Jumat, 11 Oktober 2019

# Bebelac Gold # Serat panga susu

Konsumsi Tinggi Serat, Cara Menjaga Kesehatan Perut si Kecil

Kondisi perut ada hubungannya dengan konsentarsi itu memang benar adanya. Sering kan mengalami perut masih kosong tapi harus mengerjakan tugas cukup rumit lalu blank? Karena perut lapar, jadi konsentrasi untuk mengerjakan pekerjaaan jadi buyar. Makanya dianjurkan sebelum beraktivitas lebih baik makan terlebih dahulu. Minimal sarapan yang tidak begitu banyak mengandung kalori supaya tidak menyebabkan kantuk. Namun kondisi perut orang dewasa dan anak - anak kebutuhannya berbeda. Anak-anak masih butuh banyak asupan nutrisi agar saluran pencernaannya lancar.

Perut sehat dari asupan tinggi serat


Menjaga kesehatan perut si Kecil memang harus hati-hati dalam pemilihan asupan nutrisi. Kalau sampai teledor, malah yang ada akan timbul penyakit sepeti diare atau konstipasi. For your information, diare merupakan penyebab kematian nomor 2 pada anak 1-5 tahun di Indonesia dan 1 dari 3 anak beresiko mengalami konstipasi yaitu kondisi dimana si Kecil sulit atau jarang buang air besar yang terjadi selama minimal 2 Minggu. Cukup mengerikan melihat keadaan tersebut buat anak-anak kita. Nah, biar anak-anak tetap terjaga kesehatan perutnya, salah satunya mengkonsumsi cukup serat.

Pentingnya Pemenuhan Asupan Serat Sejak Dini


Menjadi orangtua dari anak-anak yang masih membutuhkan perhatian tumbuh kembang dengan baik, tentunya saya haus pengetahuan tentang itu. Hari Selasa, 3 September 2019 bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio digelar media & blogger gathering bertemakan "Pentingnya Pemenuhan Asupan Serat Sejak Dini". Beruntungnya bisa hadir dan bertemu para narasumber yang memberikan banyak masukan yang bisa diterapkan. Nuansa warna gold dan turmeric jadi dominan di acara itu. Dengan ramah dan akrab MC menyambut para peserta yang hadir dari media dan blogger. Kata sambutan pertama yang hangat disampaikan langsung oleh Pratiwi Rosani - Marketing Manager Bebelac Gold. Kehadiran para media dan blogger tentunya akan memberikan informasi kepada masyarakat tentang acara hari itu. Inilah peran saya sebagai blogger melaporkan informasi lewat tulisan.

Dr. Frieda Handayani, SpA (K) - Konsultan Gastro Hepatologi Anak 

Kenapa sih serat itu penting bagi anak sejak dini? Selain mencegah diare dan konstipasi, pentingnya pemenuhan serat sejak dini bisa melihat kondisi bentuk atau frekunesi Buang Air Besar nya. Pada normalnya frekuensi BAB si Kecil adalah jumlah pup dalam sehari atau rata-rata pup dalam 3 hari terakhir. Warna feses atau pup juga jadi patokan asupan serat ke dalam tubuh. Para moms and dads perlu tahu nih bentuk dan warna feses anak-anaknya, kalau perlu tongkrongan mereka sedang buang air besar di toilet. ๐Ÿ˜†.

Dr. Frieda Handayani, SpA (K) - Konsultan Gastro Hepatologi Anak memberikan penjelasan asupan serat yang penting bagi anak dari bahan makanannya dan jumlah serat yang mesti dikonsumsi tiap hari. Ada yang tahu apa definisi dari serat pangan ? Definisinya diambil dari 2 arti yang berbeda :

British Nutrition Foundation
 Serat Pangan, bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, selulola, lignin, dan pektin, tidak dapat dicerna utuh oleh enzim pencernaan.

American Association of Cereal Chemist Bagian tumbuhan yang dapat dikonsumsi, difermentasi kolon, polisakarida, oligosakarida, Lignin, dll 


Kiri-kanan : Chef Yudha Bustara, dr. Frieda,
Pratiwi Rosani dan MC

Jenis serat dibedakan menjadi 2 yaitu SOLUBLE dan INSOLUBLE. Soluble merupakan serat yang menyerap air berupa gel, membuat rasa kenyang lebih lama, fermentasi oleh bakteri usus, SCFA. Melekat pada partikel kolesterol. Terdapat pada kacang polong, ost, pektin (jeruk, apel, aprikot), wortel, bawang, pisang, psyllium. Sedangkan Insoluble yaitu serat tidak larut dalam air, berbentuk soft, bulky stool, mencegah konstipasi, terdapat pada biji-bijian, kulit buah-buahan, beras merah, sayuran hijau, bawang.

