Konsumsi Berkesadaran Dengan Pilihan Lebih Sehat

Pernah sadar nggak kalau apa yang kita makan belum tentu jadi pilihan yang lebih sehat? Asal ada promo makanan enak dari layanan aplikasi online, langsung pesan aja. Saya sering begitu juga kok. Nggak peduli itu makanan kadar gula dan garamnya  berapa banyak, yang penting perut kenyang. Ternyata kebiasaan makan saya ini kurang tepat. Nah, sudah saatnya saya sadar konsumsi pangan demi kesehatan masa depan. 

By the way, omongin soal sadar konsumsi pangan, saya sempat baca blognya Siska Nirmala (www.zerowasteadventure.com) yang nulis tentang makan berkesadaran atau mindfull eating. Ini ada kaitannya dengan konsumsi berkesadaran atau mindfull consumption. Keduanya sama-sama mengarah pada bagaimana kita memilih pangan menjadi pola makan yang sehat. Coba deh blogwalking ke blognya. 

Terasa berat ya kalau bahas soal pola makan. Kayaknya makanan yang enak dilarang semua. Namun webinar hari Selasa lalu (6/4/2021) bersama Frisian Flag Indonesia menyadari saya untuk mengkonsumsi pangan yang lebih sehat. Ditambah saya sedang menyusui, lebih teliti lagi dalam memilih makanan. 

Webinar yang mengangkat tema Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan Lebih Sehat dan Lebih Baik, Investasi Kesehatan untuk Masa Depan menghadirkan 3 narasumber yaitu :

  • Drs. Rita Endang., Apt., Mkes - Deputi Bidang Pengawasan Bahan Pangan Olahan BPOM
  • Andrew F.Saputro - Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia
  • Seala Septiani, M.Gizi - Konsultan Gizi dan Kesehatan


Negara berkewajiban menyediakan pangan yang baik bagi masyarakatnya. Terlebih dalam deklarasi WHO tahun 2014 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak memiliki akses makanan yang aman, cukup dan bergizi sebagai dasar seseorang bebas dari rasa lapar. Salah satu pilihan kebijakan promosi pola pangan sehat yaitu mengembangkan pelabelan gizi untuk pangan olahan. 

Apa sih arti pangan olahan? Berdasarkan UU NO.18 tahun 2012 tentang Pangan, pangan olahan adalah makanan atau minuman hasil proses dengan cara atau metode tertentu dengan atau tanpa bahan tambahan. Termasuk pangan olahan terkemas, pangan industri rumah tangga, dan pangan siap saji.

Badan Pengawas Olahan Makanan (BPOM) berupaya mewujudkan promosi pengolahan pangan sehat atas dasar 2 peraturan hukum yang berlaku antara lain:
  • Peraturan BPOM Nomor 31 tahun 2018 tentang label pangan pengolahan pasal 43 yang memberi keterangan tentang kandungan gizi/non gizi wajib dicantumkan untuk semua pangan olahan dalam bentuk tabel informasi nilai gizi
  • Peraturan BPOM nomor 22 tahun 2019 pasal 2 menyatakan setiap orang dan atau mengedarkan pangan olahan wajib mencantumkan tentang informasi nilai gizi (ING) pada label pangan olahan yaitu daftar kandungan zat gizi dan non gizi.

ING tidak berlaku pada kopi bubuk, teh bubuk, air minum dalam kemasan (AMDK), teh celup, herba, rempah-rempah, bumbu dan kondimen. ING juga dilarang untuk dicantumkan pada minuman beralkohol.

Penerapan logo pilihan lebih sehat ditetapkan untuk profil gizi minuman siap konsumsi dan pasta juga mie instan (tanpa BTP pemanis). Profil gizi minuman biasanya ada di kemasan pangannya. Kalau di susu Frisian Flag ada di samping kemasannya. 

Ibu drs. Rita Endang., Apt., Mkes - Deputi Bidang Pengawasan Bahan Pangan Olahan BPOM mengharapkan dengan adanya pengaturan logo pilihan lebih sehat dapat mengedukasi konsumen untuk menjadikan  kandungan gizi sebagai salah satu penentu "keputusan membeli" olahan pangan


Paham nggak sih apa yang dimaksud konsumsi berkesadaran atau mindfull consumption? Beberapa tahun belakangan ini konsep makan ini menjadi populer.  Konsumsi berkesadaran merupakan solusi cermat dalam mengkonsumsi pangan yang beragam supaya lebih sehat. Kita sadar akan apa yang kita makan dan bagaimana proses makan itu terjadi. Konsep ini dapat berpengaruh ke lingkungan sekitar, keluarga, atau generasi yang akan datang.

Konsumsi berkesadaran itu kita bisa nikmati mulai dari atas piring sampai masuk ke lambung. Nikmati tiap kunyahannya, pelan-pelan gilas makanan sampai lembut, resapi rasa dari makanannya, menakar banyaknya makanan yang dikonsumsi dalam sekali makan, tahu kandungan apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Dari mana bisa mempraktekkan mindfull consumption? Terapkan gizi seimbang dalam kebutuhan makanan sehari-hari, gunakan pedoman Isi Piringku, lebih cermat mempelajari produk yang dibeli pada kemasannya (ketahui informasi nilai gizi, label, peruntukkan usia, cara konsumsi). 

