Untung Ada Obatnya! Mudah dan Aman Tebus Resep Dokter di Aplikasi SehatQ

4 komentar

Kecanggihan teknologi memudahkan penggunanya menemukan berbagai kebutuhan. Inilah salah satu keuntungan zaman serba digital yaitu kemudahan mendapatkan apa yang kita inginkan dengan satu genggaman. Berbagai aplikasi langsung bisa diunduh via smartphone. Tak terkecuali aplikasi layanan kesehatan yang sedang gencar digunakan pada masa pandemi. Saya juga merasakan kemudahan tebus resep dokter dan an bertransaksi di aplikasi SehatQ.

tebus resep dokter di SehatQ

Sejak dari bulan September 2021, ibu saya menjalani pengobatan osteoarthritis. Namanya juga orang tua lansia, pasti ada saja penyakit yang timbul. Osteoarthritis merupakan pengapuran sendi yang menyerang persendian tubuh terutama sendi-sendi penyangga berat badan seperti lutut, panggul dan pergelangan kaki. Pertama kali ibu merasakan ngilunya saat sedang salat. Saking sakitnya, ia sampai nggak bisa bangun dari duduk setelah salat. "Sakitnya minta ampun," kata ibu saat menceritakan pengalaman nyeri sendi itu. Setelah pasang 3 ring jantung, ibu menjalani pengobatan osteoarthritis juga. Jadi, sekarang ibu saya konsultasi dan berobat ke dua dokter spesialis berbeda. Untungnya masih satu rumah sakit yang sama, tinggal atur jadwal kontrolnya saja.

Hari Minggu (13 Maret 2022) ibu bertemu dengan kakaknya yang juga mengalami nyeri pada bagian lutut. Akhirnya obat yang ibu punya diberikan kepada kakaknya itu. Karena ia pikir hari Senin (14 Maret 2022) kontrol ke dokter spesialis ortopedi dan dapat obatnya lagi.  Eh nggak tahunya stok obat yang diresepkan habis di apotek rumah sakit. Jadi ibu dikasih resep dokter untuk tebus obatnya di luar. Ia berpikir bakal mahal nih harganya karena selama ini dapat obat dari BPJS.

Alhamdulillah, progres pengobatan nyeri sendi lututnya makin membaik berkat menjalani terapi yang menggunakan alat seperti laser. Pas awal terapi cara ini dilakukan sebanyak 8x. Sekarang nggak perlu lagi karena sakitnya mulai ringan. Dokter hanya memberikan obat pereda nyeri berbentuk gel yang dioleskan pada bagian lutut. Ibu nggak mau pengobatan suntik karena testimoni dari pasien lain rasa ngilunya lebih sakit jika obatnya hilang. 


Akhirnya saya inisiatif cari cara buat beli obat itu. Karena saya punya anak bayi dan nggak bisa keluar jauh-jauh, saya lebih memilih gunakan aplikasi kesehatan dan teringat SehatQ. Sebenarnya bukan pertama kali saya menggunakan aplikasi ini. Sebelumnya saya pernah dapat harga promo vaksin influenza anak  di salah satu rumah sakit di Jakarta. Berkat aplikasi SehatQ, saya dapat harga vaksin yang lumayan diskonnya sekitar 100 ribuan dari harga 300 ribuan. Lewat aplikasi ini juga saya bisa tebus resep dokter obat ibu dengan mudah dan cepat prosesnya. 

By the way, ada yang sudah tahu tentang SehatQ? SehatQ merupakan penyedia kesehatan digital yang berdiri pada bulan November 2018. Di SehatQ, banyak layanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan dengan mengakses fitur utamanya antara lain Chat dokter, Booking, Toko, Rumah sakit, Info sehat, Promo, Acara, Forum. Fitur lainnya juga ada artikel, tindakan medis, tes kesehatan, review, penyakit, layanan pemeriksaan, tindakan medis.

Pilihan dokter spesialisnya juga banyak, sekitar 36.457 dan kira-kira ada 38 spesialisasi seperti jantung, saraf, penyakit dalam, kandungan, fisioterapi, dll.  Kebetulan dokter spesialis ortopedi ibu saya, dr.Rusendi Hidayat, Sp.OT termasuk dokter yang bergabung dengan SehatQ.  Wah, jadi makin mudah konsultasi dengan dokter lewat fitur chat dokter. Selain itu ada juga berbagai layanan pemeriksaan kesehatan seperti  vaksinasi, suntik vitamin, tes darah, rontgen, USG. Faskes pilihan terbaik dari klinik hingga rumah sakit besar juga disediakan oleh SehatQ yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal. Bahkan update tentang Covid-19 di aplikasi SehatQ juga lengkap lho. Beli obat dan vitamin atau kebutuhan perlindungan diri di masa pandemi juga tersedia. 