Serat soluble dan insoluble juga terdapat pada kandungan FOS dan Inulis (polisakarida) juga GOS ( Galaktooligosakarida). Ketiga kandungan ini memiliki beberapa fungsi Yanti merupakan prebiotik, memiliki ikatan glikosidik sehingga tidak dipecah oleh enzim di saliva (air liur) dan enzim pencernaan usus. Difermentasi bakteri usus besar, menghasilkan asam lemak rantai pendek sehingga meningkatkan bakteri baik di saluran cerna dan mempertahankan feses tetap lunak. 

Perhatikan jumlah kebutuhan serat sesuai usia anak 

Serat itu banyak manfaatnya lho, antara lain : 

๐Ÿงก Pada saluran cerna, tinja lebih lunak dan BAB lebih teratur. Mencegah dan mengatasi konstipasi dan hemoroid (wasir). ๐Ÿงก Pada sistematik, mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke dan diabtes mellitus tipe 2, menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengontrol gula darah. 

Akibat kekurangan serat dalam jangka panjang bisa menimbulkan kanker usus besar, penyakit jantung koroner, diabetes mellitus tipe 2 dan obesitas. 

Sebuah survey dilakukan pada anak usia 2-3 tahun di Jakarta tentang konsumsi asupannya berdasarkan makan selama 24 jam. Ternyata konsumsi protein dan lemak lebih tinggi daripada serat ( Recommended Dietary Intake). Seberapa banyak serat yang mesti dikonsusmi menurut kelompok usia dan kebutuhannya, lihat gambar di bawah ini ya. Bahan makanan yang mengandung serat juga tertera di bawah.

Bahan makanan tinggi serat

Bebelac Gold Penuhi Serat Harian Si Kecil 

Orangtua zaman milenial rasanya tidak perlu repot lagi mencari bahan makanan lalu mengukur takaran serat pangan buat si Kecil. Berikan gizi seimbang bagi si Kecil merupakam kombinasi berbagai bahan dengan jumlah yang sesuai dari makanan pokok, sayuran, lauk pauk, buah - buahan dan air. Sayangnya 9 dari 10 anak usia 1 - 3 tahun kekurangan asupan serat. Padahal di usia tersebut memerlukan asupan serat sebanyak 16 gram/hari. Siapa yang bisa ukur takarannya? 

Tidak perlu dirisaukan soal menghitung asupan serat harian buat si Kecil. Cukup berikan 3 menu makanan utama, 2 porsi buah dan 3 gelas Bebelac Gold. Semudah itu kan menakar konsumsi serat untuk anak-anak. Kenapa harus Bebelac Gold? Karena memiliki High Fiber Ezycare atau Advansfibre yang mengandung 13 vitamin & 7 Mineral, Fish Oil, Corin Starch FOS:GOS 1:9. Itulah alasan Bebelac Gold bisa memenuhi serat harian anak.

Bebelac Gold penuhi serat tinggi harus anak

Biar para orangtua tidak pusing mikirin makanan apa yang mesti diberikan untuk si Kecil. Maka Chef Yuda Bustara ngajak para peserta untuk membuat olahan makan yang bisa dicampur degan susu Bebelac Gold. Suasana jadi lebih seru karena ada praktel demo masak yang dilakukan peserta. Bahan-bahan dan peralatan masak sudah disediakan oleh tim Almond Zucchini Cooking Studio. Menu yang dimasak yaitu Vegetable Lasagna, Green Smoothie Bebelac Gold, dan Overnight Oatmeal Mangga Bebelac Gold. Semuanya bikin ngiler deh. Semua menu yang dibuat oleh Chef Yuda Bustara memakai Bebelac Gold supaya anak-anak tetap suka makan buah dan sayur karena dicampur dengan susu favoritnya. 

Kesimpulannya adalah serat itu penting bagi kesehatan perut si Kecil. Salah satu menjaga agar tetap sehat, maka asupan seratnya mesti pas takarannya. Makin besar anak, nantinya berubah porsi konsumsi seratnya. Makin banyak, makin bagus. Anak jadi merasa tidak suka dengan buah dan sayur nantinya. Padahal dari sumber makanan itu tetkandung banyak serat dan menyehatkan. Sekarang saya nggak khawatir memberikan asupan serat buat duo cilik di rumah. Patuhi saja aturan pola makan dan 3 gelas susu Bebelac Gold tiap hari, maka tumbuh kembang si Kecil terlihat perubahannya. 



 ****

2 komentar:

  1. Produk baru ya mbak bebelac gold? selama ini anak-anak minumnya bebelac biasa aja tanpa ada goldnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak baru banget sih, cuma yang Gold ini memang seratnya lebih tinggi.

      Hapus