Masa pandemi ini banyak orang yang nggak peduli dalam memilih makanan. Asal terlihat enak dan ada potongan harga, beli aja sepuasnya. Ditambah dengan kemudahan dalam memesan makanan lewat aplikasi daring makanan. Makin malas gerak jadi bikin tambah penyakit. Saat ini lebih baik pilih pangan yang lebih sehatlah. Minum susu bisa jadi pilihan tepat dalam mengkonsumsi makanan.

Inilah produk pangan kemasan yang sudah ada logo Pilihan Lebih Sehat, susu Frisian Flag. Padahal saya sering beli susunya di minimarket, tapi baru tahu logo itu ada di kemasan susu Frisian Flag. Tanpa disadari saya sudah mempraktekkan mindfull consumption dalam memilih pangan olahan. Yihaaa.

Pilihan lebih sehat

Kenapa harus susu? Karena susu merupakan sumber protein tinggi hewani yang baik dikonsumsi. Susu memiliki kandungan sumber alami kalsium yang bagus buat kekuatan tulang dan gigi. Selain itu susu juga kaya akan fosfor yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan DNA. Pastinya susu punya kandungan yang baik bagi tubuh. 

Menurut pak Andrew F.Saputro, Frisian Flag Indonesia menyambut baik dan mendukung pencantuman label pilihan lebih sehat pada kemasan susu. Hampir di tiap kemasan susu Frisian Flag sudah dilabeli logo tersebut. Kebetulan saya pilih varian susu Frisian Flag rasa Coconut Delight yang ada centang hijaunya. 

Jadi, pentingnya informasi nilai gizi pada kemasan sama saja mengedukasi konsumen agar dapat memilih pangan olahan sesuai kebutuhan gizi. Adanya logo Pilihan Lebih Sehat memudahkan konsumen untuk memilih pangan yang akan dikonsumsi. Selalu ingat cek KLIK ya, (cek kemasan, label, izin edar dan kedaluarsa). Konsumsi berkesadaran dengan pilihan lebih sehat untuk investasi kesehatan di masa depan. 



***

Komentar

  1. He.. Sama dong mom aku juga begitu.. Tapi mulai sekarang belajar untuk berubah terutama memperhatikan asupan gizi sesuai dgn isi piringku dan susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus mba Shanty udah menyadari apa yg mesti dikonsumsi buat kesehatan tubuh. Lanjutkan!

      Hapus
  2. Akupun sekarang klo jajan jajan, liat informasi nilai gizi di kemasan. Apalagi ngasih ke Rio. Cari yang kkalnya tinggi tapi gulanya rendah hahaha. Butuh nambah BB nih dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus mba Dilla. Lebih selektif ya pilih makanan buat anak.

      Hapus
  3. aku lebih suka yang full cream atau low fat, mba, kalau coconut delight kurang sukaa haha.. ada rasa2 kelapanya gitu yak. kadang aku beli yang besar-besar langsung dua kalau pas ada diskon hihi

    BalasHapus
  4. Sejujurnya, aku juga baru ngeh sama istilah mindfull consumption sih.
    Ngeh nya juga berkat teman-teman Bloger yang banyak up tentang istilah tersebut.
    Mau coba cari tau lebih mendalam tentang mindfull consumption ah

    BalasHapus
  5. wkwkwkwk, sama banget. Kalau ada diskonan e-commerce langsung gercep beli padahal belum tentu nilai gizi atau tanggal ED nya aman kan

    Tapi setelah ikutan Webinar ini, aku jadi lebih aware sama kandungan gizi yang ada di dalam satu produk yang mau dibeli

    BalasHapus
  6. Pilihan Lebih Sehat ini bagus loh, karena pas cari produknya terus lihat lambang centang bisa jadi pilihan buat dibeli ❤️

    BalasHapus
  7. sekarang kalau mau jajan tinggal pilih yang ada logo pilihan lebih sehat supaya jajanan kita lebih sehat dan bergizi.

    BalasHapus
  8. Susu favoritku, dari awal ada si Frisian Flag Coconut ini gak pernah absen beli kalau belanja mingguan. Kadang aku juga suka kreasi menu minuman di rumah pakai ini loh. Jaman dalgona aja aku cobain pakai ini juga.

    BalasHapus
  9. Menerapkan konsumsi berkesadaran itu penting untuk dibiasakan ya mbak. Agar kita nggak asal dalam memilih makanan untuk keluarga. Minimal selalu cek KLIK kalau membeli kemasan.

    BalasHapus
  10. Ak suka banget stok susu dan buat tambahan olahan makanan Kya puding jadi makin makyis banget deh

    BalasHapus
  11. Frisian Flag tuh susu favorit keluargaku loh mba anak2 pada suka bngt ditambah lagi dengan logo baru ini bkin kita tambah yakin buat konsumsi tiap hari

    BalasHapus
  12. Kesehatan itu memang investasi yang tidak ternilai harganya..
    Semua pilihan ada di tangan kita, mau sehat atau mau lebih sehat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cek Kehamilanmu Dengan Sensitif Digital

Review Produk Yummy Bites Kiddy Extra Virgin Olive Oil, Segala Kebaikan Dari Minyak Zaitun

Sudah Siapkah Si Kecil Masuk Sekolah? Kenali Dulu Perilakunya Di Usia Pra Sekolah