Mudah Tebus Resep Dokter di Aplikasi SehatQ

Awalnya saya mencari-cari merk obat yang ada di resep tersebut. Di kertas resep dokter itu tertulis Diclofenac gel. Saya pikir itu merk obatnya, ternyata bukan. Setelah saya cari di fitur "obat" dan memasukkan kata kunci diclofenac malah yang muncul deskripsi obatnya. Ternyata banyak merk jenis obat ini dan saya bingung mesti beli yang mana. Makanya saya coba tebus resep dokter lewat aplikasi SehatQ dan beginilah caranya :
  • Instal aplikasi SehatQ dari Google Playstore atau App store, bisa juga  akses melalui SehatQ.com, kemudian daftar atau log in. 
  • Isi data profil lengkap (nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, e-mail, alamat, nomor telepon, foto, tinggi dan berat badan)
  • Cari fitur "Toko" kemudian klik kolom "tebus resep tanpa keluar rumah" dan "upload resep dokter".
  • Upload resepnya yang diambil dari galeri foto atau difoto langsung, tentukan alamat pengiriman, dan perhatikan panduan kirim resep, lalu kirim resep.
  • Resep akan diproses kurang lebih 30 menit (hari kerja)  dan penebusan tiap hari Senin-Minggu jam 06.00-23.00.
  • Klik "status resep" dan akan muncul detail resep pada riwayat resep.
  • Nanti ada notif resep sudah bisa ditebus, tambah produk ke keranjang dan lakukan pembayaran.
  • Pemilihan metode pembayaran bisa pakai e-walett (GoPay, OVO, Shopeepay), transfer virtual account (Bank Mandiri, BCA, Permata, BNI) atau kartu kredit (Visa, Mastercard, American express, JCB)


Nggak sampai 30 menit saya menunggu resep disetujui dan langsung diberikan obatnya yaitu Voltadex Gel 20 gram seharga Rp26.552,-. Saya memilih metode pengiriman anteraja next day (1 hari) dengan ongkos kirim sebesar 13 ribu rupiah dan asuransi pengiriman Rp53. Jadi, totalnya sebesar Rp.39.575,-. Namun perlu diperhatikan lagi untuk estimasi pengiriman produk. Menurut saya agak lama sampainya, padahal saya pakai metode next day, yang harusnya sampai keesokan harinya, tapi ini produk tiba di rumah pada tanggal 22 Maret dari tanggal pesan 19 Maret 2022. Semoga ke depannya lebih baik dan cepat lagi pengantarannya. 

Aman nggak sih transaksi produk dan layanan kesehatan di SehatQ? Dari pertama kali pakai buat booking vaksin influenza itu sampai tebus resep dokter saat ini, masih aman dan lancar. Karena SehatQ telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kementerian Kesehatan. PSEF adalah badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian. Sertifikasi ini sebagai tanda SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet sesuai dengan peraturan pemerintah. Sertifikasi ini merupakan regulasi untuk penjualan obat secara daring (online).

Ada pun syarat yang harus dipenuhi oleh penyelenggara :
  1. Memiliki surat tanda Penyedia Sistem Elektronik dari Kementerian Informatika
  2. Akses pengawasan pemerintah
  3. Izin dari Kementerian Kesehatan

Adanya keamanan transaksi ini masyarakat percaya menggunakan SehatQ sebagai layanan telefarmasi. Apalagi masa pandemi gini butuh kemudahan dan kecepatan dalam menangani Covid-19. Lengkap juga lho layanan kesehatan seputar Covid-19 di SehatQ, mulai dari SWAB PCR & antigen, konsultasi, isoman, dan obat-obatan. Saya juga percaya menebus resep dokter di sini.

Inilah pengalaman pertama saya menebus resep dokter obat nyeri sendi ibu. Ternyata mudah dan aman proses transaksinya dari upload resep sampai pembayaran. Untung ada obatnya. Kenapa nggak dari kemarin-kemarin saya pakai cara ini? Sekarang dan saya sudah tahu di mana tebus resep dokter jika kehabisan obat di rumah sakit dan cari promo kesehatan. Cukup dalam satu genggaman saja lewat aplikasi SehatQ atau akses SehatQ.com. Informasi seputar kesehatan bisa diikuti di media sosial Twitter @sehatq, Instagram @sehatq_id, Facebook SehatQ Indonesia, channel YouTube SehatQ. Ada yang punya pengalaman tebus resep dokter di SehatQ juga? Coba bagikan di kolom komentar ya. Salam sehat selalu! 


***

Sumber refrensi : https://www.sehatq.com/review/sehatq-raih-sertifikasi-psef

https://en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Osteoarthritis?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc,sc 

4 komentar

  1. Aplikasi gini itu enak banget ya, dari chat dokter sampai kita harus bagaimana dan kemana semua terbantu. Pantes banyak yg pakai aplikasi ini.

    BalasHapus
  2. era digital seperti saat ini serba dimudahkan ya, termasuk ketika ingin beli obat, bisa langsung buka aplikasi dan scroll scroll deh

    BalasHapus
  3. Berharap di SehatQ juga ada konsultasi kesehatan para kucing dengan menggandeng para dokter hewan. Ada kalanya juga ingin konsultasi kesehatan via online dan tebus obat online karena ada beberapa kucing yang susah sekali dibawa ke klinik.

    BalasHapus
  4. Kebantu banget emang ada aplikasi kesehatan kayak gini ya Mba. Aku juga pernah diare yang udah mulai parah, pesen obat dari aplikasi kesehatan. Mudah, murah, banyak promo, pengiriman nya cepet lagi

    BalasHapus