Kota Solo tergolong tinggi. Pastinya kasus BBLR menjadi perhatian bersama untuk bisa memberikan edukasi kepada para ibu hamil, khususnya di Kota Solo. 

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda, Dukung Kebutuhan Mikronutrien Ibu Hamil di Kota Solo 


Blackmores Pregnancy and Breast-feeding Gold.jpg

Saya sangat setuju jika banyak elemen yang mendukung ibu hamil. Blackmores bersama FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi berkolaborasi menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda. Program yang ditujukan guna mendukung ibu hamil khususnya di Kota Solo dalam memenuhi kebutuhan nutrisi Ibu dan Si Kecil dengan membagikan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold  sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu. Enggak nangung-nanggung lho jumlahnya.

Ibu Reni Andri Lestari, ST, MM selaku Kabid
Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPPEDA Kota Surakarta mengucapkan terima kasih kepada Blackmores, yang telah memulai inisiatif kepeduliannya dengan memberikan aksi secara langsung untuk membantu mengantisipasi terjadinya BBLR lewat pemenuhan kebutuhan multi mikronutrien dari suplemen. Karena salah satu upaya untuk menekan angka BBLR . 

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda sebagai langkah awal dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas bisa terpenuhi. Blackmores Peduli Nutrisi Bunda berjalan sejak bulan April lalu dan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. Masih ada beberapa bulan lagi untuk meneruskan kampanye ini. 

Saya mendukung sekali program ini agar ibu-ibu hamil dapat nutrisi yang memadai. Masa depan anak-anak dimulai dari sejak awal dalam kandungan. Asupan yang ibu hamil konsumsi belum cukup memenuhi nutrisi yang dibutuhkan janin. Blackmores Pregnancy memiliki kandungan atau komposisi yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui. 

Ibu Tiffany Pratiwi Suwandi selaku Senior Brand Manager Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold menyatakan bahwa ini komitmen Blackmores Pregnancy kepada konsumen untuk memberikan yang terbaik bagi Ibu dan Si Kecil, karena percaya tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat.

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold salah satu produk unggulan dari Blackmores yang memiliki kandungan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk bantu penuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui seperti asam folat, minyak ikan, zat besi, kalsium, serta vitamin & mineral lainnya. Minyak ikan yang terkandung di dalam suplemen ini juga merupakan sumber DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak & kognitif Si Kecil mulai dari hamil hingga menyusui.

Sebenarnya saya sudah kenal Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold dan mengonsumsinya sejak kehamilan kedua. Kenapa saya pilih Blackmores Pregnancy? Karena komposisinya mengandung vitamin dan mineral antara lain : 

✅Asam folat/folic acid 200 µg
✅Kalium iodida/potassium iodide 98 µg (yodium 75 µg)
✅Fish oil - natural 500 mg mengandung 165 mg Omega-3 marin trigliserida
✅Docosahexaenoic acid (DHA) 125 mg  
✅Eicosapentaenoic acid (EPA) 25 mg
✅Fe (II) fumarate/ferrous fumarate (besi 5 mg) 15.7 mg
✅Niasin/nicotinamide 7.5 mg,
✅Ascorbic Acid (Vitamin C) 30 mg,
✅Calsium Carbonate (kalsium 120 mg) 300 mg
✅Zinc sulfate monohydrate (zinc 7.5 mg) 20.8 mg
✅Magnesium oxide heavy (magnesium 30 mg) 49.8 mg
✅Thiamine nitrate (Vitamin B1 405 µg) 500 µg
✅Riboflavin (Vitamin B2) 750 µg
✅Pyridoxine HCl (Vitamin B6 750 µg) 911 µg
✅Cyanocobalamin (Vitamin B12), 1.5 µg
d-alpha-tocopherol (natural Vitamin E 5.21 IU) 3.5 µg
✅Dunaliela salina cell ext. soft concentrate 72 mg

Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold, isi 60 kapsul lunak, diminum 2 kapsul/hari setelah makan

Saya percaya tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat. Kalau ibunya kurang asupan nutrisi, bagaimana mengurus anak-anak dengan baik? Oleh karena itu, saya pilih multivitamin yang dikhususkan buat ibu hamil dan menyusui. Saya suka Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini karena walaupun mengandung minyak ikan, tapi sama sekali nggak terasa di tenggorokan apalagi ketika bersendawa. Diminum 2 kapsul/hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter. Alhamdulillah sampai sekarang saya masih mengonsumsinya supaya menyusui si Kecil lancar, tentunya dibantu juga oleh asupan dari makanan bergizi. 

Kesimpulannya, kualitas hidup manusia sudah dibentuk saat di dalam rahim ibu. 1000 HPK adalah waktu emas bagi anak bertumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, ibu hamil dan menyusui membutuhkan multivitamin yang pas untuk dikonsumsi, biar lebih pasti konsultasi dulu ya sama dokter kandungannya.  Program  Blackmores Peduli Nutrisi Bunda di Solo sangat membantu ibu-ibu hamil kurang mampu memenuhi nutrisinya. Blackmores Always Does More for health pregnancy. Punya cerita pengalaman saat hamil dan menyusui? Coba dong bagikan ya di kolom komentar ya. 


Instagram @blackmoresid 

****

1 komentar

  1. Bagus nih, yuk dukung terus bumil dan busui untuk dapat asupan nutrisi yg memadai

    BalasHapus